Ingin Berwisata Ke Tempat Menarik dan Penuh Misteri? Danau Tamblingan Bisa Langsung Dituju

349 views

Terdapat 4 danau di Bali yang dapat menjadi tujuan wisata. Semua tujuan memberikan tawaran yang berbeda, entah di alam, suasana di dalamnya hingga kegiatan yang dapat dilakukan di objek wisata. Jangan salah, bukan hanya Sanur yang menjadi surga wisata. Ada juga Bedugul.

4 danau ini ialah Danau Beratan Bedugul, Buyan, Batur dan Tamblingan. Diantara keempat wisata air tersebut, Tamblingan merupakan yang paling kecil. Sedangkan wisata yang paling populer adalah Batur, Bedugul, dua objek wisata ini sangat ramai dikunjungi wisatawan, apalagi Bedugul.

Tegenungan waterfall, foto: instagram.com/thebalitravelguide/

Tamblingan Bali memberikan wisata alam yang bukan hanya untuk komersil maupun di desain dengan gaya yang modern seperti Beratan. Untuk Tamblingan, ia dirancang wisata spiritual dan alam dengan pemandangan asri dan hutan lebat di sekitarnya.

Apabila Anda ingin merasakan wisata air dengan suasana yang tenang, dan jauh dari keramaian, tempat rekreasi ini adalah pilihan yang terbaik. Banyak cerita mistis, angker yang beredar, namun tetap saja hal tersebut tidak bisa mengalahkan view Tamblingan yang membuat penasaran.

Pemandangan dari dekat, foto: instagram.com/hadnys/

Lokasi tempat ini ada di Desa Munduk, Banjar, Buleleng. Bila melihat dari dalam peta, lokasinya masuk di kawasan Bai Utara dan ada di dataran tinggi sehingga membuatnya terasa sangat sejuk.

Pesona Danau Tamblingan Buleleng Bali

Kab Buleleng merupakan wilayah Bali Utara yang mempunyai banyak wisata menari mulai dari pesisir, dataran tinggi pegunungan. Beberapa diantaranya seperti Lovina, beberapa air terjun berkumpul di lokasi ini.

Tebing yang ada di sekitar, foto: instagram.com/ashhventure/

Keragaman yang sangat indah membuat wilayah ini banyak diminati wisatawan. Danau Tamblingan sebenarnya berada berdampingan dengan Buyan, dan dipisahkan oleh hutan belantara kurang lebih 1 km. Keduanya dihubungkan kanal kecil.

Baca Juga  Enjoy Shopping, Bermain dan Santap Lengkap di Mal Bali Galeria

Keduanya dikenal dengan sebutan danau kembar atau “Twin Lake”. Lokasi tempat ini bahkan berdekatan dengan Beratan Bedugul. Kita hanya memerlukan waktu 20 menit berkendara seperti Buyan dan Beratan. Tamblingan ini juga terbentuk dari kaldera besar.

Berfoto di dekat tebing, foto: instagram.com/balicili/

Lokasi ini ada di 1.000 mdpl dan cenderung berhawa dingin, bahkan di pagi harinya sering berkabut. Sumber air berasal dari air hujan serta rembesan air hutan yang ada di sekelilingnya. Bila Anda berkunjung ke sini, Anda bisa merasakan keindahan danau yang dikelilingi hutan nan lebat.

Suasana alam di sekitar lokasi ini masih alami. Bukan hanya itu, kita bisa berkeliling di danau dengan menggunakan perahu kecil, perahu ini memiliki nama pedahu. Bentuk pedahu seperti sampan dan digunakan menangkap ikan oleh nelayan tetapi tidak bermotor sehingga tak akan mencemari lingkungan.

Pemandangan sekitar dari kejauhan, foto: instagram.com/nateshipley/

Suasana alamnya seperti masih alami dan perawan. Apalagi bila Anda berkunjung ketika pagi hari saat sinar matahari tertembus kabut tipis serta terasa lebih spesial dan mengesankan.

Sejarah Keberadaan Danau Tamblingan

Terdapat sebuah sejarah yang menceritakan keberadaan danau ini serta desa di sekitarnya. Di sekitar Tamblingan terdapat 4 buah desa yang mengelilinginya dikenal dengan sebutan catur desa yakni Gobleg, Munduk, Gesing dan Umajero.

Para pengunjung yang berasal dari luar negeri, foto: instagram.com/mindybrose/

Tetapi, pada suatu ketika, di 4 desa tersebut terjadi wabah penyakit. Kemudian salah satu orang yang dianggap sakti dan suci mengambil air suci dari danau. Ajaibnya, penyakit yang mewabah hilang serta warga bisa sembuh seperti sedia kala. Oleh sebab itu, hingga sekarang warga harus menjaga kesucian air danau.

Baca Juga  Kelingking Beach, Surga Tersembunyi di Bali

Akhirnya, danau diberi nama Tamblingan yang berasal dari bahasa tamba dan mempunyai pengertian obat serta elingan yang mengingatkan kekuatan spiritual.

Akar yang di bentuk love, foto: instagram.com/only2travel/

Kesakralan dari kawasan ini memang terbukti, terdapat 11 pura di kawasan ini. Dua buah diantaranya adalah Tukang Timbang dan Embang. Ini adalah peninggalan kuno, dibangun sebelum abad 10.

Sangat tepat dan ideal bila kawasan ini dikembangkan oleh pemerintah daerah sebagai tempat wisata spiritual. Bahkan beberapa tahun lalu, di tanggal 22 hingga 25 Juni 2016, tempat ini digelar perhelatan Twin lake Festival. Kegiatannya seperti menanam pohon, trekking sampai pementasan seni.

Hal yang Bisa Dilakukan di Danau Tamblingan

Aliran air yang deras, foto: instagram.com/hannads2201/

  • Bila ingin menikmati sore di lokasi wisata ini, kita bisa camp di sekitar tempat wisata ini. Banyak cerita seru setelah camping di sekitar danau. Namun, sebelum camp, usahakan sudah menyiapkan berbagai kebutuhan perkemahan.
  • Foto prewedding. Ingin mengambil gambar pernikahan yang indah? Mengapa tak mencoba foto prewed di lokasi wisata ini. Anda bisa melakukan sesi foto pra pernikahan dengan latar belakang danau nan indah.
  • Menikmati keindahan danaudan trekking. Penat dengan pekerjaan, dan ingin menenangkan pikiran, menikmati keindahan danau adalah pilihan terbaik bagi Anda.
  • Berfoto bersama keluarga. Dari luar kota dan jauh-jauh ke Bali? Sepertinya tak lengkap bila tidak mengabadikan foto bersama keluarga, teman atau kekasih.

Rute Menuju Wisata

Salah satu air terjun yang ada di sekitar lokasi, foto: instagram.com/bronee6/

 Akses menuju danau mempunyai 2 jalur yang bisa dipilih. Pertama melewati Bedugul, sesudah melewati Bedugul, di sebelah kiri akan terlihat gerbang dengan tulisan Buyan dan Tamblingan. Bila melewati jalur ini, akan langsung sampai di pinggir danau.

Baca Juga  Bali Bukan Hanya Memiliki Pantai Indah, Namun Wisata Sejarah yang Tak Kalah Menarik: Museum Pasifika

Untuk jalur yang kedua, bila dari Bedugul, lurus terus di arah atas sampai bertemu pertigaan. Ketika sudah sampai di pertigaan, belok ke kiri. Bila melewati jalur kedua ini, nantinya Anda akan melihat danau Tamblingan dari atas.

Uniknya, dari semua keindahan panorama dari danau yang memanjakan mata, terdapat pemandangan lain yang sangat menarik perhatian, di sana terdapat beberapa pura seperti pura dalem tamblingan, ulun danu, endek, naga loka dan lainnya,

Salah satu pesona yang dimiliki, foto: instagram.com/natku_art/

Sesudah puas mengelilingi dan menikmati panorama keindahan danau, sudah saatnya tubuh bersantai dengan berendam di pemandian air panas, jaraknya hanya 20 km dari tempat wisata ini.

Bila masih bingung cara menuju tempat rekreasi menyenangkan ini, kita bisa menggunakan Google Map. Ikuti petunjuk jalan di peta, dan Anda akan menemukan tempat wisata indah ini.

Tips Berlibur ke Danau Tamblingan

Kencan romantis di cafe dekat dengan lokasi, foto: instagram.com/reizapraditha/

  1. Datang ketika pagi maupun sore hari. Bila ingin berlama-lama di tempat wisata ini, kita bisa datang ketika pagi dan sore hari, sehingga suasananya akan terasa nyaman dan sejuk.
  2. Hindari membuang sampah sembarangan. Jaga kebersihan lokasi wisata, sebisa mungkin buang sampah pada tempatnya.
  3. Bawa perlengkapan berkemah. Sebenarnya lokasi ini juga cocok untuk berkemah, namun bawa perlengkapan kemah dengan lengkap.
  4. Naik perahu keliling danau. Agar bisa merasakan sensasi berbeda, kita bisa mencoba menaiki perahu berkeliing danau.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket untuk masuk ke lokasi wisata ini cukup murah. kita hanya perlu merogoh kocek Rp 10.000 saja.

Fasilitas

Batu bertumpuk, foto: instagram.com/codyleeeee/

Fasilitas yang ada di lokasi wisata ini cukup lengkap mulai dari fasilitas umum seperti tempat parkir, toilet, area berkemah hingga warung makan. Bahkan di sekitar lokasi wisata juga terdapat penginapan yang bisa Anda sewa.

Harga sewa kost, villa atau penginapan di sekitar tempat wisata ini cukup terjangkau, bisa disesuaikan dengan budget liburan kita.

Lokasi: Desa Munduk, Banjar, Buleleng, Provinsi Bali, Indonesia 80228
Map: KlikDisini
HTM: Rp.10.000/Orang
Buka/Tutup: –
Telepon: –

0/5 (0 Reviews)
Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply