Singgah Ke Bali, Jangan Lupa Mengunjungi Pura Dalem Agung Padangtegal

638 views

Kebanyakan penduduk yang berada di Bali adalah pemeluk agama Hindu. Sehingga, tidak aneh lagi bila banyak bangunan pura yang berdiri dengan kokohnya di tiap kawasan yang ada di sini. Bahkan, pura ini bisa dikunjungi wisatawan yang bukan menjadi pemeluk agama Hindu bila sekedar ingin tahu.

Dari banyaknya pura yang terdapat di Bali, salah satu yang bisa kita kunjungi adalah Pura Dalem Agung Padangtegal Ubud.

foto by wisatania.com

Tempat ibadah ini berada di kawasan Mandala Wisata Wanara Wana. Wisatawan juga mengenalnya dengan nama Monkey Forest Ubud. Sehingga, di sini terdapat 3 pura, salah satunya ialah Pura Dalem Agung.

Bila berwisata ke Monkey Forest Ubud, cobalah terus masuk di bagian tengah, nantinya kita akan melihat seperti apa keagungan Pura Dalem Agung.

foto by id.pinterest.com

Asal Mula Pura

Awal mulanya, pura ini memiliki nama Pura Dalem Agung. Tetapi karena banyak tempat ibadah yang memiliki nama Dalem Agung, untuk memudahkan wisatawan mengingat lokasinya, masyarakat lokal pun memberikan tambahan kata Padangtegal.

Ini berarti, wilayah pura berada Padangtegal, Ubud. Tempat ini berlokasi di bagian barat daya kawasan Monkey Forest Ubud. Di sini merupakan tempat yang diperuntukkan untuk menyembah Sang Dewa Hyang Widhi sebagai sebuah perwujudan dari Dewa Siwa.

foto by id.pinterest.com

Tempat ini juga disebut sbeagai pura utama dan paling penting dibandingkan dengan yang lain di kawasan ini. Jadi, tak salah apabila wisatawan banyak yang tertarik mengunjunginya.

foto by thepresidentpostindonesia.com

Sejarah Singkat

Pura ini diperkirakan dibangun kurang lebih abad ke 14 pertengahan. Ketika itu, wilayah Ubud dikuasai Dinasti Pejeng. Hal ini berdasarkan sejarah analisa melalui buku suci bersejarah yakni Pura Parana.

Baca Juga  Menikmati Indahnya Suasana Pantai dari Sudut Sundays Beach Club Bali

Di bangunan pura, di sana terdapat arsitektur ornamen khas dan kuno. Selain itu bangunan pura juga terlihat kokoh dan suci. Karena ada di kawasan hutan, membuat pemandangan yang ada di sekeliling menjadi terlihat asri.

foto by indonesiatravelingguide.com

Ada salah satu patung dari begitu banyaknya patung yang ada di sini, patung ini dijuluki sebagai anak vampir. Sebenarnya, di sini juga terdapat bale tempat yang dipergunakan untuk upacara kremasi besar.

Pastinya, dengan hadirnya pura di sini, tempat ini menjadi lokasi yang sakral. Apalagi terdapat Pula Dalem Agung Padangtegal yang menjadi tempat suci saat akan menyembah Dewa Siwa.

Pura Di Monkey Forest Ubud

Di dalam are akawasan Monkey Forest, ada 3 pura, salah satunya adalah pura ini. Pura kedua memiliki nama Beji. Tempatnya ada di barat daya kawasan Monkey Forest. Tempat ibadah ini digunakan untuk memuja dewa Gangga. Masyarakat Desa Padang tegal, sebelum melakukan sebuah upacara keagamaan biasanya akan memohon air suci di sini.

foto by shutterstock.com

Air yang diminta digunakan untuk menyucikan diri. Untuk nomor 3, ada di kawasan timur laut dari Monkey Forest Ubud. Nama pura ini ialah Prajapati yang dipergunakan untuk menyembah dewa Prajapati.

Lokasi

Jika tertarik melihat seperti apa kemegahan dari tempat ini, kita bisa langsung menuju lokasinya di Jalan Monkey Forest, Ubud, Gianyar, Bali.

Karena lokasinya berada di kawasan Monkey Forest, jam bukanya juga mungkin mengikuti tempat ini.

foto by jejakpiknik.com

Untuk menuju tempat ini, kita bisa menggunakan kendaraan umum seperti taksi. Banyak taksi atau alat transportasi lain yang bisa digunakan. Bila cukup sulit, bisa menggunakan Google Map dan mengikuti petunjuk yang sudah di Google Map.

Baca Juga  Kelingking Beach, Surga Tersembunyi di Bali

Tempat ini buka dari jam 08.30 hingga 17.30.

Hal Apa yang Bisa Dilakukan

Berikut beberapa hal yang bisa kita lakukan di sini, seperti:

1. Menikmati keindahan tempat. Dimana lagi kita bisa menikmati tempat seindah ini. Bila ingin merasakan sensasi liburan yang sebenarnya, kita bisa menikmati semua keindahan di dalamnya.

2. Berfoto. Selain menikmati keindahan, jangan lupa untuk mengabadikan seluruh moment dengan berfoto. Kita bisa mengajak keluarga untuk berfoto bersama. Ambil foto yang akan digunakan sebagai koleksi di media sosial.

3. Jalan-jalan. Sekedar jalan-jalan dan menikmati seperti apa keindahan tempat ibadah ini, mengapa tidak? Anda bisa berjalan-jalan dengan bebas di sini.

Tips Mengunjungi Tempat Wisata

Agar kegiatan liburan berjalan dengan lancar, beberapa tips di bawah ini harus diikuti, seperti:

• Berpakaian dengan sopan. Karena di sini kita mengunjungi sebuah tempat ibadah, berpakaian sopan adalah hal yang wajib dilakukan.

• Menjaga sikap. Jaga sikap agar tetap sopan dan santun. Hindari berkata kotor, mengumpat atau yang lainnya.

• Jangan merusak dan menyentuh apapun. Hindari merusak atau menyentuh apapun di sana, serta berusaha menjaga kebersihan sehingga keadaan di sekitar tetap asri dan bersih.

Wisata Lain Bali

o Pantai Suluban. Sebetulnya, pantai ini hanya nama lain untuk Pantai Uluwatu. Suluban berasal dari bahasa Bali yang memiliki arti melewati sesuatu di atas kepala manusia. Hal ini dirasa pas untuk mengartikan anak tangga ke pantai yang menjadi seperti terowongan alami karena lokasinya ad adi tengah-tengah bukit karang.

foto by id.balibalibeach.com

o Double Six. Nama Double Six berasal dari deskotek bernama serupa. Tempatnya ada di seberang pantai. Kegiatan yang bisa dilakukan di sini sama seperti kegiatan yang dapat dilakukan di pantai lain.

Baca Juga  Nusa Dua dan 10 Restoran Favorit Disana

Hanya yang menarik di Double Six ini dan menjadi sedikit berbeda dibandingkan dengan yang lain ialah sofa berwarna-warni di bawah payung dengan warna sama. Tidak sedikit kawula muda yang menghabiskan waktu di Double Six ini.

foto by vonnydu.com

o Pantai Amed. Bila memiliki hobi menyelam serta ada di Bali, kunjungi Pantai Amed. Di Pantai Amed kita bisa melihat keindahan pantai di Bali bagian Utara.

Pantai di sini, selain memberikan kecantikan saat matahari terbit, Pantai Amed juga memberikan tawaran biota laut yang beraneka ragam. Kita hanya perlu membayar jasa parkir jika ingin mengunjunginya. Pantai Amed memberi suguhan terumbu karang nan indah serta pari, penyu, dan hiu karang.

foto by pegipegi.com

o Pantai Geger. Pantai ini sering disebut sebagai pantai nyaman di kawasan Nusa Dua. Pantai ini ada di kawasan perhotelan elite serta mewah. Oleh sebab itu wajar rasanya jika penjagaannya cukup ketat. Untuk memasukinya, kita cukup membayar biaya parkir.

Pasir pantainya sangat halus dan tanpa karang kecil. Garis pantai di sini juga cukup panjang. Bila ingin melihat air yang jernih dan tenang, Pantai Geger adalah pilihan yang tepat. Sayangnya, karena tidak menghadap ke barat atau timur, pantai ini tidak bisa membuat Anda melihat matahari tenggelam dan terbit.

foto by jejakpiknik.com

o Pantai legian. Kawasan Legian tak jauh dari Kuta, bahkan berdampingan. Bukan hanya wilayahnya yang tidak terlalu ramai seperti kuta, sajian alam di sini juga cantik layaknya di kuta. Pantainya sangat bersih dengan pasir putih. Ombaknya pun juga cocok untuk berselancar.

foto by 17sekians.com

Lokasi: Jalan Monkey Forest, Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571, Indonesia
Map: KlikDisini
HTM:
Buka/Tutup: 08.30 – 17.30
Telepon:

Related Post

Leave a reply