Hirup Udara Segar di Desa Wisata Watu Gunung Lerep Ungaran yang Masih Alami

1756 views

Wisata Watu Gunung Ungaran adalah tempat rekreasi wahana air dengan fasilitas danau buatan, kolam renang serta resort dan villa untuk tempat istirahat. Watu dalam bahasa Jawa artinya batu dan tempat wisata ini mengusung konsep rekreasi alam taman desa dengan tema batu-batuan pegunungan.

Di setiap sudut lokasi wisata ini akan dijumpai banyak batu dalam berbagai ukuran, baik kecil ataupun besar yang ditata dengan rapi sehingga menjadi pemandangan indah. Di tempat parkir saja terdapat beberapa batu yang ada di sekitar pohon sebagai hiasan untuk menambah keindahan tempat ini.

Daya Tarik

Watu gunung ungaran, foto: instagram.com/seputarsemarang/

Sementara di sekitar danau buatan dengan airnya yang berwarna hijau juga terdapat beberapa batu-batuan besar berwarna hitam terletak di tengah danau. Batu tersebut bisa dimanfaatkan sebagai tempat bersantai bagi pengunjung yang ingin menikmati keindahan danau agar bisa lebih dekat.

Para pemancing juga bisa bersantai di gazebo atau saung berukuran kecil dan besar yang banyak sekali memenuhi pinggiran danau. Gazebo ini juga bisa digunakan tempat istirahat para pengunjung sambil melihat pemandangan danau dengan air jernih dengan kondisi udara bersih di sekitarnya.

Di bawah gazebo juga terdapat banyak sekali batu-batuan yang ditata dengan rapi sebagai pijakan kaki atau tangga untuk naik ke atas gazebo. Bentuk gazebo dengan gaya bangunan pendopo dan atap joglo sebagai ciri khas rumah adat Jawa dari sebagian besar masyarakat Ungaran dan sekitarnya.

Gazebo yang ada di dalam, foto: instagram.com/deeria21/

Kondisi di daerah danau memang sangat sejuk karena terdapat banyak sekali pohon rindang memayungi dan melindungi pengunjung dari sinar matahari. Banyak juga pohon palem di pinggiran danau sebagai hiasan dan penghijauan lengkap dengan pohon-pohon rindang lainnya.

Banyak pengunjung yang menghabiskan waktu untuk mengambil gambar danau dengan kamera agar menghasilkan foto yang indah atau jeprat-jepret ketika selfi. Para pengunjung yang membawa kamera handphone atau kamera saku bebas mengambil gambar, namun untuk kamera DSLR dikenakan biaya.

Pemilik tempat wisata ini juga menyediakan fasilitas perahu secara gratis bagi pengunjung yang ingin berkeliling di area danau. Perahu ini bisa ditumpangi 3 orang dan tentu saja para pengunjung perlu mendayung sendiri untuk menjalankan kapal agar bisa menyusuri setiap sudut danau.

Kolam renang, foto: instagram.com/mazayagalva/

Jalan di pinggir danau juga menggunakan batu-batu kecil yang berjajar rapi untuk memudahkan langkah kaki para pengunjung. Di area danau juga tersedia rumah makan atau resto yang nyaman dengan bentuk bangunan rumah adat Jawa dan penuh dengan hiasan serta ukiran meja kursi kayu kuno.

Baca Juga  Ada Banyak Spot Foto Bagus di Bukit Cinta Bayat Gunung Gajah Klaten, Sudah Coba?

Para pengunjung juga bisa menyantap makanan di gazebo karena pengelola menyediakan tempat di pinggir danau serta meja makan dan alas atau tikar. Tentu saja suasana menyantap makanan lebih asyik sambil melihat pemandangan air danau serta deretan pendopo gazebo bergaya klasik.

Di sebelah danau terdapat kolam ikan dan dijadikan sebagai lokasi pemancingan bagi para pengunjung yang memiliki hobi mancing. Kolam ikan hanya dibatasi tumpukan batu dan banyak sekali ikan besar sehingga pengunjung bisa merasakan sensasi tarikan joran yang kuat sebelum menaklukkan ikan.

Pintu masuk, foto: instagram.com/kikih_eksan/

Sedangkan lokasi kolam renang memang agak jauh dari danau dan para pengunjung harus berjalan kaki melewati jalan penuh dengan batu besar. Jalanan berada di antara pepohon dan terdapat danau kecil dengan jembatan lebar sehingga pengunjung tidak kesulitan untuk melintasinya.

Situasi jalan memang sangat sejuk karena banyak pohon rindang dan sinar matahari tidak terasa panas serta tertahan pada daun-daunan. Setelah melewati anak tangga terbuat dari batu-batuan, maka akan segera sampai di lokasi kolam renang dengan lantai keramik berwarna coklat serta fasilitas lengkap.

Pemandangan di sekitar kolam renang, foto: instagram.com/vinoita_28/

Pihak pengelola menyediakan 2 buah kolam renang berukuran kecil sekitar 15 meter khusus untuk anak-anak agar bisa bermain air dengan aman dan nyaman. Di pinggir kolam terdapat gazebo panjang dan bisa dimanfaatkan para orang tua untuk bersantai sambil mengawasi anaknya ketika bermain air.

Air kolam renang memang sangat jernih dan berwarna biru karena berasal dari mata air gunung Ungaran sehingga kondisinya selalu bersih. Hal ini membuat suasana mandi lebih sehat dan tentunya pihak pemiliki wisata tidak perlu menggunakan bahan kimia untuk menjernihkan air kolam.

Keseruan bermain air di kolam renang, foto: instagram.com/kartikarahmalia/

Bentuk bangunan kolam memang sedikit unik karena pinggiran kolam dihiasi dengan batu kecil berjajar  sehingga terlihat indah. Sementara diatas pinggir kolam juga terdapat batu-batu besar dan biasa digunakan untuk bersantai atau tempat duduk para pengunjung sambil memotret dengan kamera.

Baca Juga  Ingin Nongkrong Asyik di Semarang Hingga Malam? Jalan Pahlawan Semarang Tempatnya

Sedangkan kolam renang dewasa memang lebih panjang dan ukurannya sekitar 50 meter sehingga bisa menampung banyak pengunjung. Di pinggiran kolam banyak sekali beberap batu besar sebagai hiasan dan tempat istirahat pengunjung setelah berenang atau untuk bersantai pengunjung yang tidak mandi.

Para pengunjung yang datang, foto: instagram.com/novie_feronika/

Di ujung kolam renang dewasa, terdapat kolam renang anak-anak dan hanya dipisahkan dengan tumpukan batu sebagai area pembatas.  Pada sekitar kolam banyak sekali pepohonan kecil dan besar sebagai hiasan serta untuk memayungi para pengunjung dari terik matahari sehingga suasananya sejuk.

Pada kolam renang anak juga terdapat air terjun buatan sehingga anak-anak bisa semakin senang bermain dibawah air yang jatuh dari tebing buatan tersebut. Air kolam berwarna biru juga merupakan sebuah pemandangan indah dan membuat para pengunjung lebih betah berada di area ini.

Masih ada lagi kolam renang lainnya yang terbuka sehingga kondisinya memang panas karena terkena sinar matahari. Ukuran kolam memang kecil, namun agak dalam sekitar 1,5 meter dan biasa digunakan  pengunjung dewasa yang ingin mandi dan berenang di kolam agak sepi agar lebih nyaman.

Acara pernikahan di tempat ini, foto: instagram.com/aris_qnanti/

Di sekitar area kolam renang juga terdapat beberapa villa berukuran besar dan bisa digunakan untuk pengunjung rombongan dan mampu menampung sampai 12 orang. Selain itu, banyak juga villa dan berukuran kecil dan cocok untuk satu keluarga serta memiliki view kolam renang.

Harga Tiket Masuk Obyek Wisata Watu Gunung Semarang 2018

Untuk bisa menikmati fasilitas wisata alam Watu Gunung Ungaran, para pengunjung harus membayar harga tiket masuk sebesar Rp.20.000. Namun pada hari libur, harga tiket akan naik menjadi Rp.25.000 dan harga ini juga berlaku bagi pengunjung anak-anak usia 4 tahun ke atas.

Salah satu spot foto, foto: instagram.com/andini_itudini/

Bagi pengunjung yang menggunakan kendaraan roda empat diharuskan membeli tiket terlebih dahulu sebelum masuk ke halaman parkir. Hal ini karena tempat parkir mobil sudah masuk kawasan taman wisata sehingga perlu diberlakukan peraturan agak ketat agar pengunjung bisa bersikap disiplin.

Baca Juga  Sumpek Dengan Suasana Perkotaan? Berwisata ke Wana Wisata Hutan Penggaron Semarang, Dijamin Menghilangkan Stress

Para pengunjung juga tidak diizinkan membawa makanan dan minuman ketika memasuki area wisata agar kondisi lingkungan tetap bersih dari sampah.  Dari lokasi parkir, para pengunjung masih perlu berjalan kaki agak jauh menuju lokasi kolam renang sekitar 100 meter melewati area pohon rindang.

Wisata Watu Gunung Ungaran buka setiap hari mulai jam 08.00-16.00 sore untuk melayani para pengunjung yang ingin menikmati wisata alam indah ini. Selain itu, terdapat fasilitas lainnya seperti resort dan hotel di tengah-tengah pohon rindang sehingga udaranya sejuk dan nyaman.

Alamat dan Peta Wisata Watu Gunung Ungaran

Salah satu daya tarik yang ada, foto: instagram.com/ralmira26/

Lokasi wisata Watu Gunung Ungaran berada di Jl.Srikandi, kampung Lerep, kabupaten Ungaran, propinsi  Jawa Tengah dan jarak dari pusat kota Semarang sekitar 20 km. Perjalanan dari kawasan Simpang Lima bisa ditempuh dalam waktu 1 jam ke arah selatan dengan jalanan menanjak melewati pegunungan.

Perjalanan bisa dimulai dari Jl.Pahlawan ke arah selatan melewati gedung Pengadilan Tinggi Jawa Tengah hingga sampai di Jl.Sultan Agung. Selanjutnya melewati Jl.Teuku Umar dan terus ke selatan hingga mencapai kawasan Gombel Lama dan terus untuk menuju ke pusat kota Ungaran.

Salah satu fasilitas, foto: instagram.com/astyaajha/

Sedangkan jarak dari pusat kota Ungaran sekitar 1,5 km di alun-alun lama Jl.Kauman Selatan dan perjalanan membutuhkan waktu 10 menit. Dari alun-alun Ungaran menuju ke arah barat melewati Jl.Kaligarang hingga Jl.Srikandi Raya dan sudah banyak papan petunjuk menuju ke lokasi.

Alamat tempat wisata ini berada di Jl. Srikandi Raya dan wilayahnya di tengah desa tidak jauh dari  kampung seni Lerep, kabupaten Ungaran Barat, Jateng. Letak wisata ini berada di depan SD Ungaran 1 dan bisa dilihat dari peta di website Google map dan lengkap beserta denah dan nomor telepon.

Keseruan bermain perahu, foto: instagram.com/tyancristayuhanda/

Lokasi: Jalan Srikandi Raya No. 1 Desa Lerep, Ungaran, Jawa Tengah 50519
Map:
KlikDisini
Buka/Tutup:
08.00-16.00
HTM: Rp.20000/Orang
Telepon:
+62 8170 5722 34

4/5 (2 Reviews)
Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply