Ingin Berwisata di Tempat yang Menyegarkan? Singgah ke Pemandian Air Panas Cangar Malang

1135 views

Berkunjung ke Batu, Malang? Biasanya, ketika berkunjung ke lokasi ini, apa objek wisata yang Anda kunjungi? Salah satu lokasi wisata menarik dan tidak boleh luput kita kunjungi adalah Pemandian Air Panas Cangar.

Sebenarnya, lokasi ini tidak jauh dari pusat kota. Apabila Anda dari pusat kota, Anda hanya perlu menempuh jarak 18 km saja, tepat di kaki gunung Welingar, Sumber Brantas.

Wisata ini termasuk di dalam kawasan Taman Hutan Rakyat, suasananya juga cukup ramai, lebih-lebih jika kita mengunjunginya di akhir pekan atau di musim liburan. Pengunjungnya bisa sanga membludak.

Pemandian Air Panas Cangar, foto: sumberrejekimalang.com

Kita bisa menemukan beberapa kolam yang digunakan sebagai tempat pemandian. Tingkatan dari setiap kolam juga berbeda, mulai dari kolam panas, hangat dan sedang. Ada kurang lebih 5 kolam yang bisa Anda pilih yakni 2 kolam serta 3 kolam utama.

Bagi kaum hawa, tidak perlu khawatir karena dari 3 kolam utama, terdapat salah satu kolam yang diperuntukkan khusus perempuan.

Bahkan, kita bisa memanfaatkan pemandian yang privasi untuk satu orang saja seperti sauna yang memiliki bentuk kamar. Sehingga, kita tak perlu malu jika berendam bersama dengan orang lain.

Pesona Pemandian Air Panas Cangar

Pintu masuk ke dalam pemandian, foto: ngalam.co

Pesona dari wisata ini sebenarnya bukan hanya pemandiannya saja, namun lokasi ini banyak dikelilingi pepohonan yang berwarna hijau. Ada juga goa-goa yang menjadi peninggalan Jepang. Di sekitar lokasi wisata ini sendiri masih banyak satwa seperti monyet.

Sehingga, keasrian dari lokasi ini begitu terasa alami. Hal unik ialah kolam yang ada bukan buatan manusia, namun dibentuk dari alami.

Selain itu pemandian ini dipercaya mempunyai khasiat agar bisa menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Tak sedikit pengunjung yang datang dengan niat berobat.

Baca Juga  Berwisata Ke Batu Wonderland Resort and Waterpark, Cek Dulu Harga Tiket Masuknya

Kuliner di Sekitar Wisata

Ramenya pengunjung, foto: tempatwisatadipulaujawa.blogspot.co.id

Jika Anda ingin berlibur ke sini, tidak perlu cemas atau repot membawa makanan dari rumah, karena di area bermain ada begitu banyak warung danmenyediakan segudang pilihan kuliner mulai dari jajanan camilan ringan, sampai makanan berat. Minuman pun juga banyak tersedia di sini. Harga ditawarkan sangat terjangkau.

Apabila Anda ingin membawa buah tangan ketika kembali berlibur, di Pemandian Air Panas Cangar juga tersedia berbagai macam kios menjajakan segudang pilihan oleh-oleh mulai dari souvernir, hingga makanan ringan pun dijajakan.

Keadaan sekitar pemandian, foto: ksmtour.com

Sedangkan, untuk kuliner di dalam kawasan wisata belum bisa memuaskan hasrat, Anda masih dapat menemukan berbagai kuliner lain di sekitar kawasan wisata ini.

Banyak restoran hingga rumah makan dengan berbagai olahan contohnya seperti ikan bakar, ikan goreng, ayam, bebek hingga seafood. Jadi, dijamin Anda tidak akan kelaparan di tempat rekreasi ini.

Untuk camilan atau makanan ringan, kita bisa membeli tape beras ketan hitam, dan berbagai makanan ringan lain.

Cerita Mistis dan Angker yang Berkembang di Sekitar Wisata

Banyaknya kolam, foto: specindo.com

Sebuah wisata memang sering diwarnai dengan cerita-cerita mistis. Begitu pula dengan Pemandian Air Panas Cangar ini. Banyak cerita yang berkembang jika kawasan di sekitar rekreasi ini angker seperti di lapangan kompleks pemandian. Di beberapa tahun lalu lapangan ini digunakan untuk kelompok mahasiswa menggelar Ospek.

Lokasi sejuk serta asri adalah alasan bagi mereka untuk memilihnya. Kisah mistis pun mewarnai kegiatan mereka. Godaan tersebut hadir ketika menjelang malam. Seperti kemunculan makhluk aneh yang begitu besar. Ada juga berbagai cerita sejarah lain yang berkembang. Jika Anda menyukai hal-hal yang berbau gaib, Anda dapat menjadikan lokasi ini sebagai tempat mencari pengalaman spiritual.

Baca Juga  Nikmatnya Sajian Masakan dari 5 Tempat Makan di Cito Surabaya ini

Harga Tiket Masuk Wisata

Jernihnya air di kolam pemandian, foto: bromotour.co.id

Untuk masuk di lokasi wisata ini, harga tiketnya sama sekali tidak mahal. Harga tiket untuk masuk di Pemandian Cangar ini sebesar Rp 6.000 saja. Sedangkan untuk parkir motor Rp 3.000, dan untuk mobil Rp 5.000.

Harga ini dapat berubah kapan pun. Ketika hari libur nasionalnya, seringnya terdapat sedikit kenaikan. Dengan biaya tiket yang terjangkau, Anda dapat berendam sepuas mungkin serta melihat pemandangan gunung begitu asri dan alami.

Lokasi serta Rute ke Pemandian Air Panas Cangar

Banyaknya pengunjung yang datang, foto: ilovemalang.net

Jika kita dari luar kota, dan memulai perjalanan dari Malang, kita harus menempuh jarak 20 km. Anda bisa menempuhnya dalam waktu 1 jam perjalanan. Dari Batu, Anda bisa menuju arah barat dan berbelok di arah timur sampai ke tujuan. Jalanan Anda untiuk menuju tempat ini sangat berkelok serta menanjak.

Tak perlu cemas karena panorama sangat indah serta menakjubkan bisa dilihat dari kiri serta kanan jalan sehingga bisa mengobati rasa lelah selama di perjalanan. Masih bingung untuk mencapai tempat rekreasi ini? Anda bisa menggunakan Google Map. Anda dapat mengetikkan tujuan Anda, dan mengikuti rute di peta.

Keseruan berendam di pemandian, foto: jatimtimes.com

Agar lebih mudah sampai di tempat rekreasi, jika berasal dari luar kota, lebih baik Anda menyewa mobil dari Malang. Dengan menyewa mobil, besaran biaya transportasi dan harus dikeluarkan juga lebih terjangkau, Kita juga bisa mengajak banyak anggota keluarga. Biaya sewa rental mobil di Malang cukup terjangkau.

Fasilitas Pemandian Air Panas Cangar

Loket untuk beli tiket masuk, foto: i.ytimg.com

Meskipun belum dikelola dengan maksimal, tempat rekreasi ini sudah mempunyai fasilitas lengkap. Kita bukan hanya dapat berendam air panas saja, namun terdapat taman bermain kecil bisa digunakan untuk bermain buah hati.

Baca Juga  Sempatkan Berkunjung ke Candi Badut Jika Datang ke Malang, Candi yang Tak Beratap dan Tak Berpelipit

Ada juga tempat bersantai jika ingin sekedar duduk-duduk. Ingin menghabiskan malam di sekitar lokasi wisata? Apabila Anda ingin menginap, terdapat camping ground serta villa. Cukup dirikan tenda di camping ground yang telah disediakan. Anda bisa meminta izin di kantor perhutani terlebih dulu apabila ingin menginap atau mendirikan tenda.

Salah satu daya tarik di sekitar, foto: liburanko.com

Jika ingin lebih praktis, kita bisa menyewa villa. Terdapat 2 villa di sini dengan harga yang terjangkau. Di samping villa terdapat aula yang dapat digunakan sebagai gedung pertemuan.

Kamar mandi, mushola dan WC yang bersih pun tidak ketinggalan disediakan oleh pengelola agar kita menjadi semakin nyaman dan betah berlama-lama di sini.

Selain itu terdapat Goa Jepang yang memiliki lokasi cukup dekat dengan pemandian air panas. Kita cukup berjalan kaki untuk sampai di goa tersebut.

Pemandangan alam sekitar, foto: unsyarifa.blogspot.co.id

Lokasi wisata lain yang bisa kita kunjungi ketika pergi ke Malang seperti Pantai Batu Bengkung Malang, lokasinya kurang lebih 57 km dari Malang di arah Selatan. Tepatnya di Gedangan. Anda bisa memperoleh pemandangan pantai pasir putih yang bersih di sini, bahkan ukiran batu karang juga tak kalah menawan.

Ada juga Pulau Sempu Malang. Lokasinya kurang lebih 75 km dari Malang. Berada di daerah yang cukup tersembunyi di Malang. Jadi, sudah siap mengatur jadwal wisata Malang Anda?

Tempat membeli oleh-oleh, foto: googleusercontent.com

Lokasi: Tulungrejo, Bumiaji, Sumber Brantas, Kota Batu, Jawa Timur 65336
Map: KlikDisini
HTM: Rp.6.000/Orang
Buka/Tutup: 07.00 – 16.00
Telepon: –

0/5 (0 Reviews)
Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply