Mengapa Wisata PRPP Semarang Menjadi Destinasi Terbaik di Akhir Pekan?

1931 views

Berbicara tentang tempat wisata di Semarang memang tidak akan pernah ada habisnya karena di setiap sudut kota ini bisa ditemukan lokasi pariwisata yang mengasyikkan. Salah satunya ada di kawasan Tanah Mas sebelah timur bandara Ahmad Yani yaitu PRPP.

Tempat wisata PRPP berada di atas tanah seluas 22 hektar merupakan tempat hiburan bagi keluarga karena menyediakan banyak fasilitas wisata serta permainan yang bisa dinikmati orang tua dan anak-anak.

Daya Tarik

Prpp semarang, foto: aishasnews.files.wordpress.com

PRPP adalah kepanjangan dari Pusat Rekreasi Promosi dan Pembangunan Jawa Tengah sebagai tempat rekreasi dan pusat kebudaayaan Jawa Tengah. Fasilitas wisata yang tersedia antara lain, kincir angin, komidi putar, Taman Mini Jawa Tengah atau Grand Maerokoco, hutan Mangrove dan lainnya.

Konsep taman wisata PRPP memang tidak berbeda  jauh dari PRJ yang ada di Jakarta karena menawarkan berbagai wahana wisata dan menjadi pusat informasi serta biasa diadakan pameran serta pentas seni hiburan.

Para pengunjung bisa memasuki kawasan PRPP dan cukup membeli tiket masuk dengan harga Rp.7000 untuk hari-hari biasa dan Rp.8000 pada saat weekend. Memasuki tempat wisata, pengunjung akan di sambut wahana permainan kincir angin dan di depannya terdapat taman dengan kolam air besar.

Taman lampion, foto: dolansemarang.files.wordpress.com

Wahana lainnya adalah komidi putar  dan disebelahnya ada 4 gedung besar  bernama Convention Centre dan Giant  Hall yang biasa digunakan untuk ruang pameran. Selain itu, juga  biasa digunakan sebagai tempat seminar ataupun expo serta job fair.

Setiap tahun ada event Jateng Fair dan sudah menjadi agenda tahunan dengan tema mengusung konsep salah satu tempat pariwisata di propinsi Jawa Tengah. Jadwal Jateng Fair diadakan pada bulan tertentu terutama hari lahir kota Semarang dan libur nasional seperti kemerdekaan lebaran dan akhir tahun.

Biasanya acara jateng Fair ada yang berlangsung selama 1 bulan sampai 3 bulan tergantung dari ketentuan panitia.

Pemandangan tempat wisata dari ketinggian, foto: metrojateng.com

Acara Jateng Fair di mulai pada bulan Mei selama 1 bulan sebagai pembukaan tahun dan selanjutnya pada bulan Juni, Juli dan agustus karena bertepatan dengan hari kemerdekaan. Kemudian bulan November, sebagai penutup tahun pada bulan Desember selama 31 hari.

Baca Juga  Ingin Nongkrong Asyik di Semarang Hingga Malam? Jalan Pahlawan Semarang Tempatnya

Iven Jateng Fair dibuka gubernur jawa Tengah dengan mengadakan festival dan karnaval keliling dari kantor PRPP sampai komplek perumahan Tawang Mas. Setiap malam ada acara musik dengan penyanyi dan band terkenal seperti Monata serta artis ibukota dan panggung dimeriahkan banyak lampion.

Isi acara Jateng  fair antara lain pameran produk otomotif perusahaan Hino sebagai peserta langganan event ini. Selain itu, sebagai ajang promosi beberapa UKM dari beberapa kota sehingga pengunjung bisa mendapatkan informasi tentang produk wirausaha di daerah Jawa Tengah.

Tempat pembelian tiket masuk, foto: visitcentraljava.com

Banyak juga perusahaan yang mengikuti acara ini dengan membuka Job Fair untuk memberikan informasi Loker bagi para pencari kerja.

Wahana wisata di PRPP yang paling terkenal adalah Grand Maerokoco degan koleksi bangunan rumah adat atau anjungan dari setiap kota di propinsi Jawa Tengah. Untuk memasuki tempat wisata ini, para pengunjung perlu membayar htm Rp.10ribu.

Permainan bianglala, foto: bisnis.com

Fasilitas yang tersedia yaitu bangunan khas daerah dan bisa melihat semua bangunan adat di Jawa Tengah dari ujung barat yaitu kabupaten Tegal sampai ujung timur yaitu kabupaten Sragen.

Selain itu, terdapat pula miniatur yang populer di setiap daerah, seperti masjid Demak, menara Kudus, candi Dieng, Tugu Muda, Borobudur dan lainnya. Pada setiap anjungan, terdapat halaman yang penuh rerumputan dan tanaman hias serta pohon rindang sehingga suasana menjadi sejuk.

Wahana yang Ada di Dalam

Keindahan air mancur, foto: lintas24.com

Jika berkunjung ke setiap anjungan berjalan kaki, mungkin bisa menghabiskan waktu sekitar 3 jam lebih, karena seluruh anjungan berjumlah 35 rumah. Agar lebih cepat, bisa naik kereta mini keliling yang disediakan pengelola dan hanya membutuhkan waktu 1 jam.

Para pengunjung bisa mengetahui jenis dan model rumah setiap kota di Jawa Tengah sehingga menambah pengetahuan tentang kekayaan budaya di Indonesia. Selanjutnya mengabadikan anjungan dalam bentuk foto yang bisa digunakan untuk koleksi pribadi ataupun dibagikan melalui media sosial.

Baca Juga  Menjelajahi Sejarah Perjuangan Indonesia Melawan Penjajah di Monumen Palagan Ambarawa

Tentu saja pengetahuan tentang sejarah dan kebudayaan ini sangat penting, terutama bagi anak-anak agar bisa mengetahui keanekaragaman budaya warisan nenek moyang sehingga bisa menghargai karya dari para leluhur bangsa ini.

Pertunjukan air mancur, foto: tribunnews.com

Lokasi wisata lainnya adalah hutan Mangrove di sebelah pantai Marina dan para pengunjung bisa menikmati pemandangan indah danau dengan air berwarna hijau. Di sekitar hutan Mangrove terdapat jembatan bambu mengelilingi kawasan hutan ini agar pengunjung lebih mudah menyusuri hutan bakau.

Selain itu, bisa berkeliling  ke seluruh danau dengan naik kapal motor agar bisa menikmati keindahan hutan Mangrove sampai di perbatasan pantai Marina. Di lokasi ini, para pengunjung bisa lebih bebas mengambil gambar ataupun selfi karena hutan ini sangat luas.

Antara danau dan pohon bakau dipisahkan jembatan bambu sehingga pengunjung bebas jalan-jalan untuk melihat keindahan mangrove dan air danau. Setelah jalan-jalan di Grand Maerokoco dan hutan Mangrove,pengunjung bisa istirahat di tepi danau sambil memesan minuman di Café M2M.

Lokasi tempat wisata, foto: aishasnews.files.wordpress.com

Café ini memiliki tempat duduk diatas jembatan kayu di seberang hutan Mangrove. Dari café ini bisa menikmati keindahan hutan bakau yang tertata rapi dengan jembatan bambu. Café M2M sangat disukai anak muda dan setiap malam minggu selalu ramai karena digunakan sebagai tempat nongkrong.

Selain itu, ada juga restoran Kampung Laut yang sangat luas dan berada di atas danau dengan view hutan Mangrove. Restoran ini cocok bagi keluarga dan rombongan karena tempat meja makannya sangat luas menggunakan bangunan kayu beratapkan daun kering dengan konsep pondok lesehan.

Tersedia juga meja makan outdoor dan ada 2 tempat makan terbuka agak terpisah jauh dari pondok lesehan dan sangat tenang serta biasa dijadikan tempat nongkrong. Menu makanan paling laris adalah paket buffet dengan harga Rp.55ribu dan sudah mendapatkan aneka macam hidangan lezat.

Light garden, foto: kisahklasikduniaku.blogspot.co.id

Menu paket buffet diantaranya, nasi putih dan air putih, 1 sup (sup jagung/sup ayam), 1 ayam goreng (ayam goreng mentega/asam manis), 1 hidangan daging/ikan (ikan rujak Jawa/ikan goreng kecap/steak), 1 hidangan mie (mie goreng /bihun), 1 sayuran (brokoli saus tiram/buncis ikan asin), krupuk bawang.

Baca Juga  Kemegahan Masjid Agung Jawa Tengah, Tidak Kalah dari Bangunan Luar Negeri

Restoran Kampung Laut juga menyediakan fasilitas untuk meeting, presentasi atau seminar dengan ruangan dilengkapi AC. Selain itu, ada juga tempat khusus bagi para pemancing yang ingin mencoba sensasi menarik ikan di danau ini. Restoran ini buka mulai jam 10 pagi sampai jam 10 malam.

Spot foto favorit pengunjung, foto: tukanginfo.com

Kawasan PRPP juga biasa disewakan untuk ajang lomba balapan Drag Bike sebagai ajang pencari bakat bagi anak muda yang biasa berlansung saat weekend. Kejuaraan Drag bike sering terjadi kecelakaan, namun anak-anak muda tetap mengikuti ajang balapan motor ini tanpa rasa keetakutan.

Biasanya kasus kecelakaan terjadi karena terlambat menginjak rem ataupun biker kehilangan kendali dan tidak bisa menguasai motornya.

Tiket Masuk Gedung PRPP Semarang 2018

Pertunjukan di jateng fair, foto: solopos.com

Harga tiket masuk tempat wisata PRPP memang berbeda-beda, tergantung hari dan event Jateng Fair. Pada hari-hari biasa, tiket masuk hanya Rp.7000 per orang dan saat weekend Rp.8000. Sedangkan tiket masuk di tempat wisata Grand Maerokoco Rp.10.000.

Pada saat berlangsung acara Jateng Fair, harga tiket akan naik. Pada hari-hari biasa, mulai dibuka pukul 16.00 sampai 22.30 dengan harga tiket masuk sebesar Rp.15.000. Sedangkan saat weekend dibuka mulai pukul 10.00 pagi sampai 23.30 dengan harga tiket masuk Rp.20.000.

Lokasi, Alamat dan Peta PRPP Semarang

Daya Tarik taman lampion, foto: aishasnews.files.wordpress.com

Lokasi tempat wisata PRPP berada di kawasan Semarang Barat, sebelah timur bandara Ahmad Yani dan letaknya di Jalan Anjasmoro. Jarak dari Kalibanteng sekitar 3,5 km ke arah utara dan bisa ditempuh selama 10 menit melalui Jalan Yos Sudarso.

Sedangkan jarak dari Tugu Muda sekitar 4,5 km, bisa ditempuh dalam waktu 15 menit melewati jalan Jenderal Sudirman sampai di gedung Dealer Toyota, belok ke arah utara menuju ke Jalan Anjasmoro Raya dan bisa sampai di lokasi sesuai dengan peta yang ada di Google Maps.

Lokasi: Jalan Anjasmoro – Tawangsari, Kota Semarang, Jawa Tengah 50144
Map: KlikDisini
HTM: Rp.10.000/Orang
Buka/Tutup: 17.00 – 00.00
Telepon: (024) 7617433

5/5 (1 Review)
Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply