Jelajah Bendungan yang Lain dan Menarik di Waduk Jatibarang Semarang

1079 views

Berlibur ke Semarang? Sekarang ini Semarang memang sering dijadikan sebagai tujuan wisata banyak dipilih wisatawan. Mungkin dulunya Semarang tak memiliki banyak pariwisata, tetapi sekarang kota ini sudah berubah menjadi destinasi wisata super lengkap.

Waduk Jatibarang, foto: instagram.com/arahman_men/

Salah satu lokasi wisata yang harus kita datangi ketika singgah ke Semarang adalah Waduk Jatibarang. Menikmati keindahan alam di sekitar waduk sangat cocok bila dinikmati bersama dengan seluruh anggota keluarga.

Waktu-waktu santai dengan hembusan air yang bersiul di sekitar area bisa membuat suasana menjadi tenang dan damai. Ketika memasuki daerah wisata ini, kita bisa melihat pintu masuk dengan tulisan “Waduk Serbaguna Jatibarang” dan dengan tambahan tulisan di tepi waduk.

Spot foto favorit, foto: instagram.com/trsrhmen/

Tulisan ini bisa kita lihat dari kejauhan. Nuansa yang ditawarkan oleh waduk ini seperti memberi isyarat menemukan kedamaian tepat di daerah ini. Pohon berwarna hijau seperti mengitari kawasan waduk juga semakin menambah keindahan alam.

Sejarah serta Arsitektur Waduk Jatibarang

Keindahan sunset di sekitar, foto: instagram.com/arumkusumadewi46/

Daerah genangan waduk mempunyai luas 189 ha dengan luas tangkapan sebesar 54 km persegi. Bendungan ini mulai di bangun tahun 2009 yang lalu tepatnya di tanggal 15 Oktober 2009 yang lalu. Bendungan ini bisa menampung kurang lebih 20,4 juta meter kubik air.

Pembangunan waduk secara resmi selesai di pertengahan tahun 2014 lalu dan selesai digenang di tahun 2015, tepatnya pada bulan Mei. Hari tersebut bertepat dengan hari air sedunia. Para wisatawan mulai datang berkunjung ke tempat wisata ini di awal tahun 2015.

Pintu masuk, foto: instagram.com/wisatasemarang/

Sesudah itu semakin lama air di bendungan penuh terisi. Hal ini membuat banyaknya wisatawan datang untuk menikmati suasana damai. Di tengah-tengah bendungan, kita bisa melihat dengan jelas pulau kecil.

Baca Juga  Air Terjun Semirang, Wisata Alam Semarang dengan Keindahannya

Untuk bisa pergi ke pulau ini, kita bisa melewati jembatan yang telah dibangun. Jembatan ini khusus untuk pergi ke sana. di dalam pulau, kita bisa bertemu dengan Goa Kreo.

Indahnya Goa Kreo di Tengah Waduk

Pesona alam yang ada di sekitar, foto: instagram.com/ad_petualang/

Kita bisa menemukan banyak monyet ekor panjang atau kera ekor panjang. Bukan hanya di pulau ini, tetapi monyet ekor panjang bisa ditemui wisatawan di area jembatan menuju pulau berukuran kecil.

Untuk kedalaman waduk, kedalamannya sangat bervariasi, di sana juga disediakan pelampung dan dipergunakan untuk mengatasi jika sewaktu-waktu peristiwa tak diinginkan menimpa wisatawan.

Sesuai yang sudah direncanakan pemerintah pada waduk ini ketika diresmikan, pemerintah menambah objek wisata di sini, tentunya hal tersebut digunakan agar pengunjung lebih betah mengunjungi waduk.’

Salah satu permainan yang bisa dinikmati, foto: instagram.com/cindywahyupp/

Pemerintah pun menambah beberapa perahu yang dipergunakan meudahkan wisatawan menelusuri Pulau Krei yang ada di tengah. Janji ini ternyata sudah terealisasikan karena di sana sudah terdapat penyewaan perahu. Pengunjung hanya perlu mengeluarkan uang Rp 100 ribuan saja.

Perahu bisa digunakan untuk 3 sampai 4 orang. Tetapi, bila hanya mengelilingi setengah waduk, kita cukup mengeluarkan uang Rp 60 ribu. Cukup terjangkau tentunya.

Apa Saja yang Bisa Dinikmati?

Banyaknya pengunjung yang datang, foto: instagram.com/dodik_setya_budi/

Selain mengelilingi waduk, bagi Anda yang memiliki hobi memancing, Anda bisa memuaskan hasrat memancing Anda di sini. Kegiatan memancing di tengah laut bisa menggunakan perahu kayu. Tidak perlu cemas dengan keamanan di sini karena tenaga operasional sudah mempunyai sertfikat pelatihan serta izin operasi.

Para penumpang juga dilengkapi dengan pelampung agar tetap aman. Lihat betapa jernihnya air dan cipratan airnya. Mata pun dimanjakan dengan dua tebing membentang di sisi sebelah selatan Waduk.

Baca Juga  12 Foto Keindahan Wisata Bukit Semarang Baru (BSB City) di Mijen

Ada juga hutan jati, konon menurut cerita berkembang dari mulut ke mulut, hutan ini merupakan tempat Sunan Kalijaga mencari kayu untuk membangun Masjid Agung Demak. Di dalamnya terdapat kera ekor panjang.

Tips Mengunjungi Waduk Jatibarang

Pemandangan sekitar dari ketinggian, foto: instagram.com/saptogsp/

Agar kegiatan wisata di sini tetap aman, ada beberapa tips harus diikuti, antara lain:

1. Hindari membawa makanan yang terlalu mencolok. Sudah dijelaskan jika di sini banyak terdapat kera ekor panjang. Walaupun kita diperbolehkan memberikan makanan seperti pisang atau kacang, namun masukkan seluruh makanan Anda ini agar tidak diambil hewan.
2. Bawa kamera. Tidak lengkap bila tak mengambil gambar keelokan Waduk Jatibarang. Kita bisa mengambil gambar foto keindahan alam. Selain foto, Anda bisa mengabadikan momen dengan membuat video.
3. Bawa makanan secukupnya. Tak perlu membawa banyak makanan yang merepotkan Anda. cukup bawa beberapa makanan yang pasti Anda habiskan di sini. Selain itu, jangan lupa membawa minuman.
Bila ingin memberi makan kera, Anda bisa membawa makanan pisang dan kacang dari rumah.

Akses Menuju Lokasi

beberapa monyet yang ada di sekitar, foto: instagram.com/handryjonathan/

Perjalanan untuk sampai di Waduk ini bisa dikatakan mudah. Kita hanya memerlukan waktu kurang lebih 30 menit dengan mengendarai motor atau mobil dari Unnes Sekarang. Walaupun jalan sedikit berkelok, namun sama sekali tidak sulit ditempuh.

Apalagi di sepanjang perjalanan, banyak pohon rindang. Kita juga menemukan pedesaan yang masih asri serta udara yang segar sehingga membuat pikiran menjadi semakin fresh.

Sesudah sampai di waduk ini, Anda diharuskan membayar tiket dan berjalan melewati jembatan cinta. Mitos yang beredar, siapa saja yang melewati jembatan ini lebih mudah mendapat jodoh. Bagi Anda yang sudah lama menyandang status jomblo, bisa mencoba berkunjung dan membuktikan.

Kemegahan yang dimiliki waduk, foto: instagram.com/uuulum/

Bukan hanya melewati jembatan cinta, namun kita harus menuruni anak tangga untuk sampai di tepi waduk. Masyarakat meyakini bila kita bisa melewati anak tangga ini, akan memperpanjang umur. Angin sepoi-sepoi pun membuat suasana hati menjadi semakin cerah.

Baca Juga  Wisata Sejarah di Benteng Pendem Ambarawa yang Penuh Misteri, Ini Buktinya

Bila masih bingung dengan lokasi wisata ini, Anda bisa menggunakan Google Map. Tuliskan tujuan Anda dan titik lokasi Anda. Ikuti seluruh petunjuk di peta Google Map.

Agar bisa puas mengunjungi tempat ini, sebagai saran lebih baik menggunakan kendaraan pribadi. Tak perlu khawatir jika datang dari luar kota, karena penyewaan mobil di Semarang cukup banyak. harga sewa yang mereka tetapkan pun juga tak terlalu mahal.

Harga Tiket Masuk

Jembatan yang ada di sekitar, foto: instagram.com/ab_chamid/

Untuk masuk dan singgah ke sini tak membutuhkan dana cukup banyak karena harga tiketnya terbilang murah. Untuk tiket masuknya sebesar Rp 4.000. Bila Anda membawa motor, biaya parkir motor sebesar Rp 2.000, dan mobil Rp 4.000.

Fasilitas Wisata

Akses menuju jembatan, foto: instagram.com/arahman_men/

Untuk fasilitas sepertinya tak perlu diragukan lagi. Lokasi ini mempunyai fasilitas umum seperti tempat parkir yang cukup luas, kamar mandi dan beberapa fasilitas penunjang lainnya.

Apabila Anda lupa membawa bekal makanan, tak perlu khawatir karena disekitar lokasi wisata banyak penjual makanan yang menjual aneka snack hingga makanan berat.

Harganya pun juga tidak terlalu mahal. Jadi, kapan Anda akan mengunjungi Waduk Jatibarang?

Lokasi: Kandri, Gunung Pati, Semarang, Jawa Tengah
Map:
KlikDisini
Buka/Tutup:
08.00-16.30
HTM:
Rp.2.000/Orang
Telepon:

0/5 (0 Reviews)
Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply