Nongkrong Seru Bareng Teman Sambil Makan Nasi Pecel di Simpang Lima Semarang

1593 views

Tempat paling enak jika mengunjungi suatu kota di Indonesia adalah alun-alun atau tamannya. Tak terkecuali Semarang. Semarang memiliki lapangan yang cukup terkenal dan rasanya belum afdhol jika ke Kota Lumpia tapi tak berkunjung ke sini, Simpang Lima.

Simpang Lima Semarang Tempo Dulu

Simpang lima semarang, foto: dagelan.co

Sebenarnya, Simpang Lima adalah lapangan yang terletak di pusat kota. Ada juga yang menyebut kawasan ini sebagai Lapangan Pancasila.

Nama Simpang Lima sendiri diambil dari pertemuan lima jalan menjadi satu. Jalan-jalan tersebut adalah Jalan Ahmad Dahlan, Jalan Gadjah Mada, Jalan Ahmad yani, Jalan Pahlawan, dan Jalan Pandanaran.

Kemudian kawasan ini dijadikan pusat alun-alun atas usulan presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno. Awalnya pusat alun-alun memiliki lokasi di Kauman. Namun Kauman telah berubah fungsi menjadi pusat perbelanjaan. Pembangunan kawasan ini pun dimulai pada tahun 1969.

Wajah Kini Simpang Lima

Papan nama, foto: kotawisataindonesia.com

Jaman sekarang, kawasan ini sudah menjadi tempat berkumpul warga ataupun pelancong yang datang ke Semarang. Ini karena pusat kegiatan kota ini ada di sini sekaligus ciri khas dari kota Semarang. Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan di Simpang Lima.

Jika Anda datang pada malam hari, Simpang Lima akan penuh dengan berbagai kuliner dan jajanan enak khas Semarang. Di pojok Simpang Lima, terdapat warung lesehan menawarkan nasi pecel.

Kemudian sepanjang Jalan Pahlawan juga menyediakan deretan warung tenda. Mereka siap memuaskan perut Anda.

Suasana pada malam hari, foto: lihat.co.id

Anda berjalan di Jalan Pahlawan akan menemukan pemuda berkumpul yang merupakan komunitas. Mulai dari anak band, komunitas mobil antik, bikers, skaters dan sebagainya.

Kawasan ini pun akan ramai pedagang yang menjajakan takjil saat bulan Ramadhan. Serta saat pergantian tahun atau tahun baru, kawasan ini pun tak kalah hebohnya mengadakan pesta kembang api.

Pada hari minggu pagi pun, Jalan Pahlawan ini akan ditutup untuk kendaraan. Hanya orang-orang berjalan kaki dan berolahraga yang diperbolehkan. Kawasan ini juga digunakan untuk Car Free Day (CFD). Anda bisa berfoto ataupun mengambil gambar sepuasnya di kawasan ini.

Properti dekat Lokasi

Suana malam hari dari ketinggian, foto: onvoyagejogja.com

Lokasi nya berada di pusat kota menjadikan kawasan ini ramai akan penginapan. Mulai dari hotel melati sampai hotel bintang. Aksesnya untuk ke tempat wisata lain pun cukup mudah.

Baca Juga  50 Tempat Makan Terbaik di Solo, Sayang Banget Kalau Ga Didatengin

Suasana semarak dijadikan pilihan para pelancong memilih tempat menginap. Ini yang menjadikan kawasan Simpang Lima menjadi primadona.

Hotel yang berada di sekitar Simpang Lima antara lain, Hotel Ciputra, Hotel Horison, Hotel Graha Santika, Ibis, Simpang Lima Residences sampai Amaris. Tarifnya pun beragam, mulai dari yang murah sampai cukup merogoh kocek yang dalam.

Ini semua tergantung dari fasilitas dan pelayanan diberikan. Anda bisa memesan hotel tersebut menggunakan aplikasi seperti agoda, traveloka atau booking.com. Langsung ke hotelnya pun tak masalah.

Serunya bermain di sektiar, foto: indonesia-tourism.com

Tak hanya hotel, ada pusat perbelanjaan dan hiburan yang bisa dikunjungi yaitu E Plaza, Mall Ciputra, Matahari Plaza Simpang Lima. Masing-masing pusat perbelanjaan memiliki denah atau directory nya sendiri.

Isi dari Mall Citraland (Ciputra) adalah toko elektronik, toko pakaian, bioskop, sama seperti mall pada umumnya.

Namun, mall ini pada pertengahan Desember tahun 2017 dikejutkan dengan berita kebakaran. Kebakaran berasal dari salah satu gerai makanan di dalam mall. Tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

Matahari Plaza Simpang Lima pun juga menawarkan toko elektronik, erafone, tempat makan seperti CFC, Dunkin Donuts maupun Pizza Hut, serta pujasera di lantai atas.

E Plaza atau Entertainment Plaza adalah satu tempat di Simpang Lima atau Semarang yang tak boleh dilewatkan. Di sini Anda akan dimanjakan dengan berbagai fasilitas hiburan.

Pujasera yang ada di dekat, foto: seputarsemarang.com

Seperti bioskop, tempat makan atau restoran, lounge, sampai tempat karaoke. Tempat-tempat seperti tentu dipasang cctv agar keamanan lebih terjamin.

Menara Masjid Baiturrahman pun juga terletak di Simpang Lima. Tak hanya hura-hura, kawasan ini juga didengarkan bersholawat.

Dari lokasi ini kurang lebih 5 kilometer jika dilihat dari map, ada Masjid Agung Jawa Tengah, tepatnya di Jalan Gajah Raya, Sambirejo, Kecamatan Gayamsari, Semarang, Jawa Tengah.

Tak jauh dari menara masjid, terdapat XL Center. Alamat lengkapnya di Jalan Ahmad Yani Nomor 130B, Semarang. Kemudian, Elisha Beauty, tempat Anda membeli perlengkapan kosmetik pun tersedia tak jauh dari kawasan Simpang Lima.

Perayaan tahun baru, foto: reservasi.com

Menurut peta, dengan berjalan kaki 8 menit, Anda pun bisa menemukan GOR Tri Lomba Juang. Alamatnya di Jalan Tri Lomba Juang, Semarang, Jawa Tengah.

Baca Juga  Nih Daftar 50 Rumah Makan Terbaik di Kota Solo

Kost ekslusif Semarang De Leota pun bisa dijangkau dengan berkendara selama 17 menit. Sebelum sampai ke kost ini, Gramedia pun terlihat tak jauh dari Simpang Lima. Anda bisa menggunakan google maps untuk menuju tempat ini.

Rute Angkutan Umum Menuju Simpang Lima

Lapangan voli, foto: wisatasemarang.com

Sebelum menuju kawasan ini, tentu Anda perlu datang ke Semarang dulu. Bisa menggunakan pesawat atau kereta api yang turun di Stasiun Poncol.

Untuk informasi, tak jauh dari stasiun ada tempat PSK mangkal. Karena keberadaan PSK ini membuat beberapa pengunjung yang datang ke Semarang dan menginap di hotel sekitar stasiun merasa risih. Kondisi ini pun menjadi sorotan bagi masyarakat.

Entah apa yang dipikirkan jika menginap di salah satu hotel yang masih ada PSK berkeliaran, padahal datang bersama keluarga.

Kondisi taman di sekitar, foto: amazonaws.com

Anda bisa mulai dari Kampus Teknik Arsitektur Universitas Diponegoro, silakan menggunakan bis R8E, Bis Koridor 2, serta Bis Koridor 3.

Sedangkan dari Bundaran Kalibanteng membutuhkan waktu sekitar 25 menit untuk sampai lokasi menggunakan Bis C7 dan Bis C8.

Tak hanya itu dari Alun-alun Mini Ungaran, Anda bisa menggunakan bis R8D, Bis Koridor 2, dan Bis Koridor 3. Sekitar 1 jam perlanan Anda akan sampai ke kawasan tersebut.

Kuliner Sekitar Lokasi

Salah satu fasilitas yang ada, foto: desnantara-tamasya.blogspot.co.id

Mengunjungi kota Semarang kurang lengkap rasanya jika tak membeli oleh-oleh khasnya. Tak lain dan tak bukan adalah lumpia. Makanan enak ini sudah tersohor di kalangan pelancong senusantara. Bahkan Anda tinggal memilih 1 dari lima lumpia Semarang legenadaris ini yang ingin dicoba.

Lumpia Gang Lombok mungkin adalah lumpia yang paling dicari di Semarang. Lokasi penjualan panganan ini memang berada di gang tapi bukan berarti menjadi penghalang untuk Anda nikmati. Atau tak ingin terlalu jauh dari kawasan ini juga bisa membeli Lumpia Mataram kp. Baris.

Tak hanya makanan, ada jajanan legendaris lain yang posisinya tak jauh dari bundaran Simpang Lima ini. Tepatnya di Jalan KH Ahmad Dahlan, gerai kedua yang buka setelah gerai pertama buka di kawasan pecinan. Es Cong Lik yang legendaris.

Car free day, foto: sindonews.net

Es Cong Lik adalah es puter yang dibuat rumahan, tanpa pemanis buatan, dan memiliki rasa beragam. Rasa ini tergantung dari ketersediaan buah pada musim tersebut.

Baca Juga  Bermain di Lokasi Wisata Wonderia Semarang, Tempat Rekreasi untuk Seluruh Keluarga yang Seru

Keluarga Pak Slamet, pemilik dari jajanan legendaris ini sempat cerita bahwa es puter dibuat dengan cara manual dan dibuat sendiri, tanpa bantuan mesin.

Sejarah nama Cong Lik ini diambil dari kata Kacung Cilik. Ini karena dulu ada tetangga seorang tionghoa yang senang menyuruh anak berbaris dan lomba lari. Kacung Cilik ini untuk sebutan si anak kecil.

Sebutan ini menginspirasi pemilik generasi pertama memberi nama jualannya. Saat ini usahanya sedang dipegang oleh generasi kedua.

Serunya bermain becak goes, foto: tripadvisor.co.id

Harga yang ditawarkan pun masih terjangkau. Bahkan rasanya pun segar sekali. Jika Anda ke sini, coba datang dengan teman-teman agar bisa memesan berbagai rasa dan saling berbagi. Hati-hati banjir air liur melihat segarnya es puter ini.

Lokasi: Pleburan, Semarang Selatan, Jawa Tengah 50241
Map: KlikDisini
HTM: Free
Buka/Tutup: 24 jam

Waroeng Kaligarong, Cita Rasa Sambal Mangga Muda

Jika sedang berkesempatan mengunjungi Kota Semarang, jangan lupa untuk mengunjungi Waroeng Kaligarong, salah satu restoran yang menawarkan beragam masakan khas Indonesia. Waroeng Kaligarong berlokasi di di JL.D.I.Panjaitan no. 64, berjarak sekitar 600 meter dari Simpang Lima.

Waroeng Kaligarong menghadirkan beragam menu khas Indonesia, diantaranya ada Gurame Sambal Matah, Oseng Kembang Turi, Rendang Jengkol, Mie Godog dan masih banyak lagi. Menu terfavorit dari restoran ini adalah Bebek Goreng Muda Sambal Mangga Muda.

Bebek yang digunakan oleh restoran ini adalah bebek muda dengan porsi setengah ekor. Bebek muda diklaim memiliki daging yang lebih empuk, gurih, manis dan tidak berbau. Tak heran jika tekstur bebek di restoran ini berbeda dengan restoran lain yang juga menghadirkan menu bebek goreng.

Selain itu, yang membuat restoran ini khas adalah Sambal Mangganya yang segar, pedas dan gurih. Sangat cocok untuk dijadikan cocolan dan sebagai teman untuk makan apapun. Sambal Mangga Waroeng Kaligarong juara untuk pedas dan segarnya.

Selain Sambal Mangga, Waroeng Kaligarong juga menghadirkan varian menu sambal lain seperti sambal matah. Restoran ini mendatangkan langsung resep sambal matah dari Bali, sehingga rasanya autentik dengan sambal matah asli yang ada di Bali.

Waroeng Kaligarong juga menawarkan menu minuman yang sangat bervariasi. Mulai dari minuman kekinian seperti Ice Chocolate Orange dan Mango Sunrise hingga minuman tradisional seperti Asem Aren, Beras Kencur dan masih banyak lagi.

Harga yang dipatok oleh Waroeng Kaligarong sangat ramah di kantong. Hanya dengan 28 ribuan, kamu sudah puas dengan gurihnya Bebek Goreng dan sambal yang pedas dan segar. Bagaimana? Tertarik untuk mencoba? Waroeng Kaligarong buka setiap hari pukul 10.00-22.00. Untuk reservasi atau info lebih lanjut silahkan hubungi (024)3555300 WA: 087731345445 LINE: @waroengkaligarong

 

Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply