Kampung Wisata Taman Lele Semarang Menjadi Destinasi Wisata Favorit Keluarga Yang Murah Meriah

2846 views

Kali ini kita akan membahas sebuah tempat wisata unik, dan cocok dijadikan referensi tempat libur kamu bersama dengan keluarga. Namanya taman lele semarang. Letaknya cukup strategis dan tidak jauh dari perkotaan.

foto by rentalmobil.web.id

Jadi dijamin kamu akan mudah menemukan tempat wisata ini. Bagi kamu yang sudah bosan berlibur ke pantai dan ke daerah pegunungan maka kamu bisa jadikan kampung wisata ini untuk tujuan liburan akhir pekan kamu.

foto by semarangplus.com

Liburan akan semakin asik dan seru apabila kamu mengajak serta keluarga dan saudara untuk berlibur ke tempat wisata ini. Lalu, apa saja keindahannya ? Serta berapa harga tiket masuk dengan segala fasilitasnya ?
Jangan kawatir, semua akan dibahas secara lengkap dibawah ini. Yuk simak uraiannya dibawah

Lokasi Taman Lele Semarang

Alamat taman lele semarang berada di daerah Tambakaji, kecamatan Ngaliyan kota Semarang, tepatnya beralamat di JL.Siliwangi, Jawa Tengah Indonesia. Untuk kamu yang sudah penasaran maka langsung saja datang ke alamat tersebut. Tidak usah takut akan kesasar, karena saat ini perlatan sudah canggih.

Kamu bisa gunakan google maps dan masukkan alamat tadi. Jika sekiranya kamu sudah sampai di daerah tambakaji, kamu bisa tanya ke warga sekitar tentang keberadaan kampung wisata lele ini. Dijamin, kamu akan sampai dengan selamat tanpa nyasar.

foto by teluklove.com

Namun untuk lebih jelasnya, bagi kamu yang berasal dari kota Jakarta, akan lebih cepat dan efisien jika lewat jalur pantura. Karena tempat wisata ini letaknya masih di jalur pantura.

Sejarah Dan Asal Usul Taman Lele Semarang

Nah, jika sudah berencana akan berkunjung, sebaiknya perlu kamu tau nih bagaimana sejarahnya. Asal usul taman lele semarang ini yaitu dulunya merupakan sebuah destinasi wisata kebun binatang, kemudian pada tahun 1985 dipindah dan dialihkan seluruhnya ke taman wisata tegalwareng.

foto by semarangplus.com

Namun ternyata di lokasi tegalwareng ini konon katanya banyak binatang yang mengalami stress dan berujung pada kematian. Tidak hanya itu, binatang-binatang di tegalwareng inipun banyak mengalami sakit-sakitan.

Baca Juga  Bisa Menikmati Pemandangan Laut Dari Taman Diponegoro Semarang, Benarkah?

Menurut kepercayaan masyarakat sekitar, hal ini terjadi karena diakibatkan di daerah tegalwareng banyak tempat yang dijadikan hiburan malam. Maka dari itu, kawasan taman wisata tegalwareng ini semakin menyempit.

foto by kebunbinatangsemarang.blogspot.co.id

Dampak dari kebun binatang itu juga mengancam penduduk di kawasan sekitarnya. Semakin hari, polusi semakin bertambah dari limbah kotoran binatang dan juga mulai mengancam kesehatan penduduk sekitar.

Karena alasan dan beberapa hal inilah, maka kebun binatang ini dipindahkan lagi ketempat yang baru. Perpindahan ini dibagi menjadi ke 2 tempat, yaitu ke taman lele, dan ke taman tinjomoyo. Letaknya sama sama di kota semarang.

foto by daerah.sindonews.com

Namun perpindahan binatang di taman tinjomoyo itu ternyata tidak berlangsung lama, dan akhirnya dipindahkan dan dijadikan satu di taman lele. Sebelum namanya menjadi taman lele semarang, dulunya disebut taman margasatwa mangkang.

foto by jateng.tribunnews.com

 

Diganti menjadi taman lele, karena di kawasan tersebut ada satu pohon bringin besar, umurnya sudah cukup tua, dan dibawahnya ada sumber mata air yang terdapat banyak sekali ikan lele didalamnya.

Nah, karena sumber mata air inilah akhirnya cikal bakal kampung wisata lele mulai muncul. Tidak hanya itu saja, masih banyak fasilitas lainnya yang bisa kamu nikmati ditempat ini.

foto by jejakpiknik.com

Keindahan Yang Ditawarkan Taman Lele

Berkunjung ketempat taman lele 2019 memang merupakan sebuah rencana apik dan sangat cemerlang untuk membuang rasa suntuk setelah sibuk dengan pekerjaan dan segala urusan.

Kampung wisata ini luasnya mencapai 22.173 hektar ini menawarkan pemandangan alam nan sejuk dan akan kamu rasakan begitu memasuki kawasan taman lele ini. Pepohonan yang rindang, dan ada banyak gazebo yang bisa kamu gunakan untuk menikmati angin yang sepoi-sepoi.

foto by jejakpiknik.com

Tidak hanya itu, ada kebun binatang mini yang bisa kamu abadikan bersama dengan keluarga. Mungkin bagi anda, mengajak anak kecil ke tempat wisata yang satu ini merupakan langkah cerdas, pasalnya bisa sekalian mengenalkan berbagai macam binatang untuk edukasi si kecil.

Baca Juga  Bermain di Lokasi Wisata Wonderia Semarang, Tempat Rekreasi untuk Seluruh Keluarga yang Seru

Alhasil, tempat wisata ini tidak hanya indah dan bisa untuk merefresh pikiran kamu, tetapi manfaat edukasinya juga bisa dirasakan bagi anak-anak untuk bisa mengenal lebih banyak binatang. Tak heran, taman lele ini selalu ramai dikunjungi para keluarga dan dijadikan tujuan tempat wisata terutama pada akhir pekan.

Fasilitas Yang Disediakan Untuk Para Pengunjung

Berbicara mengenai fasilitas yang ditawarkan untuk para pengunjung di taman lele mangkang ini cukup banyak. Beberapa diantaranya adalah ada danau buatan yang bisa kamu gunakan untuk bermain, mengitari serta menikmati keindahannya menggunakan perahu bebek.

foto by 1001wisata.com

Untuk memakai fasilitas perahu bebek, kamu perlu mengeluarkan kocek sebesar Rp10.000,- untuk satu perahu. Biayanya cukup terjangkau. Selain itu, kamu juga bisa menikmati kebun binatang mini di kampung wisata lele ini sebagai fasilitas.

Binatang yang ada di kebun binatang ini cukup lengkap, diantaranya ada kelinci, burung merak dan berbagai jenis burung indah lainnya. Serta ada juga hewan reptile seperti ular, buaya, dan iguana di taman lele ini.

Namun untuk peringatan, harap berhati-hati untuk tidak terjun dan terlalu dekat melihat hewan-hewan reptile karena tetap saja bisa berbahaya meskipun hewan ini sudah dilindungi dan dimasukkan ke tempat aman.

foto by yukpigi.com

Nah, untuk fasilitas yang selanjutnya ini akan sangat cocok untuk kamu yang berasal dari tempat dan lokasi yang jauh. Selain disedikan area parkiran yang cukup luas, kampung lele ini juga menyediakan penginapan dan restoran yang bisa dinikmati pengunjung ketika berencana untuk bermalam di tempat wisata ini.

Ada sekitar 10 kamar yang disediakan. Tarif hotel taman lele semarang ini sekitar Rp200.000 per malam. Penginapan ini mempunyai fasilitas yang cukup lengkap, seperti AC, wifi serta ada air hangatnya juga.

foto by jejakpiknik.com

Benar-benar fasilitas yang sangat amat lengkap, dan sangat memanjakan pengunjung serta wisatawan. Bagaimana ? Sudah tertarik berkunjung ke taman lele ?

Baca Juga  Mengapa Wisata PRPP Semarang Menjadi Destinasi Terbaik di Akhir Pekan?

Harga Tiket Masuk (HTM) Dan Jam Operasional

Kamu bisa datang kapanpun bersama dengan keluarga, pasangan atau rombongan teman kelas ketempat ini, karena kampung wisata lele ini buka setiap hari yaitu senin sampai dengan minggu, pada jam operasional yaitu pukul 08.00 pagi sampai sore hari.

Tidak perlu kawatir mengenai tarif taman lele semarang, karena kamu hanya perlu mengeluarkan Rp3000,- per orang (hari senin sampai sabtu) untuk bisa masuk dan menikmati keindahan di taman lele.

foto by wisatajateng.com

Namun untuk kamu yang datang hari minggu tarif menjadi Rp3500,- dan pada hari libur atau hari besar lainnya seperti libur lebaran biasanya tarif tiket naik menjadi Rp6000,- per orang. Tapi sepertinya semua tarif diatas termasuk biaya yang tidak membuat kantong menjadi kering.

Biaya diatas belum termasuk ongkos parkir. Bagi kamu yang membawa kendaraan pribadi seperti sepeda motor atau mobil akan dikenakan Rp2000,- untuk tiap motor, Rp5000,- per mobil dan untuk kendaraan bus biaya parkir sebesar Rp10.000,-

Rasanya memang taman lele semarang patut untuk dikunjungi jika memang kamu mengaku menyukai travelling. Karena untuk mengunjungi tempat-tempat indah tidak perlu harus selalu jauh dan keluar biaya mahal. Selamat berlibur.

Lokasi: Tambakngaji, Ngaliyan, Kota Semarang, Jawa Tengah 50185
Map: KlikDisini
HTM: Rp3000,- / Orang
Buka/Tutup: 08.00 – 16.00

Related Post

Leave a reply