Ini 20 Tempat Makan Murah di Cirebon yang Sudah Ada Dari Tahun ke Tahun

4223 views

Cirebon bisa dibilang adalah sumbernya kuliner enak. Mulai dari Empal Gentong, Seafood, Tahu Gejrot, Bubur Sop Ayam, RM Cirebon Ibu Lily dan sebagainya. Tapi memang belum semua makanan luar seperti hanamasa atau gokana masuk ke dalam Rebon City ini.

Namun perkembangan tempat wisata atau kota singgah pun sudah berkembang. Adanya Ade Irma Waterland, Bukit Gronggong, Grage City Mall (GCM), menjadi salah satu tempat dikunjungi di sini.

Penginapan di sini pun banyak pilihan. Mulai dari Amaris Hotel, Airy Eco. Ada lagi tempat makan seru bernama Adipati Cirebon Culinary Heritage. Selain itu, simak tempat menarik dikunjungi jika bertandang ke Cirebon.

1. Lesehan Aldan

foto by youtube.com

Salah satu tempat makan yang berhasil mengembangkan cabangnya di kota lain selain Cirebon. Berdiri sejak 1995, tempat makan ini sekarang sudah ada di Jogjakarta, Purworejo, Wates, Kebumen, Wonosobo, Pemalang, Semarang, Muntilan, Kudus, Tangerang, Surakarta, dan Solo.

Menu makanannya adalah seafood fresh yang dimasak menjadi masakan enak. Lesehan Aldan bisa dimasukan ke dalam daftar tempat makan bersama keluarga favorit. Menu favorite di sini adalah berbagai sambal menggoyang lidah dipadukan dengan ikan bakar, ayam goreng, ataupun cah kangkung. Recommended!

foto by ranselmungil.blogspot.com

Lokasinya sekitar 10 kilometer dari Grage Mall dan Cirebon Super Block (CSB) Mall serta Citraland Cirebon dari berbeda arah.

Lokasi: Jalan Pangeran Cakrabuana, Kemantren, Sumber, Cirebon, Jawa Barat
Harga: Rp 20.000 – Rp 50.000
Jam Buka: 09.00 – 21.00 WIB

2. Eatboss Cirebon

foto by merahputih.com

Memiliki banyak cabang di Bandung yang memiliki fasilitas free wifi, Eatboss juga punya gerai di Cirebon. Tempat nongkrong unik ini menawarkan menu pasta, burger, nasi dan minuman. Minumannya pun ada yang ukuran big size alias jumbo.

Baca Juga  Lagi Hitss, 10 Kuliner di Cibinong yang Sayang Kalau Gak Dikunjungi

Anda bisa memesan Pizza Margheritta, Crispy Chicken Burger, serta Crispy Chicken Skin sebagai teman ngobrol. Untuk minumnya bisa memesan Milkshake Caramel Banana untuk rasa creamy, atau Hazelnut Latte jika ingin kopi.

Untuk ukuran tempat gaul, harga yang ditawarkan cukup murah dan terjangkau. Selain itu Eatboss yang baru buka tahun 2015 ini juga memiliki menu party jiika ingin mengadakan pesta.

foto by merahputih.com

Interiornya pun cozy, bagus, geulis, dan asik sangat pas untuk pesta ulang tahun bahkan baby shower. Bahkan berbuka puasa di sini pun seru karena buka sampai malam. Anda pun akan merasa senang sebelum pulang ke daerah Ciledug, Cirebon.

Lokasi: Jalan Dr. Wahidin Sudirohusodo, Nomor 5, Sukapura, Kejaksaan, Cirebon, Jawa Barat
Harga: Rp 20.000 – Rp 50.000
Jam Buka: 09.00 – 23.00 WIB

3. Es Durian Pak Roni

foto by deskgram.net

Sepertinya belum ke Cirebon kalau belum mencoba es durian atau es duren khas Cirebon. Ada satu tempat jualan bernama Es Durian Pak Roni. Lokasinya di depan kantor Polres Cirebon Kota.

Anda bisa mendapatkan satu mangkuk es duren lezat atau yang spesial. Yang biasa hanya es durian saja tapi kalau spesial ditambah alpukat dan/atau tapai ketan. Hanya itu saja? Tidak, ada tambahan sirup tjampolai khas Cirebon dan susu cokelat.

foto by deskgram.net

Pencinta durian wajib mendatangi Es Duren Pak Roni yang sudah ada lebih dari 28 tahun. Jajan es krim setelah sampai ke Cirebon tak ada salahnya. Aroma duren khas menjadi semakin menarik. Ajak teman dari Arab atau Batam untuk menikmati kuliner satu ini.

Lokasi: Jalan Veteran, Cirebon, Jawa Barat
Harga: Rp 18.000 – Rp 25.000
Jam Buka: 09.00 WIB – selesai

Baca Juga  Outdoor, Ini 60 Tempat Makan Keluarga yang Cozy di Bogor

4. RM Alinda

foto by placesmap.net

Mengambil konsep lesehan dengan berdinding bambu menjadi ciri khas tersendiri RM Alinda. Tempat makan ini memang adanya di daerah Kuningan tapi perlu juga dikunjungi saat Anda bertandang ke kota Cirebon.

Bahkan rumah makan ini sudah pernah didatangi Pak Bondan Winarno, pakar kuliner Indonesia terkenal. Menu yang bisa dipesan adalah Ikan Bakar, Sambal, Lalapan, Tumis Kangkung, serta menu penutup manis seperti kolak ataupun Es Kelapa Muda.

foto by placesmap.net

Lokasi: Desa Panawuan, Cigandamekar, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat
Harga: Rp 20.000 – Rp 200.000
Jam Buka: 09.00 – 22.00 WIB

5. Babi & Ayam Panggang Nasi Hainam Apun

foto by foursquare.com

Salah satu gerai makanan babi terkenal di Cirebona ada di kawasan Kanoman. Babi & Ayam Panggang Nasi Hainam Apun atau biasa disingkat dengan nama Babi Apun. Di sini menyediakan Babi Panggang Kanoman, Samcan, Anciang, Loba, Yupo, dimakan bersama Nasi Hainam.

Tak hanya olahan babi, ada juga olahan ayam seperti roast chicken, bakso goreng. Namun tempatnya memang kurang enak. Ada baiknya Anda membeli lalu membungkusnya untuk dibawa pulang. Bahkan antreannya lumayan panjang.

foto by foursquare.com

Lokasinya dekat dengan Sinta Manisan. Walau tak buka 24 jam tapi memang sangat hits di kalangan pencinta olahan babi. Kalau ke sini, jangan lupa untuk membeli cemilan Tahu Gejrot yang berjualan di sekitar Sinta Manisan.

Lokasi: Jalan Kanoman Nomor 1, Cirebon, Jawa Barat
Harga: Rp 30.000 – Rp 100.000
Jam Buka: 06.00 – 13.00 WIB

Baca Halaman Selanjutnya

Mau Kulineran Halal di Cirebon? 5 Rumah Makan ini Solusinya

5 Daftar Restoran di Cirebon Yang Paling Enak

Baca Juga  Kuliner Asik, 10 Tempat Makan di Sentul yang Bisa Ngasih Kenyamanan

Inilah 5 Tempat Wisata Kuliner di Cirebon yang Terkenal dan Wajib Dikunjungi

Related Post

Leave a reply