Umbul Sidomukti Ternyata Tempat Wisata Komplit dan Instagram-able, Gak Percaya? Lihat 12 Foto ini

1156 views

Semarang juga punya kawasan wisata alam pegunungan yang patut untuk dikunjungi. Bahkan Anda pun bisa menginap di tempat ini. Kawasan ini tak hanya memiliki villa nyaman tetapi juga pemandangan menakjubkan. Bahkan pondok wisata nya pun memiliki suasana khas.

Alamat tempat ini di Desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Namanya Umbul Sido Mukti. Kawasan ini memiliki Pondok Wisata, Villa Panorama, Taman Renang Alam, Pondok Kopi, dan sebagainya.

Fasilitas Umbul Sidomukti

Umbul sidomukti, foto: brobali.com

Fasilitas dan pelayanan yang ditawarkan di sini terdiri dari Outbond Training, permainan adrenalin, taman renang alam serta penginapan. Untuk kolam renang alam ada empat buah kolam disusun bertingkat.

Jangan ditanya airnya, dingin dan menyegarkan. Lokasi kolam ini terletak di lereng Gunung Ungaran dengan jarak ketinggian sebesar 1200 dpl. Kedua sisi nya terdapat jurang. Jika Anda membawa anak jangan sampai lepas pengawasan.

Jika tak ingin berenang, pemandangannya sangat bagus. Anda bisa berfoto bersama keluarga ataupun bergaya sendiri. Untuk masuk ke kolam renang dibiayai tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang.

Jembatan jaring, foto: agniahimsa.files.wordpress.com

Anda juga bisa mencoba ATV di sini. Cukup dengan membayar Rp 30.000, sudah bisa mengendarai ATV baik sendiri maupun berdua. Tak hanya ATV, Anda bisa memicu adrenalin dengan menyeberang di lintasan dengan jarak sepanjang 110 meter.

Flying fox di sini dapat dilakukan dengan berbagai gaya, duduk, telungkup atau seperti terbang. Untuk menikmati sarana picu adrenalin ini, perlu membayar sebesar Rp 35.000 per orang.Wahana lain yang bisa dinikmati adalah sepeda awang.

Pada sepeda awang, Anda akan melintasi jarak tertentu di atas tali menggunakan sepeda. Ada tali pengaman dan beberapa alat keselamatan bagi yang tertarik mencobanya. Untuk menikmati wahana ini, Anda perlu membayar Rp 10.000.

Ramenya pengunjung yang datang, foto: pegipegi.com

Selain itu, Anda bisa mencoba Highest Triangle yaitu tiga tantangan yang disatukan. Tantangan ini adalah magic box, stick bridge, dan badul bridge. Berapa yang perlu dibayar untuk mencoba tantangan ini? Rp 40.000 per orang. Tambahkan Rp 15.000 per orang untuk menikmati Marine Bridge.

Baca Juga  Candi Gedong Songo Semarang, Berlibur Sambil Menilik Peninggalan Sejarah Bangsa Kita

Hanya itu? Tentu tidak. Ada lagi wisata berkuda dengan mengelilingi arena perkebunan. Anda bisa menaiki kuda begitu pula si anak. Untuk menikmati wisata berkuda, perlu merogoh kocek Rp 50.000 per 30 menit.

Salah satu penginpan yang ada di sektiar, foto: .idntimes.com

Di Umbul Sido Mukti juga terdapat goa. Goa biasanya berkaitan dengan tempat sejarah atau cerita angker yang menyelimutinya. Berbeda dengan Goa Tirta.

Goa ini adalah goa buatan yang dibuat untuk melihat pemandangan. Tak hanya itu, goa buatan sepanjang 135 meter ini juga memiliki spot foto yang menarik. Tertarik? Silakan siapkan uang Rp 5.000 sebagai tiket masuk.

Pilihan Penginapan

Fasilitas kolam renang, foto: twimg.com

Kawasan ini memiliki tiga tempat pilihan penginapan, yaitu Pondok Wisata, Pondok Panorama, dan Camping Ground.

Pondok Wisata memiliki jenis ruangan mulai dari Standart Room, Superior Room, Deluxe Room, dan Family Room. Standart Room berkapasitas 4 orang. Di sini ada 2 type tempat tidur yaitu 2 bed besar atau 4 bed kecil.

Harga pada 2019 dimulai dari Rp 575.000 per malam dengan pemandangan ke arah ruang pertemuan.

Jika Anda menyukai pemandangan persawahan, bisa memilih Superior Room. Kapasitas ruangan untuk 4 orang dengan model dua lantai atau mezanine. Ada 1 bed besar di lantai bawah dan juga lantai atas. Harga untuk kamar tipe superior dimulai dari Rp 675.000 per malam.

Salah satu spa resort yang ada, foto: hoteldekatwisata.blogspot.co.id

Kamar tipe Deluxe Room adalah tipe kamar favorit di sini. Harga dimulai dari Rp 725.000 per malam dengan kapasitas 4 orang.

Kamar ini favorit karena pemandangannya mengarah ke perbukitan hijau. Ditambah adanya bangku taman di depan kamar untuk bersantai menikmati suasana. Pada malam hari pun semakin terasa suasana romantis nan dingin.

Tipe kamar terakhir ini berkapasitas 8 orang yang terdiri dari dua lantai dengan 2 tempat tidur besar di lantai bawah serta 4 tempat tidur kecil di atas.

Baca Juga  Mau Mengenang Jasa Para Pahlawan? Dateng Saja ke Bunderan Tugu Muda Semarang

Family Room memiliki latar pemandangan pegunungan. Di depan kamar pun tersedia bangku untuk sekedar bersantai atau menikmati suasana. Harga untuk tipe ini dimulai dari Rp 1.250.000 per malam.

Gerbang masuk kawasan, foto: kopralmak.blogspot.co.id

Pilihan penginapan kedua adalah Pondok Panorama dengan pilihan terdiri dari Villa Panggung dan Villa A-E.

Villa panggung berkapasitas dua orang dengan harga dimulai dari Rp 400.000 per malam. Bangunannya terbuat dari kayu dicat cokelat. Sedangkan Villa A-E berkapasitas 4 orang. Ada dua kamar dengan masing-masing kamar memiliki 1 bed besar. Harga per malam menginap di villa ini dimulai dari Rp 725.000.

Jika Anda ingin lebih merasa berpetualang, bisa memilih berkemah di camping ground yang sudah disediakan oleh pengelola.

Tempat Makan

Flying fox, foto: pantauanharga.com

Ada lima jenis tempat makan yang ditawarkan di kawasan ini. Mulai dari restoran sampai cafe. Posisi kawasan yang memang di dataran tertinggi, menuntut pengelola untuk bisa memuaskan para wisatawan. Tak hanya dari segi pemandangan ataupun penginapan tapi juga soal perut.

Lima jenis tempat makan yang ada di sini antara lain pondok lesehan, cafetaria, resto panorama, coffe shop yang terletak di lobby, serta pondok kopi. Pondok lesehan adalah restoran berkonsep lesehan menyajikan ikan segar, makanan laut, dan lainnya.

Sedangkan Resto Panorama lebih mengedepankan pemandangan sawah dan pegunungan. Suasana sejuk pun terasa. Berbeda dengan cafetaria yang terletak di area kolam renang.

Denah wisata, foto: yukpiknik.com

Cafetaria buka dari pukul 8 pagi dan tutup pada pukul 5 sore. Cafetaria yang beroperasi selama 9 jam ini menyediakan nasi goreng, indomie, nasi pecel, serta aneka hidangan sederhana lainnya. Tak hanya itu pemandangan kolam renang pun bisa Anda dapatkan.

Pondok kopi dan coffee shop ini adalah dua tempat yang berbeda. Coffee shop terletak di lobby. Anda bisa menikmati kopi di sini sambil menunggu kamar siap ditempati.

Sedangkan Pondok Kopi adalah cafe yang menyajikan menu olahan kopi. Tempatnya sangat asyik dan Anda bisa mengambil gambar sepuasnya di sini. Lokasi nya cukup instagram-able. Walau udara bisa dibilang dingin tapi secangkir kopi panas bisa menghangatkan suasana.

Baca Juga  Menjelajahi Sejarah Perjuangan Indonesia Melawan Penjajah di Monumen Palagan Ambarawa

Jika dilihat dari fasilitas yang disediakan, bayangannya adalah tempatnya luas. Mungkinkah tersasar? Jangan khawatir. Kawasan ini memiliki denah dan papan petunjuk yang membantu Anda menemukan tempat yang dituju.

Rute Menuju Lokasi

Camping ground, foto: idntimes.com

Untuk sampai ke kawasan ini bisa ditempuh dari arah Semarang menuju Solo. Teruskan perjalanan sampai menemukan pom bensin Lemah Abang. Letaknya di sisi kiri jalan.

Lalu belok kanan menuju Bandungan. Sesampai Pasar Jimbaran akan ada gang bertuliskan SidoMukti di sisi kanan. Kontur jalan menanjak dan pas kendaraan.

Jalan naik dan jalan turun dibedakan. Ini karena lebar jalan yang tak terlalu besar ditambah akan menemukan tanjakan curam. Pastikan pengendara cukup ahli dalam kontur jalan seperti ini. Di beberapa titik, Anda akan bertemu dengan kendaraan berlawanan arah.

Bangku-bangku cafe, foto: ytimg.com

Bus ukuran besar disarankan untuk tidak ke jalur ini. Karena jalanan yang sempit. Bahkan bus mini pun dituntut untuk menggunakan supir yang lihai berkendara. Anda juga harus rajin membaca papan petunjuk jalan.

Tempat Wisata Dekat Umbul Sido Mukti
Berjarak sekitar 7 kilometer, menurut peta, dari Umbul Sidomukti terdapat Candi Gedong Songo yang musti dikunjungi. Jika datang dari arah Klaten, Anda akan menemukan Candi Gedong Songo dahulu baru Umbul Sido Mukti.

Jika melihat map, ada dua curug yang berada tak jauh dari sekitar kawasan Umbul Sido Mukti ini. Curug itu adalah Curug Semirang dan Curug Lawe. Keduanya sama-sama berada di lereng Gunung Ungaran. Bahkan keindahannya punya daya tarik masing-masing.

Penginapan lain

Pemandangan alam sektiar dari ketinggian, foto: riskasetya.com

Jika tak ingin menginap di penginapan yang tersedia di Umbul Sidomukti, tak masalah. Ada banyak pilihan penginapan di sekitarnya. Mulai dari homestay, hotel sampai resort.

Pilihan itu antara lain Susan Spa Resort, Hotel Matahari, The Wujil Resort & Conventions, Grand Panorama Hotel dan banyak lagi. Bahkan berjarak 5 kilometer dari kawasan tersebut, tepatnya di daerah Ambarawa juga tersedia guest house dan hotel seperti Surya Guest Hotel dan Hotel Griya Katarina.

Lokasi: Kawasan Wisata Umbul Sidomukti, Sidomukti, Bandungan, Semarang Jawa Tengah 50661
Map: KlikDisini
HTM: Rp.10.000 /Orang
Buka/Tutup: 08.00-17.00
Telepon: 0828-9203-1261

0/5 (0 Reviews)
Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply