Taman Ujung Sukasada Bali, Tempat Terbaik Untuk Pre Wedding. 12 Foto Ini Bukti Keindahannya!  

438 views

Jika Anda searching dengan keyword ‘Taman Ujung’ akan menghasilkan beberapa link yang menuju pada keyword tersebut. Diantaranya Taman BKT Ujung Menteng, Taman Ujung Berung, Taman Nasional Ujung Genteng, Taman Nasional Ujung Kulon dan Taman Ujung Sukasada.

Taman BKT (Banjir Kanal Timur) Ujung Menteng atau dalam bahasa Inggris disebut Jakarta East Canal merupakan sebuah sungai buatan yang difungsikan untuk mengurangi banjir di Jakarta.

Taman ujung, foto: instagram.com/l.__ira/

Terletak di dekat hunian real estate Harapan Indah Bekasi lokasi ini menjadi salah satu tempat wisata bagi warga sekitar.

Taman Ujung Berung disebut juga Taman Vanda merupakan sebuah taman yang terletak di alun-alun bagian timur kota Bandung Jawa Barat. Tempat ini dipercantik setelah walikota Ridwan Kamil meresmikan pada bulan Juni tahun 2015.

Taman Nasional Ujung Genteng merupakan kawasan konservasi bagi penyu. Tepatnya terletak di pantai Ciracap, Sukabumi. Jika dilihat dari map lokasi ini terletak 4 km dari Pelabuhan Ratu.

pemandangan sekitar dari ketinggian, foto: instagram.com/gembul_jalan2/

Taman Nasional Ujung Kulon yang terletak di provinsi Banten berfungsi melindungi hewan dan tumbuhan. Salah satu hewan langka yang dilindungi di sini adalah badak bercula satu. Desa yang berbatasan langsung dengan taman nasional ini adalah desa Jaya Pandeglang.

Sedangkan Taman Ujung Sukasada di Bali merupakan objek wisata berupa water palace atau istana air dengan pemandangan menakjubkan. Taman inilah yang akan dibahas pada artikel ini.

Sejarah Taman Ujung Sukasada

Daya tarik yang dimiliki, foto: instagram.com/agung_ananta_wijaya/

Taman Ujung Sukasada merupakan tanah milik keluarga Puri Karangasem. Pada tahun 1901 dibangun sebuah istana air berupa kolam pembuangan bagi orang-orang yang menguasai ilmu hitam. Dahulu disebut Kolam Dirah.

Baca Juga  Ingin Melihat Air Terjun Kembar di Bali? Langsung Kunjungi Banyumala Waterfall

Istana air ini dibangun oleh I Gusti Bagus Jelantik pada tahun 1909. Beliau bergelar Anak Agung Anglurah Ketut Karangasem dengan arsitek asal dari Belanda, van Den Hentz dan arsitek Cina Loto Ang. Pembangunan juga melibatkan arsitek adat bali atau disebut dengan Undagi.

Pembangunan awal ditujukan sebagai tempat peristirahatan raja, tempat bersemedi, dan tempat menjamu tamu kerajaan Karangasem. Selesai dibangun pada tahun 1921.

Keindahan sunset di sekitar, foto: instagram.com/tehqilla_amihlinda/

Penyebutan lain dari istana air ini adalah Taman Ujung Karangasem, diresmikan pada tahun 1937 dengan penandaan berupa prasasti marmer dengan naskah latin dalam bahasa Melayu dan bahasa Bali.

Pada pembangunan awal luasnya adalah 400 hektar, namun sekarang hanya tinggal 10 hektar saja sedangkan sisanya dibagikan kepada warga sekitar.

Taman Ujung Sukasada juga sering disebut sebagai Tirta Gangga. Disebut Tirta Gangga karena konon menurut cerita air di kolam ini diyakini merupakan air dari Sungai Gangga, sungai suci menurut kepercayaan masyarakat Hindu.

Lokasi Taman Ujung Sukasada

Pemandangan yang ada di sekitar, foto: instagram.com/lenochka_kamentceva/

Terletak di Banjar Ujung desa Tumbu Kecamatan Karangasem kabupaten Karangasem. Karena lokasinya berada didesa Banjar Ujung maka tempat ini disebut juga sebagai Taman Banjar Ujung.

Jika dilihat di peta, lokasi ini terletak di ujung tenggara pulau Bali, dekat dengan kota Amlapura.

Untuk mencapai lokasi wisatawan harus menempuh perjalanan selama 2 jam dari Kuta. Waktu tempuh yang cukup lama untuk satu spot wisata. Namun jika sudah sampai di lokasi semua rasa lelah akan terbayar dengan keindahan pemandangan menakjubkan.

Keunikan Taman Ujung Sukasada

Salah satu bangunan bersejarah, foto: instagram.com/infokarangasem/

Saat ini masih terkenal sebagai lokasi pre wedding dibanding sebagai objek wisata. Pemandangan kolam dan istana asli Bali menjadi daya tarik calon pengantin Indonesia maupun mancanegara untuk melakukan foto pre wedding di sini.

Baca Juga  Garuda Wisnu Kencana, Objek Wisata Seru di Bali

Keindahan istana air Sukasada akan terlihat lengkap jika wisatawan melihat dari bangunan di barat kolam. Wisatawan diharuskan menaiki tangga untuk mencapai bagian atas bangunan tanpa atap ini.

Melihat ke arah timur atau ke bawah akan terlihat keunikan arsitektur istana air, kemudian menatap ke atas akan membentang bukit hijau yang disebut Bukit Bisbis. Lalu bergeser ke arah tenggara sejauh mata memandang adalah lautan biru dari Pantai Ujung.

Para pengunjung warga asing, foto: instagram.com/mashulia_ch/

Terdapat 3 buah kolam di istana air Sukasada. Satu kolam di sisi bagian selatan dan dua kolam di sisi bagian utara. Di tengah kolam sisi selatan terdapat sebuah bangunan tanpa dinding yang disebut bale bengong.

Bale Bengong inilah yang awalnya digunakan untuk menjamu tamu oleh raja Karangasem. Menjamu tamu di tengah kolam dengan pemandangan bunga tulip cantik di tengah-tengah kolam.

Kolam utara lebih luas dibanding kolam selatan. Terdapat jembatan untuk melintasi kolam hingga ke tengah istana. Istana ini dahulu difungsikan sebagai tempat peristirahatan para raja. Bentuk istana ini seperti menggantung sehingga masyarakat sekitar menyebutnya sebagai istana gantung.

Tanggan menuju lokasi atas, foto: instagram.com/gustisriantara2590/

Aristektur bangunan dan istana sangat unik karena gabungan dari gaya Eropa dan Bali. Ciri khas Eropa terlihat dengan adanya kaca berwarna warni seperti mozaik yang terdapat pada gereja-gereja kuno di Eropa.

Keunikan gaya Eropa kuno itu digabungkan dengan aristektur Bali yang kental dengan nuansa Hindu. Terlihat dari banyaknya patung khas Bali yang tersebar di setiap sudut.

Tiket Masuk

Keindahan danau yang ada di sekitar, foto: instagram.com/gratefulgypsies/

Dengan entrance fee sebesar Rp. 10.000 per orang atau Rp. 600.000 untuk  satu kru pada sesi foto prewedding wisatawan akan puas dengan semua keindahan istana ini. Dijamin foto dan gambar yang dihasilkan di sini mempunyai background yang bagus.

Baca Juga  Lokasi Olahraga Golf Paling Menarik di Bali, New Kuta Golf

Dengan tiket masuk yang cukup terjangkau namun memberikan kesan dan cerita menarik untuk dibawa pulang, istana air Sukasada merupakan pilihan yang tepat untuk berlibur ke Pulau Bali bagian timur.

Hotel Dekat Taman Ujung Sukasada

Pesona yang dimiliki, foto: instagram.com/baliticketcenter/

Banyak hotel yang tersedia di dekat istana air Sukasada. Dari hotel melati dengan biaya rendah sampai hotel berbintang.

Hotel yang terkenal di dekat lokasi ini adalah Taman Ujung Resort & Spa. Hotel ini terletak persis di sebelah istana air Sukasada. Menawarkan keindahan dan kenyamanan menginap di hotel dan villa dengan harga terjangkau mulai dari Rp. 165.000 per malam.

Objek Wisata Dekat Dengan Taman Ujung Sukasada

Salah satu foto preweding, foto: instagram.com/adtuan/

Objek wisata lain yang dekat dengan istana air Sukasada adalah wisata pantai Candidasa. Pantai yang beralamat di desa Candidasa ini juga tak kalah menarik dengan pantai yang lebih terkenal misalnya Pantai Kuta.

Namun untuk menyaksikan sunrise di pantai ini bukanlah lokasi yang tepat sebab sebelah timur dimana sinar matahari terbit terhalang oleh bukit. Tetapi jangan khawatir, keindahan sunset akan terlihat sempurna disaksikan di pantai ini.

Keindahan dan keasrian istana air Sukasada juga dapat dinikmati di Magetan Jawa Timur yaitu di Pesona Telaga Sarangan. Namun tempat ini adalah wisata alam tanpa bangunan yang artistik.

Salah satu spot foto favorit, foto: instagram.com/ulfah_lia/

Lokasi: Desa Ujung, Jalan Raya Taman, Tumbu, Kabupaten Karangasem, Bali 80811
Map: KlikDisini
HTM: Rp.10.000/Orang
Buka/Tutup:
Telepon: 0812-3858-7810

0/5 (0 Reviews)
Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply