15 Tempat Makan dengan Rasa Otentik dan Ciri Khas yang Patut Dikunjungi untuk Bernostalgia di Cikini

130 views
Belum ada Rating

1. Restoran Trio

foto by id.openrice.com

Restoran Trio sudah ada sejak tahun 1947, bahkan bisa dibilang legenda restoran Chinese Food. Rasanya otentik dengan interior yang masih mempertahankan khas jaman dulu. Namun jangan memandang sebelah mata, bukti bisa bertahan sampai sekarang di antara perkembangan pesat kuliner di Jakarta bahwa mereka membertahankan kualitas.

Piring yang digunakan adalah piring metal, khas jaman dulu. Rasa vintage terasa sekali di tempat makan satu ini. Menu ditawarkan adalah ikan, burung, udang, kepiting, ayam, sapi, babi, bebek, kodok, nasi, sayur, dan mie.

foto by jakarta100bars.com

Kalau bingung, silakan bertanya kepada staf. Namun Anda bisa saja sudah memiliki daftar makanan favorit di sini seperti Lo Mie. Atau rekomendasi untuk makan sharing yaitu Baby Kailan Cah Polos serta Lumpia Udang Ala Trio. Dijamin Anda akan ketagihan karena enak. Harganya pun murah.

Lokasi: Jalan R.P Soeroso, Cikini, Jakarta Pusat
Harga: Rp 15.000 – Rp 100.000
Jam Buka: 10.00 – 14.00 WIB dan 17.00 – 21.30 WIB

2. Warung Daun

foto by daftarrestoranjakarta.web.id

Salah satu restoran Sunda yang ada di daerah Menteng adalah Warung Daun, selain Rumah Makan Ampera 2 Tak. Jarak dari Stasiun Cikini sekitaran 1 kilometer atau 5 menit perjalanan menggunakan kendaraan pribadi dimana dekat dengan Taman Ismail Marzuki.

Nuansa khas rumah jaman dulu nan romantis yang menjadi ciri daerah Menteng terasa saat Anda memasukinya. Makanan rekomendasi berkunjung ke sini adalah Tumis Pucuk Labu Teri, Sate Lilit, Sayur Asem, Sate Maranggi, serta Gurame Bakar Kecap.

foto by tripadvisor.co.id

Sebagai penutup, jangan harapkan ice cream, tapi pesan yang otentik Indonesia seperti Es Cendol, Es Beras Kencur Kelapa Muda, serta Es Ngariung. Apalagi jika datang dengan kolega yang datang dari Arab atau Vietnam.

Baca Juga  20 Wisata Kuliner Halal di Kawasan Pantai Indah Kapuk Dengan Suasana Asyik

Menu tersebut bisa Anda pesan dan jadikan makanan sharing bersama saat makan siang. Kalau Anda datang cukup banyak personel, bisa telp dulu untuk melakukan reservasi agar tak kehabisan tempat duduk.

Lokasi: Jalan Cikini Raya Nomor 26, Cikini, Jakarta
Harga: Rp 40.000 – Rp 200.00
Jam Buka: 11.00 – 22.00 WIB

3. Martabak Pelangi

foto by korneliusginting.web.id

Martabak yang berdiri sejak tahun 2013 ini menawarkan martabak dengan toping menarik, beragam, serta tidak dilipat selayaknya martabak pada umumnya. Ada 4 ukuran ditawarkan, mini, sedang, besar, dan jumbo.

Di sini Anda bisa pesan Martabak Manis, Asin, serta Spesial. Martabak manis memiliki topping martabak pada umumnya seperti cokelat, keju, kacang cherry, blueberry, strawberry, jagung, kismis, serta pisang. Kalau martabak asin ada topping daging dipotong dadu, tuna, dan jamur.

Martabak spesial andalannya yaitu spesial pelangi. Martabak ini terlihat berwarna-warni karena memiliki 5 topping sekaligus, keju, jagung, kismis, cherry serta cokelat wijen. Keunikan ini terlihat seperti pelangi. Selain itu topping Toblerone, Nutella, dan Kit Kat juga ada.

foto by martabakpelangi.com

Makanan kaki lima ini memang sedap dimakan bersama teman, keluarga, bahkan pasangan. Lokasinya berada sekitar 1 kilometer dari Cikini Gold Center atau 5 menit perjalanan dari Paramount Cantonese Restaurant.

Lokasi: Jalan Cikini I Nomor 4, Cikini, Jakarta Pusat
Harga: Rp 10.000 – Rp 150.000
Jam Buka: 10.00 – 21.00 WIB

4. Tinoor Asli Manado

foto by pergikuliner.com

Kalau Rumah Makan Sederhana terkenal dengan masakan Padang, Tinoor terkenal dengan masakan asli Manado. Lokasinya sekitar 2 kilometer dari Bakmi Megaria atau 1,9 kilometer dari Metropole XXI. Yah, memang bisa dibilang tak terlalu jauh namun memutar.

Baca Juga  PIK Avenue Mall Punya 20 Tempat Makan Dingin, Enak dan Murah. Ini Daftarnya!

Di sini menyediakan makanan dengan menu babi. Nasi Kuning Komplit dan Babi Kecap merupakan menu yang bisa Anda pesan di sini. Keduanya bisa dipesan bersamaan dan rasakan sensasi nikmat masakan Manado otentik.

foto by foody.id

Lokasi: Jalan R.P. Soeroso, Nomor 33A, Cikini, Jakarta Pusat
Harga: Rp 30.000 – Rp 150.000
Jam Buka: 10.00 – 22.00 WIB

5. Rendezvous

foto by zomato.com

Restoran peranakan, Rendezvous ini sudah hadir sejak 1970an. Awalnya pemilik restoran membuka toko kosmetik kemudian bangkrut. Lalu beralih membuka restoran khas Peranakan. Untuk menjaga keotentikan rasa masih ada bumbu yang didatangkan dari luar Indonesia.

Walau sudah lama berdiri, tempat ini selalu ramai pada jam makan. Memang tak ada lesehan karena semuanya menggunakan kursi dan meja. Menu favorit di sini adalah Siomay dan Es Pelajar. Kalau ingin menu lain, Gohiong Udang, Ikan Gurame Asam Manis siap menggoyang lidah.

foto by id.openrice.com

Lokasi: Jalan Johar Nomor 2B-C, Menteng, Jakarta
Harga: Rp 15.000 – Rp 150.000
Jam Buka: 10.30 – 21.30 WIB

Baca Halaman Selanjutnya:

5 Restoran Dengan Suasana Romantis di Cikini yang Perlu Dikunjungi Bersama Pasangan Sehidup Semati

Ini Dia 5 Tempat Wisata Kuliner Legendaris, Enak dan Murah Meriah di Cikini

Yuk Beri Rating Tempat Diatas

Related Post

Leave a reply