Wisata Alam Seru Sambil Ngopi di Pondok Kopi Umbul Sidomukti, Berikut 12 Foto dan Ulasan Menariknya

1749 views

Hal yang paling banyak dilakukan oleh masyarakat perkotaan pada saat liburan adalah dengan datang ke tempat wisata alam. Entah itu di luar kota dengan jarak yang cukup jauh hingga di sekitaran daerah di pinggir perkotaan tersebut, tetapi objek wisata alam di tanah air semakin jauh akan semakin luar biasa.

Pondok kopi sidomukti, foto: instagram.com/mr.redmanjaa/

Dari Jakarta sendiri, mayoritas warganya akan memilih untuk liburan ke Jawa Barat atau Jawa Tengah karena masih tidak terlalu jauh letaknya. Selain itu, Pulau Jawa juga menyimpan pemandangan dari tempat wisata alam terbaik seperti pegunungan, lembah, hutan, pantai, air terjun dan lain sebagainya.

Tak hanya pemandangan indahnya yang sangat asri, hijau dan tentu instagramable saat mengambil foto dan gambar, beberapa juga menyajikan makanan khas nusantara yang menggoyang lidah. Dari konsep ini sendiri terlintas untuk liburan ke tempat wisata yang menyediakan kuliner serta pemandangan alam.

Akses jalan menuju lokasi, foto: instagram.com/fredysan_/

Tidak perlu khawatir karena terdapat salah satu objek wisata yang menyajikan dua konsep dimana para pelancong dapat menikmati santapan khas nusantara sambil menikmati keindahan alam di sekitar  area tempat menyantap makanan tersebut. Tak hanya itu, terdapat juga berbagai macam wahana permainan.

Objek wisata tersebut adalah Pondok Kopi Umbul Sidomukti dimana wisatawan dapat menemukannya di Semarang, Jawa Tengah, lebih tepatnya dekat sekitar Ungaran dan Bandungan. Tempat wisata ini pun sebenarnya adalah sebuah objek buatan tetapi menggabungkan dengan wisata alamnya yang menarik.

Taman yang ada di sekitar, foto: instagram.com/ryanfauzan93/

Umbul Sidomukti sendiri merupakan sebuah kawasan wisata alam dengan nama Pondok Wisata Umbul Sidomukti, tetapi spot yang paling terkenal adalah Pondok Kopi Umbul Sidomukti. Berikut tersaji info mulai dari harga tiket, penginapan, jam buka dan tutup, menu makanan, peta dan jalan menuju kesana.

Baca Juga  Gua Maria Kerep Ambarawa Punya Ikon Baru? Ini Dia

Fasilitas dan Akomodasi

Membicarakan fasilitas di Pondok Wisata Umbul Sidomukti sendiri terdapat banyak sekali wahana dan pelayanan yang disediakan. Mulai dari ruang meeting, wahana outbound menantang adrenalin seperti flying fox, pondok lesehan, pondok wisata, camping ground, kolam renang alami hingga tempat makan.

Keindahan sunset, foto: instagram.com/ariswidyawan/

Berhubung pembahasan disini adalah Pondok Kopi Umbul Sidomukti, maka sudah pasti tempat lesehan sekaligus tempat makannya yang menjadi viral. Pondok kopi ini terdiri dari beberapa meja dan kursi kayu tempat pengunjung menikmati secangkir kopi hangat serta beberapa hidangan makanan lainnya.

Tetapi yang membuat tempat makan disini spesial adalah pemandangannya serta lokasinya berada di ketinggian 1200 mdpl sehingga memberikan kesan sejuk, asri dan memanjakan mata pelancong. Karena letaknya di dekat pegunungan, Pondok Kopi Umbul Sidomukti ini dijuluki sebagai Bogornya Semarang.

Wahana jembatan jaring, foto: instagram.com/brandbryan282/

Berhubung pondok kopi ini merupakan sebuah café tradisional khas Indonesia, maka ada beberapa menu dari makanan dan minuman yang disajikan. Sesuai namanya, sajian andalah disini adalah minuman kopinya yang beragam, mulai dari kopi hangat hingga kopi menggunakan es atau ice coffee.

Daftar aneka kopi disini terdiri dari kopi hitam murni, kopi susu, kopi jahe, hingga kopi khas luar negeri seperti cappuccino, moccacino, coffee vanilla, vanilla latte hingga tiramisu. Tak perlu khawatir bagi yang tidak suka kopi tersedia beberapa jenis minuman lain mulai dari jus, teh, bajigur, hingga wedang jahe.

Menikmati kopi di puncak, foto: instagram.com/ayunda.prima/

Beralih ke menu makanan di tempat ini terdapat hidangan khas Indonesia berupa nasi goreng, bakmi goreng dan kuah, sup iga, ayam kremes dan tambahan nasi putih, telur ceplok, sambal dan lalapan. Pilihan nasi goreng dan bakmi goreng bisa ditentukan memakai ayam, seafood, sosis, atau spesial.

Baca Juga  Bangunan Cagar Budaya Stasiun Tawang Semarang Menjadi Tempat Nongkrong Asyik di Malam Hari

Beberapa snack juga tersedia sebagai salah satu makanan pembuka atau penutup, ragam makanan ringan ini pun lebih banyak. Terdapat roti bakar dengan selai dan toping yang dapat dipilih, pisang goreng, kentang goreng, singkong goreng, chicken nuggets, hingga tahu tempe dan lain sebagainya.

 Harga Tiket Masuk

Para pengunjung yang datang, foto: instagram.com/fatimatuzzahwadiva/

Untuk menikmati hidangan di Pondok Kopi Umbul Sidomukti, pengunjung harus memasuki kawasan ke Pondok Wisata ini dengan tarif berbeda untuk weedays dan weekend. Berapa harga tiket masuk itu sendiri sebenarnya tergantung apakah wisatawan menggunakan kendaraan roda empat atau roda dua.

Untuk Senin sampai Jumat sendiri, harga tiket masuk menggunakan mobil adalah Rp 5.000 sedangkan menggunakan motor hanya seharga Rp 2.000. Pada hari Sabtu, Minggu dan libur nasional lainnya, tarif harga masuk menggunakan mobil naik menjadi Rp 8.000 sedangkan motor juga naik menjadi Rp 5.000.

Tempat duduk yang ada di cafe, foto: instagram.com/nathan_gayajari/

Di malam hari pun pengunjung bisa menikmati sunset dari Pondok Kopi, tidak perlu khawatir bila merasa kemalaman karena bisa sewa villa disini atau menemukan hotel lain di sekitar tempat wisata. Beberapa tempat menginap seperti homestay yang setara dengan villa tersedia dengan fasilitas cukup memadai.

Letak dan Lokasi

Pemandangan alam sekitar, foto: instagram.com/ganeshagiritour_official/

Lokasi dari tempat wisata ini sendiri terletak di Desa Sidomukti, kelurahan Jimbaran dan masuk ke Kecamatan Bandungan di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Dari objek wisata alam ini sendiri terdapat patokan dekat dengan Candi Gedong Songo, juga beberapa perkebunan masyarakat sekitar.

Tempat wisata ini juga terletak di kaki Gunung Ungaran, kawasannya masih berupa pegunungan asri dimana pengunjung dapat menyaksikan gunung ini dari sini juga. Gunung Ungaran ini sendiri memang tidak terlalu tinggi, yakni hanya sekitar 2.050 meter saja tetapi termasuk aktif dan memiliki mata air.

Baca Juga  Menjelajahi Sejarah Perjuangan Indonesia Melawan Penjajah di Monumen Palagan Ambarawa

Rute Menuju Pondok Kopi Sidomukti

Suasana pada malam hari, foto: instagram.com/bismaimanda/

Untuk menuju ke Pondok Kopi Umbul Sidomukti ini hanya bisa menggunakan kendaraan pribadi, transportasi umum terbilang sulit disini dan harus menaiki ojek juga menuju kemari. Dari arah Yogyakarta sendiri, pengunjung harus menuju Semarang dengan patokan ke arah Gunung Ungaran.

Bagi yang ingin menuju Candi Gedong Songo juga bisa mengikuti rute kearah kaki Gunung Ungaran tersebut, sedangkan jarak dari tempat wisata candi ini menuju Pondok Wisata Umbul Sidomukti hanya berkisar 10 KM, tidak terlalu jauh jika dicapai menggunakan kendaraan bermotor baik mobil atau motor.

Bermain flying fox, foto: instagram.com/argasetiyono/

Pengunjung pertama-tama harus menemukan jalan Goa Jepang karena dari sini, objek wisata Pondok Kopi Umbul Sidomukti sudah semakin dekat. Dari Candi Gedong, wisatawan hanya perlu berkendara mengikuti papan petunjung yang mengarah ke jalan Kendalisodo, kemudian belok ke jalan Goa Jepang.

Suasana yang ada di sekitar, foto: instagram.com/arnandobernardusw/

Lokasi: Desa Sidomukti, Jl. Goa Jepang, Kelurahan Jimbaran, Kecamatan Bandungan, Semarang, Jawa Tengah
Map: KlikDisini
HTM: Rp.5.000 /Orang
Buka/Tutup: 08.00 – 17.00
Telepon: 024 7012 8686

Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply