Yuk, Mengintip Keindahan Pelabuhan Gilimanuk dan Kisah Dibaliknya

41 views

Alamat: Kelurahan Gilimanuk, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana
Jam buka/tutup: 24 jam
Map: KlikDisini

foto by instagram.com/upp_gilimanuk/

Ketika singgah ke Bali menggunakan jalur air, mungkin traveler akan melewati Pelabuhan Gilimanuk. Lantas, seperti apa pelabuhan ini?

Sejarah

Ketika masa Warsa 1920 daerah ini merupakan hutan belantara tak berpenghuni. Awalnya disebut sebagai Tanjung Selat.

Kisah mengenai pelabuhan ini sendiri diawali oleh terdamparnya sebuah kapal dari arah Madura, di teluk yang sekarang disebut sebagai teluk Gilimanuk, mereka yang terdampar kemudian berlindung dan menyelamatkan diri dari cuaca dan makhluk buas kala itu.

Selama berada di sana, mereka mengetahui bahwa tempat tersebut merupakan habitat asli dari burung perkutut dan Jalak Putih. Ketika cuaca kembali normal, mereka yang terdampar akhirnya kembali ke Madura dengan membawa perkutut sebagai hadiah.

foto by instagram.com/upp_gilimanuk/

Sejak saat itu tempat ini dikenal dengan nama Gilimanuk yang memiliki arti pulau kecil yang memiliki banyak burung. Selain burung, terdapat pula karang – karang yang tersebar di sekitar pulau, inilah yang dikenal dengan sebutan Gili sedangkan Manuk sendiri memiliki arti yakni burung.

Di kala 1930-an, giliran Belanda yang memasuki wilayah Bali. Kala itu pihak mereka memindahkan sekitar 100 orang tahanan kelas berat dari Candikusuma ke Gilimanuk. Kala itu, dibangunlah penjara super ketat untuk kriminal yang melawan pemerintahan kolonial Belanda.

Pada awalnya tidak ada yang tertarik untuk menetap di kawasan ini namun sejak Belanda takluk pada Jepang, Nippon mulai membangun Gilimanuk sebagai pos pertahanan dan jalur mobilisasi dengan sistem kerja romusha.

Lalu kekuasaan Jepang terhenti saat mereka menyatakan menyerah dan hal tersebut dimanfaatkan I Gusti Ngurahrai untuk mengirim pasokan senjata melawan Belanda.

Di tahun 1975 akhirnya Gilimanuk dijadikan sebuah desa yaitu Banjar Dinas dan 1975 atau selang enam tahun kemudian, berubah menjadi kelurahan Gilimanuk di bawah bagian dari Jembrana.

foto by instagram.com/infotampaksiring/

Pelabuhan di Pulau Bali sendiri sebenarnya terbagi menjadi dua, yaitu Gilimanuk yang menghubungkan Banyuwangi dan Bali dan Padang Bali yang menghubungkan Bali dengan Lombok atau Pelabuhan Lembar.

Baca Juga  Pesona Pantai Atuh Bali yang Memikat

Keduanya sama – sama merupakan pelabuhan yang memiliki aktivitas cukup kompleks. Selain memiliki dermaga untuk angkutan kendaraan dan turis, Gilimanuk juga memiliki dermaga untuk menampung komoditi dari Pulau Jawa dengan tujuan Pulau Bali.

Oleh karena itu pihak ASDP sudah menyiapkan sebuah dermaga Tongkang yang digunakan untuk penyebrangan truk.

Wilayah Pelabuhan Gilimanuk

Pelabuhan ini sendiri masuk ke dalam daftar administrasi Kelurahan Gilimanuk, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana dan berada dalam ruang lingkup ASDP Indonesia Ferry.

Pelabuhan Gilimanuk adalah pintu gerbang sebelah Barat Pulau Bali dan memiliki beberapa dermaga untuk aktivitas penyebrangan Ketapang – Banyuwangi guna menuju Pulau Dewata.

foto by instagram.com/punapibali/

Pihak ASDP sendiri menawarkan fasilitas pembelian tiket secara online agar terhindar dari antrian di Pelabuhan Ketapang. Bagi per orangan akan dikenakan tarif Rp.6.500 saja untuk menyebrang, namun tarif ini berbeda bagi kendaraan.

Terdapat beberapa pembagian golongan jika Anda ingin menyebrang menggunakan kendaraan. Jika penyebrangan dari Ketapang – Gilimanuk atau sebaliknya untuk golongan I yakni sepeda dikenakan tarif Rp.7.500.

Untuk golongan II yakni sepeda motor roda dua dikenakan tarif Rp.24.000 dan golongan III diperuntukan sepeda motor roda tiga dengan biaya Rp.37.000 saja.

Sedangkan kendaraan roda empat pribadi termasuk golongan IV dikenakan biaya Rp.159.000 dan mobil jasa (box & pick up) adalah golongan IV dengan tarif Rp.141.000, lalu untuk golongan VA (bus & truk) dikenakan tarif Rp.302.000 sekali jalan.

Untuk tariff ini dapat dilihat pada situs resmi milik ASDP. Pelabuhan ini beroperasi penuh untuk melayani pemberangkatan selama 24 jam.

Detail Wilayah Pelabuhan Gilimanuk

foto by instagram.com/devittika14/

Ketika malam tiba, lampu – lampu kapal ferry yang berseliweran atau kapal yang sedang berlabuh di sekitar Ketapang Banyuwangi, membentuk cahaya berkilau yang memantul di permukaan air, memberikan pesonanya tersendiri.

Baca Juga  Pura Taman Saraswati, Tempat Pementasan Tari Kecak Paling Menarik. 12 Foto Ini Buktinya

Keindahan tersebut berhasil menarik minat wisatawan untuk menyebrang di malam hari, selain karena kondisi kapal ferry yang tidak begitu ramai, cuacanya pun terbilang cukup dingin. Para penumpang juga kerap mengabadikan keindahannya melalui foto dan gambar.

Namun, ketika cuaca sedang tidak bersahabat, pelabuhan ini harus ditutup penuh dan Anda tidak disarankan untuk menyebrang di malam hari demi alasan keamanan.

Suasana pelabuhan ini pun seakan tak pernah sepi aktivitas dan terbilang salah satu pelabuhan tersibuk, terlebih ketika hari – hari besar tertentu seperti musim mudik lebaran, hari libur sekolah dan di penghujung tahun tepatnya bulan Desember, antrian untuk menyebrang ke Bali akan sangat padat. Oleh karena itu, untuk menjaga kawasan dan keamanan pelabuhan agar tetap kondusif, pihak pengelola sendiri telah memasang beberapa cctv di sekitar area.

Pilihan Destinasi Wisata Selama Perjalanan

1. Objek Wisata Teluk Gilimanuk

foto by instagram.com/senolrawks/

Kawasan ini berupa taman dengan beberapa bale bengong yang dapat digunakan untuk bersantai dan tidak dikenakan biaya, alias gratis.

Lokasinya persis di depan Pelabuhan Gilimanuk dan bersebelahan dengan Terminal Gilimanuk. Di pantainya sendiri disediakan perahu motor jika Anda ingin mengelilingi teluk sambil menikmati panorama alam Gilimanuk. Biasanya tempat ini digunakan wisatawan yang transit menuju Denpasar.

2. Monumen Operasi Lintas Laut Jawa – Bali

foto by instagram.com/nina_rosdiana/

Monumen dengan nuansa cerah merah dan putih ini merupakan salah satu tempat transit yang dapat Anda kunjungi sambil menyebrang ke pulau Dewata. Letak monumen ini berada di titik 126 kilometer dari Kota Denpasar atau masih bagian dari Kabupaten Jembrana.

3. Taman Nasional Bali Barat

foto by instagram.com/yasa_pit/

Taman ini berlokasi di wilayah Kabupaten Jembrana dan berjarak 8 kilometer dari titik 126 kilometer hingga titik 118 kilometer dari Kota Denpasar.

Baca Juga  Bicara Tentang Nusa Dua, Ini Nih 10 Tempat Makan Terbaiknya

Nuansa hutan yang rindang akan menyambut Anda begitu memasuki taman ini, selain itu hutan ini merupakan habitat dari Jalan Bali yang merupakan binatang iconic dari Pulau Dewata itu sendiri.

Namun Anda perlu waspada juga karena banyak terdapat kera yang sering berseliweran di sekitar area tersebut. Terdapat pula perkampungan di titik 120 kilometer yang dapat dijadikan tujuan beristirahat apabila Anda merasa lelah.

4. Kawasan Wisata Pantai Yeh Leh

foto by instagram.com/prajakirana/

Tempat yang lokasinya berbatasan dengan Kabupaten Jembrana dan Kabupaten Tabanan ini memiliki julukan lain yakni Pantai Pangeragoan.

Pantai ini menawarkan eksotisme laut lepas, pohon – pohon kelapa dan patung sapi yang sekaligus menjadi ikon Kabupaten Jembrana. Selain itu, apabila Anda ingin beristirahat ditempat ini, Anda dapat menikmati beberapa menu sajian dari warung makanan yang berada di sana.

5. Pantai Soka

foto by instagram.com/liia_nadila/

Pantai ini berada di Kabupaten Tabanan atau di titik 43 kilometer arah Kota Denpasar. Selain kendaraan pribadi, pantai ini pula dilalui bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) yang kerap beristirahat ketika dalam perjalanan.

Selain itu, lokasi ini pun sering dijadikan sebagai rest area atau posko pemantau arus mudik dan aru balik saat momen lebaran. Lokasi ini semakin lengkap untuk Anda yang ingin beristirahat karena terdapat juga warung Muslim yang berderet dan kamar mandi yang memadai.

Selain memiliki beberapa destinasi wisata lain, kawasan Gilimanuk pun memiliki beberapa hotel dan penginapan yang dapat dijadikan alternatif, salah satunya adalah Hotel Sari yang terletak di Jalan Pogot No.333 Gilimanuk, Jembrana, Bali, Indonesia 82252.

0/5 (0 Reviews)

Related Post

Leave a reply