Lebih dari 5 Fasilitas di Taman Selecta Malang Bisa Bikin Kamu Puas, Ini Dia

754 views

Kota yang merupakan bagian dari Provinsi Jawa Timur dan beribukota Surabaya ini lagi-lagi menunjukan taringnya. Sebuah taman yang memang sudah lama hadir tapi direnovasi agar lebih baru dan menarik minat pengunjung.

Taman selecta, foto: naturalsunrisetour.com

Dulu taman ini lebih dikenal sebagai taman yang menyajikan keindahan bunga saja. Lain dulu lain sekarang. Sekarang dibuat lebih menarik untuk berekreasi dan pengunjung bisa mengambil gambar yang instagram-able. Taman Selecta Malang namanya.

Suasana sejuk, pemandangan indah tentu akan membuat Anda senang menghabiskan waktu di sini. Alamat Taman Selecta berada di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jatim. Lokasi taman ini berjarak sekitar 25 kilometer dari kota Malang dan hanya berjarak sekitar 4 kilometer dari pusat pemerintah kota Batu.

Jalan di sektiar wisata, foto: jelaja.com

Tempat ini memiliki luas kira-kira 18 hektare dengan wahana rekreasi seluas 8 hektare. Cukup luas sehingga perlu meluangkan waktu dan tenaga yang cukup banyak. Banyak wisatawan dari mancanegara seperti Taiwan, Malaysia, Korea, Singapura, Belanda, dan Jepang yang datang mengunjungi tempat wisata ini. Wisatawan lokal seperti Jakarta, Bandung, Surabaya pun tak kalah banyak.

Tentang Taman Selecta Malang

Beragam macam bunga, foto: dakatour.com

Taman rekreasi ini dibangun pada tahun 1920 dan selesai pada tahun 1928. Pembangunan dilakukan oleh warga Belanda, Ruyter de Wildt. Dulu, tempat ini dijadikan tempat beristirahat bagi warga Belanja yang berkunjung ke Indonesia.

Selecta sendiri berasal dari kata “selectie”. Pengertian selectie adalah pilihan. Bahkan tahun 1942, Bung Karno pernah menginap di Villa de Brandarice selama 15 hari. Sedangkan Bung Hatta menginap di villa tersebut pada 1947, menjelang konferensi KNIP. Villa de Brandarice sekarang bernama Bima Shakti.

Salah satu spot foto, foto: travelingyuk.com

Taman ini juga termasuk memegang pernan penting dalam sejarah pemerintahan Indonesia. Pada 1952-1955, Presiden Soekarno dan Wakil Presiden Muhammad Hatta sering beristirahat di sini. Tak sedikit keputusan penting kenegaraan tercetus di lokasi ini. Akan tetapi kawasan ini pernah dihancurkan pada 1949 serta dibangun kembali pada 1950.

Baca Juga  Menjelajah Keindahan Coban Jahe Malang Jawa Timur Dengan Mencoba Serunya River Tubing

Harga Tiket Masuk 2018

Pemandangan sekitar, foto: dakatour.com

Harga tiket masuk (htm) Taman Selecta Malang sebesar Rp 30.000 per orang. Harga ini berlaku selama hari libur nasional, hari biasa, sampai highseason. Fasilitas yang bisa Anda nikmati secara gratis di sini yaitu kolam renang, Taman Air, Taman Dinosaurus, Akuarium Ikan Raksasa, serta Goa Singa.

Fasilitas yang Ditawarkan

Fasilitas yang ada, foto: selectawisata.com

Selain fasilitas di atas, ada fasilitas lain lagi tapi dengan biaya tambahan. Fasilitas dengan biaya tambahan yaitu permainan anak dihargai mulai dari Rp 5.000 sampai Rp 20.000, tergantung jenis permainannya. Fasilitas sepeda air juga dikenakan biaya sebesar Rp 15.000 per 15 menit. Kemudian perahu ayun dihargai Rp 10.000 per orang sedangkan arena berkuda dihargai Rp 10.000 per orang

Jika Anda ingin mencoba flying fox, bisa membayar Rp 20.000 per orang. Jangan lupa rasakan wahana baru, Sky Bike. Sky bike adalah permainan yang dimainkan dua orang dan berjalan serta berputar di atas ketinggian. Sensasi bersepeda yang berbeda yang bisa Anda rasakan dengan naik wahana ini. Tak hanya itu, pemandangannya pun memanjakan mata dari ketinggian. Anda perlu merogoh kocek sebesar Rp 20.000 untuk bisa menikmati wahana ini.

Koleksi bunga, foto: reportaseharga.com

Hanya itu? Tentu tidak. Keunggulan dari tempat yang buka dari hari Senin sampai Minggu adalah Anda pun bisa menginap. Ada hotel yang bisa Anda pilih untuk menginap di Kota Batu, sekaligus menikmati hiburan di Taman Selecta dengan maksimal.

Harga penginapan di sini dimulai dari harga Rp 650.000 per kamar per malam sampai Rp 3.300.000 per kamar per malam. Tipe-tipe yang bisa Anda pilih yaitu mulai dari standart, superior, deluxe, family, suite, exclusive sampai cottage. Masing-masing kamar memiliki fasilitas antara lain TV, sarapan, air panas, kolam renang, arena olahraga. Serta yang terpenting free tiket masuk Taman Rekreasi Selecta. Kemudian, per kamar memiliki kapastias ruangan yang berbeda. Pastikan Anda bertanya dengan jelas ketersediaan serta kapasitas tampung per kamar.

Keindahan taman, foto: backpackerjakarta.com

Tak hanya sampai di situ, ada tiga restoran yang terletak di dalam taman yang siap melayani perut keroncongan Anda setelah “safari” di taman ini. Anda tinggal pilih Restaurant Asri, Restaurant Cantik, atau Restaurant Bahagia.

Baca Juga  Anda Sedang Berlibur di Batu Malang, Harus Coba Menu Makanan di 20 Restoran Ini

Rute yang Dilalui

Profil kawasan ini yang menarik untuk dikunjungi serta fasilitas yang disediakan cukup mumpuni memang menarik banyak pengunjung. Anda pun tentu tertarik untuk mengunjunginya, kan? Apalagi jika Anda sudah berada di kawasan Batu, daerah yang menawarkan banyak tempat wisata. Sayang sekali untuk dilewatkan.

Pemandangan dari ketinggian, foto: batuvilla.com

Jika Anda datang dari Jakarta, tentu harus naik pesawat selama 1,5 jam atau kereta selama 13 jam lebih dulu sampai ke kota Malang. Dari Kota Malang, bisa Anda arahkan kendaraan menuju alun-alun Kota Batu.

Dari alun-alun kota Batu menuju Taman Selecta membutuhkan waktu sekitar beberapa menit dan berjarak 6,6 kilometer menurut peta. Anda bisa masuk ke jalan Gajah Mada. Anda tinggal lurus sampai bertemu dengan gedung kantor BCA. Tak jauh, Anda akan bertemu petunjuk jalan. Selanjutnya, ikuti petunjuk jalan yang ada dan Anda pun akan sampai ke kawasan ini dengan selamat. Jangan lupa mengabadikan foto saat berkunjung ke sini.

Sempatkan ke Oro-oro Ombo

Kolam ikan, foto: wisatapedi.com

Menyebut kata  Oro-oro Ombo mungkin tak terlalu familiar. Tapi jika menyebut Coban Rais, Batu Night Spectacular (BNS) serta Museum Satwa-Jatim Park 2, Taman Labirin Coban Rondo mungkin langsung familiar.

Ketiga tempat itu berada di Desa Oro-oro Ombo, Batu, Jawa Timur. Letaknya kurang lebih berjarak 2 kilometer dari Kantor Camat Batu. Menurut wikipedia, luas desa Oro-oro Ombo sebesar 11.969 kilometer persegi. Secara geografis, desa ini terletak di ketinggian kurang lebih 700-730 meter di atas permukaan laut.

Ladang oro-oro Ombo ini juga merupakan spot favorit bagi pendaki. Untuk sampai ke Puncak Mahameru, Anda perlu melewati ladang yang terhampar bunga Verbena brasiliensis. Apalagi kika Anda datang di bulan Mei-Juli, ladang ini sedang berkembang.

Daya tarik yang dimiliki, foto: tempat.co.id

Selain itu, di Oro-oro Ombo juga terdapat banyak penginapan. Mulai dari harga terendah sampai harga tertinggi. Ini bisa sebagai pilihan jika tak ingin menginap di dalam Taman Selecta Malang. Fasilitas yang ditawarkan pun berbeda-beda tapi juga menarik.

Baca Juga  Berkunjung Ke Malang, Jangan Lupa Mampir di Wisata Kampung Warna Warni Jodipan

Suasana yang sejuk dan atmosfer yang berbeda bisa menjadi nilai tambah menginap di sini. Sebut saja Pohon Inn Hotel, Batuque, Griya Sumber Rejeki Homestay, Surya Indah Hotel and Restaurant. Selain itu ada juga Darmo Homestay Room, Griya Sumber Rejeki Homestay 2. Semua pilihan ini disesuaikan dengan budget dan kebutuhan Anda.

Tanaman bertulis selecta, foto: netmedia.co.id

Lokasi: Jalan Raya Selecta 1, Kota Wisata Batu, Malang, Jawa Timur 65336
Map: Klik Disini
HTM: Rp.30.000 /Orang
Buka/Tutup: 06.00-18.00
Telepon: 0341-592379/591025

0/5 (0 Reviews)
Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply