Ini Dia Klenteng Tay Kak Sie Temple nan Cantik di Semarang Tengah

917 views

Ketika ingin berwisata ke klenteng di Semarang, mungkin Anda hanya akan mengunjungi Sam Poo Kong. Padahal, ada klenteng lain nan cantik di kota ini. klenteng tersebut adalah Klenteng Tay Kak Sie.

Pada umumnya, traveler yang berlibur ke Semarang memang hanya mengenal Sam Poo Kong. Padahal, terdapat klenteng lain seperti Tay Kak Sie yang tak jauh dari Pecinan Semarang. Tay Kak Sie sendiri tidak kalah cantik dan megah.

Tay kak sie, foto: instagram.com/mbahoerip/

Bila dilihat dari luar, tempat ini memang berukuran lebih kecil, namun untuk keindahan arsitektur serta keindahan bangunan, klenteng ini bisa dikatakan lebih memukau. Ornamen patung naga berwarna merah sangat detail dan bagus menghiasinya. Dari luar juga terlihat jelas interior di dalam klenteng dan di dominasi patung dewa lilin serta tempat dupa.

Sejarah Tay Kak Sie

Ruangan sembayang, foto: instagram.com/elisrahardjo/

Lokasi tempat ini berada di Gang Lombok 62 Purwadinatan, Semarang Tengah, Semarang. lokasi ini ada di kawasan lingkungan Pecinan. Mayoritas kawasan Pecinan ini adalah penduduk etnis Tionghoa. Selain kelenteng ini, sebenarnya kawasan ini terdapat Kwee Lak Kwa, Liong Hok Bio, serta Gang Tang Kee.

Awal berdirinya kelenteng ini memiliki nama Keleteng Kwam Im Ting dan didirikan oleh pedagang bernama Kho Ping dan Bon Wie dan dibantu kawan-kawan mereka. Tempat ini berdiri dari tahun 1746 dan memiliki tujuan untuk memuja Yang Mulia Dewi Welas Asih.

Prosesi pergantian dupa, foto: instagram.com/sigit.a.w/

Tetapi, dengan perkembangan kelenteng ini dan berkembang menjadi kelenteng besar serta digunakan memuja berbagai Dewa-Dewi Tao. Tay Kak Sie memiliki arti Kuil Kesadaran Agung. Ditulis di papan besar di pintu masuk kelenteng dengan catatan tahun pemerintahan Kaisar Dao Guang pada tahun 1921 sampai 1850 dari Dinasti Qing.

Baca Juga  Jernihnya Air di Kolam Renang Bukit Lerep Indah, Tempat di Ungaran yang Bisa Mengobati Sedihmu

Kelenteng ini adalah salah satu kelenteng paling besar serta paling lengkap di Semarang. Tetapi, di tahun 1771 ini berdiri di atas kebun lombok. Sehingga ada dualisme penetapan tahun pendirian tempat ibadah ini di dasarkan dua persepsi berbeda.

Lukisan harimau, foto: instagram.com/beautyenthusiast_jkt/

Pendapat pertama menetapkan masa pendirian berdasarkan tempat pada tapak sekarang yakni Gang Lombok. Sedangkan pendapat kedua berdasarkan pada pendirian rumah pemujaan dari Dewi Kwan Sie Im Po Sat.

Seperti tempat ibadah pada umumnya, di sini terdapat ornamen simbol. Patung Budha Gautama ada di bawah pohon Bodhi dan memiliki arti rindang atau damai. Atap kelenteng memiliki hiasan sepasang naga dan sedang memperebutkan matahari dan menjadi simbol penjaga untuk menjaga dari pengaruh jahat.

Beberapa sesajen, foto: instagram.com/dwiyantops/

Sedangkan matahari memiliki simbol mutiara alam semesta. Ada di depan pintu masuk, di sana terdapat singa jantan serta betina dan memiliki simbol sebagai penolak bala, dilambangkan sebagai lambang dari kejujuran dan keadilan.

Di daun pintu juga terdapat lukisan sepasang panglima Qie Lan Pu San serta Wei To Pu Sa. Tak jauh dari pintu masuk terdapat tempat abu hio besar serta diampit dengan dua lilin. Lilin ini tak pernah mati di sepanjang tahun.

Pada dasarnya ruangan ini dibagi menjadi 3 ruang besar. Ruang tengah dipergunakan sebagai pemujaan utama yakni tempat memuja Guan Yin Pu San serta di dampingi Shan Cai.

Salah satu kegiatan yang ada, foto: instagram.com/meikristanti/

Ada juga meja pemujaan Tri Ratna Buddha, ruang kanan untuk memuja Hok Tek Ceng Sin, Hian Tian Siang Tee, Koan Tee Kun, Jing Cui Co Su, dan Te Cong Ong po Sat.

Baca Juga  Gua Maria Kerep Ambarawa Punya Ikon Baru? Ini Dia

Ruang kiri digunakan untuk memuja Thian Siang seng Bo, pelindung nelayan orang-orang berlayar. Ada juga pemujaan 9 tokoh.

Fasilitas

Salah satu pengunjung yang sedang sembayang, foto: instagram.com/angelieivone/

Kelenteng ini mempunyai berbagai macam fasilitas, mulai ibadah maupun hanya berwisata. Karena ada di kawasan pecinan, di sini kita tak akan sulit mencari warung makan, bahkan di dekat lokasi terdapat kedai lumpia, makanan ini adalah kuliner khas Semarang.

Rute Jalan

Halaman klenteng, foto: instagram.com/lawinsurya/

Untuk sampai di tempat wisata ini tidak membutuhkan waktu lama karena lokasinya berada cukup strategis. Anda bisa menggunakan angkutan kota untuk menjangkaunya. Jika masih bingung, gunakan Google Map dan ikuti petunjuk peta di sana.

Wisata Lain di Semarang

Beberapa wisata Semarang ini bisa Anda jadikan tujuan sesudah mengunjungi Tay Kak Sie, seperti:

Foto klenteng jaman dulu, foto: instagram.com/tutur_buku/

1. Pagoda Avalokitesvara. Tempat wisata ini sangat menarik dan mempunyai nuansa seperti landmark terkenal di dunia. Pagoda ini mempunyai ketinggian hingga 45 meter dan dikenal dengan nama Pagoda Dewi Kwan Im.

Di dalam bangunan ini kita bisa dibuat berdecak kagum oleh patung yang berdiri kokoh menghiasi interior dari pagoda. Di sini, biasanya umat Budha melakukan ritual seperti Tjiam Shi yakni ritual untuk mengetahui nasib dari seseorang. Ritual ini dilakukan dengan cara menggoyangkan bambu yang sudah diberi tanda.

2. Taman Pandanaran. Semarang juga mempunyai taman kota oke. Lokasi ini dijadikan sebagai destinasi wisata. Sekarang taman ini menjelma sebagai ikon wisata dari Semarang.

ciri khas dari Taman ini ialah Patung Warak Ngendog yang sering dijadikan sebagai objek fotografi. Warga Semarang serta sekitarnya biasanya singgah di sini untuk sekedar bersantai bersama keluarga. Anda bisa langsung datang di Pandanaran, Mugasari, Semarang.

Suasana di malam hari, foto: instagram.com/seputarsemarang/

3. Taman Budaya Raden Saleh. Bila di Ibukota terdapat Taman Ismail Marzuki sebagai pusat pertunjukan berbagai kebudayaan. Semarang juga memiliki tempat sejenis yakni Taman Budaya Raden Saleh. Taman ini ada di Jalan Sriwijaya 29.

Baca Juga  10 Kuliner Menggoyang Lidah di Ambarawa

Lokasinya di samping perpustakaan Jateng. Dulu, taman ini adalah lokasi kebun binatang, sesudah dipindahkan, lahannya digunakan sebagai tempat pertunjukan budaya.

4. Semarang Contemporary Art Gellery. Bagi Anda penikmat seni, mungkin belum puas jika belum mengunjungi lokasi ini. Semarang Contemporary Art Gallery pernah beberapa kali dipugar.

Bangunan ini pernah dibangun dan diruntuhkan kembali di tahun 1918 dan digunakan sebagai kantor perusahaan asuransi di masa pemerintahan Hindia Belanda. Tetapi, nuansa arsitektur khas kolonial begitu terasa di tiap sudut bangunannya.

Salah satu spot foto favorit, foto: instagram.com/janti72/

5. Old City 3D Trick Art Museum. Museum ini bisa dikatakan sebagai destinasi wisata baru di Semarang. museum ini berada di kawasan Kota Lama dan mempunyai 108 latar belakang foto yang memukau. Temanya juga beraga mulai dari tema bangunan terkenal, kartun hingga film.

6. Masjid Agung Jawa Tengah. Masjid Agung Jawa Tengah adalah destinasi wisata religi yang memiliki keindahan serta nilai filosofi luhur dibalik ornamen dan arsitekturnya.

Masjid ini mempunyai luas lahan hinga 10 hektare serta mempunyai paduan arsitektur khas Yunani dan Jawa yang bisa membuat siapa saja melihatnya menjadi terpikat akan keindahannya.

Di sini terdapat 6 payung raksasa yang bisa dibuka tutup dengan otomatis. Mirip seperti di Masjidil Haram. Sehingga, bagian luar dari masjid bisa digunakan sebagai ruang tambahan untuk jemaah.

Salah satu daya tarik yang dimiliki, foto: instagram.com/lantip_k/

Lokasi: Gang Lombok 62 Purwadinatan, Semarang Tengah, Jawa Tengah, Indonesia
Map: KlikDisini
HTM: Free
Buka/Tutup: 08.00-21.00
Telepon: –

Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply