Pelabuhan Benoa Menjadi Primadona Berlabuh Kapal Pesiar Internasional, 12 Gambar Ini Buktinya!

972 views

Pada 2010, pelabuhan benoa mendapat penghargaan dari Dream World Cruise Destination Magazine sebagai Best Port Welcome. Jika melewati mandara toll yang berada diatas laut Bali, Anda akan melihat panorama cruise bertengger di pelabuhan benoa. Bahkan tahun ini menurut rencana akan ada 50 kapal yang hendak berlabuh.

foto by finance.detik.com

Profil

Pelabuhan Benoa adalah pintu masuk utama jalur laut jika ingin ke Denpasar. Otoritas sepenuhnya ada di PT Pelindo III. Yang singgah di pelabuhan ini adalah kapal-kapal pesiar baik dari nusantara maupun mancanegara. Akan tetapi, keadaan pelabuhan tanjung benoa masih belum sepenuhnya baik sebab masih dipakai untuk lokasi bongkar-muat kapal kargo.

foto by finance.detik.com

Sebenarnya, pelabuhan ini mempunyai potensi besar untuk sektor pariwisata. Biasanya terdapat kunjungan 4 kapal pesiar dalam satu bulan. Melihat keadaan yang menjanjikan ini, pemkot setempat setuju dengan proyek revitalisasi pelabuhan untuk meningkatkan kenyamanan bagi para wisatawan yang datang ke pelabuhan benoa.

Setiap satu kapal pesiar membawa kurang lebih 2000 turis berarti jika 4 kapal mencapai 8000 turis. Potensi ini harus mendapat perhatian berarti karena jika keadaan pelabuhan kurang baik otomatis para turis juga merasa kurag nyaman. Ini merupakan tabggung jawab pemerintah setempat untuk melakukan perbaikan dan terintegrasi dengan pemerintah pusat.

foto by bisniswisata.co.id

Sebagai salah satu primadona destinasi pariwisata terbesar di Indonesia, merevitalisasi pelabuhan akan sangat berperangaruh. Jika akses jalan semakin mudah dan lancar, tentunya akan lebih banyak lagi menarik wisatawan mancanegara lewat jalur laut yang ingin ke Bali.

Menurut penjelasan Bp. Edi Priyanto (Kepala Humas Pelindo iii) ketika melakukan wawancara dengan media, Pelabuhan Benoa memperoleh peringkat pertama dalam hal kunjungan cruise. Pengaruh pariwisata Bali yang memang tumbuh amat pesat dan mendunia sehingga banyak turis yang berlabuh.

Baca Juga  Keindahan Alam Air Terjun Nungnung yang Tak Boleh Terlewatkan Selama Liburan ke Bali

Dilanjutkan peringkat kedua Lembar (Nusa Tenggara Barat) dan ketiga Tanjung Mas (Semarang). Itulah kenapa revitalisasi ini sangat penting demi meningkatkan sektor ekonomi pariwisata Indonesia atau Bali khususnya.

Akan tetapi Anda tidak diperbolehkan berkeliling kedalam kapal-kapal pesiar tersebut karena pengamanannya super ketat. Biasanya ada sendiri program Visiting Cruise line bagi para pengunjung yang hendak melihat-lihat atau tour kedalam cruise. Sekedar melihat dari jarak cukup dekat masih diperbolehkan.

foto by travel.kompas.com

Pemandangan berlabuhnya kapal-kapal pesiar memberikan nuansa indah tersendiri terutama saat malam hari sebab lampu-lampu cruise berkilauan indah cocok sebagai background mengambil foto selfie.

foto by letsgoeatall.blogspot.co.id

Tidak hanya cruise internasional saja yang bersandar disini melainkan juga kapal penumpang, kapal kontainer, kapal perikanan, serta memiliki fungsi sebagai Terminal Curah Air dan Gas.

foto by nusalembonganfastboat.com

Menurut rencana di Pelabuhan Benoa juga akan dibuat Pelabuhan Marina, sejumlah data denah, r koordinat, kapasitas, layout dan sebagainya telah selesai dikoordinasikan akan tetapi masih ada beberapa kendala salah satunya menyangkut perizinan pendirian.

Pelabuhan benoa atau dermaga tanjung juga merupakan salah satu spot terbaik terbaik mancing ikan di bali. Tekhnik memancing yang biasa digunakan di Bali adalah memancing dasar dan ikan yang diperoleh biaasanya jenis ikan kerapu, layur dan bara kuda. Hembusan angin di dermaga tanjung termasuk kencang.

Disini juga merupakan lokasi diadakannya perlombaan perahu layar bertaraf internasional jadi pesertanya berasal dari berbagai negara di penjuru dunia. Terdapat juga banyak wahana permainan yang jaraknya lumayan dekat dari sini yang tentunya akan memacu andrenalin Anda.

foto by vibizmedia.com

Transportasi yang digunakan dari Banyuwangi-Benoa biasanya hanya dengan kapal ferry melalui Pelabuhan Ketapang. Kini telah disediakan alternatif moda transportasi lainnya yaitu jenis kapal katamaran. Sedangkan menuju lombok menggunakan kapal ferry atau fast boat jika ingin lebih cepat sampai.

foto by hikingrinjani.com

Sejarah dan Latar Belakang

Baca Juga  Jejeran Menu Cafe Pomegranate Ubud, Tempat Nongkrong Kekinian Yang Keren di Bali

Pada tahun 1924, telah diusahakan pembangunan Pelabuhan Benoa menurut yang tertera di Stb. 1924 No. 378 dan seiring orang-orang Belanda di kota Denpasar semakin pesat. Awalnya pembatasan areal kerja dan operasional pelabuhan Benoa berdasarkan gambar peta pelabuhan masa kolonial Belanda. Penetapan ini ada dalam Staadblad no 16, 8 Januari 1926.

foto by sejarahbali.com

Kemudian penetapan tentang batas-batas wilayah kerja dan kawasan lingkungan kepentingan Pelabuhan tertera dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Dalam Negeri dan Menteri Perhubungan nomor 15 Tahun 1990/ KM.18 Tahun 1990 (14 Februari 1990).

Pembangunan Fasilitas

Sejak tahun 2014 kapal pesiar yang datang semakin meningkat pesat sampai membuat manajemen PT Pelindo 3 agak kerepotan menyiapkan tambatan dan pembagian anggota untuk menyediakan pelayanan terminal.

Jadwal perluasan serta pembangunan fasilitas-fasilitas lainnya telah dimulai pada Oktober tahun 2017 kemaren. Diharapkan Oktober 2019 sebelum Konferensi IMF dapat rampung meskipun tidak 100%. Diusahakan pembangunan vital telah rampung saat itu menurut info kepala kantor cabang pelindo iii.

Proyek masterplan perluasan areal hingga 144 hektar kemudian dari itu akan dibangun berbagai fasilitas diantaranya areal dermaga kapal pesiar, retail gas, hotel, air bersih, dan lain-lain. Biaya tersebut dari Pt Pelindo, dibutuhkan kurang lebih mencapai Rp1,7 triliun.

foto by bali.bisnis.com

I Gusti Ngurah Ashkara Danadiputra selaku Dirut Perseroan Terbatas Pelabuhan Indonesia 3 sangat serius untuk memperluas areal Pelabuhan Benoa demi meningkatkan sarana prasarana sektor pariwisata. Areal yang diperluas adalah bagian utara pelabuhan.

Di bulan agustus terjadi pembicaraan membahas reklamasi Pelabuhan Benoa dengan lahan seluas 143 hektar. Yang hadir adalah Sekretaris daerah Kota Denpasar A.A Rai Iswara, KSOP, Dir.Teknik Pelindo Husein Latief, Direktur Pelabuhan dari Kementerian Perhubungan serta beberapa anggota dewan DPRD Denpasar. Namun hingga kini wacana tersebut belum ada kejelasan.

Baca Juga  Kuy Ah Kalau ke Bali Jangan Lupa Datang ke 90 Rumah Makan Ini

Akan tetapi, baru-baru ini terjadi reklamasi terselubung di Benoa. Masyarakat tidak terima dan melakukan unjuk rasa. Forum Peduli Mangrove sebelumnya telah menyinggung adanya pembabatan pohon mangrove serta reklamasi terselubung.

Pihak dibalik itu semua adalah bendesa adat Tanjung Benoa bernama Made Wijaya (nama panggilannya Yonda). Menurut fForum Peduli Mangrove, reklamasi diam-diam itu terjadi di areal Pulau Pudut, Tj. Benoa. Untuk memudahan akses ke pulau tersebut terjadilah pembabatan pohon mangrove secara massive.

foto by novanusapenida.com

Kasus tersebut telah ditangani oleh Penyidik Dit Reskrimsus Polda Bali dan dari situ telah ditetapkan 5 tersangka dalam kasus adanya dugaan reklamasi terselubung serta pembabatan pohon mangrove. Alamat ada di Pantai Barat, Kel. Tanjung Benoa, Kec. Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Prov. Bali, Kode Pos 80361.

Tersangka utama telah ditetapkan sebelumnya yaitu I Made Wijaya (bendesa adat Tanjung Benoa) dan kini menyusul 5 tersangka lain. Kejadian ini menuai banyak protes masyarakat dan banyak yang turun ke jalan melakukan unjuk rasa.

foto by bali.bisnis.com

Untuk info lebih lanjut, Anda dapat melihat makalah, pdf sejarah atau dapat juga mengunjungi website resminya.

Lokasi: Jl. Dermaga Pelabuhan Benoa, Pedungan, Denpasar Selatan, Bali
Map: KlikDisini
HTM: Free
Buka/Tutup: 24 Jam
Telepon: (0361) 720560

Related Post

Leave a reply