Pasir Mukti, Lokasi Liburan Keluarga dengan Nuansa yang Sejuk di Bogor

833 views

Ketika menginjakkan kaki ke Bogor, mana lokasi wisata yang Anda pilih? bila ingin mencari lokasi wisata keluarga, salah satu pilihannya adalah Pasir Mukti. Tempat ini sangat layak dikunjungi pecinta agrowisata. Kebun ini berada di kawasan Citeureup, Bogor.

Bisa Anda tempuh dengan waktu 1 jam bila dari arah Jakarta. Setelah menginjakkan kaki di lokasi, Anda akan disambut dengan pemandangan indah dan luas.

Sejarah Wisata

Pasir mukti, foto: instagram.com/kawepe/

Keberadaan Pasir Mukti sebenarnya tidak terlepas dari Emily Turanggan. Di tahun 1979 yang lalu, lulusan Fakultas Pertanian UGM ini mulai berkebun serta menggeluti hobi menanam anggrek di lahan dengan luas 3.500 meter persegi.

Lahan tempatnya berkebun sedikit demi sedikit diperluas dengan cara membeli dari petani sekitar. Hobi yang ia tekuni pun semakin lama menjadi semakin berkembang dan sekarang menjelma sebagai tempat rekreasi keluarga serta sahabat.

Salah satu daya tarik yang dimiliki, foto: instagram.com/travelerlynds/

Di tahun 2001, kebun dibuka untuk dikunjungi oleh masyarakat umum. Dan di tahun 2003, pengelolaan kebun ini dilakukan dengan cara yang profesional. Ruang geraknya juga diperluas. Lokasi ini digunakan sebagai tempat pelatihan pertanian serta rekreasi agrowisata.

Saat baru dibuka memang tempat rekreasinya hanya 5 ha, namun sekarang sudah semakin luas menjadi 15 ha. Wisata Menyenangkan di Pasir Mukti

Wisata yang dapat Anda nikmati di sini cukup beragam.

Serunya perang lupur, foto: instagram.com/kawepe/

Di sana, pengunjung dapat melihat, berpraktek hingga berbelanja tanaman atau buah. Beberapa fasilitas sering dikunjungi seperti fasilitas hidroponik. Fasilitas ini memang tidak terlalu besar terdiri atas 2 green house serta lengkap dengan instalasi hidroponik.

Di tempat ini, pengunjung dapat memperoleh penjelasan yang rinci tentang cara bertanam hidroponik. Pasir Mukti mempunyai kebun buah, entah ditanam di lahan yang terbuka atau pun di pot.

Baca Juga  Curug Cakrawardana Bogor, Wisata Alam dengan Pemandangan Berbeda di West Java

Untuk jenis buah, jenisnya terdiri atas belimbing, jambu air, jambu batu, matoa, mangga dan lainnya. fasilitas tanaman buah pun dilengkapi dengan tempat peragaan yang digunakan untuk memperaktekkan cara bercocok tanam.

Pemandangan alam sekitar, foto: instagram.com/_callistaspamz_/

Kita bisa mempraktekkan cara bercocok tanam berbagai macam buah di tempat ini. untuk hasil praktek yang sudah dilakukan, dapat dibawa untuk oleh-oleh.

Menyukai tanaman bunga? Apabila Anda menyukai tanaman bunga, di Pasir Mukti terdapat fasilitas seperti kebun anggrek, pertanian sawah serta tanaman hias. Sayangnya, tak semua fasilitas ini siap dengan petugas.

Praktek pertanian bisa diperoleh apabila Anda memilih paket agro yang diberikan. Paket ini mulai dari junior, adventure sampai anak petani.

Para pengunjung yang datang, foto: instagram.com/aisnai_zah/

Untuk paket junior, paket ini memberikan penawaran pemanduan agro dengan pintar, menanam padi, membajak sawah, hingga menanam anggrek di dalam cup.

Jika beruntung, kita bisa merasakan demo menanam anggrek serta tabulampot dengan gratis. biasanya diadakan setiap weekend atau libur nasional.

Arena Permainan yang Disediakan

Belajar membajak sawah, foto: instagram.com/syiehabtsaqib/

Fasilitas yang menunjang wisata memang terus dibagun seperti penginapan, lapangan, ruang pertemuan, restoran sampai arena permainan. Kebun ini sengaja dirancang untuk sarana rekreasi keluarga, hal tersebut terlihat dari banyaknya arena bermain anak.

Hampir semua permainan di sini memiliki nuansa alam mulai dari bermain bersama di kolam lumpur, menangkap ikan-ikan hingga membajak sawah menggunakan sapi.

Pasti cocok untuk mengenalkan anak mengenai dunia pertanian. Apabila ingin permainan-permainan yang tidak kotor, anak bisa bermain flaying fox, motor ATV hingga kolam renang.

Keseruan memancing ikan, foto: instagram.com/sunayfelizaa/

Untuk orang tua yang menunggu anak-anak bermain. Disediakan fasilitas seperti kolam pemancingan. Ikan-ikan hasil tangkapan Anda bisa dibeli. Jika ingin langsung menikmati hasil tangkapannya, di sini menjual jasa memasak dengan harga yang terjangkau.

Baca Juga  Murah Meriah, 100 Tempat Makan di Bandung Yang Cocok Untuk Keluarga

Harga Paket Wisata dan Tiket Masuk

Untuk masalah harga, tak perlu diragukan karena Agro Wisata Pasir Mukti ini memberikan harga yang cukup terjangkau.

Permainan balap perahu, foto: instagram.com/wuland2checlea/

Tiket masuk wisata hanya dibanderol Rp 15.000 per orang. Sedangkan, jika ingin mengunjunginya bersama dengan rombongan, kita bisa memilih paket wisata.

Paket wisata untuk TK hingga SMA dimulai dari harga Rp 125.000 per orang. Sedangkan untuk paket arisan Rp 155.000 per orang. Ingin bermalam di sini atau camping? Pilih paket camping dengan harga mulai dari Rp 170.000 per orang dan per malam.

Harga yang ditawarkan memang cukup terjangkau, apalagi ditunjang dengan fasilitas yang sangat lengkap untuk dinikmati.

Fasilitas

Keseruan saat bermain, foto: instagram.com/kawepe/

Sebagai sebuah wisata, fasilitas di dalamnya begitu lengkap. Wisata Pasir Mukti memiliki lokasi parkir yang sangat luas. Lokasi parkirnya bisa menampung kendaraan roda dua hingga empat.

Fasilitas lain yang disediakan seperti kamar mandi yang cukup. Bagi Anda yang berasal dari luar daerah, sepertinya tak perlu repot membawa bekal makanan, karena di sini ada begitu banyak menu yang bisa dicoba.

Kita bisa mencoba menu ikan bakar dan berbagai menu-menu lain yang menggugah selera. Seperti yang sudah disampaikan, untuk masalah harga, tidak terlalu mahal dan masih dalam taraf terjangkau.

Rute Jalan Menuju Pasir Mukti

Prosesi pelepasan balon, foto: instagram.com/kawepe/

Menuju lokasi Pasir Mukti sebetulnya mudah. Terdapat 2 jalur pilihan ke lokasi wisata ini. Pertama, kita bisa melalui Tol Jagorawi. Kita bisa keluar di Tol Citeureup – Cibinong. Sesudah keluar, ambil jalan kiri ke arah Citeureup dan kita akan melihat sign board.

Pilih jalan Puspanegara, pertigaan pilih kanan, lurus sebelum polsek. Lihat ke kiri dan kita akan menemukan tulisan Pasir Mukti. Jalannya sedikit kecil, lurus terus kurang lebih 4 KM. Anda pun sampai di Pasir Mukti.

Baca Juga  Bingung Cari Tempat Makan? Kunjungi 10 Lokasi Recommended di Ciwidey ini

Alternatif lain untuk menuju tempat rekreasi ini ialah melalui Sirkuit Sentul. Sesudah keluar, ambil kiri Citeureup dan lurus terus di jalan Pahlawan kurang lebih 3 hingga 4 km. Belok kanan jalan Industri Branta Mulia. Nantinya kita akan menemukan klinik Anisa.

Apabila sudah menemukan Klinik, segera belok kanan, lurus 1 KM dan kita pun akan sampai di wisata outbond ini.

Wisata Bogor Lainnya

Bermain paintball, foto: instagram.com/caliodesign/

Berikut beberapa wisata Bogor yang tak boleh Anda lewatkan, seperti:

a.The Jungle Water Adventure. Kita pasti sudah mengetahui wisata ini. wisata air ini ada di Perumahan Nirwana Residence. Ada berbagai wahana di lokasi ini. Kita bisa melihat film 4D serta merasakan sensasi berenang menggunakan gelombang laut buatan.

b.Penangkaran Rusa Giri Jaya. Kita bisa melihat rusa secara langsung di sini. Akses curam berbatu harus kita lewati ketika berkendara menuju lokasi. Apalagi jalanan yang licin ketika musim penghujan. Walaupun beralaskan tanah, lokasi ini mempunyai tempat parkir luas.

Belajar menumbuk padi, foto: instagram.com/kawepe/

c.Taman Sakura. Biasanya bunga sakura identik dengan Jepang. tetapi pohon ini ada di negara kita dan tumbuh di Kebun Raya Cibodas. Uniknya, pohon ini hanya tumbuh di wilayah 4 musim tetapi bisa tumbuh di Indonesia dengan 2 musim.

Lokasi: Jalan Raya Tajur Pasirmukti Kilometer 4, Citeureup, Bogor 16810 Indonesia
Map: KlikDisini
HTM: Rp.15.000 /Orang
Buka/Tutup: 08.00 – 17.00
Telepon: 021 – 8794 3864

0/5 (0 Reviews)
Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply