Nikmati Kawasan Wisata yang Penuh Sejarah di Pura Taman Ayun Bali

710 views

Berwisata ke Bali, namun tak mengunjungi salah satu pura yang dimilikinya sepertinya kurang lengkap. Salah satu pura yang bisa disinggahi ketika berada di Bali adalah Pura Taman Ayun. Pura Taman Ayun merupakan pura Paibon atau Ibu bagi Kerajaan Mengwi, Bali.

foto by rentalmobilbali.net

Pura Taman Ayun di dalam bahasa Bali memiliki arti Cantik. Taman Ayun mempunyai pemandangan sangat indah. Salah satu pesona yang dimilikinya berasal dari kolam yang mengelilingi kompleks pura di lahan seluas 4 hektare.

Di kejauhan kolam, terlihat gelang air sehingga seperti bangunan pura ada di atas permukaan air. Selain penasaran dengan pemandangannya yang indah, pasti Anda juga penasaran dengan asal usul dari pura ini bukan?

foto by kebudayaan.kemdikbud.go.id

Sejarah dari tempat ini sebenarnya sudah ada di Wikipedia, ada juga berbagai artikel yang membahasnya. Obyek wisata ini memiliki penjelasan kisah dan latar belakang yang runtut. Hingga sekarang, pengelolaannya masih dilakukan dengan baik.

foto by randomvoyager.com

Sedikit Sejarah Pura Taman Ayun

Tempat ini awalnya dibangun sebagai tempat wisata keluarga dari kerajaan Mengwi. Dibangun di tahun 1634. Raja pertama dari kerajaan Mangwi bernama I Gusti Agung Putu. Lokasi yang mempunyai taman indah ini di tahun 2002 diusulkan Pemda Bali pada UNESCO agar dimasukkan di dalam World Heritage List.

Lokasi ini sudah beberapa kali mengalami perbaikan. Bahkan perbaikan dilakukan secara besar-besaran. Perbaikan yang dilakukan secara besar-besaran pada tahun 1937. Di tahun 1949 dilaksanakan perbaikan pada gapura besar, kori agung serta pembuatan wantilan besar.

foto by sewamobilbali1st.com

Perbaikan ketiga dilakukan di tahun 1972 hingga 1976. Sekarang, kita bisa melihat keindahan arsitektur serta keagunan dari peninggalan sejarah ini. Aspek unik, seni magis bahkan unsur nilai sejarah membuat wisata ini harus dikunjungi.

Baca Juga  Shopping Mall Sekaligus Nonton, Lippo Mall Kuta Tempatnya

Untuk masuk di kompleks Pura, Anda harus melewati jembatan yang menghubungkan kompleks pura serta jalan utama ada candi kecil sebagai penjaga pintu masuk sebelah kiri dan kanan.

Wisata Penuh Sejarah di Pura Taman Ayun

Sesudah melewati pintu masuk, taman yang terawat dengan baik dan luas ini akan menyambut kedatangan. Suasana dari pura ini sangat menenangkan, tamannya terlihat indah dan tertata dengan rapi, rumput hijau pun selalu terjaga kebersihannya. Pohon tropis pun juga ditata dengan begitu indah.

Ini menjadi paduan nan serasi antara tempat ibadah serta tempat wisata. Pemandangan semakin lengkap dengan tumbuhnya rerimbunan pohon serta bunga sekitar bangunan pura.

foto by museumbecakindonesia.blogspot.co.id

Tempat ini terbagi menjadi 3 daerah. Daerah pertama disebut sebagai Nista Mandala atau Jaba Pisan. Di kanan, kita akan melihat bangunan besar, bangunan ini disebut sebagai wantilan. Tempat ini sering dipergunakan untuk pertemuan serta pertunjukan seni. Ada pula air mancur dan mengarah ke 9 penjuru mata angin.
Daerah yang kedua disebut sebagai Madya Mandala. Di sini terdapat balai pertemuan. Balai ini sering disebut Aling-aling Pengubengan.

foto by travellink-indonesia.com

Bagian paling terakhir disebut sebagai Utama Mandala atau Jeroan. Bagian ini merupakan tempat pura utama yakni Pagoda dengan atap bertingkat di atas bangunan Bali. Hanya dibuka ketika ada upacara piodalan.

3 bagian kompleks pura merupakan simbol dari 3 tingkat dunia kosmik. Pertama merupakan tempat manusia, kedua merupakan tempat roh dan di halaman utama merupakan tempat dimana Tuhan yakni simbol surga. Di dalam sebuah kisah kuno dengan judul Adhiparwa, dikatakan jika seluruh kompels Pura adalah gambaran Gunung Mahameru dan mengapung di lautan susu.

Menikmati Kemegahan Pura

Baca Juga  Ingin Berwisata Ke Tempat Menarik dan Penuh Misteri? Danau Tamblingan Bisa Langsung Dituju

Sesudah puas menikmati keindahan taman di pelataran utama, kita bisa melihat kemegahan pura dengan pahatan seni yang berasal dari zaman kerajaan. Sedikitnya terdapat 10 bangunan meru tertinggi hingga tumpang sebelas.

Pengunjung bisa menikmati area sekeliling pura dari atas ketinggian dengan menaiki bale kulkul di sebelah kiri dari pintu gerbang. Jika gemar berfoto, kori agung yang berdiri megahnya merupakan obyek yang sangat cocok dijadikan sebagai latar belakang.

foto by balitriporg.blogspot.co.id

Semakin seru jika pergi ke pura ini bersama dengan seluruh keluarga. Anda bisa merancang foto keluarga yang sangat unik di sini.

Anda bisa berfoto untuk melengkapi album di sosial media, atau menambahkan video berdurasi pendek bersama dengan keluarga.

Bila gemar belanja, di seberang pura banyak penjual cenderamata. Saat akan berangkat, tak perlu ragu atau pun bingung bila perut tiba-tiba keroncongan karena cukup banyak pedagang yang menjual makanan untuk lunch.

Fasilitas Pura Taman Ayun

Fasilitas di sini cukup lengkap. Beberapa fasilitas umum juga disediakan oleh pengelola pura. Fasilitas di dalamnya seperti tempat parkir, toilet umum, loket tiket masuk.

Harga Tiket masuk

Extrance fee ke lokasi wisata ini cukup murah. untuk wisatawan domestik hanya perlu membayar HTM Rp 10.000 saja, sedangkan wisatawan asing Rp 20.000.

Tarif parkir motor Rp 2.000 per motor dan mobil Rp 5.000 per mobil.

Pilihan Cara Ke Pura Taman Ayun

Kebanyakan wisatawan yang pergi ke Taman Ayun adalah wisatawan Eropa. Jumlah wisatawan domestik tidak sedikit dengan wisatawan Eropa namun kunjungan wisatawan domestik selalu meningkat setiap tahunnya.

foto by trip-wisata-bali.blogspot.co.id

Sarana transportasi untuk pergi ke lokasi ini cukup terbatas. Biasanya wisatawan menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil dan motor. Tempat penyewaan mobil dan motor di sini cukup banyak, dan mudah dicari. Untuk mencapai lokasi, gunakan Google Map dan ikuti denah petunjuk yang tertera.

Baca Juga  Keindahan Alam Air Terjun Nungnung yang Tak Boleh Terlewatkan Selama Liburan ke Bali

Oleh-oleh Khas Bali

Berikut beberapa oleh-oleh khas Bali yang bisa Anda bawa sebagai buah tangan:

1. Nasi Jinggo. Nasi Jinggo merupakan makanan khas Bali dengan harga murah meriah, nasi ini seperti nasi kucing khas dari Jogja.

Besarnya hanya sekepalan orang dewasa. Biasanya nasi jinggo dibungkus menggunakan daun pisang dengan sambal super pedas. Lauk pauknya biasanya terdiri dari daging ayam suwir, tempe goreng dan mie goreng. Harganya Rp 3000 hingga Rp 5000 saja per porsi.

foto by bobo.grid.id

2. Bali Home Spa. Jika oleh-oleh ini cocok diberikan pada isteri, pacar wanita atau ibu. Produk ini bisa membuat siapa saja melakukan spa sendiri di rumah tanpa perlu repot datang ke salon perawatan tubuh.

Produk ini tersedia berbagai macam merek, cukup pilih sesuai dengan kebutuhan. Untuk varian produknya terdiri dari body scrub, body butter, dan body mist. Produk ini bisa ditemukan di pusat oleh-oleh khas Bali.

foto by titispa.blogspot.co.id

3. Baju dan kain Bali. Bali mempunyai batik yang tak kalah bagus dengan batik dari daerah lain. untuk Anda yang berburu batik dari Bali, cukup mampir di Sukawati. Biasanya batik di pasar ini dijual dengan harga lebih terjangkau bila dibanding tempat lain.

foto by thebalisouvenirs.com

4. Kerajinan Perak Celuk Bali. Bali khususnya Desa Celuk terkenal dengan daerah penghasil perak terbaik dari tahun 1976. Bila tak memiliki waktu luang untuk berkunjung ke Desa Celuk, kerajinan ini juga bisa diperoleh di pasar seni seperti pasar Sukawati.

foto by hoteldibalireview.wordpress.com

Lokasi: Jalan Ayodya Nomor 10, Mengwi, Kabupaten Badung, Bali 80351
Map: KlikDisini
HTM: Rp 10.000
Buka/Tutup:
Telepon:

0/5 (0 Reviews)

Related Post

Leave a reply