Berwisata ke Semarang Contemporary Art Gallery Bikin Kamu Ternganga Sekejab Dengan Karya Seni Kontemporer Indonesia

1567 views

Seni merupakan hasil karya ciptaan dari kepintaran manusia yang berpadu dengan kreatifitas dan insprasi dalam mengolah benda atau sesuatu. Konsep ini sendiri bisa mengacu kepada lukisan, kerajinan, sulaman, pahatan, hingga lagu dan musik sebagai hasilnya, hal tersebut juga dapat disebut kesenian.

Semarang contemporary art gallery, foto: instagram.com/semarang_gallery/

Kesenian sendiri adalah salah satu bagian dari pengekspresian budaya dalam menuangkan rasa keindahan jiwa seseorang atau pembuatnya. Di kesehariannya, keterampilan ini juga dapat dinikmati dalam berbagai fungsi, salah satunya adalah untuk rekreasi dan wisata, disebut sebagai wisata budaya.

Tempat wisata seni di Indonesia termasuk masih jarang mengingat di tanah air sendiri lebih banyak menyajikan wisata alam, taman rekreasi, hingga wisata sejarah. Beberapa tempat wisata ini sendiri kebanyakan berupa kampung wisata, museum, festival seni dan budaya, hingga galeri pameran karya.

foto by instagram.com/semarang_gallery

Salah satu tempat wisata berupa galeri pameran karya yang juga terkenal dengan seni kontemporernya adalah Semarang Contemporary Art Gallery. Istilah karya kontemporer sendiri adalah keterampilan yang dipengaruhi oleh era modern atau kekinian saat ini, berbeda dengan seni tradisional dan juga modern.

Semarang terkenal sebagai kota dengan sejarah dan budayanya yang tinggi, terutama berwisata sejarah ke Kota Lama berjulukan Little Netherland tersebut. Disinilah galeri kesenian kontemporer berdiri dengan bangunan yang menonjolkan budaya dari tempo dulu, Semarang Contemporary Art Gallery.

Tangga ke lantai dua, foto: .instagram.com/ramadoing/

Dari sekian banyak tempat wisata di Semarang, galeri seni kontemporer ini dapat dijadikan salah satu tempat wisata menarik karena mampu membuat pengunjung terkagum-kagum akan hasil karya yang dipajang. Berikut info mengenai jadwal jam buka, alamat, dan berapa harga tiket di tahun 2019 ini.

Baca Juga  Kemegahan Masjid Agung Jawa Tengah, Tidak Kalah dari Bangunan Luar Negeri

Fasilitas dan Akomodasi

Memasuki gedung dari Semarang Contemporary Art Gallery ini, wisatawan tentunya akan disuguhkan oleh interior bangunan yang unik. Gedung ini memiliki 2 lantai dimana keduanya digunakan sebagai tempat pameran, di lantai pertama didukung dengan warna dinding putih dan lampu kuning dan putih.

Proses pewarnaan lukisan, foto: instagram.com/semarang_gallery/

Lantai kayu dengan tambahan railing kaca membuat desain bangunan ini semakin menarik karena ruangan tersebut juga bernuansa seni. Di lantai satu sendiri terpajang beberapa katalog karya-karya berupa lukisan kontemporer dengan berbagai macam ilustrasi, mulai dari pemandangan hingga abstrak.

Dari arah pintu masuk terdapat sebuah pahatan prasasti dengan bentuk unik dimana benda tersebut bertuliskan tentang sejarah bangunan galeri seni tersebut dibuat. Di lantai satu sendiri terpampang berbagai jenis karya dari pembuat Indonesia maupun luar negeri, termasuk beberapa pameran seni.

Para pengunjung yang datang, foto: instagram.com/semarang_gallery/

Salah satu hasil karya yang ditampilkan di lantai pertama adalah sebuah seni berbentuk heksagonal dari barang bekas buatan seniman asal Norwegia bernama Mona Nordaas. Terkadang pengelola tempat ini juga membuka pameran dan eksibisi tertentu yang dapat dicek di website resminya galerisemarang.com.

Memasuki lantai kedua juga terdapat karya seni yang tidak kalah memanjakan mata dan membuat pengunjungnya terpukau. Kebanyakan hasil karya lain di lantai ini adalah lukisan dengan metode yang berbeda-beda, beberapa diantaranya terdapat lukisan dikhususkan untuk menyindir politik di tanah air.

instagram.com/el_hindra

Sesuai namanya, galeri seni ini tidak hanya menyajikan karya-karya yang terpampang di dalamnya saja tetapi juga di luar bangunan tersebut. Menilik keluar galeri, lebih tepatnya di halaman yang terdapat di dalam gedung ini ada sebuah taman kecil dengan icon galeri ini berupa patung besar karya Budi Kustarto.

Baca Juga  10 Kuliner Menggoyang Lidah di Ambarawa

Bagi pengunjung yang ingin menggunakan fasilitas toilet pun akan disuguhkan dengan karya seni lainnya, di depan kamar kecil ini terdapat pahatan patung kecil karya Chen Wenling. Selain itu terdapat pula area parkir yang cukup memadai bagi wisatawan membawa kendaraan bermotor roda empat atau roda dua.

 Harga Tiket Masuk

Lukisan yang ada di galery, foto: instagram.com/akhirfan/

Menikmati berbagai karya seni yang akan membuat pengunjung tidak berhenti berdecak kagum tentu tidak haru mahal, seperti halnya dengan wisata seni di Semarang Contemporary Art Gallery ini. Bagi wisatawan dewasa maupun anak-anak, harga tiket masuk untuk mengunjungi galeri ini hanya Rp 10.000.

Perlu diketahui juga bahwa koleksi lukisan dan beberapa karya seni yang dipajang berubah setiap hari, minggu atau beberapa periode tertentu. Terkadang ada beberapa pameran tertentu yang diadakan, informasi pajangan karya seni dan juga pameran atau ekhibisi diadakan dapat dicek di website resminya.

Koleksi boneka gantung, foto: instagram.com/altnugrah/

Karena galeri ini berada di kawasan Kota Lama, dimana terdapat banyak objek wisata sejarah maka jam buka galeri pun hampir setiap hari dalam seminggu. Galeri seni ini buka dari pukul 10.00 – 16.30 pada hari Selasa hingga Minggu, sedangkan hari Senin libur, harga tiketnya juga berlaku untuk hari tersebut.

Letak dan Lokasi

Koleksi mobil unik, foto: instagram.com/semarang_gallery/

Untuk alamat dari Semarang Contemporary Art Gallery ini sendiri berada di jalan Jl. Taman Srigunting No. 5-6, lebih tepatnya berada di dalam satu kawasan wisata sejarah Kota Lama. Wilayah bersejarah ini sendiri ada di Kelurahan Tj. Mas, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang, provinsi Jawa Tengah.

Di depan bangunan yang dibuat sejak tahun 1895 oleh seorang arsitek dari Belanda bernama Tuan Addler ini terdapat sebuah Taman Kota Semarang. Objek wisata bersejarah ini pun berdekatan dengan pinggiran jalan raya Letjen. Suprapto, jalan yang juga bersejarah karena dibangun pada tahun 1811.

Baca Juga  Sumpek Dengan Suasana Perkotaan? Berwisata ke Wana Wisata Hutan Penggaron Semarang, Dijamin Menghilangkan Stress

Rute Menuju Semarang Contemporary Art Gallery

Salah satu spot foto favorit, foto: instagram.com/kken_s/

Tidak sulit untuk menuju lokasi Semarang Contemporary Art Gallery atau lebih tepanya di kawasan bersejarah Kota Lama. Pengunjung dari luar kota akan lebih mudah untuk mendatangi tempat ini karena aksesnya bisa menggunakan kereta api, turun di stasiun Semarang Tawang dimana lokasinya berdekatan.

Dari stasiun Semarang Tawang, wisatawan hanya perlu keluar menyusuri jalan Tawang dan masuk ke jalan Merak, selanjutnya potong jalan ke jalan Kedasih dan ketika sampai ke perempatan, belok kanan masuk ke jalan Cendrawasih I, sesampainya di pertigaan pengunjung hanya perlu menengok kearah kiri.

Suasana di lantai dua, foto: instagram.com/hoodwi/

Letak dari Semarang Contemporary Art Gallery bersebelahan dengan Lembaga Pendamping Usaha Buruh Tani dan Nelayan, lurus terus hingga bertemu pertigaan lagi dimana terdapat Café Retro. Galeri karya seni ini sendiri bersebelahan dengan Café Retro yang ada di seberang jalan Taman Srigunting.

Di hadapan galeri seni ini terdapat sebuah pasar tradisional yang cukup bersih untuk para pelancong berbelanja dan membeli oleh-oleh. Pasar tersebut bernama Pasar Klithikan Kota Lama Semarang, tidak terlalu jauh dari letak pasar ini terdapat sebuah kawasan Taman Srigunting yang bersejarah dan khas.

Koleksi baru, foto: instagram.com/wisnu_bharata/

Lokasi: Jl. Taman Srigunting No. 5-6, Kelurahan Tj. Mas, Kecamatan Semarang Utara, Jawa Tengah
Map: KlikDisini
HTM: Rp.10.000 /Orang
Buka/Tutup: 10.00 – 16.30
Telepon: (024) 3552099

Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply