Mau Kulineran Halal di Cirebon? 20 Rumah Makan ini Solusinya

39 views

Adipati, RM Ibu Lily, Eatboss, Rumah Makan Mang H. Djaja, Toko Cahaya, Marina Restaurant, Salt Sunda & Seafood, Rumah Makan Aroma Cirebon, RM Brawijaya, Imperial Kitchen Dimsum, Sambal Gledek, Ayam Geprek Bensu adalah sekelumit tempat makan di Cirebon tersebar dari barat ke timur, selatan ke utara.

Selain memang terkenal dengan banyaknya restoran atau tempat makan karena merupakan daerah singgah,Cirebon juga dikenal dengan warganya sebagai pembudidaya bebek, dan menu babi di kawasan Kanoman.

Namun, saat ini ada lima tempat makan yang halal dan perlu Anda kunjungi. Apalagi setelah berkunjung ke Desa Cikalahang. Perut lapar akan terisi saat makan di lima tempat di bawah ini.

1. Crab 1818

foto by kulcir.blogspot.com

Dari nama restoran, kita sudah pasti bisa menebak bahwa ini adalah restoran seafood. Tak seperti tempat makan seafood pada umumnya, Crab 1818 mengusung Loisiana Style atau Bancakan. Cara makan ini memang sudah ada di beberapa tempat makan di kota besar lain seperti Jakarta atau Bandung, tapi tidak di daerah Cirebon.

Selain itu, kepiting yang digunakan adalah lokal dari Cirebon bukan import, sehingga membantu petani laut. Anda akan diberikan celemek khusus dan di atas meja akan diberikan alas khusus. Kemudian menu yang dipesan akan digolerkan di atas alas tersebut.

Pilihan bumbu untuk seafood ada berbagai pilihan seperti bumbu rica, saus padang, blackpepper, asam manis, ataupun creamcheese. Kalau iingin pedas bisa memilih rica yang super pedas.

foto by cireboncinnamon.com

Tak hanya itu ada menu paket ditawarkan seperti Kerang Dhewekan, Gawe Wareh, Dhewekan Waregm dan sebagainya. Isinya silakan sesuaikan dengan selera. Harganya pun cukup murah untuk ukuran makan kepiting dengan rasa enak dan lezat. Anda pasti bahagia setelah menyantapnya.

Baca Juga  Berwisata ke Bogor? Jangan Lewatkan River Trekking Seru di Curug Cibulao

Lokasi: Gedung Gunungsari Trade Center, Jalan DR. Cipto Mangunkusumo, Nomor 14, Pekiringan, Kesambi, Cirebon, Jawa Barat
Harga: RP 30.000 – Rp 100.000
Jam Buka: 12.00 – 09.30 WIB

2. RM Palinggihan

foto by imgrumweb.com

Rumah makan yang terkenal dengan menu favorit berupa ayam goreng nya ini memang harus disambangi. Pasalnya banyak yang melintasi kawasan ini pasti melihat ramainya pengunjung. Apalagi ini berada di daerah jalur utama menghubungkan Cirebon dengan beberapa kota lain.

Menu yang disajikan adalah khas Sunda tentu ada sambel dan juga lalapan. Paling enak hari ini makan siang memang dengan sambal dan lalapan. Bangunan restoran ada tiga lantai. Anda bisa memilih makan lesehan atau duduk di kursi.

Tak hanya ayam goreng, di sini pun ada daftar menu lain seperti pepes jamur, ayam bakar kampung, sop iga sapi, sate kambing, pepes ikan mas, dan sebagainya. Rasanya? Sudah pasti lezat dimakan bersama nasi hangat.

foto by pictame.com

Anda bisa mengajak saudata yang datang dari Batam, Arab, Ciledug, Batak, Cianjur, atau India untuk menyantap masakan roso raos ini.

Lokasi: Jalan Kuningan – Cirebon, Wanayasa, Beber, Cirebon, West Java
Harga: Rp 20.000 – Rp 150.000
Jam Buka: 08.00 – 21.00 WIB

3. RM Lombok Idjo

foto by lombokidjocirebon.blogspot.com

Memasuki area rumah makan satu ini terlihat patung salah satu tokoh pewayangan berukuran jumbo mengucapkan selamat datang. Bangunannya pun berbentuk joglo. Tak hanya makan di tempat, Anda pun bisa delivery menu di restoran dominasi ijo daun ini.

Saat ini, tempat makan hits memiliki berbagai menu andalan seperti Ayam Bakar, Empal Goreng Penyet, Nila Goreng Sambel Terasi dipadukan dengan Es Jeruk Murni atau Jus Timun. Kalau ingin irit, bisa makan bersama teman dengan menu sharing atau memilih menu paket.

foto by soorah3.rssing.com

Lokasi: Jalan Tuparev Nomor 93, Sutawinangun, Kedawung, Cirebon, Jawa Barat
Harga: Rp 10.000 – Rp 150.000
Jam Buka: 10.00 – 22.00 WIB

Baca Juga  Ingin Rasakan Sensasi Mandi di Air Panas? Kunjungi Pemandian Air Panas Ciseeng Tirta Sanita

4. RM Ayam Umbaran

foto by id.foursquare.com

Tak jauh dari RM Roso Echo, RM Sendang Sari, atau sekitar 9 kilometer dari Empal Gentong Amarta. Tempatnya nyaman dengan dua pilihan dining area. Lesehan dan meja kursi. Di lesehan, Anda bisa menikmati makanan dengan suasana khas kampung sejuk pepohonan.

Menu favorit di sini tentu saja ayamnya. Selain itu ada aneka sop dan lalapan yang bisa dipilih. Karena restoran ini masakan sunda seperti Warung Ampera atau SS, tak ada chinese food atau gaya canton di sini.

Lupakan sejenak keinginan makan Hanamasa atau Gokana. Karena masakan Sunda tak ada duanya. Selain itu tempatnya juga sangat bagus untuk berfoto walau tak ada saung mengapung di atas kolam.

foto by id.foursquare.com

Lokasi: Jalan Pangeran Cakrabuana Nomor 102, Sendang, Sumber, Cirebon, Jawa Barat
Harga: Rp 10.000 – Rp 150.000
Jam Buka: 09.00 – 21.00 WIB

5. Restoran Taman Pringsewu Gronggong

foto by cirebon.biz

Restoran yang berada di bawah naungan Pringsewu Restaurant Group ini ternyata memiliki cabang di beberapa lokasi seperti Pangandaran, Batirraden, Cipali, Jogja, Palikanci, Rembang Solo, dan sebagainya. Bahkan ada tempat makan lain seperti Kabayan, Pringgading, Pringjajar, dan Mie Pasar baru.

Pringsewu Gronggong terdiri dari dua lantai dengan menikmati pemandangan kota Cirebon dari ketinggian. Tak hanya itu, tempat ini bisa disewakan untuk meeting, arisan, ulang tahun, hingga pernikahan. Kehadirannya tentu membuat loker bagi pencari kerja.

foto by dilokasi.com

Lokasinya sekitar 14 kilometer dari RM Alinda, 10 kilometer dari Al-Ghif Steak, Alas Demang, Ade Irma Waterland, Citraland Cirebon, Sambal Layah Cirebon.

Lokasi: Patapan, Beber, Cirebon, Jawa Barat
Harga: Rp 50.000 – Rp 200.000
Jam Buka: 07.00 – 23.00 WIB

Baca Juga  Nikmati Liburan yang Menyenangkan Bersama Keluarga di Curug Panjang Bogor

Baca Halaman Selanjutnya

Ini 5 Tempat Makan Murah di Cirebon yang Sudah Ada Dari Tahun ke Tahun

5 Daftar Restoran di Cirebon Yang Paling Enak

Inilah 5 Tempat Wisata Kuliner di Cirebon yang Terkenal dan Wajib Dikunjungi

0/5 (0 Reviews)

Related Post

Leave a reply