Bendungan Tukad Unda Klungkung, Lokasi Prewed Gratis Dengan Sejuta Pesona

302 views
Belum ada Rating

Bali, sepertinya memang tidak habis-habisnya mengulas objek wisata di pulau ini. Banyak lokasi wisata yang bisa dieksplor di sini. Di Denpasar saja ada banyak objek wisata yang bisa disambangi, salah satunya adalah Monumen Bajra Sandhi Renon.

foto by rentalmobilbali.net

Ibarat Jakarta dengan Monasnya, maka Bali adalah Monumen Bajra Sandhi Renon. Karena monumen ini merupakan monumen untuk mengenang jasa perjuangan rakyat Bali. Di monumen ini didapatkan sejarah tentang perjuangan rakyat Bali dalam menghadapi penjajahan Belanda.

Setelah puas menikmati wisata sejarah Monumen Bajra Sandhi Renon, wisatawan bisa mencari wisata spa yang tersebar di berbagai sudut di kota Denpasar, utamanya ada di dalam hotel-hotel berbintang.

Wisata lain yang tak kalah menarik misalnya wisata alam pantai, pegunungan atau bukit, wisata kuliner, sampai wisata buatan. Pada artikel kali ini akan dibahas sebuah objek wisata buatan dam atau bendungan Tukad Unda.

foto by teluklove.com

Tukad berarti sungai, unda berarti undakan atau bertingkat. Tukad unda artinya sungai bertingkat, maksudnya aliran sungai yang dibendung dengan undakan atau tingkatan.

Terdapat tiga undakan yang menciptakan aliran air bak waterfall. Debit air cukup besar dan mengalir sepanjang tahun karena sungai ini merupakan menerima aliran air dari daerah aliran air (das) dari beberapa anak sungai.

Bendungan ini memang tidak begitu terkenal sebagai objek wisata. Awal pembuatan bendungan ini sebetulnya bukan untuk dijadikan objek wisata. namun entah siapa yang memulai menjadikan tempat ini sebagai prewed location hingga dam ini dijadikan objek wisata.

foto by nyero.id

Bendungan atau dam terbesar dibangun pada aliran Yeh Unda river, sungai terbesar di kabupaten Klungkung. Sedangkan sungai Yeh Unda sendiri merupakan gabungan dari beberapa sungai, oleh karenanya aliran sungai ini cukup stabil sepanjang tahun.

Baca Juga  Nikmati Kawasan Wisata yang Penuh Sejarah di Pura Taman Ayun Bali

Debit air minimum 1.480 liter per detik dan maksimum 8.184 liter per detik. Sedangkan salah satu hulunya adalah sungai Telaga Waja dengan debit air 2.340 liter per detik sering dijadikan lokasi rafting.

Meskipun terletak di tengah kota namun tidak seperti sungai-sungai di kota besar lainnya yang kumuh, sungai Yeh Unda berair jernih dan bebas sampah. Pada sisi kanan bendungan terdapat pohon-pohon yang rindang dan juga pemandangan tebing dari Gunung Agung. Sementara sisi kirinya terdapat jejeran rumah penduduk yang tersusun rapi.

Air terjun pada sebuah bendungan bertingkat dua ini di sebelah selatannya ada jembatan yang menjadi penghubung antara kabupaten Karangasem dan Klungkung. Dari jembatan ini pengunjung bisa menyaksikan keindahan dam Tukad Uda.

foto by socimage.com

Air terjun ini seperti tirai raksasa dengan suasana alam segar dan air jernih. Banyak pohon rindang di sekitarnya. Pada pagi hari atau sore hari sering digunakan untuk mandi atau mencuci. Banyak pula anak-anak yang berenang dan bermain di sini.

Masyarakat sekitar dam Tukad Unda sebagian besar merupakan masyarakat agraris. Dam ini berfungsi sebagai irigasi yang mengairi sawah sehingga sawah tetap cukup air meskipun musim kemarau dan menampung air ketika musim hujan sehingga sawah terhindar dari banjir.

foto by jawapos.com

Tiket Masuk

Untuk menikmati kesejukan air dan keasrian tempat ini tidak dikenakan biaya masuk alias gratis. Meski begitu tempat ini merupakan salah satu tempat yang instagramable. Wisatawan akan puas mendapatkan foto-foto cantik jika diambil dari angle yang tepat apalagi jika dilakukan oleh seorang profesional dengan peralatan yang high tech pula.

foto by instagram.com/tikaadikara/

Kegiatan Menarik

Kegiatan yang bisa dilakukan di bendungan Tukad Unda biasanya adalah berfoto sendiri maupun ramai-ramai. Namun jika arus volume air sedang tidak besar sungai dijadikan olah raga sekaligus wisata arung jeram.

foto by wisatalah.com

Wisatawan yang akan melakukan foto prewedding disarankan tidak datang ketika musim hujan, sebab arus air cukup deras dan berbahaya. Selain itu air juga terlihat keruh berwana cokelat, membuat background foto terlihat kurang menarik.

Baca Juga  Museum Puri Lukisan, Tempat Sarat Sejarah yang Tak Boleh Terlewat Saat Singgah Ke Bali

Ketika musim panas foto yang dihasilkan dari sesi foto prewedding sungguh menakjubkan. Dengan latar belakang air terjun yang menyerupai tirai panjang, atau anak-anak yang berenang dan melompat di dalam air menciptakan efek romantis. Anak-anak itu biasanya meminta bayaran 30 ribu – 50 ribu per anak mereka bisa dijadikan model foto sendiri maupun foto figuran dalam foto prewed.

foto by baliflowershop.com

Dan pastikan kenakan pakaian ringan casual, bukan gaun atau kebaya karena dibutuhkan banyak aktivitas gerak dan keseimbangan agar selamat sampai selesai pengambilan gambar.

Di era sosial media seperti saat ini dimana foto-foto dapat dengan mudah diunggah dan didapatkan di akun sosial media, foto-foto cantik menjadi viral, termasuk foto cantik prewedding di dam Tukad Uda. Karena foto tersebut kemudian banyak orang yang penasaran dengan lokasi bendungan ini hingga menjadi objek wisata.

foto by instagram.com/gusadhi3/

Wisatawan juga bisa bermain air sampai mandi di bendungan ini. Selain itu juga bisa dijadikan spot mancing. Hawa yang sejuk dan segar membuat berlama-lama berada di lokasi ini.

foto by jawapos.com

Lokasi

Alamat lengkap dari bendungan Tukad Unda adalah Desa Banjar Lebah, Kecamatan Klungkung Kabupaten Klungkung Bali kode pos 80761.

Terletak 62 km dari bandara Ngurah Rai menuju timur, ditempuh dengan waktu 1,5 jam perjalanan. Letak yang strategis di jalan utama Klungkung, 200 meter dari objek wisata Kerta Gosa Klungkung. Dari Denpasar melalui jln by pas Ida Bagus Mantra akan melalui jalur kebun binatang Taman Safari Bali & Marine Park.

Lebih jelasnya sebagai berikut. Dari bandara Ngurah Rai melewati jalan tol Bali Mandara menuju patung Titi Banda. Lalu belok ke timur melalui jalan by pass Ida Bagus Mantra. Kemudian di perempatan jalan Pantai Watu Klotok belok kiri. Ikuti saja jalan tersebut sampai di patung Kanda Pati Sari kemudian belok kanan. Jika sudah sampai di jembatan sudah terlihat dam Tukad Unda.

Baca Juga  Ingin Merasakan Kesejukan Air di Bali? Secret Garden Buleleng Bisa Menjadi Tujuan Anda

Cara terbaik untuk mencapai lokasi ini adalah dengan mengendarai kendaraan pribadi atau sewa mobil. Sebab dari sini bisa dilanjutkan ke objek wisata lain misalnya ke arah timur menuju kabupaten Karangasem terdapat objek wisata pantai Blue Lagoon, Pura Goa Lawah, Bias Tugel Padang Bai, Tenganan, Candidasa, atau Odyssey Submarine.

Di akhir artikel ini disediakan map address untuk mencapai lokasi. Silakan ikuti peta tersebut untuk melihat lebih jelas dan jalan-jalan yang bisa dilalui.

foto by teluklove.com

Saran dan Tips

Pantau cuaca sebelum datang ke bendungan Tukad Unda, sebaiknya datanglah pada bulan April – September dimana sedang musim kemarau. Kenakan pakaian casual dan jangan lupa membawa baju ganti.

foto by instagram.com/harryrow.designer/

Bawa kendaraan pribadi atau sewa kendaraan di Bali bagi wisatawan luar kota atau mancanegara. Bersikap ramah terhadap penduduk lokal, mereka akan senang hati membalas keramahan wisatawan. Sediakan pula perlengkapan kesehatan seperti sabun, tisu basah, antiseptik, dan obat-obatan. Dan yang paling penting siapkan stamina yang prima agar liburan berjalan lancar.

Lokasi: Desa Lebah Banjar, Kabupaten Klungkung, Bali 80761
Map: KlikDisini
HTM: Gratis
Buka / Tutup: 24 jam
No Telp:

Yuk Beri Rating Tempat Diatas

Related Post

Leave a reply