Tirta Gangga, Pilihan Wisata Taman Air yang Indah di Karangasem yang Sayang Dilewatkan

289 views
Belum ada Rating

Tirta Gangga, bagi Anda yang tinggal di Bali, khususnya di Karangasem mungkin tidak asing dengan nama ini. Tirta Gangga merupakan taman wisata air.

Dulunya, lokasi ini merupakan persinggahan dari Raja di Karangasem. Tempat ini di dominasi 3 bangunan utama yang menjadi karakternya yakni kebun, patung dan kolam.

foto by jejakpiknik.com

Seluruh bangunan tersebut mempunyai makna yang tersirat. Taman air dengan luas 1,2 hektar ini dibangun dengan bentuk memanjang dari timur ke barat di persawahan.

Taman Air Tirta Gangga Karangasem

Kondisi taman air ini begitu sejuk. Hal tersebut dikarenakan lokasinya yang ada di bawah kaki Gunung Agung, yang memiliki predikat sebagai gunung paling tinggi di Bali.

Kesejukan serta keasrian inilah yang membuat pengunjung merasa sangat nyaman serta betah berlama-lama. Suasana di sini pas untuk melepas seluruh lelah, entah lelah fisik atau pun lelah fikiran yang dikarenakan oleh kesibukan sehari-hari.

taman air bukan hanya dipenuhi dengan masyarakat bali, namun wisatawan yang berasal dari luar daerah, bahkan tak sedikit wisatawan asing yang meramaikannya.

foto by lifestyle.okezone.com

Ketika pertama kali masuk di pintu gerbang utama, pengunjung akan disambut beberapa patung yang seperti berbaris layaknya prajurit. Wisatawan bisa berjalan-jalan di atas kolam renang menggunakan jalan setapak yang dibuat dari batu.

foto by beautiful-indonesia.umm.ac.id

Batu-batu ini tersusun secara berderet seperti jembatan. Batu-batu yang disusun dengan bentuk segi enam ini lah yang akan memudahkan kita.

Tak jauh dari kolam ini, ada taman kecil, di sini terdapat menara yang cukup tinggi, setinggi 10 meter. Menara ini memiliki bentuk seperti atap pura, bentuknya pun berlapis-lapis.

foto by mybalitransport.com

Air yang ada di kolam ini berasal dari dalam tanah, jadi bukan air isi ulang layaknya di kolam renang pada umumnya. Penduduk setempat menuturkan, air ini merupakan air suci yang dapat digunakan saat melakukan upacara adat.

Baca Juga  Kunjungi Tempat Suci Pura Pulaki yang Penuh Peninggalan Sejarah

Selain kolam renang yang terisi patung-patung, tempat wisata ini juga mempunyai kolam renang, wisatawan dibolehkan berenang di sana. Kolam yang bisa dipergunakan untuk berenang adalah Air Sanih.

foto by tabloidwisata.com

Air dari kolam ini begitu jernih karena berasal dari sumber langsung. Area renang untuk anak-anak serta orang dewasa juga dibedakan, karena kedalaman yang berbeda-beda.

Desain bangunan Tirta Gangga masih sangat kental dengan karakter bangunan mirip dengan kerajaan. Material yang dipergunakan terbuat dari batu padas.

foto by linternaute.com

Sejarah Tirta Gangga

Tempat ini awalnya dibangun oleh Raja Karangasem di tahun 1946. Nama Tirta Gangga ini berasal dari 2 suku kata yakni Tirta serta Gangga. Untuk tirta memiliki arti suci sedangkan gangga ialah nama sungai yang terdapat di India.

Sesuai dengan namanya, Tirta Gangga memang menjadi kolam yang terisi air suci di dalamnya. Taman ini telah mengalami beberapa kali renovasi.

foto by raftingbali.net

Renovasi dilakukan oleh pemerintah daerah setempat. Renovasi dilakukan karena sebelumnya lokasi wisata ini pernah rusak yang dikarenakan oleh letusan Gunung Agung. Walaupun sudah mengalami renovasi, taman ini tetap memiliki karakter khas sebagai bangunan tua dan peninggalan masa kerajaan.

Hal yang Bisa Kita Lakukan

Beberapa hal bisa wisatawan lakukan di sini seperti:

• Berfoto. tak lengkap kiranya jika mengunjungi sebuah wisata yang menarik di Pulau Dewata tanpa mengabadikan momen. Berbagai pose foto bisa Anda tangkap di sini seperti candid hingga selfie. Bahkan jika ingin melakukan sesi foto prewedding, kita bisa melakukannya. Mengasyikkan bukan?

foto by lokasipreweddingdibali.com

• Berjalan-jalan. Jalan-jalan melihat-lihat kolam pun menjadi hal yang tak boleh dilewatkan. Kita bisa merasakan seperti apa keindahan kolam ini dari dekat.

foto by pesonanyabali.blogspot.co.id

• Berbelanja dan menikmati wisata kuliner. Jika sudah lelah berjalan-jalan, segera langkahkan kaki ke atas untuk menikmati berbagai sajian kuliner khas Bali. Berbagai macam menu khas Bali bisa kita coba. Harga yang dipatok pun juga masih wajar. Di atas juga terdapat beberapa toko souvenir yang bisa digunakan untuk berburu souvenir khas Bali.

Baca Juga  Ingin Menginap di Hotel Mewah Harga Murah? Pilih Alila Ubud Bali

• Berenang. Karena taman air Tirta Gangga memiliki kolam, tak lengkap jika tidak merasakan kesejukan airnya dengan berenang. Wisatawan bisa bebas berenang mengelilingi kolam secara bebas.

Harga Tiket Masuk

Biaya extrance fee ke Tirta Gangga sangat terjangkau. Kita hanya perlu membayar Rp 5.000 per orang. Bila ingin berenang di kolam renang, kita cukup menambah biaya sebesar Rp 6.000 per orang. Harga ini sangat terjangkau, apalagi sudah tersedia beberapa fasilitas penunjang di sana.

Fasilitas

Beberapa fasilitas di taman air ini seperti toilet, kamar mandi umum, warung makan dengan harga yang cukup terjangkau hingga tempat parkir.

Lokasi dan Rute Jalan

Tirta Gangga ada di ujung timur dari Bali, tepatnya ada di Desa Ababi, Abang, Karangasem. Jarak lokasi antara taman air dengan bandara Bali hanya 75 km, serta membutuhkan waktu hanya 2 jam perjalanan.

Bila berangkat dari Bandara, bisa langsung menuju ke tempat wisata ini. apabila masih bingung cara menuju taman air, gunakan Google Map dan ikuti semua petunjuknya, di tripadvisor juga sudah banyak yang membahas wisata ini. jadi tak perlu cemas.

Wisata Lain yang Sayang Dilewatkan

 Mal Bali Galeria. Lokasi belanja ini ada di tempat yang strategis serta mudah ditemukan. Mal Bali Galeria ada di Jalan By Pass Ngurah Reai. Walaupun memiliki konsep yang modern, tetapi atmosfer Bali yang begitu khas tetap terlihat di sini. Selain penataan ruangan yang di desain dengan sentuhan tropis serta eksotis, kita bisa menemukan taman asri yang cantik. Mal Bali Galeria beroprasi di jam 11.00 hingga 23.00 WITA. Tidak ada biaya tiket masuk untuk masuk di Mal Bali Galeria ini.

foto by jejakpiknik.com

 Lippo Mal Bali. Kuta terkenal dengan segudang aktivitas perekonomian yang dimilikinya. Salah satunya ialah Lippo Mal. Lippo Mal menjadi bagian dari putaran bisnis di Kuta. Kita bisa belanja barang yang memiliki kualitas terbaik. Jam operasionalnya seperti mal pada umumnya, seperti mal lain tidak ada biaya extrance fee untuk Lippo Mal ini. Kita hanya perlu membayar biaya parkir. Biaya parkir yang dipatok di Lippo Mal hanya Rp 3.000 per jam untuk mobil. Lippo Mal buka setiap hari mulai dari Senin hingga Minggu.

foto by jadwalnonton.com

 Discovery Shopping Mall. Discovery Shopping Mall berada di kawasan Kuta. Mall besar ini tidak jauh dari Pantai Kuta yang selalu ramai akan pengunjung. Cukup banyak laman yang membahas Discovery Shopping Mall seperti wikipedia hingga tripadvisor. Kita bisa menghabiskan waktu seharian saat mengunjungi Discovery Shopping Mall. Jam buka Discovery Shopping Mall seperti mall yang lain. jadi tak perlu khawatir.

foto by electronic-city.com

Lokasi: Desa Ababi, Abang, Kabupaten Karangasem, Bali 80852
Map: KlikDisini
HTM: Rp 5.000
Buka/Tutup: –
Telepon: (0361) 730374

Related Post

Leave a reply