Ternyata Semarang Juga Memiliki Wisata Alam yang Menarik Lho, Umbul Songo Kopeng

1288 views

Ingin menjelajahi wisata alam yang ada di Semarang? Biasanya, ketika mengunjungi Semarang, wisata sering dituju adalah Lawang Sewu, Pasar Tradisional hingga Pantai Marina.

Padahal, Semarang juga menyimpan wisata alam yang indah. Salah satunya adalah air terjun Umbul Songo. Umbul Songo ini adalah tempat rekreasi dengan keindahan alam luar biasa.

foto by youtube.com/watch?v=AExMwbFd0CE

Lokasinya ada di ketinggian 1.450 dari permukaan laut, dengan lokasi ini ia menjadi primadona pemburu wisata alam. Lokasinya sangat strategis karena diampit 2 gunung yaitu Gunung Telomoyo serta Gunung Merbabu.

Tinggi air terjun hingga 15 meter dan aliran airnya cukup deras. Tempatnya cocok untuk pengunjung yang mempunyai ketertarikan wisata alam.

foto by wisataeksotik.blogspot.co.id

Saat mengunjunginya, Anda harus memiliki mental yang cukup kuat. Bagaimana tidak? seluruh medan di sini masih alami dan menguras tenaga. Oleh karena itu, sebelum berwisata, lebih baik mempersiapkan stamina dan fisik terlebih dulu.

Air Terjun Nan Asri

Umbul Songo Kopeng ini masih sangat asri terbukti dari adanya lumut di dinding tebing air terjun. Selain itu salah satu hal yang menjadi keunikannya ialah air tetap mengalir deras meskipun berada di musim kemarau.

Oleh sebab itu air yang mengalir dijadikan sebagai sumber utama warga sekitar ketika musim kemarau. Sehingga warga di sekitar tidak pernah mengalami kesulitan air ketika musim kemarau. Suasana di sekitar air juga masih berupa hutan.

foto by teluklove.com

Sedikit Legenda Umbul Songo Kopeng

Terdapat beberapa mitos dan cerita legenda di sekitar masyarakat tentang asal muasal lokasi ini. pada dasarnya, nama Umbul Songo memiliki arti sembilan mata air yang ditemukan para wali di jaman dulu.

Pada awalnya, para wali ini berdoa bersama-sama pada Allah SWT sehingga dipermudah dalam mencari air untuk berwudhu. Atas Izin Allah, permohonan dari para wali dikabulkan dan keluar lah sumber air yang sangat besar. Sumber air tersebut diberi nama Umbul Songo.

Baca Juga  Ini Nih 67 Tempat Buka Puasa Terbaik yang Ada di Semarang

Air terjun berasal dari beberapa mata air di sekitarnya seperti Selodhuwur, Kopeng, Contrem Tayengan, Tekelan. Sumber lainnya berasal dari Kali Sati dan Peng Jero.

Wisata Kuliner

Tak lengkap jika berwisata namun tak menikmati kelezatan kulinernya, sehingga tidak ada salahnya mencicipi makanan khas dari Kopeng. Makanan-makanan ini banyak dijual di sekitar lokasi. Salah satu kuliner terkenal dan tak boleh dilewatkan adalah sate kelinci dan wedang ronda.

Tak perlu cemas dengan masalah harga. Meskipun ada di sekitar lokasi wisata, tetapi harga yang ada di sini tetap terjangkau.

foto by wstasky.blogspot.co.id

Fasilitas

Terdapat beberapa fasilitas yang diberi pihak pengelola tempat wisata pada para pengunjung seperti lokasi parkir yang luas agar bisa mencukupi kebutuhan wisatawan. Entah membawa motor atau mobil, semua bisa masuk dan tertata dengan rapi.

foto by jatengnyamleng.com

Fasilitas lain yang sudah disediakan pengelola ialah taman bermain anak yang berkunjung kemari. Bahkan, fasilitas seperti tempat ibadah juga disediakan pengelola, sehingga pengunjung bisa melaksanakan kewajibannya, walaupun sedang berwisata.

Toilet dan kamar mandi disediakan. Ketika terjadi keadaan darurat buang air kecil atau buang air besar, pengunjung tak perlu cemas, di sekitarnya terdapat bumi perkemahan yang digunakan mengakomodasi pengunjung yang ingin berkemah.

Di sini, kita bisa mencoba berenang karena pihak pengelola menyediakan kolam renang khusus. Apabila ingin merasakan indahnya sensasi bermalam di air terjun, cukup sewa penginapan di sekitar area.

foto by infokopeng.blogspot.co.id

Beberapa villa bisa disewa mempunyai fasilitas memadai. Bila ingin menginap namun dengan biaya yang lebih murah, coba menginap di rumah warga. Beberapa hotel juga mulai dibangun di sekitar air terjun. Beberapa hotel mempunyai harga yang bervariasi.

foto by infokopeng.blogspot.co.id

Rute Jalan

Baca Juga  12 Gambar Gunung Ungaran Semarang, Akan Membuat Anda Mengagumi Keindahan Alam Indonesia

Tempat rekreasi ini ada di komplek wana wisata Kopeng. Lokasinya ada di Kopeng, Getasan, Kab Semarang, Jateng. Agar bisa sampai di sini, terdapat beberapa alternatif rute yang bisa ditempuh.

Rute pertama, kita bisa melalui Salatiga dengan jarak lebih kurang 15 km. Sedangkan, bila memilih dari Ungaran, Anda harus menempuh jarak 34 km. Atau, dari Semarang, untuk mencapainya harus menempuh jarak 54 km.

foto by teluklove.com

Bila dari daerah Semarang, cukup melewati tol Semarang Bawen dan keluar ke arah Jalan Raya Suruh Karang Gede atau jalan menuju Solo. Tetapi, apabila dari Magelang, cukup menempuh jarak 30 km dengan menyusuri jalan Magelang – Salatiga.

Jalanan yang dilalui akan melewati pamandangan sangat indah. Masih bingung jalan yang harus dilewati? Kita bisa menggunakan Google Map, tinggal ikuti peta di sana, Anda pun akan sampai.

Sebagai saran, bila berasal dari luar kota dan menggunakan pesawat, lebih baik menyewa kendaraan seperti motor atau mobil, karena lokasi ini akan lebih mudah bila Anda menggunakan kendaraan pribadi.

foto by uttantiodafa.blogspot.co.id

Tarif Masuk Kawasan

Untuk masuk ke kawasan Umbul Songo Kopeng, sama sekali tidak mahal. Kita akan diminta membayar Rp 5.000 saja.

Bila mengambil paket menginap di rumah-rumah warga, cukup membayar kurang dari Rp 50.000 per malam. Keseluruhan harga sudah pasti terjangkau untuk semua kalangan yang ingin mencoba wisata alam yang berbeda.

Tips Berwisata ke Umbul Songo Kopeng

Ada beberapa tips yang bisa diikuti saat ingin berwisata ke sini, seperti:

• Membawa baju ganti. Karena ini merupakan wisata air, besar kemungkinan, baju akan basah meskipun hanya terkena cipratan air. Jangan sampai sakit karena tidak membawa baju ganti dan harus menggunakan baju basah.
• Membawa kamera. Kamera adalah perangkat yang tidak boleh terlupakan. Apalagi jika berwisata bersama dengan keluarga besar. Pasti sangat menyenangkan berfoto bersama dengan mereka.
• Membawa seperlunya. Tak perlu membawa banyak barang ketika berwisata, karena banyak penjual makanan yang ada di sekitar area wisata. Cukup membawa baju ganti dan alat mandi.
• Siapkan fisik. Lokasi perjalanan untuk menuju ke Umbul Songo cukup jauh, apalagi bila menginap di Semarang Kota. Oleh sebab itu, siapkan fisik yang prima sebelum pergi ke lokasi wisata.

Baca Juga  Main Air Sambil Menikmati Wisata Alam di Air Terjun Kali Pancur Semarang, Ini Dia Informasi Lengkapnya

Wisata Lain Semarang

Selain wisata alam ini, ada beberapa tempat rekreasi yang harus Anda kunjungi, seperti:

1. Wisata Pagoda Buddhagaya Watugong. Pagoda Buddhagaya Watugong merupakan pagoda yang memiliki ketinggian hingga lebih dari 45 meter.

Pagoda ini ialah pagoda yang paling tinggi di Indonesia. Tempat rekreasi ini ada di Jalan Perintis Kemerdekaan dan menjadi tempat ibadah pemeluk agama Budha.

foto by panduanwisata.id

2. Taman Rekreasi Wonderia Semarang. Taman ini ada di Jalan Sriwijaya. Lokasinya dibuka dari tahun 2007. Taman tersebut mempunyai banyak wisata menarik serta menyenangkan. Harga tiket masuknya pun cukup murah.

foto by mediasemarang.blogspot.co.id

3. Curug Benowo. Curug ini adalah air terjun di Gunung Ungaran. Lokasi ini adalah lokasi wisata favorit untuk para pecinta alam.

foto by tribunnews.com

Lokasi: Kopeng, Getasan, Semarang, Jawa Tengah 50774
Map: KlikDisini
HTM: Rp 5.000
Buka/Tutup: 08.00 – 17.00
Telepon: 0812-1573-086

Related Post

Leave a reply