Menikmati Keindahan Bunga Krisan di Taman Bunga Bandungan, Kebun Setiya Aji Flower Farm

1566 views

Bandungan memiliki banyak tujuan wisata populer dan menarik seperti Pondok Kopi, Basecamp Mawar dan yang sedah hits belakangan ini adalah Taman bunga. Taman Bunga di Bandungan Ungaran telah menjelma menjadi tempat wisata kece yang diburu para wisatawan.

Kumpulan berbagai macam warna bunga, foto: instagram.com/ayopiknikid/

Salah satu taman bunga yang populer adalah setiya aji flower farm. Jika Anda ingin menikmati keindahan beragam warna bunga krisan merah, kuning, putih, dan lainnya, datanglah ke kebun ini.

Setiya Aji Flower farm

Keadaan di dalam taman, foto: instagram.com/shockhy_28/

Objek wisata yang hits ini berada diatas lahan seluas 50 hektar. Hamparan bunga krisan warna-warni menjadi maghnet pengunjung untuk berfoto ria. Background alami nan cantik ini menjadikannya lokasi foto favorit. Bagi penikmat fotografi atau pengguna instagram yang ingin memiliki feed kece tetunya hunting foto-foto keren menjadi aktivitas menyenangkan.

Daya tarik bunga-bunga yang membuat pengunjung setiap hari berdatangan. Ketika hari Sabtu, Minggu atau Libur, kebun ini sesak dipadati pengunjung bahkan bisa mencapai ratusan orang per harinya. Suasana dan pemandangan disini membuat betah dan tidak akan merasa bosan melihatnya.

Spot kece ini semakin tenar karena banyaknya pengguna sosial media yang mengunggah hasil jepretannya ke akun sosmed. Secara otomatis merupakan pemasaran gratis tempat wisata taman yang populer setahun belakangan ini. Hawa sejuk disini semakin membuat nyaman dan betah berlama-lama di Setiya Aji Flower Farm.

Koleksi bungan yang ada, foto: instagram.com/indahnovita77/

Ide membuat taman krisan Setiya Aji Flower Farm datang dari Setiya Aji. Dia adalah mahasiswa Unnes Semarang yang juga berasal dari desa setempat. Lahan kebun adalah gabungan atau kerjasama dari para petani di kawasan ini.

Baca Juga  Gua Maria Kerep Ambarawa Punya Ikon Baru? Ini Dia

Para petani diberikan pengarahan Setiya Aji agar serempak hanya menanam bunga krisan agar memiliki keunikan tersendiri. Para petani sengaja menanamnya berbeda warna supaya terlihat warna-warni, menarik, dan indah.

Dahulu para petani menanam krisan yang tidak seragam kemudian atas saran dari mahasiswa jurusan Elektro tersebut, hasil dari kerja keras itu berbuah manis sekarang. Kebun Setiya Aji Flower Farm tidak hanya destinasi favorit anak-anak remaja, abg namun segala usia dari anak-anak hingga orang tua.

Salah satu daya tarik yang dimiliki, foto: instagram.com/aw_beny/

Penanaman serta perawatan tanaman-tanaman di tempat ini mudah mudah susah. Hal tersebut dikarenakan musim bunga krisan tidak bisa lebih dari sebulan dan kemudian mati sampai pohonnya. Setelah itu menanamnya lagi hingga berbunga kurang lebih 4 bulanan.

Untuk mensiasatinya, para petani dan pengelola setiya aji flower farm menggunakan tambal sulam. Yang dimaksud adalah menyiapkan area tanam lain dengan lokasi yang tidak jauh jadi jika lahan satu tanaman-tanamannya mati telah tersedia lahan siap bunga kesatu dua dan seterusnya.

Pesona yang ada di tempat wisata, foto: instagram.com/bing_gaddi/

Setiya Aji Flower Farm memiliki 2 lokasi lahan berbeda yaitu di area atas dan dibawah tidak jauh dari sawah. Keberadaan kebun tersebut yang dibuka untuk umum ini juga membantu perekonomian warga sekitar.

Anda akan menyaksikan pedagang yang menjual dagangannya didepan rumah. Mereka ada yang menjual berbagai minuman atau makanan ringan, krisan dalam pot, jus, dan beragam buah seperti alpukat, jambu dll.

Alamat & Harga Tiket Masuk

Menikmati pemandangan sekitar dari ketinggian, foto: instagram.com/wh_u32juana/

Letak Setiya Aji Flower Farm berada di Desa Ngasem Lor, Bandungan, Semarang. Harga tiket masuk tempat wisata Setiya Aji Flower Farm Bandungan, Semarang, Jawa Tengah sangat terjangkau yaitu sebesar Rp. 7.500 per orang. Untuk mendapatkan hasil foto yang bagus usahakan datang di pagi hari.

Baca Juga  Lereng Kelir Semarang, Memandang Indahnya Ambarawa dari Sudut Yang Berbeda

Yang berniat membeli bunga krisan dihargai hanya Rp. 5.000 per potong. Jika tidak ingin merasaikan kepadatan wisatawan yang ingin juga menikmati keindahan hamparan krisan disini, jangan datang saat hari libur.

Rute Jalan

Salah satu petani bunga, foto: instagram.com/iinsmg/

Bagi wisatawan yang datang dari Semarang kota menggunakan kendaraan pribadi, pilih jalur menuju ke Gedong Songo. Lurus saja terus hingga melewati Umbul Sidomukti kemudian sampai di kawasan wisata Candi Gedong Songo.

Disini terdapat sebuah pertigaan, cobalah Anda lihat sekeliling dan mencari dimana Hotel Mustika. Setelah menemukan Hotel Mustika, didepan persis hotel ada gang, Anda masuk saja lurus hingga sampai di Setiya Aji Flower Farm.

Keindahan tanaman bunga, foto: instagram.com/ria_fadila31/

Jika Anda datang dari arah kota Jogja, pilih jalan ke Magelang kemudian Ambarawa. Setibanya di pertigaan Bawen, pilih rute jalan ke Bandungan, dan selanjutnya rutenya sama seperti diatas.

Atau jika Anda sudah sampai di Pasar Bandungan, terdapat gapura di sebelah kiri jalan. Dari sini Anda dapat melihat petunjuk menuju ke Kebun Bunga Krisan. Ikuti saja jalan kecil yang menurun sampai melihat pemukiman warga dan sampai ke Setiya Aji Flower Farm. Jalanan ini cukup untuk 1 mobil karena memang lumayan sempit.

Salah satu spot foto favorit, foto: instagram.com/safitridian97/

Setelah melalui jalan kecil depan kediaman warga setempat, Anda akan langsung melihat lahan petak-petak bunga Krisan. Tidak semua petakan lahan krisan tersebut berbunga karena beberapa ada yang sedang pembibitan.

Lahan-lahan petakan ini tidak semuanya milik Setiya Aji Flower Farm. Banyak diantaranya milik petani-petani sekitar. Akan tetapi kebun bunga yang dibuka untuk berfoto-foto hanya di Setiya Aji Flower Farm.

Baca Juga  Nikmati Waktu Santai Bersama Keluarga di Salib Putih Salatiga

Taman Bunga di Bandungan

Pemandangan alam sekitar, foto: instagram.com/miela_nurcahyani/

Selain Setiya Aji Flower Farm, Bandungan juga memiliki destinasi taman Bunga lainnya seperti Celosia dan Kebun Bunga Pak Yoto. Di taman bunga celosia, para pengunjung dapat melihat langsung penanaman dan perawatan bunga sehingga cocok sebagai wisata edukasi.

Taman Celosia ada di Jl. Gedong Songo, Banyukuning, Bandungan, Semarang. Tidak hanya keindahan aneka bunga-yang dapat dinikmati pengunjung namun juga terdapat spot landmark terkenal dari belahan dunia. Ada Rumah Hobbit, Menara Eiffel Paris, Kincir Angin Belanda, Patung Merlion Singapura, dan lain-lain.

Sedangkan Kebun Bunga Pak Yoto memiliki koleksi beragam warna warni bunga krisan. Taman ini dapat menjadi destinasi pilihan Anda. Kebun ini bentuknya adalah rumah kaca agak melengkung. Bagi flower lovers atau hobi hunting foto-foto indah, sepertinya Anda pasti menyukai tempat ini.

Beberapa koleksi bunga yang ada, foto: instagram.com/novitan_17/

Ide untuk membuat kebun krisan datang dari pak Yoto sendiri. Awalnya beliau selalu didatangi para wisatawan bahkan dari mancanegara juga. Mereka mampir ke kebunnya untuk melihat-lihat atau berfoto dengan tanaman krisan tersebut.

Tempat Wisata milik Pak Yoto ini cukup berdekatan dengan beberapa hotel serta penginapan di Bandungan. Oleh karena itu wajar jika banyak turis lokal maupun mancanegara yang datang dan mengambil gambar tempat yang indah ini.

Kebun milik Pak Yoto terletak di Jl. Wisata Gedong Songo Km 05, Kec. Bandungan, Kab. Semarang, Jateng. Rute jalannya adalah lakukan perjalanan hingga sampai di pertigaan setelah SPBU Palbapang, Sumowono. Kemudian, pilih arah sebelah kanan, lurus saja dan sampai di tujuan.

Taman Bunga Bandungan, foto: instagram.com/huda_berkah/

Lokasi: Jalan Kendalisodo, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah 50614
Map: KlikDisini
HTM: Rp.7.500/Orang
Buka/Tutup: 07.00–18.00
Telepon: 0856-4014-3324

Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply