Serunya di Taman KB Semarang Sambil Menikmati Sajian Kuliner Malam

1061 views

Semarang memang selalu tidak pernah kehabisan tempat untuk menikmati waktu berlibur ataupun weekend. Banyak destinasi wisata yang sayang jika tidak dikunjungi, begitu juga dengan taman-taman ada di sana. Salah satunya adalah Taman KB menjadi kebanggaan warga Smg atau Semarang.

Memiliki simbol tugu ibu dan dua orang anak, tentunya Taman KB ini memang memiliki kepanjangan dari Keluarga Berencana. Meskipun sebenarnya nama asli dari taman ini yaitu Taman menteri Supeno karena berada di Jalan Menteri Supeno.

Taman kb semarang, foto: korinatuniswah.blogspot.co.id

Akan tetapi, entah kenapa kebanyakan warga mengenalnya atau menyebutnya sebagai Taman KB. Sehingga sampai sekarang taman ini dikenal sebagai Taman KB.

Di kota Semarang, taman ini menjadi salah satu kawasan Ruang Terbuka Hijau atau RTH ada di sana. Taman ini juga termasuk ruang publik sehingga pengunjung tentunya tidak harus membeli tiket untuk masuk alias gratis.

Dibuka selama 24 jam, tentunya taman ini bukan hanya menjadi tempat untuk bermain sepuasnya. Akan tetapi juga menjadi tempat beristirahat sekaligus untuk refresing gratis dan beristirahat yang menyegarkan. Tak jarang banyak pengunjung juga berfoto di Taman KB ini.

Jalan yang ada di sektiar, foto: panoramio.com

Beragam jenis fasilitas juga ada di Taman KB. Sehingga para pengunjung juga tidak perlu khawatir untuk  bermain di sini.

Serunya bermain di Taman KB Semarang

Pemandangan sekitar dari tinggi, foto: kabarwisata.com

Taman biasanya pasti identik dengan tempat bermain anak-anak. Untuk itu, di tama kb juga bisa ditemukan tempat bermain anak-anak. Sehingga banyak anak kecil dan orang tua mengajak buah hatinya untuk bermain di sana. Khususnya setiap akhir pekan.

Meskipun tidak seperti tempat wisata umunnya, namun Taman KB bisa menjadi alternatif agar rasa lelah dan juga jenuh hilang. Taman yang berada tepat di depan SMA Negeri 1 Semarang ini juga memiliki lampu yang indah di malam hari.

Panggung pentas, foto: tstatic.net

Sehingga dengan banyaknya lampu berwarna warni. Membuat Taman KB sangat berwarna saat di malam hari. Tidak heran, meskipun malam hari, Taman KB selalu ramai pengunjung menikmati keindahan malam.

Baca Juga  Asyiknya Berendam Sekaligus Makan di The Fountain Waterpark & Resto Ungaran Semarang

Sebagai salah satu maskot yang menjadi keunggulan dari kota Semarang, Taman KB memiliki beragam jenis fasilitas disediakan. Mulai dari tempat untuk bermain anak-anak khususnya. Tempat untuk melakukan olahraga, hingga hanya sekedar untuk bersantai saja misalnya.

Mengapa Taman KB digemari oleh para pengunjung, hal ini karena keindahan yang suguhkan di Taman KB membuat pengunjung betah ada di sana. Banyak tanaman dan juga bunga hias membuat Taman KB memiliki suasana sejuk.

Tempat duduk di sekitar, foto: simpanglima.files.wordpress.com

Baik siang hari dalam kondisi terik matahari dan menyengat, Taman KB akan tetap terasa sejuk. Pemandangan indah dari bunga serta angin sepoi menjadi kenikmatan tersendiri tentunya. Ditambah dengan pemandangan air mancur dan patung menjadi kesegaran tersendiri.

Khususnya jika pada musim tertentu, bunga-bunga akan banyak bermekaran dengan warna-warna yang berbeda. Tentunya para pengunjung tidak boleh melewatkan momen yang indah ini untuk mengambil foto.

Untuk fasilitas yang ada di Taman KB, para pengunjung bisa menemukan banyak penjual jajanan atau makanan. Beragam jenis penjual akan membantu agar perut tetap kenyang sambil bermain dan bersantai di sana.

Taman bermain untuk anak-anak, foto: housing-estate.com

Mulai dari pedagang takoyaki, martabak, hingga terdapat rumah makan Freshasan, makanan khas laut seperti Indera Seafood, dan masih banyak lagi jenis makanan lainnya. Pastinya, di samping memanjakan mata dengan keindahan dari Taman KB. Pengunjung juga bisa melakukan wisata kuliner di malam hari.

Bisa dibilang, selain taman bermain, tamn kb juga menjadi skatepark yaitu taman bagi para pecinta aktifitas skateboard. Di sini memang terdapat area khusus untuk melakukan aktifitas yang sering dilakukan olah anak-anak muda.

Mempertahankan keindahan dari taman ini tentu menjadi suatu keharusan. Jangan sampai datang ke taman ini dengan tujuan negatif yang merusak keindahan taman, fisik maupun bukan.

Pkl yang ada di sekitar, foto: kabarwisata.com

Harapan untuk menjaga lingkungan dan juga keindahan tersebut bukan hanya bagi warga Semarang saja. Tetapi juga pengunjung yang datang dari luar Semarang atau ruang daerah Semarang.

Baca Juga  Ada Banyak Spot Foto Bagus di Bukit Cinta Bayat Gunung Gajah Klaten, Sudah Coba?

Hal ini dikarenakan adanya rumor berkembang yang buruk dan menjadi hal menakutkan bagi para pengunjung. Seperti rumor menjadi pangkalan para tuna susila atau PSK. Hingga menjadi tempat berkumpulnya para gay, atau pria yang bisa menjadi pecinta sejenis yang ada di Semarang.

Tak jarang, banyak warga yang juga sudah mengenal baik seorang pengamen dengan nama Tamara. Pengamen tersebut merupakan laki-laki yang berdandan seperti perempuan.

Suasana malam hari yang ada di sekitar, foto: kabarwisata.com

Meskipun banyak rumor-rumor tersebut, sebenarnya mudah bagi para pengunjung untuk menghindari bahayanya. Pertama yaitu jangan datang sendiri, atau berperilaku mudah untuk jadi sasaran empuk.

Datang ke Taman KB memang untuk melepaskan penat, terlebih lagi dengan segala aktifitas sehari-hari. Namun bukan berarti menjadi lepas kendali dan kurang waspada di lingkungan sekitar. Datanglah bersama dengan teman, keluarga atau seseorang yang bisa saling menjaga saat di taman.

Sebenarnya, selain di kota Semarang, taman dengan konsep dan jenis ini juga banyak di temukan di kota-kota lain, khususnya di Jawa Tengah. Seperti taman di kota Malang yang tidak kalah terkenalnya juga. Kemudian Taman KB Pintar yang ada di Kudus dan tak kalah indahnya.

Akses dan rute jalan menuju Taman KB Semarang

Rute menuju lokasi, foto: teluklove.com

Berada di kawasan Jalan Menteri Supeno, sehingga Taman ini memiliki Taman Menteri Supeno. Namun seiring dengan popularitasnya, warga lebih sering menyebutnya sebagai Taman KB. Sebagai taman kota yaitu taman dengan alamatnya tepat di kawasan kota, tentu tidak sulit menemukan taman ini.

Letak taman yang strategis karena berada di kota menjadikan Taman KB mudah terlihat. Selain itu juga memiliki akses dengan jalan yang sangat bagus. Bahkan dengan menggunakan kendaraan umum pun akan sangat mudah meminta supir menurunkan tepat di Taman KB Semarang tersebut.

Daya tarik yang ada di sektiar, foto: ceritaliana.com

Jika masih kesulitan untuk menemukan Taman KB, terlebih jika menggunakan kendaraan pribadi. Lebih mudah untuk menemukannya dengan menggunakan denah atau peta secara online. Titik kordinat yang disediakan artikel ini pun akan menjadi penunjuk langsung di Google Map.

Baca Juga  Mau Mengenang Jasa Para Pahlawan? Dateng Saja ke Bunderan Tugu Muda Semarang

Jalur utama untuk sampai ke Taman KB yaitu dengan menggunakan jalur Jalan Mugas yang juga dikenal dengan Jalan Pahlawan. Jika berangkat dari Jogjakarta, Jalan Pahlawan ini akan sangat mudah untuk ditemukan.

Keseruan bermain di taman, foto: simpanglima.files.wordpress.com

Tidak perlu khawatir untuk mengunjungi taman ini karena merupakan ruang terbuka. Sehingga selama 24 jam tidak akan pernah tuttup. Bahkan mungkin bisa menghabiskan banyak waktu di sini, baik siang maupun malam hari dengan kelipan lampu warna dan juga kuliner malam.

Tapi selalu jaga keamanan diri pribadi sehingga disarankan untuk mengunjungi di siang hari. Kalaupun malam hari, pastikan untuk tidak datang sendiri. Jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak di inginkan di waktu liburan.

Meskipun datang atau masuk ke tempat ini memang gratis atau tidak ditarik biaya tiket masuk. Namun biasanya hanya membayar retribusi parkir untuk yang membawa kendaraan pribadi. Jangan khawatir dengan kendaraan yang terparkir karena ada petugas yang berjaga.

Becak lampu yang ada di sektiar, foto: tribunnews.com

Lokasi: Jl. Mentri Supeno, Kelurahan Mugassari, Semarang Selatan, Jawa Tengah 50249, Indonesia
Map: KlikDisini
HTM: Free
Buka/Tutup: 24 jam
Telepon: –

Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply