Jangan Lupa Singgah Ke Wisata Songgoriti, Tempat Rekreasi Keluarga yang Asyik di Malang

5152 views

Ketika menginjakkan kaki ke Malang untuk liburan bersama dengan keluarga, mana tempat yang akan Anda kunjungi? Sepertinya salah satu tempat cocok untuk wisata keluarga adalah Wisata Songgoriti.

Songgoriti berada di Desa Songgokertom Batu. Aksesnya begitu mudah serta strategis karena berada di antara Jalan Songgoriti serta Arumdalu Batu.

Apabila menempuh perjalanan dari Malang, kita menemupuh jarak kurang lebih 21 km dan ada di ketinggian 500 meter jika dari permukaan laut. Lokasinya ada di daerah perbukitan dan dikelilingi oleh Gunung Bale, Banyak dan Rajekwesi.

Tirta Wisata Songgoriti, foto: renidwiastuti.com

Jika dari alun-alun Kota Wisata Batu, kompleks ini berjarak kurang lebih 2 kilometer. Masuk di kawasan wisata, sebuah gapura nantinya akan menyambut kita. Gapura ini memiliki tulisan ucapan selamat datang di tempat wisata.

Uniknya, walaupun berada di wilayah Batu, tempat wisata ini dikelola PD Jasa Yasa yang dimiliki Pemerintah Kab Malang. Pemkab Malang mulai mengelola wisata tersebut dari tahun 1969, di tahun 1973 diserahkan ke PD Jasa Yasa.

Tempat rekreasi ini memberi penawaran keaslian pesona alam khas Kota Batu. Tempat ini mempunyai pemandangan alam bukit serta hawa udara sangat sejuk. Taman wisata ini dapat menjadi ground outbond sangat menarik untuk Anda.

Menariknya Wisata Songgoriti

Gunung banyak, foto: malang-guidance.com

Tak cukup menikmati wahana menarik, karena kita akan menikmati udara sejuk di sini. Kita bisa melihat pemandangan ini dengan sangat sempurna di seluruh titik. Di halaman taman wisata ada banyak pahatan batu dan memiliki bentuk topeng seperti mengelilingi tembok wisata.

Ketika memasuki tempat ini, kita disambut beberapa patung anak-anak yang memainkan alat musik. Jika semakin ke dalam, rimbun pepohonan menyambut kita. Taman ini sangat luas serta asri bahkan dilengkapi dengan berbagai patung binatang purba.

Ramenya pengunjung, foto: panduanwisata.id

Ada juga jenis ayunan yang sengaja disediakan untuk memanjakan pengunjung. Apalagi anak-anak. taman ini sering digunakan pengunjung untuk makan siang dan duduk bersama.

Baca Juga  Berkunjung Ke Malang? Jangan Lupa Singgah Ke Cafe Sawah Pujon Kidul

Dari sini, Anda bisa melihat sebuah panorama pegunungan dan menghirup udara sangat sejuk khas Batu, Malang. Ketika masuk di kawasan barat danau, ada beberapa replika buah raksasa seperti apel, strawberry, nanas, jambu monyet dan salah.

Di dalam replika ini terdapat lubang besar yang digunakan untuk berteduh. Selain itu ada patung robot dan art action pendekar. Sangat menarik melihat replika mirip aslinya ini.

Dekat area taman indah dan bersih ini, terdapat danau buatan dan 3 pulau di dalamnya. Pulau pertama terdapat paung Sun Go Kong serta teman-temannya sedang menyebrangi sungai dengan menaiki kura-kura berukuran raksasa.

Taman buah, foto: klikhotel.com

Pada pulau kedua terdapat patung satria yang menaiki kereta dan ditarik beberapa kuda. Terakhir pulau nomor 3 adalah pulau kecil memiliki patung layaknya pohon yang tinggi dan di ukur mirip patung pada zaman inca.

Agar semakin memperindah pulau ini, sepanjang tepian ditanami berbagai macam bunga mawar dengan berbagai jenis dan warna. Pulau tersebut dihubungkan dengan jembatan melengkung nan indah.

Danau buatan, foto: tipswisatamurah.com

Area di bawah kolam sepeda air ialah taman luas yang digunakan untuk tempat bermain anak dan dilengkapi berbagai macam mainan anak seperti jungkatan, ayunan dan berbagai jenis mainan lain. ada juga berbagai macam patung seperti patung hewan gajah dan patung cerita anak seperti putri salju dan 7 kurcaci.

Aktivitas Wisata di Songgoriti yang Menarik

Sepeda Air, foto: batumedia.com

Ada beberapa aktivitas wisata sangat menarik di sini, mari kita lihat:

  • Bermain air di Tirta Nirwana Songgoriti. Di salah satu rekreasi ini, Anda dapat menikmati berendam air panas di Tirta Nirwana. Tempat ini disebut sebagai surga air di Batu. Di lokasi ini, kita bisa berenang sembari menikmati pemandangan hijau dari pegunungan. Terdapat kolam renang dewasa serta anak-anak. Tempat rekreasi ini tidak melulu kolam, tetapi terdapat danau buatan yang mempunyai 3 pulau kecil ada di tengah danau. Untuk mencapainya bisa menyebrangi jembatan cantik. Kita juga bisa menyewa perahu dan mengelilingi

Kolam renang, foto: novavilla.files.wordpress.com

  • Candi Songgoriti. Lokasi ini juga memiliki wisata budaya yakni Candi. Candi ini adalah candi paling tua di Jawa Timur dan berada di dekat Tirta Nirwana. Tetapi, memang tidak banyak wisatawan yang mengunjunginya. Candi ini sering disebut sebagai Candi Supo dan pertama kali ditemukan di tahun 1799. Candi tersebut mempunyai karakteristik candi di Jawa Timur yang tak terlalu luas. Candi paling tua di Malang ini mempunyai keunikan, di bawah Candi terdapat sumber air panas. Konon air panas ini dulunya digunakan mencuci keris dari Mpu

Pusat oleh-oleh, foto: klikhotel.com

  • Bermain paralayang. Senang memacu adrenalin? Jika demikian Anda harus mencoba bermain paralayang. Wisata ini dilakukan di atas gunung. Kawasan gunung tersebut sudah resmi dipergunakan untuk kawasan peralayang dari tahun 2000. Bahkan, di sini sering diadakan event mulai dari tingkat regional hingga internasional. Apabila Anda belum menguasai olahraga ini, Anda bisa mencobanya dengan partner yang telah berpengalaman.

Jembatan tirta nirwana, foto: klikhotel.com

  • Olahraga Downhill. Selain paralayang, kita juga bisa melakukan olahraga seperti downhill di sini. Lokasi track downhill berada di bukit Klemuk. Terdapat 2 track yang bisa diuji. Track yang pertama merupakan track yang sering digunakan di kejuaraan nasional downhill. Sedangkan untuk track kedua mempunyai rute yang lebih
  • Belanja di Pasar Songgoriti. Ini juga menjadi wisata yang mengasyikkan. Pasar ini mempunyai konsep pasar tradisional yang berada di Bukit Klemuk. Dari sini, kita bisa melihat pemandangan para atlet paralayang sedang terbang. Kita bisa belanja berbagai souvenir di sini, bahkan makanan dan minuman pun tak kalah.
Baca Juga  20 Kuliner di Kediri yang Tak Bikin Kantong Bolong

Rute Menuju Ke Wisata Songgoriti

Pemandian Air Panas , foto: paketwisatamalang.com

Untuk sampai di sini, Anda bisa memilih beberapa arah. Lokasinya ada di perempatan dan menjadi perpotongan jalan Songgoriti dan Arumdalu Batu. Bila dari alun-alun kota Batu dengan jalan ini dapat ditempuh dengan mengambil jalan Gajah Mada lurus sampai di jalan Trunojoyo. Setelah itu dilanjutkan di Jalan Brigjend M. Manan belok ke Jalan Songgoriti sampai menemukan perempatan di gapura dengan tulisan Pemandian Tirta Nirwana.

Harga Tiket Masuk di Songgoriti

Bermain paralayang, foto: thetravellernews.com

Untuk masuk di kawasan ini, Anda harus membayar tiket masuk seharga Rp 10.000 saat hari Senin hingga Jumat. Sedangkan untuk hari Sabtu hingga Minggu, Anda harus membayar Rp 15.000. Jika datang rombongan kurang lebih 30 orang, Anda bisa memperoleh diskon yang cukup besar.

Fasilitas Wisata Songgoriti

Lokasi Wisata Songgoriti, foto: suarajatimpost.com

Pengelola menyediakan fasilitas yang cukup lengkap di sini mulai dari kamar ganti, WC, warung makan dan yang lainnya.

Lokasi: Jalan Arumdalu, Songgokerto, Kota Batu, Jawa Timur 65312
Map: KlikDisini
HTM: Rp 10.000 Weekday dan Rp 15.000 Weekend
Buka/Tutup: 09.00 – 16.00
Telepon: (0341) 593553

Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply