Yuk Intip Bagaimana Progres Renovasi Stadion Jatidiri Semarang Yang Akan Dibangun Bertaraf Internasional

5148 views

Selain terkenal akan tempat wisatanya yang menarik untuk dikunjungi, semarang juga punya salah satu stadion yang beberapa tahun terakhir sedang mengalami renovasi dan rencananya akan dibangun dengan taraf international. Yap! Sadion Jatidiri Semarang namanya.

foto by radarsemarang.com

Untuk kamu penggemar sepak bola dan salah satu dari “lascar mahesa jenar” (nama fansclub dari PSIS Semarang) pasti sudah tidak asing lagi dengan stadion jatidiri. Bahkan mungkin setiap PSIS bertanding selalu datang dan mendukung secara langsung

foto by twitter.com

Nah, taukah kamu bahwa stadion jatidiri kini sedang dalam masa renovasi tahap 2 ? Seperti apa ya kira-kira progres dari pembangunannya kini ? Kami akan memberikan semua informasinya lengkap untuk kamu. Simak selengkapnya dibawah ini.

Renovasi Stadion Jatidiri Dibagi Dalam Beberapa Tahap

Stadion ini bisa dibilang sudah cukup tua umurnya karena dibangun dan mulai dipergunakan dari tahun 1990 ini, memang sudah direncanakan untuk direnovasi dan dijadikan bertaraf internasional beberapa tahun terakhir ini.

Menurut beberapa informasi dari narasumber, proses renovasi stadion ini akan dijadikan menjadi beberapa tahap. Dan tepat pada akhir tahun 2016 lalu, renovasi tahap pertama sudah berhasil dirampungkan.

foto by jateng.tribunnews.com

sudah berhasil menyelesaikan beberapa fasilitas dan tribun selatanpun sudah berdiri tegak dengan kapasitas yang lebih luas dari sebelumnya. Selanjutnya renovasi tahap ke 2 pun direncanakan selesai pada akhir tahun 2017.

Tetapi nampaknya, para pemain PSIS Semarang harus lebih bersabar karena proses renovasi sepertinya target. Akhir desember 2017 kemaren ternyata proses renovasi belum selesai. Otomatis belum bisa dipakai.

foto by radarsemarang.com

Untuk perencanaan renovasi dan desain dari stadion jatidiri itu sendiri nantinya dibuat seperti gelora bung karno, dengan atap melingkar dan memutar menutupi seluruh tribun. Jadi nantinya terkonsep seperti stadion tertutup.

Baca Juga  7 Tempat Makan Murah Meriah di Sekitar Tembalang

Belum lagi ditambah fasilitas-fasilitas lainnya seperti instalansi, kursi, jogging track, rumput serta fasilitas lainnya. Dijamin bisa memanjakan para pemain dan penonton. Bahkan kabarnya, akan dibangun ruang kusus untuk undangan VIP berjumlah minimal 100 kursi lengkap dengan toilet dan sebuah lounge yang berdekatan.

Namun memang nampaknya pengerjaan renovasi stadion jatidiri itu sepertinya masih memakan waktu cukup lama, karena update terakhir dari renovasi tahap 2 itu baru memasuki pengerjaan tribun utara, timur dan juga barat. Jadi mungkin baru selesai sekitar tahun 2019 mendatang.

Padahal musim depan, PSIS Semarang akan menggelar kompetisi dikelas liga 1. Tapi menurut sumber informasi, pihak PSIS sedang dalam proses mencari stadion lain untuk menyelenggarakan kompetisi tersebut.

Beberapa alternatif stadion yang nantinya digunakan untuk menggelar kompetisi liga 1 musim depan antara lain stadion Bumi Kartini ada di Jepara, Sultan Agung di Bantul Yogyakarta, Manahan di Solo serta Moch.Soebroto yang bertempat di kota Magelang.

Diyakini bahwa beberapa alternative stadion tersebut sudah memenuhi infrastruktur dan fasilitas yang memadai untuk menyelenggarakan kompetisi sekelas liga. Jadi bagi kamu yang ingin melihat PSIS Semarang bermain secara langsung, bikin rencana untuk pergi ke 4 tempat diatas.

Apa Saja Yang Bakal Berubah Dari Stadion Jatidiri Semarang ?
Untuk kamu yang penasaran, perubahan apa aja sih yang nantinya menghiasi stadion jatidiri semarang itu ? Simak ini selengkapnya disini.

Berbicara mengenai perubahan, mungkin sepertinya ada banyak. Dan perubahan itu bisa dibilang cukup dignifikan. Mulai dari kapasitas penonton, serta fasilitas-fasilitas lainnya.

Contohnya, kapasitas penonton stadion jatidiri. Jika sebelumnya hanya muat untuk 21.000 penonton, maka akan diupgrade menjadi hampir 3x lipatnya yaitu sekitar 60.000 penonton.

foto by ferrynurdiansyah.blogspot.co.id

Jadi sudah bisa dipastikan, nantinya akan semakin luas dan tidak perlu lagi takut kehabisan kursi atau menonton dari lampu besar (lampu sorot lapangan), karena hal itu bisa merusak fasilitas.

foto by youtube.com

Dari segi bangunan juga pastinya ada banyak perubahan. Sudah bisa terlihat dari tribun selatan yang sudah berdiri tegak saat ini. Model atapnya menutupi tribun dan berbentuk melingkar. Jadi nantinya stadion jatidiri akan berbentuk lingkar dengan atap setengah tertutup.

foto by imgrum.org

Fasilitas lainnya yang bisa kamu nikmati nantinya adalah toilet. Sekitar 108 toilet disediakan untuk wanita dan 108 toilet untuk pria. Lengkap dengan fasilitas toilet yang memadai tentunya.

Baca Juga  Kampung Pecinan Semarang, Wisata Perkampungan dengan Segudang Kekayaan Kulinernya

Area parkir luas, bahkan rencananya akan di salurkan ke akses sarana angkutan umum. Lampu penerangan tribun, pos keamanan, ruang p3k serta fasilitas lainnya yang pastinya keamanannya terjamin untuk para penonton dan juga pemain.

Tidak hanya untuk lapangan sepakbola saja, distadion jatidiri juga disediakan GOR (Gedung Olahraga) yang bisa digunakan multifungsi. Disediakan juga kolam renang dengan standar olympiade, lapangan tembak, sirkuit sepatu roda, serta nantinya dibangun asrama khusus untuk para atlet.

foto by jateng.tribunnews.com

Bagaimana ? Sangat lengkap bukan ?

Berapa Biaya Yang Dikeluarkan Untuk Keseluruhan Proses Renovasi

Tidak tanggung-tanggung, pemerintah mengeluarkan dana Rp300 Miliar untuk keseluruhan proses renovasi tersebut menjadi stadion bertaraf internasional.

Dengan dana yang angkanya cukup fantastis tersebut, sudah jelas bahwa hasil akhir dari renovasi tersebut sangat ditunggu-tunggu masyarakat semarang, bahkan masyrakat luarpun juga ikut penasaran.

foto by jejakpiknik.com

Mungkin setelah proses renovasi selesai, stadion jatidiri bisa jadi salah satu tempat yang menjadi tujuan utama para traveler dari ldalam negeri bahkan mancanegara. Sudah bisa dibayangkan, betapa megahnya nanti stadion jatidiri setelah selesai direnovasi.

foto by skyscrapercity.com

Bahkan kabarnya, tidak hanya berhenti untuk menjadikannya bertaraf internasional, tetapi pemerintah juga sudah mulai memperhatikan potensi komersil yang ada di lingkungan stadion jatidiri.

Belum selesai renovasi, kabar akan dibangun sebuah kompleks pertokoan dan perkantoran di lingkungan stadionpun sudah mulai bermunculan. Informasi ini sudah diketahui beberapa pihak sejak akhir tahun 2017 kemaren.

Sudah bisa dibayangkan jika memang nantinya wilayah semarang ini bisa mengalami peningkatan dan kemajuan signifikan.

Bisa jadi, kota semarang nantinya akan dijadikan sebagai pusat kota untuk even-even olahraga yang diselenggarakan pemerintah nantinya. Bahkan tidak hanya itu, gubernur setempat juga sudah mulai merancang dan menata kembali potensi wisata di kota semarang.

Baca Juga  Mau Mengenang Jasa Para Pahlawan? Dateng Saja ke Bunderan Tugu Muda Semarang

Mungkin kedepannya bisa lebih banyak lagi tempat wisata yang dibuka di semarang, yang tentunya bakal mengundang banyak traveler dari berbagai tempat di Indonesia bahkan dari manca negara.

Dan satu hal lagi yang harus kamu ketahui mengenai informasi dari stadion jatidiri. Untuk kamu yang suka olahraga, tidak perlu kawatir. Karena meskipun sudah direnovasi dan akan naik status dan pangkatnya menjadi taraf internasional, tapi biaya untuk masuk dan memakai fasilitas nya yaitu Rp0 rupiah alias gratis.

foto by eventsclick.id

Kamu bisa kapan saja masuk ataupun berolahraga di stadion jatidiri tersebut. Dan yang lebih menggembirakannya lagi, stadion ini bakal buka 24 jam dengan fasilitas keamanan yang cukup ketat.

foto by tribunnews.com

Jadi jangan lupa lihat dan datang langsung ke kota Semarang, ketika proses renovasi selesai ya.

Lokasi: Karang Rejo, Gajahmungkur, Kota Semarang Jawa Tengah 50231
MAP: Klikdisini
Tarif: Gratis
Jam Operasional: 24 Jam
Nomor Telepon:

Related Post

Leave a reply