Rafting Kaliwatu, Tempat Arung Jeram Asyik Bareng Teman Teman di Malang

451 views

Kota Batu, yang berjulukan kota wisata di daerah Jawa Timur memiliki segudang tempat wisata yang bisa dikunjungi wisatawan. Mulai dari wisata sejarah sampai wisata adrenalin. Wisata adrenalin ini cocok bagi Anda penyuka dengan olahraga ekstrim. Kota ini menawarkan rafting di Sungai Brantas.

Rafting Kaliwatu, foto: naturalsunrisetour.com

Sungai Brantas adalah sungai terpanjang kedua di Pulau Jawa. Sungai ini terletak di sebuah desa yaitu Sumber Brantas, tepatnya Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur.

Aliran mata air dari sungai ini juga terdapat di lereng Gunung Arjuno dan kawasan Taman Hutan Raya Raden Soerjo. Hasil utama dari desa ini adalah pertanian hortikultura. Selain itu juga dimanfaatkan untuk kegiatan rafting.

Rafting Kaliwatu namanya. Aktivitas ini memanfaatkan aliran sungai yang melalui Kota Batu dan Malang. Di sini Anda bisa mendapatkan pengalaman berbeda. Ini karena Sungai Kaliwatu memiliki banyak batu besar sepanjang sungai.

Salah satu rintangan yang harus di lewati, foto: raftingkaliwatu.co.id

Selain itu, jeramnya relatif jeram sedang. Walau di beberapa titik akan mendapatkan kekuatan sungai dan bebatuan yang menjadi lawan tangguh untuk ditaklukan. Anda tak perlu khawatir harus melalui itu semua sendirian.

Ada instruktur yang menemani selama perjalanan dan memberikan arahan pada setiap tantangan yang muncul. Sebelum Anda memulai olahraga ekstrim ini, instruktur akan memberikan informasi serta arahan mengenai dasar berarung jeram.

Arahan yang akan Anda dapatkan meliputi posisi duduk ketika melewati jeram, cara menghadapi arus jika tercebur ke sungai, serta cara mendayung pun juga diarahkan. Agar Anda bisa menjalankan perahu karet.

Melewati air terjun, foto: allesgroen.files.wordpress.com

Nantinya, Anda akan dibawa ke titik mula arung jeram menggunakan mobil dengan bak terbuka. Lalu berjalan kaki selama 10 menit melewati persawahan. Sesampainya, siapkan stamina dan rasa tertantang Anda.

Baca Juga  Kulineran di Surabaya? 90 Tempat ini Bisa Jadi Rekomendasi Favorit

Anda tidak akan rafting sendirian. Selain dengan instruktur, satu perahu karet memuat 3 orang lagi. Totalnya sekitar 5 orang untuk menaiki perahu ini. Tentu ini sangat seru jika mengajak keempat teman atau anggota keluarga.

Rute rafting kaliwatu ini memiliki panjang 7 kilometer. Biasanya ditempuh selama 1,5 jam sampai 2 jam.
Bayangkan selama itu Anda tertawa, berteriak, basah, dan segar, tentu sangat menghilangkan penat, bukan? Apalagi jika instruktur tiba-tiba membalikkan perahu di sungai yang agak tenang dan dangkal. Jangan lupa bawa baju ganti jika ingin rafting.

Rafting menggunakan ban, foto: kaliwaturafting.com

Ketika sedang dalam perjalanan menuju titik akhir, Anda akan berhenti di beberapa titik untuk mengembalikan stamina yang terkuras. Tak hanya istirahat, Anda juga bisa memetik jambu dari perkebunan warga di sekitar sungai.

Kurang puas “diceburin” ke sungai oleh instruktur? Silakan atraksi terjun bebas dari balik bebatuan yang ada di pinggir sungai.

Paket wisata ekstrim ini dikenakan tarif mulai dari Rp 180.000 per orang. Biasanya Anda akan mendapatkan peralatan arung jeram, snack, makan siang, rescue team, welcome drink, asuransi, dan tentunya instruktur.

Namun, Anda ingin merasakan jeram di sungai ini sendirian tapi tetap seru-seruan dengan teman, bisa mencoba Donut Boat. Anda akan duduk di atas ban yang mengalir di sungai. Goyangkan ban untuk menghindari jebakan atau tantangan.

Peta lokasi wisata, foto: ggpht.com

Anda dituntut untuk tenang jika memilih olah raga ini. Paket Donat Boat memiliki biaya sebesar Rp 110.000 per orang dengan catatan ada 20 orang minimal peserta.

Anda juga bisa mengajak anak berusia 4-6 tahun. Ajak ia mencoba Kids Rafting. Di sini sang anak akan ditumbuhkan lagi rasa percaya diri ketika menghadapi tantangan.

Baca Juga  Batu Flower Garden, Tempatnya Pemburu Foto yang Instagram-able di Malang

Paket ini memiliki prosedur keamanan ketat jadi para orang tua dan anak tak perlu khawatir. Jarak yang ditempuh untuk Kids Rafting sekitar 7 kilometer.

Rute Menuju Lokasi

Keseruan yang akan di depatkan, foto: kaliwaturafting.blogspot.co.id

Jarak dari Kota Batu menuju lokasi Rafting Kaliwatu berjarak 2 kilometer atau 5 menit dari pusat Kota Batu. Jika datang dari arah Alun-alun Kota Batu, arahkan jalan menuju Taman Selecta. Kemudian bertemu pertigaan ambil kanan yang ke arah tembusan Malang-Surabaya melalui Karangploso. Ikuti jalan sampai menemukan petunjuk arah menuju Rafting Kaliwatu.

Tak hanya itu, dari Surabaya Anda tinggal belok kanan ketika sampai pertigaan Pabrik Rokok Bentoel Karanglo. Ikuti saja jalan sepanjang 15 kilometer ini. Setelah itu, tanda penunjuk arah ke lokasi pun akan ditemukan.

Anda bisa menggunakan provider jasa rafting jika ingin menikmati jeram yang ada di Sungai Brantas. Ada banyak yang menawarkan produknya. Rata-rata paket yang didapatkan mirip baik dari fasilitas maupun jarak raftingnya.

Ketegangan pada saat bermain, foto: kaliwaturafting.com

Anda bisa menghubungi Kaliwatu Rafting, Surabaya Adventure, atau Malang Tour Guide. Mereka tak hanya menawarkan harga dan fasilitas yang hampir sama tapi juga paket lain di luar rafting kaliwatu.

Selain Kaliwatu

Malang tak hanya punya Kaliwatu sebagai tempat rafting, ada satu pilihan lain. Namanya Rafting Kasembon.

Kondisi sungai yang akan di lalui, foto: kaliwaturafting.com

Berjarak sekitar 18 kilometer dari Kaliwatu, aktivitas ini terletak di Desa Bayem Kecamatan Kasembon Kabupaten Malang, Jawa Timur. Untuk sampai ke lokasi ini, Anda bisa menempuh perjalanan selama 45 menit dari kota Malang.

Yang membedakan Rafting Kasembon adalah menawarkan pemandangan pedesaan di kanan kiri sungai. Kemudian dikelilingi pegunungan, sawah, serta panorama matahari yang menakjubkan di sore hari.

Melewati sungai berbatu, foto: bromotravelindo.com

Jalur rafting ini melewati Desa Bayem – Bejirejo – Sepudak – Mangir. Kemudian ada 5 air terjun yang siap menantang Anda. Ketinggiannya pun 2 sampai 3 meter. Air terjun ini masih bisa dilalui bagi Anda yang pemula ataupun profesional.

Baca Juga  90 Restoran Murah di Surabaya ini Dapat Dijadikan Pilihan Untuk Merayakan Ulang Tahun

Satu perahu karet bisa dinaiki oleh Anda dan 3 orang teman atau keluarga. Keseruan ini akan berlangsung sekitar 2 jam dan menyusuri sungai sepanjang 7,5 kilometer.

Paket yang dimiliki Kasembon Rafting dihargai mulai dari Rp 175.000 per orang untuk weekday. Sedangkan weekday dihargai Rp 20.000 lebih mahal yaitu Rp 195.000 per orang.

Aman untuk keluarga, foto: .malangtourguide.com

Fasilitas yang didapatkan pun berupa welcome drink, peralatan rafting, snack, makan siang, tim penyelamat, pemandu, makan siang, sampai asuransi. Sama dengan di Rafting Kaliwatu, di sini pun Anda akan dibekali informasi dan keselamatan sebelum rafting.

Perlu diperhatikan

Rafting atau arung jeram adalah salah satu olah raga ekstrim. Tidak banyak yang menyukai atau berani melakukan olah raga ini. Alasannya karena kesehatan, kondisi tertentu, atau takut.

Persiapan sebelum bermain rafting, foto: kaliwaturafting.com

Sebenarnya siapa pun bisa menikmati rafting asalkan berbadan sehat, tak memiliki penyakit jantung ataupun epilepsi. Selain itu disarankan tidak dalam keadaan hamil. Anda pun tidak dituntut untuk memiliki kemampuan tertentu atau bisa berenang.

Usia yang disarankan untuk bisa mengikuti olah raga ini dalam rentang 7 sampai 55 tahun. Tapi ada beberapa tempat yang bisa menyertakan anak usia 4 tahun.

Terguling pada saat bermain, foto: tempatwisatadipulaujawa.blogspot.co.id

Lokasi: Batu, Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur 65332
Map: KlikDisini
HTM: Rp.180.000 /Orang
Buka/Tutup: 08.00-17.00 WIB
Telepon: 0823-0144-3033

0/5 (0 Reviews)
Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply