Ingin Puas Belanja di Bali? Kunjungi Traditional Ubud Art Market

246 views

Alamat: Jalan Raya Ubud No. 35 Bali
HTM:
Jam buka/ tutup: 4 pagi sampai jam 6 sore
Map: KlikDisini

foto by instagram.com/yooranna/

Bali memang memiliki sejuta keindahan dan keunikannya sendiri, hal inilah yang membuat banyak orang untuk menghabiskan waktu weekend mereka di Bali. Tidak hanya keindahan panorama alamnya saja, namun juga seni budaya yang dimiliki Bali memang menjadi bagian yang tidak bisa dilewatkan lagi.

Sebut saja Ubud, bagi Anda yang pernah atau bahkan belum pernah jalan-jalan ke Bali, tentunya tidak asing lagi dengan nama Ubud. Yups, Ubud merupakan tempat yang terletak di daerah Gianyar Bali.

Ubud bisa menjadi salah satu tempat pilihan bagi para wisatawan yang berkunjung ke Bali. Jika Anda jalan-jalan ke Bali dan ingin menikmati pesona alam Bali, budaya Bali atau seni yang ada di Bali, maka Anda bisa pilih Ubud sebagai lokasi wisata yang tepat.

Pesona Ubud

foto by instagram.com/thetravellent/

Ubud menjadi lokasi favorit bagi sebagian besar wisatawan, karena Anda akan dimanjakan dengan keindahan pemandangan persawahan serta hutan yang begitu indah sepanjang perjalanan. Ubud juga terkenal dengan budaya dan seni yang melekat di masyarakat Ubud.

Tidak heran, jika sebagian besar masyarakatnya memiliki keahlian dalam hal kerajinan dan mata pencaharian utama mereka yaitu sebagai pengrajin maupun seniman. Di sini lah pusatnya para seniman Bali baik itu seni tari dan seni musik serta terdapat galeri-galeri seniman tentang seni.

Jalan-jalan ke Bali memang tidak lengkap rasanya jika Anda tidak berkunjung ke Ubud, apalagi jika Anda adalah pecinta barang-barang seni tradisional.

foto by instagram.com/ann_muzychko/

Tidak hanya pasar seni Sukawati saja yang terkenal di Bali, namun di Ubud Anda akan menemukan Ubud Art Market atau pasar seni Ubud yang sangat terkenal di kalangan masyarakat lokal.

Baca Juga  Menikmati Kehidupan Malam dan Kemudahan Berwisata di Jalan Legian Bali

Keunikan yang dimiliki oleh pasar seni Ubud inilah yang menjadi daya terik bagi para wisatawan dari berbagai Negara untuk mengunjugi pasar seni Ubud, hingga artis Hollywood Julia Roberts pun pernah menjadikan pasar seni tradisional Ubud sebagai lokasi untuk syuting filmnya yang berjudul Eat Pray Love.

Opening hours Ubud Art Market

Opening hours Ubud Art Market biasanya setiap hari mulai jam 4 pagi sampai jam 6 sore, kadang ada beberapa kios yang buka hingga malam hari. Anda bisa memilih pagi hari sebagai waktu terbaik untuk mengunjungi pasar tradisional ini.

Pasalnya, di masyarakat lokal Bali terdapat kepercayaan bahwa berjualan di pagi hari dapat memperlancar jualan selama seharian meskipun laba yang diperoleh tipis. Kepercayaan ini dikenal dengan Pegarus Dagangan.

foto by instagram.com/eunjee_p/

Dengan Anda berbelanja di pagi hari, berarti Anda bisa melatih kemampuan tawar-menawar Anda saat membeli barang, juga Anda bisa menawar dengan harga yang lebih murah daripada Anda berbelanja di waktu siang hari karena jumlah wisatawan yang semakin banyak di siang hari.

Selain itu, menjelang siang pada hari libur biasanya pasar seni Ubud akan berubah menjadi tempat belanja pernak-pernik serta hasil kesenian khas bali.

Pasar seni tradisional Ubud terbagi menjadi dua bagian yaitu di bagian barat adalah pusat untuk jualan barang-barang hasil seni sedangkan di bagian timur khusus pasar tradisional yang menjual makanan maupun kebutuhan sehari-hari secara grosir.

Lokasi Ubud Art Market

foto by instagram.com/st.norix/

Karena letak Ubud yang strategis dan terkenal di Bali, maka Anda tidak perlu khawatir untuk menemukan lokasi pasar seni tradisional Ubud. Lokasi pasar ini sangat dekat dengat pusat pariwisata, yaitu terletak di Jalan Raya Ubud No. 35 Bali.

Baca Juga  Puja Mandala, Wujud Keindahan Keberagaman di Bali. 12 Gambar Ini Buktinya!

Selain itu, pasar seni tradisional Ubud berhadapan langsung dengan Istana Raja Ubud dan beberapa tempat terkenal lainnya di Ubud seperti Sawah terasering tegalalang Ubud dan Monkey Forest Ubud.

Anda juga bisa menempuh perjalanan menuju lokasi pasar seni tradisional ubud dengan menggunakan motor sekitar 32 kilometer perjalanan dengan waktu tempuh sekitar satu setengah jam.

Namun, jika Anda bingung dengan rute jalan menuju pasar seni tradisional Ubud, Anda bisa menggunakan maps agar bisa lebih memudahkan Anda sampai ke tujuan.

Souvenir Unik dan Menarik

foto by instagram.com/angelo.pescasiosa/

Umumnya, barang yang dijual di pasar trasional di Ubud memang tidak jauh beda dengan pasar seni tradisional lainnya.

Hanya saja barang yang dijual di pasar seni tradisional ubud kualitasnya memang tidak perlu diragukan lagi, meskipun harga yang ditawarkan jauh relative lebih murah dari pasar tradisional lainnya.

Meskipun harga barang sudah tergolong local price, tenang saja Anda masih bisa melakukan penawaran lagi untuk mendapatkan barang lebih banyak. Tempat belanja ini tentunya bisa Anda jadikan salah satu destinasi wisata bagi Anda yang memiliki hobi shopping, ya.

foto by instagram.com/vegan_gypsygirl/

Beberapa barang yang dapat Anda temui di pasar seni tradisional Ubud antara lain; selendang sutra, baju kaos khas Bali bergambar topeng barong, kain pantai, patung, laying-layang, lukisan unik Bali, hingga cemilan khas Bali.

Barang-barang yang dijual disini merupakan handicraft dan harga lebih murah karena pedagang langsung mengambill barang yang akan dijual langsung dari pengerajin rumahan yang ada di Ubud Bali. Jadi Anda tidak perlu bingung jika barang disini jadi relatif murah.

foto by instagram.com/multifacetedbucket/

Tidak seperti toko-toko yang ada di sepanjang jalan di Bali, di pasar ini saat berbelanja Anda tidak akan menemukan barcode atau daftar harga di barang yang dijual, sehingga memudahkan Anda untuk melakukan tawar-menawar saat berbelanja.

Baca Juga  Upside Down World Bali, Destinasi Ciamik dan Unik

Harga tiket

Jika Anda ingin mencari tempat-tempat wisata di Bali yang hemat biaya masuknya alias tidak menggunakan tiket masuk, Anda bisa memasukkan pasar seni tradisonal Ubud menjadi salah satu daftar tempat yang Anda kunjungi.

foto by instagram.com/peggy12380/

Karena masuk pasar seni tradisional Ubud tidak memerlukan tiket masuk, sehingga Anda bisa dengan bebas mengunjungi pasar ini setiap hari tanpa harus memikirkan biaya tiket masuk.

Penginapan di Ubud Art Market

Belum puas berbelanja dan menelusuri barang-barang yang unik di pasar seni tradisional Ubud, anda juga bisa menginap di beberapa hotel yang letaknya dekat dengan lokasi pasar seni tradisional Ubud.

foto by instagram.com/hotelsdibali/

Anda tidak perlu khawatir dengan tarif hotel, karena dipastikan harganya akan sesuai dengan budget liburan Anda.
Jika Anda ingin lebih mudah untuk mendapatkan penginapan di sekitar pasar seni tradisional Ubud.

Anda bisa melakukan penyewaan hostel silver time hingga mengetahui street map menuju lokasi yang anda ingin kunjungi, Anda bisa langsung cek website tripadvisor tour location in Bali yang berdekatan dengan Sukawati handcraft place.

Ubud memang tidak hanya terkenal dengan keindahan persawahan hijaunya, tapi juga menjadi tempat hitz untuk mencari souvenir unik dan cantik. Apapun kerajinan yang Anda cari, pasar seni tradisional Ubud memang tempatnya karena memiliki koleksi yang lengkap.

Tidak hanya itu, ini juga bisa menjadi rekomendasi bagi Anda yang instagramable dan sangat cocok untuk foto ala selebriti.

0/5 (0 Reviews)

Related Post

Leave a reply