Upside Down World Bali, Destinasi Ciamik dan Unik

111 views

Alamat: Jalan By Pass Ngurah Rai, Denpasar, Bali
HTM: Rp.100.000 untuk dewasa dan Rp.50.000 untuk anak – anak
Jam buka/ tutup: Senin – Sabtu dari pukul 10:00 – 20:00 WIB sedangkan Minggu mulai pukul 11:00 – 21:00 WB
Map: KlikDisini

foto by instagram.com/asraswan/

Kekayaan pariwisata dan kebudayaan yang dimiliki Pulau Dewata memang tak perlu diragukan lagi. Berbagai pantai – pantai yang ada di Bali agaknya sudah tersohor ke berbagai penjuru dunia.

Setiap tahunnya terdapat lebih dari 5 juta wisatawan mancanegara berkunjung ke Bali, hal tersebut mencapai lebih dari sepertiga jumlah wisatawan asing yang berkunjung ke Indonesia menurut data Badan Pusat Statistik Provinsi Bali pada tahun 2017.

Pulau dengan penduduk mayoritas memeluk agama Hindu ini, tak hanya menawarkan pantai saja sebagai objek wisata, kini Bali memiliki Upside Down World pertama di Indonesia.

Mungkin bagi Anda penggemar film sudah tak asing dengan film romantic-fantasy “Upside Down World” yang diperankan oleh Jim Sturgess dan Kirsten Dunst.

foto by instagram.com/oktaliatanicka/

Memang konsep hadirnya tempat ini bukanlah dari film tersebut namun keduanya memiliki kesamaan, yaitu sama – sama menyajikan indahnya gravitasi menurut caranya masing – masing.

Tempat yang diresmikan pada tanggal 1 Maret 2016 ini memang masih termasuk ke dalam wisata terbaru di Bali namun animo masyarakat sudah sangat luar biasa.

Selain itu, Upside Down World (rumah terbalik) juga berada di beberapa negara di Asia seperti Malaysia dan Taiwan, dengan tentunya mengusung konsep yang sama.

Namun untuk Indonesia, Bali adalah provinsi yang menjadi pelopor hadirnya Upside Down World ini dan pada akhirnya lahir tempat serupa di Yogyakarta dan juga Bandung.

Lokasi Upside Down World Bali

foto by instagram.com/thesurya_bali/

Sebenarnya di Bali sendiri terdapat beberapa tempat berswafoto yang unik dan mengusung konsep 3 dimensi seperti tempat ini.

Baca Juga  Jejeran Menu Cafe Pomegranate Ubud, Tempat Nongkrong Kekinian Yang Keren di Bali

Diantaranya adalah Trick Art Museum Bali yang berada di kawasan Seminyak dan Museum 3 Dimensi (3D) DMZ Bali yang berlokasi di jalan Nakula Legian. Namun Upside Down World Bali ini menawarkan konsep foto tiga dimensi yang berbeda dengan kedua tempat tersebut.

Rute Lokasi Wisata

Objek wisata ini berada di daerah Denpasar, yang merupakan salah satu kota dengan pendapatan perkapita terbesar di Provinsi Bali. Dengan letak alamat berada di Jalan By Pass Ngurah Rai, lokasi dapat dijangkau melalui kendaraan umum maupun pribadi.

foto by instagram.com/echajkt/

Letak persisnya berada di sebrang Halte Pendungan 1 dan berada sejajar dengan Beecup Cupcakes Store. Lokasi tempat ini sangat dekat dengan Bandar Udara Internasional Ngurah Rai dan objek wisata Pantai Kelan dan Pantai Jerman yang berjarak hanya 8 Kilometer saja.

Anda juga dapat menggunakan map sebagai bantuan untuk mencapai lokasi.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk

Upside Down World sendiri buka mulai pukul 09:00 – 200 WITA setiap harinya.

Dengan membayar tiket masuk (price) sebesar Rp.100.000 untuk dewasa dan Rp.50.000 untuk anak – anak (umur 3 – 12 tahun dan tinggi tidak lebih dari 120 cm), Anda beserta keluarga sudah dapat menikmati keseruan tempat ini sambil mengabadikan momen dengan kamera.

Konsep Upside Down Wolrd Bali

foto by instagram.com/defit_febri07/

Begitu masuk ke dalam tempat ini, pada awalnya mungkin Anda agak sedikit bingung dan membutuhkan sedikit adaptasi dalam hal perspektif ruangan – ruangan yang akan dilihat.

Dengan mengusung konsep berbagai ruangan yang terbalik, ini menjadi salah satu daya jual dan daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Setiap sudut menawarkan keunikannya tersendiri bagi para pemburu foto – foto yang instagramable.

Baca Juga  Bali Bukan Hanya Memiliki Pantai Indah, Namun Wisata Sejarah yang Tak Kalah Menarik: Museum Pasifika

Namun Anda tidak perlu lagi khawatir dan bingung bagaimana caranya menikmati tempat wisata ini, karena begitu Anda selesai membeli tiket masuk, akan ada guest assistance yang akan siap sedia untuk menemani Anda berkeliling.

Keunikan Upside Down Bali

foto by instagram.com/exell_s/

Dari luar memang tempat ini selayaknya bentuk bangunan rumah (house) pada umumnya namun hal tersebut berubah ketika Anda mulai menapaki langkah demi langkah ke dalam tempat ini. Pada setiap ruangan yang ada di tempat ini di desain terbalik.

Terdapat beberapa ruangan yang ada di Upside Down World ini yakni master room, ruang keluarga yang dilengkapi dengan tungku api, ruang anak – anak, ruangan 3D, kamar mandi dan toilet serta ruang laundry.

Yang menjadi ciri khas lain dari Upside Down World sendiri adalah terdapat satu ruangan yang berbeda – beda konsep, dan untuk di tempat ini terdapat satu ruangan dengan konsep Bali dan taman.

Ruangan ini dibuat berbeda tiap tempatnya untuk merepresentasikan budaya atau ciri khas daerah masing – masing. Pada Balinese room ini didesain memiliki tingkat kemiringan hingga 90 derajat.

foto by instagram.com/dionsadewa01/

Tak hanya ruangan saja yang didesain terbalik, namun semua detail dari isi ruangan seperti tempat tidur, bantal, televisi, lemari, rak, selimut, kompor, wastafel, kulkas dan perabotan lainnya juga dibuat terbalik.

Keunikan lainnya adalah semua benda yang ada di tempat ini adalah asli, bukan imitasi yang terbuat dari plastik dan semuanya ditempel di langit – langit ruangan dengan posisi terbalik.

Selain itu perpaduan warna – warni dari ruangan dan interiornya juga didesain dengan berbagai warna yang kontras agar nampak inda ketika di foto.

foto by instagram.com/shan_tjong/

Untuk memperoleh berbagai foto yang instagramable memang Anda memerlukan sedikit usaha yang lebih karena lokasi foto yang tidak biasa. Anda mungkin akan diharuskan lebih ekspesif dan kreatif memadukan antara ekspresi, angle foto dan juga ruangan yang terbalik.

Baca Juga  Waterbom Bali, Pilihan Destinasi Wisata Air Keluarga

Selain itu juga agar foto lebih terkesan real ekspresi wajah yang dimunculkan juga tidaklah biasa yang membuat seolah – olah Anda memang berada pada posisi terbalik.

Tentunya Anda juga akan diarahkan oleh pemandu foto yang akan membantu Anda untuk perpose untuk mendapatkan hasil foto yang maksimal.

Beberapa Upside Down World di Indonesia

foto by instagram.com/annisakurniasari/

Mengekor pendahulunya, kini Yogakarta juga memiliki objek wisata indoor yaitu Upside Down World yang berlokasi di Jalan Ring Road Utara, Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman.

Tempat ini dibuka pada 4 Juli 2016 dan melalui persebaran di media sosial, dengan sangat cepat tempat ini menjadi sangat terkenal. Secara umum, berbagai ruangan yang ada di tempat ini sama dengan yang berada di Upside Down World Bali.

Upside Down World di Yogyakarta ini menetapkan tarif sebesar Rp.80.000 untuk dewasa dan Rp.40.000 untuk anak – anak tinggi kurang dari 135 cm, dengan jam operasional dimulai pukul 10:00 – 19:00 WIB.

foto by instagram.com/fransiscakurniadi/

Setali tiga uang dengan Yogyakarta, Bandung pun menghadirkan Upside Down Worldnya tersendiri dan dengan cepat menjadi buah bibir di kota kembang ini. Tempat yang berlokasi di Jalan H. Wasid Nomor 31 Lebakgede, Coblong ini sangat dekat dengan Jalan Dipatiukur.

Tiket masuk yang dikenakan bagi pengunjung adalah Rp.60.000 untuk dewasa dan Rp.40.000 untuk anak – anak (tinggi di bawah 120 cm) dengan jam operasional Senin – Sabtu dari pukul 10:00 – 20:00 WIB sedangkan Minggu mulai pukul 11:00 – 21:00 WB.

Untuk tata letak dan konsep ruangan yang diusung tempat ini juga serupa dengan kedua pendahulunya di Bali dan Yogyakarta.

0/5 (0 Reviews)

Related Post

Leave a reply