20 Daftar Restoran di Cirebon Yang Paling Enak

2118 views

Cirebon memang belum sesanter Yogyakarta untuk kawasan wisata. Malioboro menjadi salah satu tempat wisata primadona bagi turis lokal maupun asing seperti Korea, Jepang, India, Arab dan sebagainya. Tapi jangan pandang sebelah mata kota udang ini.

Sudah banyak pembangunan yang mendukung kota ini sebagai kawasan wisata seperti Cirebon Superblock (CSB), Grage Mall, Keraton Kasepuhan dengan Kereta Kencana, Cirebon Waterland Ade Irma Suryani, Taman Sari Gua Sunyaragi, Bukit Gronggong, Alun-alun Ciledug, dan banyak lagi.

Memang tak ada makanan buffet All You Can Eat seperti Hanamasa, tapi tempat ini mampu menghapus keinginan tersebut.

1. Empal Gentong Amarta

foto by kulinerdicirebon.blogspot.com

Empal Gentong masuk menjadi daftar kuliner halal wajib coba di kawasan kota Cirebon. Banyak sekali penjual menjajakan Empal Gentong, namun rasa yang paling enak sudah kembali lagi ke selera.

Salah satu tempat makan Empal Gentong terkenal adalah Empal Gentong Amarta. Ada gerai makanan ini bersebelahan dengan Empal Gentong H. Apud di Tuparev. Gerainya memang sederhana tapi rasanya nagih di mulut.

foto by tribunnews.com

Empal Gentong adalah daging empal yang disajikan dengan kuah santan gurih. Jika ingin sensasi pedas baru tambahkan dengan bubuk cabai. Rata-rata pengunjung datang dari daerah Bandung atau Jakarta, terlihat dari plat nomor kendaraan yang diparkir.

Lokasi: Jalan Ir. H. Juanda Nomor 37, Battembat, Cirebon, Jawa Barat
Harga: Rp 15.000 – Rp 30.000
Jam Buka: 09.30 – 21.00 WIB

2. Rumah Makan Laksana

foto by id.foursquare.com

Memang berlokasi di luar Cirebon tapi sepertinya tak menyebutkan Rumah Makan Laksana saat Anda akan bertandang ke Cirebon serasa ada yang kurang. Tempat makan ini tak jauh dari Hotel Horison Tirta Sanita sebelah Hotel Cipanas.

Baca Juga  Curug Parigi, Niagara Mini Dari Bekasi. 12 Gambar ini Buktinya!

Favorit menu di sini adalah Tahu Goreng, mendoan, teh poci, dan gurame. Walau harganya tak murah tapi bisa untuk nostalgia. Olahan gurame menjadi menu halal rekomendasi di sini. Ikan Gurame Bakar bisa dijadikan pilihan atau bertanya dengan para pelayan untuk menu pilihan lainnya. Sayangnya, tak ada menu makanan laut seperti lobster di sini.

foto by id.foursquare.com

Lokasi: Jalan Pemandian Air Panas, Sangkanurip, Cigandamekar, Kuningan, Jawa Barat
Harga: Rp 30.000 – Rp 150.000
Jam Buka: 09.30 – 21.00 WIB

3. Mie Koclok Panjunan

foto by wmenshare.blogspot.com

Kalau mie khas Cirebon adalah Mie Koclok Panjunan. Walau menggunakan suwiran daging ayam tapi tak mirip dengan Mie Ayam. Malah lebih mirip dengan mie celor khas Palembang dengan kuah putih. Kalau mie celor wangi udang terasa, sedangkan mie koclok lebih ke wangi ayam.

Mie koclok bertopping telur ayam, suwiran daging, potongan daun bawang disiram kuah sagu gurih yang nikmat sekali dimakan panas dan ditambah sambal untuk menambah cita rasa pedas.

foto by pubinfo.id

Warung sederhana ini memang terlihat biasa tapi jumlah pengunjung yang banyak datang menikmati menu satu ini. Jangan harap akan menemukan tempat parkir karena alamatnya berada di kompleks perumahan. Harganya pun termasuk murah meriah.

Lokasi: Jalan Pekarungan, Panjunan, Lemahwungkuk, Cirebon, Jawa Barat
Harga: Rp 15.000 – Rp 25.000
Jam Buka: 15.00 – 22.00 WIB

4. Mie Keriting P. Siantar

foto by foursquare.com

Mencari bakmi enak di kawasan Cirebon bisa dibilang gampang-gampang susah. Tapi ada satu bakmi enak yang banyak direkomendasikan yaitu Mie Kering P. Siantar. Namun bakmi satu ini non halal karena mengandung babi. Ada toping daging babi dengan potongan cukup besar di atas mie nya.

Baca Juga  Buka Sampai Malam, Bahkan Ada Yang 24 Jam! Ini 100 Tempat Makan di Bandung

Restaurant chinese food ini hanya memajang tulisan Mie Keriting di papan namanya. Khusus akhir pekan restoran ini menyediakan nasi rames Medan. Tempat makannya khas tempat makan kaki lima, jadi tak bisa beromantis ria dengan pasangan.

foto by foursquare.com

Kalau Anda kedatangan teman dari Cina bisa juga menginfokan tempat makan satu ini. Selain bukan bakmi termahal, namun rasanya cukup mewah dengan gerai sederhana.

Lokasi: Jalan Pulasaren, Cirebon, Jawa Barat
Harga: Rp 15.000 – Rp 50.000
Jam Buka: 10.00 – 22.00 WIB

5. Seafood H. Moel

foto by cireboncinnamon.com

Crab adalah menu unggulan dan hits di Seafood H. Moel selain kerang, ikan dan seafood. Ada makanan chinese food juga di sini. Udang Saus Tiram, Kerang Rebus, Kepiting Lada Hitam bisa menjadi pilihan saat makan di sini.

Seafood H. Moel ini ada dua tempat, nomor 31 adalah restoran milik anak tertua pemilik asli dan menggunakan nama sang ayah sedangkan nomor 39 memang asli punya H. Moel sendiri. Kalau Anda menginap di Aston Cirebon Hotel & Convention membutuhkan waktu sekitar 16 menit berkendara menuju lokasi ini.

Tempat ini juga pas untuk memberikan “hadiah” kepada Anda setelah lelah mencari lowongan kerja (loker) di sekitar Cirebon-Kuningan atau bahkan ibukota.

foto by eatwithloves.wordpress.com

Lokasi: Jalan Kalibaru Selatan Nomor 39, Panjunan, Lemahwungkuk, Cirebon, Jawa Barat
Harga: Rp 20.000 – Rp 200.000
Jam Buka: 17.00 – 22.00 WIB

Selain lima tempat di atas, Cirebon juga memiliki banyak tempat makan khas seperti Restoran Pringsewu, tempat makan dimsum Marina Restaurant, Salt Sunda & Seafood, Restaurant Jumbo, Adipati Resto, Kedai Haebaragi, Cirebon Gourmet Convention Hall & Garden, Rumah Makan Cahaya, Maxim Seafood and Restaurant dan sebagainya.

Baca Juga  Wisata Alam Romantis ala Titanic di Curug Cipamingkis, Ini Panduannya!

Ingin delivery makanan? Bisa memilih Gokana Teppan. Ada pula yang berkode pos 45122 menyajikan makanan enak seperti di Eatboss. Walau hanya kota kecil tapi menyediakan berbagai menu pilihan yang bisa dicicipi. Anda pun tak perlu kebingungan dan tetap bisa menikmati suasana di sini.

Baca Halaman Selanjutnya

Mau Kulineran Halal di Cirebon? 5 Rumah Makan ini Solusinya

Ini 5 Tempat Makan Murah di Cirebon yang Sudah Ada Dari Tahun ke Tahun

Inilah 5 Tempat Wisata Kuliner di Cirebon yang Terkenal dan Wajib Dikunjungi

Related Post

Leave a reply