Menikmati Keindahan Uluwatu Temple yang Menghadap Langsung ke Samudera Hindia

51 views

Lokasi: Pewatu, kecamatan Kuta, Kabupaten Badung Eegency, Bali, Indonesia
HTM: Rp 40.000 per orang
Buka/Tutup: 09.00 WITA – 18.00 WITA
Map: KlikDisini

foto by instagram.com/dini_andini26/

Bali atau yang biasa disebut Pulau Dewata memiliki jutaan pesona dan keindahan alam yang siap membuat wisatawan takjub ketika berlibur di pulau ini, mulai dari keindahan pantai hingga kawasan wisata religinya yang tak kalah menarik.

Salah satu kawasan religi yang bisa dijadikan sebagai objek wisata adalah Uluwatu Temple atau Pura Uluwatu.

Pura Uluwatu atau yang biasa disebut Pura Luhur Uluwatu oleh masyarakat sekitar merupakan salah satu dari 6 candi utama yang menurut kepercayaan umat Hindu di Indonesia adalah pilar utama dari unsur spiritual di Bali.

Tak hanya itu saja, kawasan Pura Uluwatu juga terkenal dengan pemandangannya yang eksotis karena terletak di atas tebing curam dengan ketinggian sekitar 70 meter dari permukaan laut. Tak heran jika dari tempat ini, pengunjung bisa menikmati pemandangan matahari terbenam yang sangat indah.

Lokasi Uluwatu Temple

foto by instagram.com/erwin_rullyanto/

Pura Uluwatu berada di di kawasan Pewatu, kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Bali, Indonesia. Karena letak pura yang diagungkan oleh masyarakat Bali ini berada di tebing, maka pengunjung bisa menyaksikan pemandangan Samudera Hindia dari area pura.

Sayangnya, untuk memasuki area pura, pengunjung harus melalui hutan sehingga pengujung akan bertemu dengan kera yang kerap menampakkan diri di kawasan ini. Oleh sebab itu, pengunjung harus berhati-hati dengan barang bawaan Anda.

Sejarah Uluwatu Temple

foto by instagram.com/ellyanaleo/

Masyarakat Bali meyakini bahwa pura Uluwatu merupakan Pura Sad Kahyangan Jagat atau penyangga dari 9 mata angin pulau Bali.

Selain itu, letak pura ini yang berada ujung sebelah barat daya pulau Bali, tepatnya di atas anjungan batu karang yang ketinggiannya kurang lebih sekitar 97 meter di atas permukaan laut menjadi latar belakang mengapa pura ini di beri nama Uluwatu, yang dalam bahasa Sangsekerta berarti puncak batu karang dalam bahasa Sanskerta.

Baca Juga  Ingin Mencari Oleh-oleh dengan Harga yang Lebih Miring di Bali? Ke Pasar Sukawati Saja

Keindahan Sunset di Uluwatu Temple

Letaknya yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia, membuat Uluwatu Temple ini jadi tempat favorit wisatawan untuk menikmati sejuknya suasana sore hari. Bahkan tak jarang wisatawan rela menunggu waktu sore hari hanya untuk menikmati keindahan sunset di lokasi ini.

foto by instagram.com/devan_agari/

Di sini, wisatawan bisa melihat pemandangan matahari tenggelam dengan latar belakang samudera Hindia. Tentu saja pemandangan ini tidak bisa ditemui di tempat wisata lainnya di Bali.

Wajar saja jika banyak wisatawan yang mengambil foto untuk mengabadikan keindahan alam dan eksotis tersebut. Belum lagi review dan juga artikel yang sudah banyak menyanjung suasana agung di Uluwatu Temple ini.

Tak hanya bisa menikmati pesona alamnya saja, di pura ini pengunjung bisa melihat bentuk dan gaya arsitektur khas Bali, seperti gerbang tradisional serta kehadiran banyak patung-patung kuno yang membuat kawasan wisata ini menjadi lebih menarik.

Kehadiran Monyet di Uluwatu Temple

foto by instagram.com/rentcarbali_tour/

Di sekitar Uluwatu Temple yang merupakan area hutan lindung, terdapat ratusan ekor monyet yang sudah ada sejak ratusan tahun lalu.

Masyarakat setempat percaya jika , ratusan ekor monyet di sini adalah penjaga pura Uluwatu dari pengaruh buruk. Meskipun sudah ada dinding beton pada sisi tebing yang berfungsi untuk mencegah agar Uluwatu Temple ini tidak longsor dan juga jatuh ke Samudra Hindia.

Hanya saja, wisatawan di himbau untuk berhati-hati karena tidak jarang monyet-monyet ini kerap mengambil barang wisatawan seperti kacamata hitam hingga kamera yang digunakan.

Jika barang wisatawan terlanjur diambil, cobalah untuk mendekati monyet tersebut dengan menggunakan kacang atau pisang agar barang bawaan yang mereka ambil bisa didapatkan kembali.

Baca Juga  Terbaik! 90 Tempat Makan di Bali Ini Memang Luar Biasa

Pertunjukan Tari Kecak Terbaik

foto by instagram.com/wandersteria/

Sajian pertunjukan Tari Kecak adalah salah satu daya tarik yang paling diunggulkan Uluwatu Temple ini. Setiap sore hari menjelang matahari tenggelam, pengunjung bisa melihat petunjukan tari kecak aatu kecak dance di panggung utama dengan lamar belakang pemandangan Samudra Hindia.

Kendati lokasi pura ini rawan longsong karena berada di atas ketinggian sehingga dapat menimbulkan retak pada tanahnya, namun tetap saja Uluwatu Temple tidak pernah kehilangan pesonanya.

Dengan kehadiran pertunjukan tari kecak tersebut, para wisatawan bisa merasakan perpaduan antara seni dan budaya masyarakat Bali yang menyatu dengan keindahan alam saat matahari hendak tenggelam ke cakrawala.

foto by instagram.com/danielhuangphoto/

Untuk menikmati sajian tari Kecak ini, wisatawan wajib membayar tiket masuk atau entrance fee di luar tiket masuk ke Uluwatu Temple, yakni sebesar 65 ribu.

Fasilitas Pura Uluwatu

Meskipun akses lokasi ini harus melalui hutan, namun Pura Uluwatu sudah dilengkapi dengan fasilitas wisata yang lengkap.

Wisatawan tak perlu khawatir tentang kenyamanan mereka karena di sini terdapat pusat kuliner, mulai dari warung makan sederhana hingga restoran pun juga bisa ditemui jika wisatawan tidak sempat menyiampkan bekal makanan ataupun minuman saat datang ke sini.

foto by instagram.com/bovithalim/

Di pusat kuliner ini, tersedia ragam makanan dan minuman dengan harga yang sangat bervariasi. Sedangkan untuk penginapan,

wisatawan bisa menginap di sekitar kawasan pura karena sudah tersedia berbagai jenis dan tipe penginapan, mulai dari penginapan kelas melati, Home Stay, Guset House hingga hoter berbintang pun juga tersedia.

Harga Tiket Masuk Uluwatu Temple

Setiap wisatawan yang akan memasuki kawasan Pura Luhur Uluwatu Bali akan dikenakan tarif dewasa sebesar Rp 20.000 bagi wisatawan Domestik.

foto by instagram.com/devan_agari/

Sedangkan untuk turis asing sebesar Rp.30.000 dan untuk tarif masuk anak-anak adalah Rp 10.000 untuk wisatawan Domestik dan Rp.20.000 untuk turis asing. Bagi yang membawa kendaraan pribadi, dikenakan tarif parkir kendaraan sebesar Rp.5.000 per mobil.

Baca Juga  Ingin Melihat Air Terjun Paling Indah di Buleleng Bali? Kunjungi Gitgit Waterfall

Rute Menuju Uluwatu Temple

Alamat atau address pura yang berada di daerah Pecatu, Kuta Selatan sehingga lokasi ini sangat strategis untuk diakses, baik menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Namun, disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi saja karena belum ada kendaraan umum yang mengantar langsung hingga ke Uluwatu Temple.

foto by instagram.com/hwmf_official/

Jika berangkat dari Denpasar, Anda bisa menggunakan 2 jalur, yakni jalur By Pass Ngurah Rai yang jaraknya lebih dekat namun seringkali terkendala macet ataupun Jalan Raya Pecatu yang bisa menempuh waktu perjalanan sekitar kurang lebih 1 jam.

Jika melalui Jalan Raya Pecatu, arahkan kendaraan menuju Jalan Pual Kawe dan Jalan Pulau Bunggih. Batu setelah itu, Anda akan bertemu dengan Banjar Geladag yang merupakan Pura Hindu dan silahkan ambil jalur kiri ke Jalan Pulau Belitung.

Ikuti saja jalur utama hingga pertigaan berbentuk huruf Y terbalik dan lurus hingga ke Jalan Pulau Moyo. Dari halan Pulalu moyo Anda akan bertemu pertigaan Jalan Dipenogor dan silahkan gunakan jalur lurus ke arah perempatan By Pass Ngurah Rai – Jalan Raya Pelabuhan Benoa.

Silahkan ambil jalan lurus ke Jalan Raya Pelabihan Benoa dan lokasi Pura Luhur Uluwatu akan Anda temukan.

0/5 (0 Reviews)

Related Post

Leave a reply