Wisata Hemat dan Menyenangkan? Kunjungi Taman Singha Merjosari Malang Jawa Timur

1362 views

Ingin bersantai setelah lelah menghabiskan waktu jalan-jalan di Malang? Bila demikian, salah satu lokasi yang bisa Anda jadikan sebagai rujukan adalah Taman Singha Merjosari.

Taman ini adalah lokasi wisata yang berada di Jalan Mertojoyo Selatan, Merjosari, Malang. Bisa dikatakan, taman ini adalah wisata sederhana dengan fasilitas yang cukup lengkap.

Keberadaan tempat rekreasi keluarga ini dekat dengan lokasi pemukiman warga, sehingga selalu ramai, apalagi ketika hari libur tiba. Warga yang dekat dengan lokasi taman ini akan menghabiskan waktu liburan di sana.

Taman singha merjosari, foto: islamireligius.blogspot.co.id

Taman Singha Merjosari ini sebenarnya adalah taman kota dan dibangun dengan konsep kriteria taman kota hijau. Rencananya, taman ini memiliki luas 29.012 meter persegi.

Tujuannya untuk memenuhi amanat Undang-Undang Penataan Ruang, tempat bermain dan belajar bersama hingga sebagai sebuah sarana interaksi sosial budaya.

Hal tersebut menjadikan sarana rekreasi ini mempunyai keseimbangan serta fungsi ekologis, kesehatan, hidrologis, ekonomi hingga kesehatan.

Berlarian di Taman Singha Merjosari

Lokasi dari taman, foto: ngalam.co

Mayoritas penduduk yang singgah ke sini biasanya memiliki tujuan berlari. Hampir tiap sore dan pagi hari ada banyak pengunjung yang berlarian mengelilinginya. Luasnya yang cukup besar dan dibuatnya jalan yang melingkarinya membuat menjadi fasilitas untuk pengunjung.

Aktivitas berlari-lari ini akan semakin ramai ketika hari libur tiba. Ketika weekdays, kebanyakan penduduk berlarian saat sore hari.

Gym Ke Taman? Kenapa Tidak

Area Gym, foto: tripadvisor.com

Bila sudah selesai melakukan kegiatan lari-lari, seringnya pengunjung akan melakukan beberapa variasi olahraga dengan cara menggunakan alat-alat yang sudah disediakan. Sepertinya tak perlu lagi pergi ke tempat gym yang mahal agar bisa menikmati sensasi olahraga yang spektakuler.

Baca Juga  Ramai Pengunjung, 5 Tempat Makan di Royal Plaza Surabaya Bisa Jadi Pilihan

Di sini, terdapat tempat yang menyediakan fasilitas bagi pengunjung agar bisa berolahraga. Lokasinya di tempat gym. Namun, untuk mencobanya, kita harus lebih bersabar karena ada banyak pengunjung lain yang ingin menggunakan lokasi ini. Wajar rasanya bila tempat ini selalu ramai dipergunakan pengunjung.

Bersantai di Gazebo

Fasilitas Gazebo, foto:airebobichon.files.wordpress.com

Setelah lelah berolahraga atau sekedar ingin bersantai saat terik matahari, kita bisa duduk santai di gazebo. Di sini terdapat beberapa gazebo yang dapat digunakan bersantai sembari menikmati keindahan taman.

Gazebo tersebut sering digunakan untuk tempat beristirahat atau tempat makan-makan. Jadi, jika membawa bekal dari rumah, atau membeli makan saat perjalanan, lokasi ini pas untuk makan-makan.

Mengajak Anak Bermain dengan bebas

Area bermain untuk anak-anak, foto: kompasiana.com

Bukan hanya menyediakan arena untuk olahraga, tetapi lokasi ini juga mempunyai fasilitas bermain untuk anak. sehingga, kita yang membawa buah hati tak perlu cemas bila mengunjunginya bersama dengan buah hati tercinta.

Terdapat arena yang dibuat dengan sedemikian rupa seperti tanah pepantaian. Lokasi tersebut penuh dengan pasir putih dan sengaja diletakkan di area yang terbatas oleh batu besar yang dapat dipergunakan untuk bermain pasir.

Terasa seperti di pantai bukan? Hal tersebut sudah pasti menciptakan hal dan suasana baru, pengunjung bisa bermain pasir di tengah pemandangan yang sungguh asri.

Ada Juga Terapi Kesehatan

Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan, foto: kompasiana.com

Keunikan lain yang ditawarkan tempat ini adalah terdapatnya fasilitas bagi pengunjung yang ingin melakukan terapi. Terdapat area yang dipenuhi bebatuan dan sering digunakan untuk menerapi telapak kaki.

Biasnya arena ini dipenuhi oleh pengunjung yang telah lanjut usia, walaupun ada juga pengunjung dari kalangan remaja.

Baca Juga  5 Rekomendasi Tempat Kuliner di Pare Kediri Yang Wajib Dicoba

Bermain Skybike

Serunya bermain Skybike, foto: ilovemalang.net

Fasilitas menarik yang sering membuat orang betah berlama-lama di sini ialah wahana skybike. Seringnya skybike digunakan di jam 09.00 pagi. Apabila ingin menikmatinya sudah pasti harus bersabar dan antri karena banyak orang ingin mencobanya pula.

Menyusuri taman menggunakan skybike pasti jauh lebih asyik dibandingkan berjalan kaki.

Fasilitas Lain Taman

Tempat untuk bermain skybike, foto: kompasiana.com

Biasanya untuk sebuah taman kota, tak banyak fasilitas penunjang di sana. Namun untuk sarana rekreasi ini, banyak fasilitas seperti di atas.

Tak perlu khawatir harus menahan kencing atau ingin buang hajat, karena di sini juga lengkap dengan toilet bersih sehingga memudahkan mereka yang ingin buang hajat.

Fasilitas lainnya seperti warung-warung jajanan dan makanan juga sudah tersedia. Kita bisa memilih, entah makanan yang berat atau makanan ringan di sini.

Harga Tiket Masuk

Layaknya taman pada umumnya, tak ada tiket masuk. Tetapi, terdapat biaya parkir yang harus dibayar. Untuk parkir kendaraan, cukup membayar Rp 2.000 saja, sedangkan untuk mobil Rp 3.000 saja.

Rute Jalan Menuju Taman Singha Merjosari

Pemandangan yang ada di sekitar, foto: dolandolen.com

Lokasinya bersebalahan dengan akses jalan dari Institut Teknologi Nasional Malang ke arah Dinoyo. Lingkungan yang ada di sekitarnya bisa dikatakan cukup padat, lebih-lebih ditambah dengan kepadatan yang ada di depan pasar.

Jadi, tak perlu bingung untuk menuju lokasinya. Kita bisa bertanya dengan masyarakat, karena hampir semua orang sudah mengenal sarana piknik ini.

Takut tersesat? Apabila masih takut tersesat, kita bisa menggunakan peta dari Google Map. Cukup mengetikkan kemana tujuan kita dan langsung menuju ke sana. Jadi, tak ada alasan lagi untuk tidak mengunjunginya.

Baca Juga  Ini Dia 20 Tempat Makan Enak dan Murah Dekat Alun Alun Batu Malang, Wajib Coba!

Wisata Lain yang Tak Kalah Asyik

Hijaunya tumbuhan, foto: hardiyantowibowopal.blogspot.co.id

Berikut beberapa lokasi wisata yang bisa disinggahi saat sudah sampai di Malang, antara lain:

1. Masjid Tiban Malang. Saat ingin merasakan wisata religi di Malang, segera kunjungi Masjid Tiban Malang. Desain masjid sangat spektakuler dengan desain bangunan yang hampir mirip timur tengah. Terdapat kurang lebih 9 lantai serta lengkap dengan toko makanan ringan, souvenir serta area satwa. Arsitek ornamen di dalam masjid mempunyai daya tarik sangat kuat.

2. Tujuh Air Terjun Sumber Pitu. Destinasi ini adalah lokasi yang jarang diketahui dan wisatawannya juga masih jarang. Tetapi, pemandangannya sangat indah. Lokasinya berada di Desa Duwet Krajan, Tumpang, Malang, Jatim. Banyak orang yang percaya jika lokasi ini masih magis sehingga tak perlu heran bila melihat orang sengaja datang melakukan berbagai ritual.

Jalan setapak yang ada di sektiar, foto: malangkota.go.id

3. Coban Talun Malang. Mempunyai jarak tak jauh dari Selecta, yaitu kurang lebih 3,5 kilometer, tempatnya ada di Desa Tulungrejo, Bumi Aji, Batu, Malang. Air terjun ini mempunyai keindahan unik karena di bawahnya kita bisa menemukan batuan besar. Arus deras pun menjadi keindahan tersendiri, suasana angin kencang juga ikut mewarnai.

4. Pantai Ngliyep. Keindahan pantai ini akan menjadi andalan liburan. Lokasinya mirip dengan pantai di Lombok. Sehingga apabila tidak mempunyai budget mencukupi untuk berwisata ke Lombok, tempat ini bisa dipilih.

Keindahan dari Ngliyep tak kalah dengan wisata lain. Pantai sangat cantik ini bertempat 62 Km dari Malang.

5. Museum Malang Tempo Doeloe. Apabila ingin mengetahui sejarah Kota Apel, wajib rasanya untuk mengunjungi wisata edukasi ini. di sini kita bisa melihat dengan jelas sejarah dari Malang yang telah ada dari tahun 1914.

Bersihnya lingkungan sekitar taman, foto: taufiqnasution.wordpress.com

Lokasi: Jalan Mertojoyo Sel. Nomer 7, Merjosari, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur 65144 Indonesia
Map: KlikDisini
HTM: Free
Buka/Tutup: 06.00 – 22.00
Telepon: –

Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply