Taman Labirin di Balai Kota Yang Hanya Ada di Bandung, Jangan Ngaku Kekinian Kalau Belum Kesini

1045 views

Taman Labirin Jadi Spot Terpopuler di Taman Balai Kota Bandung

Jalan-jalan ke kota kembang jangan lupa mampir juga di Balai Kiota. Balai Kota Bandung merupakan salah satu tempat nongkis ‘nongkrong dan eksis’ paling diminati di Bandung. Dan salah satu spot yang sedang hits adalah Taman Labirin.

Persimpangan jalan, foto: phinemo.com

Dulunya area ini merupakan sebuah taman merpati yang kemudian direvitalisasi oleh Bp. Ridwan Kamil. Didalam taman labirin kota Bandung ada jalur berliku-liku dengan lantai granit yang lebarnya sekitar 0.5 meter.

Terdapat 4 pintu keluar didalamnya. Jalurnya dibuat melingkari 2 pohon trembesi. Kedua pohon ini usianya telah mencapai 100 tahun, tua sekali bukan?

Daya tarik dari taman, foto: postimg.org

Tujuan pembuatannya adalah agar para pengunjung dapat menjelajahi keindahan taman dengan konsep yang berbeda dari yang lainnya. Konsep unik ini menjadikannya sangat populer dan tidak pernah sepi akan pengunjung.

Balai kota Bandung telah menjelma menjadi tempat nongkrong para warga Bandung tidak hanya eksecutive pemkot saja namun warga biasa dapat masuk jalan-jalan di halamanya. Di balai kota ini terdapat juga gembok cinta yang tak kalah hitsnya dengan taman labirin. Banyak netizen yang mengaploud foto dan gambar-gambarnya di sosial media.

Taman Labirin, foto: explorebandungbarat.com

Lokasinya berada di Jl. Merdeka No.30, Sumur Bandung, Kota Bandung Jawa Barat. Dibuka dari 9 pagi hingga 6 sore sedangkan htm tidak ada alias gratis. Tidak ada pungutan harga tiket masuk untuk berkeliling Balai kota termasuk juga kedalam labirin. Letak strategis + htm gratis = paket wisata ekonomis, Anda tertarik?

Taman Labirin Di Indonesia

Keunikan yang dimiliki, foto: googleusercontent.com

Sebenarnya tidak hanya ada di Bandung saja namun banyak juga di beberapa kota di Indonesia lainnya yang memiliki lokasi wisata taman labirin, berikut daftarnya:

Baca Juga  Menikmati Trekking di Curug Nangka Bogor, Keindahannya Tak Terlupakan. 12 Foto ini Buktinya!

Coban Rondo Malang

Disini terdapat sebuah labirin yang berada dalam satu kawasan wisata Coban Rondo Malang. Letak Coban Rondo ada di desa Pandesari, Kec.Pujon, Kab. Malang, Jawa Timur. Rute jalan dapat ditempuh  dari alun-alun kota Batu kurang lebih berjarak 9 kilometer sedangkan dari Malang kota kurang lebih 29 kilometer. Lokasinya cukup dekat dengan perbatasan antara Malang dan Batu.

Pelaihari Banjarmasin Kalsel

Jalan melingkar, foto: hargatiketwisatakita.com

Jika di Pelaihari lokasinya ada di Kecamatan Pelaihari, Karang Taruna, Sungai Jelai, Tambang Ulang, Kab. Tanah Laut, Kalimantan Selatan, Kode Pos 70854. Jam operasionalnya adalah dari 08.00–17.00. Jarak dari Banjarmasin sampai Pelaihari kurang lebih 52 km atau perjalanan 1 jam lebih. Medan jalannya pun lumayan mulus jadi Anda tidak perlu khawatir.

Banua (Kebun Raya Banua)

Lokasinya berada di Kelurahan Palam, Kecamatan Cempaka, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan. No. telp +62 852-3115-7415, buka dari pukul 8 pagi hingga 6 sore. Tempatnya lumayan luas juga terdapat berbagai tanaman dan bunga. Labirin disini tidak terlalu tinggi serta telah disediakan sebuah tangga untuk melihat indahnya panorama alam sekitar dari atas.

Ngawi

Pesona yang dimiliki taman, foto: travelingyuk.com

Jika di Ngawi letaknya ada di kawasan Benteng Pendem Ngawi, Jawa Timur. Sayangnya taman labirin ini telah rusak dan menjadi tidak terawat.

Bogor

Di Kota hujan Bogor tepatnya di kawasan wisata Taman Bunga Nusantara Cipanas juga ada taman labirin. Tempat ini luasnya hingga 35 hektare dan dipenuhi bunga-bunga indah. Lokasinya dekat dengan puncak Gunung Gede Pangrango serta tidak jauh juga dari Kebun Teh Bogor. Alamatnya di Jalan Mariwati KM.7, Kawungluwuk, Sukaresmi, Cianjur, Jawa Barat.

Jika Anda datang dari Jakarta membutuhkan waktu perjalanan kurang lebih 2,5 sampai 3 jam perjalanan dari Jakarta. Keunikan dari tempat wisata ini adalah terdapat juga Taman Jam dan Perancis. Keindahan bunga-bunga yang ada disini sungguh menakjubkan dan membuat pengunjung betah berlama-lama.

Baca Juga  Yummi! 20 Wisata Kuliner Malam Hari di Dago Bandung

Bintaro Jaya Xchange

Spot foto favorit, foto: klikhotel.com

Alamat Bintaro Jaya Xchange ada di Boulevard Bintaro Jaya Blok. O-2, Bintaro Jaya Sektor VII, Pondok Aren, Tangerang, Banten. Sebenarnya ini adalah sebuah mall namun dihalaman mall terdapat sebuah taman labirin mini. Saat jalan-jalan ke mall atau nongkrong di salah satu cafe di mall, banyak pengunjung yang juga meyempatkan selfie disini.

Kebun Raya Baturaden

Lokasinya ada di Kemutug Lor, Baturraden, Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah. Buka dari pukul 07.00 hingga 18.00 WIB. Pemandangan taman disini juga termasuk yang terindah jadi saat berada di Baturraden, sempatkan untuk mampir dijamin tidak menyesal.

Lembah Asri Serang Purbalingga

Pohon besar, foto: sportourism.id

Taman Labirin di Lembah Asri Serang Purbalingga bertujuan menyambut pengunjung ketika libur Lebaran tahun lalu 2017. Letaknya dalam satu kawasan Desa Wisata Serang, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.

Simalem Danau Toba.

Taman Simalem Resort tidak hanya menawarkan keindahan pemandangan sebelah barat laut Danau Toba, Sumut namun juga menyediakan pesona unik yaitu keberadaan taman labirin. Alamatnya adalah Jl. Raya Merek Km 9, Sidikalang, Kodon-Kodon, Merek, Kabupaten Karo, Sumatera Utara 22173.

Ada 2 jalur alternatif yang bisa dilewati ketika hendak ke Merek yaitu yang pertama dari Medan-Merek. Jalur yang kedua gunakan rute Berastagi-Merek.

Taman Rekreasi Selecta

Sejarah terbentuknya taman, foto: koran-jakarta.com

Tempat ini sangat populer dengan suasana romantis bahkan merupakan taman teromantis di Batu Malang. Didalamnya juga terdapat sebuah jebakan taman labirin. Lokasinya ada di Jl. Raya Selecta No. 1, Bumiaji, Tulungrejo, Kota Batu, Jatim. Buka dari pukul 6 pagi hingga 5 sore.

Gembira Loka Yogyakkarta

Jakarta punya Ragunan, Solo punya Taman Satwa Taru Jurug, sedangkan Jogja pumya Gembira Loka. Gembira Loka tidak hanya kebun binatang namun juga ada kereta-keretaan, perahu katamaran sampai labirin.

Baca Juga  Outdoor, Ini 60 Tempat Makan Keluarga yang Cozy di Bogor

Di beberapa kota terbesar Indonesia lainnya juga memiliki taman-taman labirin seperti bojonegoro, surabaya, semarang, lembang, magelang dan lain-lain. Di Indonesia, ukuran taman labirin dan kerumitannya memang masih biasa saja jika dibandingkan dengan yang ada di luar negeri, berikut ini daftar 10 taman labirin terbesar di dunia.

Taman Labirin Terbesar Di Dunia

Keseruan bermain di sekitar, foto: viva.co.id

Labirin terumit dan terluas di dunia yang pertama dipegang oleh Cool Patch Pumpkins Corn Maze – Dixon, Amerika Serikat. Seorang pengunjung membutuhkan waktu 2 jam serta sepuluh kali menelepon agar bisa keluar dari jebakan labirin menuju pintu keluar.

Posisi kedua adalah Pineapple Garden Maze, Hawaii. Labirin ini berisi sekitar 14.000 tanaman. Agar dapat keluar dari labirin Pineapple Garden Maze, pengunjung harus menemukan 8 titik rahasia. Jika kedelapan titik tersebut dapat dipecahkan maka akan dengan mudah keluar. Di hawaii ini adalah yang terpanjang sedunia.

Rindangnya pepohonan di sekitar, foto: newshub.id

Sedangkan yang terbesar ketiga dari UK bernama Peace Maze, kemudian Samso Labyrinten – Denmark, Reignac-Sur-Indre Maze -France, Villa Pisani Labirinto – Italia, Ashcombe Maze – Australia, Cherry Crest Adventure Farm – US, Mirror Labyrinth at Glacier Garden – Swiss dan yang terakhir Hampton Court Maze – UK.

Keindahan Taman Labirin, foto: hipwee.com

Lokasi: Jl. Wastukencana No.2, Babakan Ciamis, Kota Bandung, Jawa Barat 40117
Map:  KlikDisini
HTM: 09.00–18.00
Buka/Tutup: 09.00–18.00
Telepon: –

0/5 (0 Reviews)
Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply