20 Tempat Makan Khas Wong Kito Galo ini Sayang Dilewatkan Jika Berkunjung ke Palembang

93 views

Pulau Sumatra menyajikan banyak tempat dengan ciri khas. Sumatera Barat dengan Jam Gadang di Bukittinggi, Sumatra Utara punya Berastagi dengan keindahan alam yang hijau nan sejuk. Berbeda dengan Sumatra Selatan menawarkan pesona berpusat di Jembatan Ampera selama 24 jam.

Berbicara Sumatra Selatan, kawasan ini sudah memiliki bandara, restoran terapung di Sungai Musi OPI Waterfun Jakabaring, sampai gelanggang olahraga Jakabaring yang diakui dan menjadi salah satu venue saat Asian Games 2018. Gelora ini juga dikenal dengan nama Gelora Sriwijaya.

Ada berbagai tempat makan dengan ciri kuliner khas yang siap memanjakan lidah. Beberapa di antaranya sudah cukup terkenal dan menjadi tempat bagi pencari lowongan kerja (loker) di wong kito galo city ini.

1. Martabak Har

foto by julianadewi.com

Salah satu kuliner khas kota Palembang selain pempek yang cukup terkenal di kalangan pelancong. Menu favorit tentu saja martabak. Martabaknya berbeda dengan umunya. Di sini menggunakan kulit lumpia berisi telur lalu digoreng dengan minyak. Kemudian disajikan dengan siraman kuah kari kental.

Dalam kuah kari terdapat potongan daging dan juga kentang. Ini membuat makanan sederhana ini justru terasa enak dan memanjakan lidah. Kalau Anda ingin mencicipi langsung, bisa datang ke lokasi di seberang Masjid Agung Palembang.

Namun, Martabak HAR sudah punya cabang di berbagai wilayah di Palembang seperti di Jalan Kebumen, Cabang Sudirman, Cabang Atmo, Simpang Sekip, Cabang Km.7, Cabang International Plaza, Palembang Square, serta PUSRI.

foto by masakandapurku.com

Selain itu, ada pula cabang di Jakarta seperti di Hayam Wuruk dan Pondok Indah, tempatnya di Jalan Radio Dalam. Tak jauh dari kawasan pekerjaan Anda, kan?

Baca Juga  Selipkan 20 Restoran “Tak Terlalu” Palembang ini Jika Bertandang ke Bumi Sriwijaya

Lokasi: Jalan Jenderal Sudirman, Nomor 18, Ilir, Palembang, Sumatra Selatan
Harga: Rp 20.000 – Rp 50.000
Jam Buka: 09.00 – 23.00 WIB

2. Bebek Harissa

foto by tripadvisor.co.id

Salah satu makanan selain ikan yang muncul di Palembang adalah Bebek Harissa. Restoran satu ini lumayan rame sejak dibuka sekitar tahun 2016. Sebelumnya, Bebek Harissa memiliki cabang di kota lain seperti Surabaya, Jember, Sidoarjo, Bali, sampai Mojokerto.

Menu favorit adalah Bebek Putri Madura. Rasa sambalnya memang diracik khusus menggunakan bawang merah, bawang putih dan cabe utuh. Selain itu nama menu yang eye catching semakin menambah penasaran pengunjung.

foto by caripeta.com

Lokasi: Jalan Rajawali Nomor 493, Ilir Timur II, Palembang, Sumatera Selatan
Harga: Rp 20.000 – Rp 60.000
Jam Buka: 10.00 – 22.00 WIB

3. RM Sarinande Tempo Doeloe

foto by tripadvisor.com

Rumah makan yang banyak dikira rumah makan Padang. Memang penyajiannya seperti di rumah makan Padang dimana semua makanan disajikan di atas meja. Anda tinggal mengambil yang disukai. Namun menunya tentu khas Palembang.

Tempat makan satu ini tentu harus masuk ke dalam daftar wisata kuliner Palembang. Selain harga murah, tempat ini juga sudah ada sejak tahun 1940an. Menempati ruko 2 lantai, lantai pertama berupa meja kursi sedangkan lantai dua adalah tempat makan dengan sistem lesehan.

Kalau Anda datang dari Semarang, Kelapa Gading, Bandung, Lampung, Bogor, Aceh, Bintaro, Bekasi, Banyuwangi, Cibubur, Depok, Serpong, atau darimana pun asalnya, wajib sekali berkunjung ke rumah makan ini. Icon makanan lengkap di Palembang.

foto by tripadvisor.co.za

Pindang Patin, Nasi Minyak, Daging Malbi, Belido Kongseng, Brengkes, Udang Sambal Pete, Udang Satang, Teri Pete, Slukang, Rosep dan penutupnya adalah Kue Srikaya. Lokasinya tak jauh dari Pasar Cinde.

Baca Juga  Cari Kuliner Khas Palembang, 20 Tempat ini Jawabannya

Lokasi: Jalan Mayor Ruslan Nomor 966, Ilir Timur, Palembang, South Sumatra
Harga: Rp 10.000 – Rp 60.000
Jam Buka: 10.000 – 21.00 WIB

4. Pawon Anggon

foto by lemaknyo.com

Tempat makan dengan konsep food court ini menyajikan berbagai makanan di dalam satu tempat. Ada berbagai menu dihidangkan. Mulai dari makanan khas Palembang sampai makanan khas daerah lain yang tak kalah sedapnya.

Ada spot menarik untuk foto dan juga tempatnya cukup cozy. Namun saat siang hari cukup terik apabila Anda memilih untuk duduk outdoor. Di sini tersedia juga tempat indoor ber AC. Harga makanan yang dipatok juga murah meriah. Namun tempat ini tak bisa delivery untuk menikmati makanannya.

foto by radar-palembang.com

Lokasi: Komplek Musi Palem Indah, Jalan MP Mangkunegara, Palembang, Sumatra Selatan
Harga: Rp 20.000 – Rp 50.000
Jam Buka: 09.00 – 22.00 WIB

5. Bukit Golf Resto & Resort Cafe

foto by jejakpiknik.com

Pindang Baung adalah menu rekomendasi khas Bukit Golf resto & Resort Cafe. Tempat ini tak hanya akrab di telinga masyarakat Palembang tapi juga se-Nusantara. Bahkan sudah banyak pengunjung yang pasti mengantre untuk menikmati menu di sini.

Ada baiknya Anda melakukan reservasi sebelum datang agar tak terlalu lama mengantre. Menu lain yang bisa dipesan adalah Pindang Tulang, Bawal Mutiara Steam, Ayam mentega, Bebek Peking, Pindang Udang, dan banyak lagi.

Memang tak ada chinese food di sini tapi rasanya sudah pasti lezat. Lokasinya tak jauh dari PTC Mall, RM Palapa Simpang Celentang. Anda bisa mengajak Eyang atau sanak keluarga untuk menikmati makanan di sini. Untuk delivery silakan kontak restorannya langsung.

foto by tripadvisor.co.id

Lokasi: Jalan AKBP Cek Agus Nomor 200, Duku, Ilir Timur II, Palembang, Sumatra Selatan
Harga: Rp 30.000 – Rp 100.000
Jam Buka: 10.00 – 22.00 WIB

Baca Juga  Kalau Mau Buka Puasa di Palembang, Wajib ke 20 Tempat Makan Favorit ini

Tak hanya lima tempat di atas, masih ada beberapa tempat makan lain yang sayang dilewatkan. Baik asli Palembang atau dari daerah lain. Sebut saja tempat makan seafood ada di Seafood Arema, Seafood Bang Eman, Everfresh serta d’cost di Palembang Square.

Makanan lain ada Kwetiau Akang, Kwetiau Asun, Soto Haji Amir, Pempek Beringin, Pempek Doraemon, Pondok Charlie 5, Pondok Cabe-Cabean.

Masih ada lagi seperti Nasi Kapau Kedai Pak Ciman, Warung Makan Dinar Jepara, Rumah Makan Dahar, Rumah Makan Globe, kuliner di sekitar Lapangan Hatta, Rumah Makan Pincuran, RM Happy, RM Bu Henny, Warung Apung Mang Ujuk, Restoran & Pemancingan Lebak Gelora Indah Agung, serta Oplet Ijo.

Penginapan juga tersedia banyak seperti Sky Inn Dempo, Hotel Citra serta Hotel Mahkota di pinggir jalan raya. Anda pun bisa mengajak teman bernama Eko untuk menikmati suasana di Palembang.

Baca Halaman Selanjutnya

Cari Kuliner Khas Palembang, 5 Tempat ini Jawabannya

Selipkan 5 Restoran “Tak Terlalu” Palembang ini Jika Bertandang ke Bumi Sriwijaya

Kalau Mau Buka Puasa di Palembang, Wajib ke 5 Tempat Makan Favorit ini

0/5 (0 Reviews)

Related Post

Leave a reply