Ingin Mencoba Sensasi Petik Apel di Kebun? Yuk Singgah Ke Wisata Petik Apel Malang

2807 views

Ketika berada di Malang, mana lokasi yang akan dikunjungi? Selecta, objek Poncokusumo, atau lainnya? Kota Batu adalah daerah yang berada di provinsi Jatim. Wilayahnya ada di 15 km sebelah barat Malang yang saat ini telah mempunyai julukan kota pariwisata yang paling baik se Indonesia.

Julukan ini muncul dengan berkembangnya berbagai macam situs wisata Batu entah untuk wisata edukasi atau pun untuk tempat rekreasi hiburan yang menawarkan keelokan keindahan alamnya.

Wisata Petik Apel Malang, foto: iqbalazhari.com

Sehingga, lokasi ini menjadi destinasi liburan yang sangat mengasyikkan dengan hawa yang sejuk khas pegunungan. Ada cukup banyak tempat rekreasi, salah satunya adalah Wisata Petik Apel Malang.

Wisata ini menawarkan wisatawan merasakan segarnya buah apel dan menjadi icon Batu dengan sensasi memetik buah apel tersebut.

Kusuma Agrowisata Batu merupakan tempat wisata yang berisikan kegiatan petik apel. Wisatawan bisa menikmati sejuknya keindahan panorama Batu karena tempat ini berada 1000 meter di atas permukaan laut.

Hal yang terkenal dari Malang ialah apelnya yang telah tembus sampai ke luar negeri karena tekstur apel yang beda sesuai dengan jenis yang dimilikinya. Di sini kita bisa menikmati apel dari perkebunan secara langsung.

Lokasi Wisata Petik Apel Malang

Pohon-pohon apel yang ada, foto: kabardunia.com

Kusuma Agrowisata berada di Jalan Abdul Gani Atas Batu. Di sini, kita bisa menikmati pemandangan begitu indah dan berbentang luas.

Di perkebunan buah ini bukan hanya ada buah apel namun juga terdapat stroberi, keruk, buah naga, jambu merah dan lainnya.

Jenis Apel di Lokasi Wisata

Serunya bermain di kebun apel, foto: iqbalazhari.com

Ada beberapa jenis buah yang berada di lokasi wisata ini, antara lain:

Baca Juga  20 Restoran Modern dengan Harga Terjangkau di Sidoarjo

Apel Manalagi. Apel yang satu ini sering ditemukan di kios buah mana pun. Buah jenis ini adalah buah yang banyak ditanam di kebun petani. Buahnya mempunyai rasa manis dan sedikit keras. Tetapi jika umurnya benar-benar tepat untuk di panen, rasanya sangat enak.

Bila sudah tua mempunyai buah berwarna kuning, baunya pun harum. Di sini banyak buah jenis ini. Meskipun ada pula yang lainnya. buah ini sangat cocok jika dibawa oleh-oleh karena dapat bertahan selama 1 bulan lamanya.

Beragam jenis apel, foto: netralnews.com

Rome beauty. Jenis ini mungkin baru sesekali kita dengar. Meskipun kadang dominan mempunyai warna hijau, namun bersembur warna merah. Bentuk buahnya mirip dengan manalagi bulat.

Jenis ini sedikit keras serta cenderung renyah jika sudah sangat matang. Rasanya pun sedikit asam. Jenis ini biasanya sering digunakan untuk bahan dasar sari apel yang sering kita temukan di toko oleh-oleh.

Wahana Wisata Petik Apel Malang

Pengunjung yang ada di dalam tempat wisata, foto: malangcitizen.com

Luas total tempat ini kurang lebih 17 hektar dan pembagiannya lebih luas untuk kebun buah apel. Untuk jeruk hanya memperoleh 2,8 hektar sedangkan untuk strawberry hanya 2 hektar. Dengan lokasi yang begitu luas, kita bisa mengitari wisata tersebut dengan mobil bertarif Rp 10.000 saja.

Di sini serba paket. Kita bisa memilih salah satu paket yang ditawarkan. Untuk paket wisata outbond, memiliki harga Rp 150.000 per paketnya. Di sana, kita bisa menikmati berbagai macam pilihan wahana outbond dengan waktu 6 jam.

Nikmatnya apel segar, foto: hamilplus.com

Paket tersebut biasanya digunakan rombongan karena terdapat ketentuan minimal yakni 30 pack. Bukan hanya paket wahana, harga tersebut termasuk wisata argo, memetik buah, jus buah dan 1 box makan siang dan air minum.

Baca Juga  20 Restoran Pemuas Lapar di Kediri

Peralatan medikal serta pelatih profesional juga disiapkan. Untuk harga pendamping sebesar Rp 55.000.

Sebenarnya, terdapat wisata yang lebih murah oleh Kelompok Tani. Tapi, tetap saja wisata ini adalah rujukan yang paling tepat.

Di sini, kita bisa menemukan berbagai permainan atau wahana yang menantang. Wahana permainan ini seperti:

Pemandangan alam sekitar, foto: tripadvisor.com

  • Run
  • Menunggang
  • Mini
  • Paintball
  • Motor coress
  • Highrope
  • Air softgun
  • Flying fox

Harganya juga sangat bervariatif. Untuk bermain video games, kita harus membayar Rp 3.000 Rp 5.000 jika ingin bermain kereta mini, menunggang kuda dikenai biaya Rp 10.000, sedangkan untuk menyewa alat pancing sampai yang mahal seperti bermain paintball combat Rp 180.000.

Bila ingin memancing, kita akan dikenai Rp 30.000 per kilogramnya. Ingin bermain airsoftgun battle bersama dengan teman-teman? Cukup membayar Rp 120.000 per orang. Hanya membayangkannya saja pasti sangat menyenangkan.

Menu Kuliner

Beragam oleh-oleh yang bisa di beli, foto: kudisini.com

tak perlu membawa bekal makan atau akan takut kelaparan karena kita akan disuguhi segudang menu yang menggugah selera. Menu makanan di sini seperti:

  1. Apple beef strobanoff
  2.  Nasi goreng apple
  3. Mie sarang apple
  4. Apple chicken steak
  5. Apple beef steak

Menu makanannya sangat menarik tentunya. Rasa menu minumannya juga tak kalah menarik, seperti:

Stan istirahat, foto: irasulistiana.com

a) Apple glow
b) Apple sunrise
c) Apple squash
d) Jus
e) Milkshake

Selain kedai apple, ada pula kedai strawberry yang memberikan menu tak kalah lezat. Beberapa menu yang bisa dinikmati seperti:

  • Udang saus strawberry
  • Ayam saus strawberry
  • Strawberry beef stroganof
  • Chiken fruity strawberry
  • Strawberrt chiken steak
  • Ayam penyet strawberry

Kurang lengkap bila setelah makan, kita tak merasakan makanan penutup yang juga menggugah selera. Beberapa dessert menggoda siap memanjakan kita mulai dari pancake strawberry, tusuk strawberry dengan cokelat, banana pizza strawberry dan masih banyak lagi.

Baca Juga  Berkunjung Ke Malang? Jangan Lupa Singgah Ke Cafe Sawah Pujon Kidul

Harga paket

Menikmati apel hijau, foto : airebobichon.wordpress.com

Wisata ini mempunyai 5 paket wisata. Paket ini mempunyai fasilitas serta harga yang berbeda. untuk paket paling murah bisa diperoleh dengan harga Rp 32.000 per paket.

Untuk paket yang paling mahal Rp 54.000 per paket. Paket wisata ini termasuk tiket masuk kebun, memetik buah hingga merasakan berbagai macam sajian minuman dan makanan.

Paket ini termasuk terjangkau, apalagi kita bisa mengajak buah hati untuk menikmati wisata yang berbeda.

Fasilitas

Pada dasarnya, fasilitas yang disediakan cukup lengkap. Di dalamnya terdapat warung makan yang bisa memuaskan hasrat kuliner kita, kamar mandi umu, tempat beristirahat, bahkan berbagai wahana pun juga disediakan dengan sangat lengkap.

Rute Jalan

Letak tempat rekreasi ini tak jauh dari area Jatim Park sehingga membuat lokasinya sangat mudah dijangkau.

Jika dari Terminal Malang bisa ditempuh dalam waktu 40 menit saja. Akses jalannya hampir sama seperti menuju ke Batu Secret Zoo. Tetapi, saat sampai di pertigaan Karangploso, kita bisa mengikuti terus jalan ini sampai menemukan jalan satu arah.

Apel hijau khas kota Malang, foto: kaliwaturafting.com

Pada sudut ini terdapat kantor Koramil. Di sepanjang jalan menanjak, kita akan menemukan kompleks kantor pemerintahan kota, ikuti hingga ujung jalan sampai menemukan pertigaan. Belok kiri dan langsung menemukan lokasi wisata.

Sebagai tips, jika Anda dari luar kota dan ingin menghabiskan waktu liburan di Malang, East Java lebih baik menyewa kendaraan entah motor atau mobil.

Harga sewa motor atau mobil di sini bisa dikategorikan terjangkau, agar lebih mudah menjangkau berbagai tempat rekreasi menarik di Malang.

Apel-apel yang bisa dinikmati sepuasnya, foto: naturalsunrisetour.com

Jadi, lokasi ini tepat untuk agenda 2019 bukan?

Lokasi: Jalan Abdul Gani Atas Malang, Jawa Timur, Indonesia 65391
Map: KlikDisini
HTM: Rp.32.000/Orang
Buka/Tutup: 08.00 – 17.00
Telepon: –

3.8/5 (6 Reviews)
Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply