Ingin Merasakan Kesejukan Air di Bali? Secret Garden Buleleng Bisa Menjadi Tujuan Anda

1204 views

Mungkin semua orang setuju jika membutuhkan waktu lama untuk menikmati Bali sampai di tiap sudutnya. Pulau ini mempunyai keindahan yang dikenal hingga ke seluruh dunia. Tetapi, kebanyakan orang hanya mengetahui wisata umum di sini.

Padahal, berlokasi dekat dengan Singaraja, masih terdapat surga sepi yang bisa membuat Anda takjub dan sangat luar biasa.

Surga Tersembunyi Bali.

Sambangan secret garden, foto: instagram.com/yesysinta/

Banyak gambar-gambar keindahan Bali menjadi surga tersembunyi. Salah satunya di Desa Sambangan. Lokasi ini dapat ditempuh dalam waktu 3 jam saja dengan berkendara dari Bandara Bali. Tenang, banyak travel agen memberikan jasa untuk mengantar Anda berpetulang di sini.

Kita memerlukan waktu seharian penuh dan harus bersiap terkagum-kagum dengan keindahan di tiap pemberhentiannya.

Desa Sambangan ada di Sukasada, Buleleng. Perjalanan untuk sampai di Sambangan memerlukan waktu 15 menit dari Singaraja. Desa ini adalah pemukiman yang mempunyai batas dengan persawahan dan hutan lindung di bagian hulu. Desa ini mempunyai potensi wisata alam yang bisa menarik wisatawan menghabiskan waktu berlibur di Bali bagian Utara.

Salah satu air terjun yang ada, foto: instagram.com/leonie.beard/

Lokasi ini mempunyai topografi bervariasi serta lebih datar di bagian bawah, dan terjal dengan kemiringan lereng mencapai 40% dari beberapa lokasi seperti di sekitar pegunungan dan memiliki perbatasan dengan Desa Wanagiri.

Di kawasan sekitar Sambangan, ketinggiannya bisa mencapai 500 meter hingga 1.020 meter dpl. Suhu di sini berkisar 10 hingga 14 derajat celcius, sedangkan suhu bulanan maksimum mencapai 30 hingga 40 derajat celcius.

Beberapa potensi wisata dimilikinya antara lain:

Salah satu daya tarik yang dimiliki, foto: instagram.com/lingkarinusantara/

1)Terdapat lebih dari 7 air terjun alami.

Baca Juga  Murah dan Enak, Ini 10 Tempat Makan Halal di Daerah Kuta

2)Sistem persubakan menggunakan sistem irigasi tradisional serta model terasering.

3)Aksebilitas yang begitu terjangkau.

4)Tersedia fasilitas pendukung seperti restoran, villa dan atraksi wisata.

Objek wisata alam air di sini dikelola oleh wadah organisasi yang memiliki nama POKDARWIS. Desa ini telah terkenal dengan nama Sambangan Secret Garden. Nama ini diberikan agar bisa menggambarkan sebuah tempat nan alami, hijau serta udara segar masih tersembunyi.

Melompat dari ketinggian, foto: instagram.com/amor_tour/

Lokasi ini bisa memberi rasa nyaman bagi para pengunjung untuk melepaskan rasa penat dari berbagai aktivitas sehari-hari. Berbagai macam atraksi wisata alam serta budaya masyarakat bisa dinikmati seperti trekking, camping ground, wahana air seperti jumping dan sliding.

Perjalanan dinilai dari titik Secret Garden sampai 7 air terjun yang masing-masing mempunyai kecantikan tersendiri. Kita akan berjalan kaki kurang lebih 10 menit dari tempat parkir. Jangan cemas, kita akan lupa dengan lelah yang menggelayut di badan karena ada cukup banyak pepohonan yang menyejukkan.

Bukan hanya bisa menikmati indahnya pemandangan, namun ada pula tantangan seru yakni sliding atau meluncur di air terjun Kroya.

Salah satu pesona yang dimiliki, foto: instagram.com/valyhly/

Seperti yang telah dijanjikan di awal, pemandangan indah bukan hanya dinikmati mata. Tetapi banyak kejutan menantang adrenalin di sini. Selain meluncur di Kroya, kita bisa mencoba terjun dari tebing lain.

Biasanya ada guide yang mendampingi serta memberikan petunjuk. Bahkan beberapa agen menyediakan sertifikat. Serunya, daerah ini masih alami dan sepi, sehingga akan menjadi pengalaman tak terlupakan bagi Anda mengunjungi tempat wisata Bali.

Akomodasi Menarik di Sekitarnya

Keadaan alam yang ada di sekitar, foto: instagram.com/eva.soeharto/

Jalan-jalan seharian penuh di Bali sudah pasti tak akan cukup. Kita bisa menginap di beberapa hotel, penginapan resort kece di Sambangan. Contohnya di Villa Simha Bali.

Baca Juga  Circus Waterpark Bali, Wahana Air Menarik di Bali

Lokasinya ada di Jalan Pantai Segara Wangi. Lokasi ini bisa kita tempuh dalam waktu 20 menit dari Secret Garden. Selain penginapan tersebut, ada juga Shanty North Bali. Lokasi ini bisa didatangi dengan cara berjalan kaki selama kurang lebih 8 menit.

Jajaran Restoran Lezat

Derasnya aliran air, foto: instagram.com/baique_rengganis_dewi/

Selain menikmati wisata alam dan jalan-jalan di Bali yang sangat indah, jangan lupa mengunjungi tempat makan tradisional yang memiliki sajian hidangan khas. Pilihan restoran menarik seperti Baturiti Resto Lovina.

Keunikan dari tempat makan ini adalah tempat makan terapung di sekitar pantai.

Selain itu ada juga Warung Bambu Pemaron di Jalan Hotel Puri Bagus. Lokasi ini menyajikan makanan daerah seperti nasi jinggo dan sate lilit.

Air Terjun di Sambangan

Berikut beberapa wisata air terjun di Sambangan yang bisa dicoba:

Air terjun cemara, foto: instagram.com/gus_sukmaa/

a. Air Terjun Cemara. Air terjun ini adalah air terjun terbaik di Sambangan. Lokasinya ada di bukit desa, untuk mencapainya, kita harus melewati persawahan serta jalan yang curam. Tetapi, saat sampai di sana, semua terbayar dengan lunas. Air terjun ini mempunyai ketinggian mencapai 25 meter serta lebar 6 meter.

Lokasi ini memberi suguhan simfoni alam yang spektakuler dengan keindahan, saat pertama kali melihatnya, mulut seperti terkunci dan bingung untuk merangkai kata-kata yang bisa menggambarkan keindahannya. Deburan airnya sangat keras, hembusan air yang ditimbulkan pun seperti berusaha menyejukkan hati.

Blue Lagoon, foto: mybalitransport.com

b. Blue Lagoon. Sesuai dengan ikon Sambangan, air terjun ini adalah ikonnya. Sebenarnya, tempat wisata ini bukan air terjun, sehingga tak termasuk dalam jejeran 7 air terjun. Namun, lokasi ini adalah kolam renang alami yang masih mempunyai air berwarna biru.

Air Terjun Aling Aling, foto: backpackerjakarta.com

c. Air Terjun Aling-aling. Air terjun ini cukup terkenal di kalangan wisatawan. Salah satu alasannya ialah akses untuk menuju air terjun yang cukup mudah, selain itu air terjun ini juga mempunyai keindahan yang tidak terkalahkan dengan yang lainnya.

Baca Juga  Ternyata Terdapat Monumen Bom Bali di Pulau Dewata, ini Dia 12 Fotonya

Saat sampai di bawah air terjun, kita akan dibuai dengan pesona yang fantastis. Di sini, kita bisa merasakan suasana yang lebih damai serta menyejukkan hati. Ketinggiannya mencapai 32 meter serta dikelilingi pohon yang hijau dan asri sehingga kita tak mungkin melupakannya.

Air Terjun Kroya, foto: triptrus.com

d. Air Terjun Kroya. Untuk satu ini memang unik. Keunikannya adalah, kita bisa merosot di bebatuan dari atas air terjun yang mempunyai ketinggian mencapai 12 meter. Menariknya, prosotan ini dibuat asli oleh alam serta tanpa adanya campur tangan dari manusia.

Bila Anda ingin memacu adrenalin, Anda bisa mencoba menuruni air terjun ini. tak hanya prosotan, namun kita bisa melompat dari tebing dengan ketinggian kurang lebih 5 meter sehingga sanat dianjurkan untuk pelompat pemula.

Sebagai tips, hindari mencoba terjun atau bermain prosotan bila Anda tak bisa berenang. Bila ingin berlibur ke lokasi ini, dan mengabadikan seluruh momen bersama keluarga, jangan lupa membawa kamera anti air. Karena sesudah menginjakkan kaki di sini, pasti Anda akan menggebu-gebu untuk mengambil gambar.

Air terjun pucuk, foto: enaknyadisini.files.wordpress.com

e. Air Terjun Pucuk. Wisata ini mempunyai ketinggian 16 meter. Salah satu keunikan yang tersimpan di sini ialah, kita bisa merasakan sensasi terbang layaknya burung dengan cara melompat dari ketinggian mencapai 16 meter.

Bukan hanya itu, di bawahnya terdapat sebuah kolam berwarna biru dan menyejukkan mata sehingga menarik untuk kita mengabadikan momen liburan yang indah. Tempat ini juga bagus dijadikan sebagai lokasi camping karena areanya yang luas.

Lokasi: Desa Sambangan, Singaraja, Banyuasri, Buleleng, Bali.
Map: KlikDisini
HTM: Rp.6.000/Orang
Buka/Tutup: 08.00-17.00
Telepon: 0877-6091-14144

Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply