Pura Luhur Batukaru, Tempat Suci di Lereng Gunung Batukaru

574 views

Pura Luhur Batakaru, tempat suci ini merupakan lokasi yang digunakan untuk memuja pencipta sebagai Dewa Mahadwa.

Menurut keyakinan dari masyarakat setempat, Dewa Mahadewa ini merupakan “Ratu Hyang Tumuwuh”, artinya ialah Tuhan yang menumbuhkan segala sesuatu. Aspek di elemen tanah serta air ini menumbuhkan berbagai macam tumbuhan dan pada akhirnya bisa menyokong kehidupan, lebih-lebih kehidupan manusia.

foto by holidayme.com

Oleh sebab itu, manusia hendaknya selalu ingat serta melestarikan tanah air, serta tumbuhan yang ada di dalam agar terjaga seluruh keseimbangan kehidupan, sebagai sebuah ucapan rasa syukur.

Pura ini menjadi pusat peribadatan pemujaan Ratu Hyang Tumuwuh yang sudah menciptakan manusia serta segala isinya.

Pura ini juga menjadi bentuk bakti pada Hyang Tumuwuh sebagai pencipta energi serta alam semesta serta segala isinya mulai dari tanah, air serta tumbuhan, dan membuat semua unsur tersebut berjalan dengan baik.

foto by ulinulin.com

Selain sebagai lokasi peribadatan umat Hindu, tempat ini juga digunakan sebagai bentuk peringatan pada manusia agar selalu menjaga serta melestarikan kehidupan serta alam. Karena fungsi tersebut, tidak heran bila pura ini dikelilingi oleh alam nan menakjubkan.

Nama Pura

Kemungkinan besar, nama tempat ini diambil dari sebuah gunung yang memiliki nama Gunung Batukaru.

Bila Anda ingin bersembahyang di pura ini, lebih baik sembahyang di Pura Jero Taksu terlebih dulu. Tempat ini memiliki jarak yang cukup jauh bila dibandingkan dengan Pura Luhur Batukaru. Tujuan dari persembahyangan di sini adalah untuk permakluman sehingga ketika beribadah di Batukaru bisa sukses.

foto by dwipayanacool.wordpress.com

Pura Taksu sebenarnya menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari Luhur Batukaru. Sesudah itu barulah menuju pancuran yang ada di bagian tenggara dari pura utama, tetapi lokasinya tetap ada di areal pura Luhur Batukaru.

Baca Juga  Indahnya Pura di Atas Danau, Pura Ulun Danu Bratan Tabanan Bali

Banyak pandangan dari para ahli yang mengatakan jika Mpu Kuturan mendirikan tempat ini untuk memotivasi keseimbangan eksistensi Sad Kerti.

Tempat ibadah ini kemungkinan sebelumnya sudah dijadikan sebagai tempat pemujaan serta tempat bertapa sebagai meida Atma Kerti yang dilakukan oleh tokoh spiritual yang ada di daerah Tababanan pada umumnya.

Pandangan ini berdasarkan pada adanya penemuan sumber air dari berbagai macam jenis area pancuran.

foto by shutterstock.com

Objek Wisata

Pura Luhur Batukaru ada di Lereng Kaki Gunung Batukaru, dan ketinggian lokasi ini kurang lebih 700 mdpl. Pura ini dikelilingi alam nan menakjubkan dan asri.

Bukan hanya keindahan arsitektur dari pura saja, kita bisa menikmati keasrian alam yang masih terjaga dengan baik. Di sekitar sini masih banyak pohon berukuran besar serta rimbun. Pohon ini juga menjadi sarang bagi berbagai macam jenis hewan seperti kera dan burung.

foto by indonesia-tourism.com

Bukan hanya itu, air yang berasal dari mata air alami mengalir melewati kompleks pura. Sehingga, kita bisa menikmati seperti apa merdunya gemericik air serta merasakan kesegaran air. Di dalam kompleks ini, air juga dialirkan di beberapa tempat penampungan serta pancuran.

Air ini juga digunakan oleh masyarakat untuk membasuh diri saat sebelum atau sesudah melakukan ibadah.

Bahkan, kita bisa menemukan danau kecil di halaman utama. Saat memasuki pelataran depan, kita akan disuguhi dengan pemandangan alam begitu asri pemandangan candi dari kejauhan dan latar belakang gunung disekelilingnya.

foto by stokedforsaturday.com

Bila menengok di sebelah kanan, kita akan menemukan danau yang mempunyai pancuran di tengahnya. Tidak jauh dari tepi danau, kita akan menemukan sebuah pancuran dari mata air nan alami. Pancuran inilah yang dipergunakan untuk membasuh diri saat beribadah.

Baca Juga  Keindahan Alam Air Terjun Nungnung yang Tak Boleh Terlewatkan Selama Liburan ke Bali

Selain itu, pengunjung juga menemukan artefak kuno seperti Menhir serta Palinggih Kampuh. Artefak ini tersebar di halaman depan. Menurut penjaga pura, di zaman dulu Palinggih Kampuh ini adalah media pemujaan roh orang yang telah berjasa untuk penduduk.

Tetapi, sekarang artefak tersebut sudah tak lagi dipergunakan.

Di bagian utama kompleks pura, pengunjung akan menemukan sebanyak 24 bangunan. Seluruh bangunan mempunyai fungsi masing-masing, entah fungsi utama sebagai tempat peribadatan, atau pun fungsi penunjang untuk peribadatan.

Pusat aktivitas di sini ada di deretan pura yang memiliki bentuk candi. 5 pura berjejeran, tetapi berbentuk layaknya candi di Pulau Jawa.

foto by adventuredragon.com

Candi ini yang menjadi tempat umat Hindu melakukan peribadatan menyembah Ratu Hyang Tumuwuh.

Bila mengunjungi Bali, jangan lupa untuk mengunjungi tempat ini. Karena, untuk masyarakat Hindu yang berada di Bali, pura ini adalah salah satu dari 6 pura yang dianggap penting, atau sering disebut sebagai Sad Kahyangan.

Lokasi Pura Luhur Batukaru

Lokasi tempat ini ada di Desa Wongaya Gede, Penebel, Kab Tabanan, kurang lebih 43 kilometer dari utara Denpasar.

Akses Menuju Ke Lokasi

Untuk sampai di lokasi ini, kita tidak membutuhkan waktu yang lama. Bila dari Denpasar, kita dapat mencapai tempat suci ini dengan menggunakan kendaraan pribadi dan menempuh waktu selama kurang lebih 45 menit.

Tetapi, kita bisa mengunjunginya langsung dari Bandara Bali. Jika menggunakan kendaraan darat, kita bisa mencapainya selama 90 menit.

Untuk menemukannya tidak perlu bingung karena begitu mudah. Bila masih bingung cara menuju ke tempat ini, cukup gunakan Google Map. Di sana terdapat petunjuk jalan yang paling cepat untuk menuju lokasi.

Baca Juga  Pasar Badung, Pasar Malam Dewata Bali yang Harus Traveler Kunjungi

Harga Tiket

Kita bisa memasuki area pura dengan harga tiket yang cukup terjangkau. Bagi pengunjung yang ingin mengunjunginya hanya perlu membayar harga tiket masuk sebesar Rp 15.000 per orang.

Fasilitas

Sebagai area tempat ibadah, fasilitas yang ada di dalamnya dibangun cukup lengkap. Ada fasilitas umum yang digunakan untuk pengunjung seperti toilet serta tempat parkir yang luas.

foto by elinkbalinews.com

Lokasi Wisata Lainnya di Bali

1. Centro Bali. Centro Bali juga menjadi bagian dari Discovery Shopping Mall, sebuah mall mewah di Kuta.

foto by centro.co.id

2. Beachwalk. Tak semua wisatawan yang singgah ke Bali akan puas dengan sajian wisata alam yang ditawarkannya. Apalagi wisatawan yang sangat doyan belanja. Pasti akan menyempatkan diri untuk berburu buah tangan. Di Beachwalk, kita akan menemukan tempat belanja yang bisa digunakan untuk memuaskan dan memanjakan kesenangan. Mall yang memiliki standar internasional ini mempunyai desain yang amat indah, walaupun kita tidak berniat belanja, kita tidak akan kecewa singgah di Beachwalk ini.

foto by kintamani.id

3. Kuta Square. Lokasi Kuta Square ada di Kuta. Bila menginap di hotel sekitar Kuta, tak ada salahnya mengunjungi Kuta Square. Bahkan, di jalur pejalan kaki, wisatawan akan menemukan banyak orang yang melangkahkan kaki ke sini. Banyak toko yang berjejer dengan sajian merek luar negeri.

foto by jejakpiknik.com

4. Seminyak Square. Dari namanya, wisatawan bisa menebak lokasi dari tempat belanja ini. Seminyak Square memiliki tempat yang modern serta sangat elegan. Lokasi belanja ini terdiri dari 2 lantai dan di desain secara khusus untuk menarik pengunjung.

foto by tripadvisor.com

Lokasi: Jalan Raya Batukaru, Wongaya Gede, Penebel, Kabupaten Tabanan, Bali 82152
Map: KlikDisini
HTM: –
Buka/Tutup:
Telepon:

Related Post

Leave a reply