Indahnya Pura di Atas Danau, Pura Ulun Danu Bratan Tabanan Bali

2412 views
Belum ada Rating

Mengunjungi wisata Bali tanpa singgah ke Puranya sepertinya kurang lengkap. Salah satu wisata yang harus Anda kunjungi ketika travel ke Bali adalah Pura Ulun Danu Bratan. Pura Ulun Danu Bratan merupakan tempat suci bagi umat Hindu di ujung Danau Bratan.

foto by insightguides.com

Pura Ulun Danu Bratan terletak di kawasan wisata Bedugul, Ds Candikuning, Baturiti, Tabanan, Bali. Untuk mencapai lokasi wisata ini, jika kita dari Denpasar harus menempuh jarak hingga 56 km. Salah satu keunikan dari wisata ini ialah saat air pasang, Pura Ulun Danu Bratan seperti mengapung di atas air.

Sejarah Pura Ulun Danu Bratan

Sejarah dari tempat ini bisa diketahui berdasarkan pada data arkeolog serta data sejarah di lontar babad Mengwi. Berdasarkan data tersebut, di halaman depan pura ini merupakan peninggalan benda-benda penuh sejarah seperti papan batu, dan sarkofagus yang diperkirakan telah ada dari zaman megalitikum.

Dua artefak ini hingga sekarang masih berada di bebaturan atau halaman teras pura. Bisa diperkirakan, lokasi Pura Ulun Danu Bratan telah digunakan sebagai tempat mengadakan ritual dari jaman tradisi megalitikum di Bali.

Jika dilihat dari babad mengwi yakni I Gusti Agung Putu sebagai seorang pendiri dari kerajaan Mengwi sudah mendirikan pura di ujung danau Bratan sebelum mendirikan Pura Taman Ayun.

foto by makemytrip.com

Tidak dijelaskan dalam lontar, kapan tepatnya beliau mendirikan pura ini. Tetapi dijelaskan mengenai pendirian Pura Taman Ayun, serta upacaranya di hari Anggara Kliwon Medangsia, tahun 1634 sesudah masehi.

Berdasarkan deskripsi tersebut, diketahui tempat ini didirikan sebelum tahun Saka 1556. Pendirinya ialah I Gusti Agung Putu. Semenjak pendirian tempat ibadah ini, kerajaan Mengwi menjadi semakin tentram serta sejahtera.

Baca Juga  Menelusuri Rekam Sejarah Perjuangan Rakyat Bali di Monumen Bajra Sandhi

Kompleks Pura Ulun Danu Bratan

Pura Ulun Danu Bratan ini terdiri atas 5 pura serta satu stupa Budha. Berikut diantaranya:

a. Pura Penataran Agung. Pura ini bisa dilihat saat melewati Candi Bentar menuju Bratan. Tempat ini berguna untuk memuja kebesaran Tuhan sebagai Tri Purusha Siwa yakni Siwa, Sada Siwa serta Parama Siwa. Pemujaan dilakukan untuk memohon anugrah kesuburan, kesejahteraan manusia, kemakmuran dan keseimbangan semesta.

foto by 123rf.com

b. Pura Dalem Purwa. Di dalamnya terdapat 3 pelinggih utama yakni Pelinggih Dalem Purwa yang digunakan sebagai tempat memuja Dewa Rudra serta Dewi Durga yang dipuja sebagian sumber kemakmuran.

Kedua ialah Bale Murda Manik yang digunakan sebagai tempat diskusi. Terakhir ialah Bale Panjang yang digunakan sebagai tempat meletakkan sarana persembahan upacara. Pelinggih yang terdapat di dalam ini menghadap ke Timur yang ada di tepi selatan Danau Bratan.

foto by ulundanuberatan.com

c. Pura Taman Beji. Tempat ini digunakan untuk melakukan ritual penyucian sarana upacara setra memohon air suci. Di tempat ini juga berguna sebagai tempat melasti atau upacara pembersihan serta penyucian oleh umat Hindu Bali.

foto by sindopos.com

d. Pura Lingga Petak. Pura ini lebih sering disebut dengan Pura Ulun Danu Bratan, serta gambar pura ini ada di uang kertas pecahan 50 ribuan. Di dalamnya, terdapat sumur suci keramat dan menyimpan Air Suci Ulun Danu.

Selain itu, di sini terdapat Lingga dengan warna putih yang diapit batu merah serta batu hitam. Pura Lingga Petak dipercaya masyarakat sebuah sumber kesuburan danau.

Ada 2 pelinggih di sini yakni pelinggih yang mempunyai atap menghadap di arah selatan, ada juga yang mempunyai 3 atap yang masing-masing pintu menghadap ke 4 penjuru mata angin.

foto by indkompak.blogspot.co.id

e. Pura Prajapati. Lokasi ini ada di bawah pohon beringin besar, tempat suci ini digunakan sebagai istana Dewi Durga. Pelinggih ini menghadap ke Barat serta menjadi pura yang pertama kali dilihat sesudah melewati tempat pembelian tiket masuk sebelum masuk ke danau.

foto by myind.net

f. Stupa Budha. Di kawasan ini terdapat stupa. Stupa ini menandakan seperti apa keselarasan kehidupan beragama. Stupa menghadap ke selatan dan ada di area utama kompleks pura.

foto by teamtouring.net

Fasilitas di Pura Ulun Danu Bratan

Baca Juga  Pelabuhan Benoa Menjadi Primadona Berlabuh Kapal Pesiar Internasional, 12 Gambar Ini Buktinya!

Ada beberapa fasilitas di sini seperti:

• Taman. Di dalamnya terdapat taman bermain bagi anak-anak agar bisa bermain bersama dengan saudara, keluarga atau teman. Bisa dibayangkan seperti apa indahnya taman di tepi danau. Apalagi ditambah sejuknya udara pegunungan. Momen liburan Anda pun menjadi semakin menyenangkan.

foto by afaraonline.com

• Tempat parkir. Di dalamnya terdapat area parkir yang asri dan sangat luas, sehingga kita akan merasa aman dan nyaman meletakkan kendaraan ketika berwisata. Jangan salah, parkir di sini keamanan sangat terjamin karena sudah ada beberapa CCTV yang dipasang untuk kenyamanan dan keamanan pengunjung.

• Restaurant. Mengunjungi tempat ini tak perlu membawa bekal makanan sepertinya karena lokasi ini sudah terdapat fasilitas restaurant. Ada 2 pilihan tempat makan, ada yang menyajikan hidangan ala barat, cina dan Indonesia.

Restaurant ini buka dari jam 09.00 hingga 17.00, harga makanannya pun cukup bersahabat. Alternatif lain ada rumah makan yang menyediakan masakan seperti ayam, ikan masakan bebek. Restoran ini buka dari jam 09.00 hingga 17.00 dengan harga yang masih terjangkau pula.

Aktivitas yang Bisa Kita Lakukan

Beberapa hal bisa kita lakukan di Pura Ulun Danu Bratan, antara lain:

1. Area danau

Di danau, beberapa aktivitas bisa kita lakukan seperti memancing. Area pancing adalah rekreasi yang paling tepat ketika menunggu kerabat sedang menikmati keindahan pura. Ada juga wisata air lain yang bisa kita nikmati seperti pedan boad, jukung dan speed boat.

Mengarungi semua bagian danau dan menikmati kesejukan udara di speed boat merupakan pilihan bagi Anda yang suka akan tantangan. Jukung yang menjadi perahu nelayan tradisional juga bisa menjadi pilihan untuk menikmati indahnya pemandangan danau. Jika ingin romantis bersama dengan pasangan, pilih pedal board.

foto by instagram.com/lili_william.yahoo.id/

2. Berfoto dengan satwa liar

Baca Juga  Nikmati Beragam Fasilitas Tak Terbatas di Infinity Pool Munduk Moding Plantation Nature Resort & Spa Bali

Layanan foto secara profesional banyak bertebaran dan akan menangkap seluruh momen spesial dengan hewan eksotis seperti eagle, owls, python, albino, kelelawar dan masih banyak lagi.

Ingin berfoto dengan rusa? Rusa merupakan salah satu hewan pemalu, sangat beruntung bila Anda bisa berfoto bersamanya. Selain berfoto bersama satwa liar, berfoto sendiri menikmati keindahan danau dan pura pun juga tidak ada salahnya.

foto by instagram.com/wawan_tito/

3. Foto bersama pasangan

Sebenarnya, area Ulun Danu Bratan ini juga sering dijadikan sebagai lokasi foto prewedding, sehingga Anda juga bisa berfoto bersama pasangan di sini.

foto by ulundanutrans.com

Harga Tiket Masuk

Harga tiket untuk masuk ke Pura Ulun Danu Bratan sebenarnya cukup bervariasi. Untuk anak-anak domestik, harganya hanya Rp 15.000 saja, sedangkan untuk dewasa Rp 20.000.

Traveler juga harus membayar tiket parkir. Untuk sepeda motor sebesar Rp 2.000, mobil pribadi Rp 5.000 dan terakhir bis dengan harga Rp 10.000.

Lokasi: Danau Beratan, Candikuning, Baturiti, Tabanan Regency, Bali 82191
Map: KlikDisini
HTM: Rp 20.000 per orang untuk dewasa domestik
Buka/Tutup:
Telepon: (0368) 2033050

Yuk Beri Rating Tempat Diatas

Related Post

Leave a reply