Ingin Mencari Oleh-oleh dengan Harga yang Lebih Miring di Bali? Ke Pasar Sukawati Saja

938 views

Berlibur ke Bali tanpa membawa buah tangan sepertinya tak lengkap. Bila Anda mencari tempat membeli oleh-oleh, pilihan terbaiknya ialah Pasar Sukawati. Pasar Sukawati merupakan pasar Seni yang begitu terkenal hingga ke penjuru dunia.

foto by anythingbali.com

Pasar seni ini ada di Desa Sukawati kab Gianyar. Jarak dari bandara Denpasar kurang lebih 30 kilometer. Anda bisa menjangkaunya dengan menggunakan mobil kurang lebih 45 menit. Karena begitu terkenal, banyak wisatawan yang mengunjungi Bali akan langsung singgah ke tempat ini.

Mungkin di situs jual beli online atau di beberapa artikel, banyak yang menyebut lokasi ini. Tapi tak lengkap rasanya jika tidak mencoba cara tawar menawar di Sukowati.

foto by enjoybalitravel.com

Lokasi Pasar Sukawati

Pasar Sukawati ini ada di Desa Sukawati, Kab Gianyar. Kita bisa menempuh perjalanan ke Pasar Sukawati selama 45 menit dan bandara. Pasar ini cukup mudah ditemukan karena posisinya ada di pinggir jalan raya dan menjadi akses Denpasar – Gianyar.

Jam bukanya, Pasar Sukawati dibuka mulai jam 6 pagi hingga jam 6 sore. Pasar Sukawati tak pernah sepi pengunjung di tiap harinya. Pasti selalu saja ada pengunjung yang datang, entah pengunjung lokal atau pun wisatawan dari luar negeri.

Pasar Sukawati terdiri dari 3 tempat yang berbeda yakni Pasar Sukawati satu, dua dan tiga. 3 tempat ini lokasinya tidak berjauhan. Lokasi pasar yang paling ramai adalah nomor 1.

foto by novelliaekaartanti123.blogspot.co.id

Tempat Berburu Oleh-oleh Khas Bali Harga Terjangkau

Pasar seni ini terkenal karena menjual berbagai kerajinan tradisional dan pakaian khas Bali dengan price terjangkau. Pakaian-pakaian seperti batik dengan ciri khas ornamen pulau Dewata di jual dengan harga cukup terjangkau.

foto by anythingbali.com

Kita juga akan melihat banyak pakaian seperti baju dan celana yang bisa digunakan di pantai. Harganya juga tak kalah terjangkau, bahkan bisa dibandingkan dengan wisata belanja lainnya di sini. sehingga, kita bisa membeli oleh-oleh khas dari Bali yang diberikan ke keluarga dan teman tanpa perlu menghabiskan banyak waktu dan biaya.

foto by calyawisata.com

Semua harga yang diberikan di sini masih bisa ditawar. Sehingga, pintar-pintarlah menawar. Sebagai bayangan, harga di sini adalah 1/3 dari harga yang ditawarkan oleh penjual.

foto by badiels.blogspot.co.id

Bila ingin berhasil menawar, lebih baik datang di pagi hari, ketika pasar baru buka. Kepercayaan yang dimiliki orang Bali, apabila pasar baru buka dan dagangan langsung terjual, bisa menjadi penglaris barang dagangan yang mereka jual.

Baca Juga  Watersport Tanjung Benoa, Wahana Permainan Air yang Menarik di Bali

Anda bisa datang ke sini pada jam 10 WITA, lebih baik mencoba menawar barang dengan lebih murah.

Tak hanya batik dan pakaian, di sini juga terdapat lukisan yang bisa dibeli. Aliran lukisan seperti abstrak dan naturalis sangat kental. Bagaimana mengenai harganya? Harganya cukup beragam, biasanya harga ditentukan dari ukuran.

foto by tempatwisatadibaliii.blogspot.co.id

Kita juga bisa membeli lukisan dengan bingkai dan tanpa bingkai. Bila berasal dari luar daerah dan pergi menggunakan pesawat, lebih baik membeli tanpa bingkai, karena akan menambah berat barang. Apalagi bila membawa pesawat terbang.

Apabila masih penasaran dengan Sukawati, kita bisa melihat di foursquare, cukup banyak foto atau gambar yang memberikan gambaran mengenai lokasi ini.

foto by id.foursquare.com

Tips Tawar Menawar di Sukowati

Agar kegiatan belanja sukses, beberapa tips di bawah ini bisa membantu Anda:

1. Belanja ketika pasar baru buka. Seperti yang sudah dijelaskan, masyarakat Bali percaya jika uang yang pertama mereka terima merupakan pintu pembawa rejeki, sehingga jika toko baru buka dan ada pembeli datang, harga yang ditawar bisa mudah penjual terima. Sehingga tak perlu ragu.

2. Akrabkan diri dengan para penjual. Ketika melakukan kegiatan jual beli, faktor hubungan dekat pada dasarnya mempunyai pengaruh yang besar, tidak terkecuali dalam kegiatan belanja. Kita bisa mencoba mengakrabkan diri dengan penjual, panggul mereka dengan sebutan yang umum seperti “bli” untuk laki-laki.

foto by youtube.com

3. Belanja borongan. Memang, untuk tawar menawar, jika belanja dalam jumlah satuan akan lebih sulit mendapatkan harga yang benar-benar murah.

Salah satu solusinya ialah belanja dalam jumlah cukup banyak. Biasanya, belanja dalam jumlah lebih dari 3 potong akan mendapat harga istimewa. Jika Anda hanya membutuhkan sedikit barang, tak perlu cemas kita bisa join bersama teman-teman lain.

foto by triptrus.com

4. Mencoba menawar dengan sengit. Bila sudah mengantongi berbagai referensi harga. Lakukan nego harga. Tak perlu ragu menawar secara berani, termasuk dengan setengah harga yang mereka tawarkan.

Baca Juga  Lokasi Olahraga Golf Paling Menarik di Bali, New Kuta Golf

Tawar harga dengan tegas dan tak perlu terburu-buru setuju dengan harga yang diberikan. Lakukan jurus seperti tidak butuh barang tersebut atau menemukan gerai dengan harga lebih murah dibandingkan dengan harga mereka. Cara ini bisa membuat kita mendapatkan harga terbaik.

5. Jangan lupa survei. Jangan sampai mencoba membeli namun lupa survei harga. Jika ingin mendapatkan harga lebih murah, sempatkan berkeliling dari toko satu ke toko lain untuk membandingkan sejumlah kualitas serta harga barang.

Sehingga, kita bisa mengetahui berapa kisaran harga agar bisa memperoleh barang yang kita ingini. Salah satu kesalahan sering dilakukan adalah menawar tanpa melakukan survei harga.

Tetapi, dalam melakukan survei harga, kita harus berhati-hati agar tidak menyinggung kearifan lokal masyarakat. Jangan sampai sudah menyepakati harga padalah belum berniat membelinya dan membuat penjual menjadi kecewa. Mengecewakan penjual berarti melanggar etika Bali dan berdampak pada kita sendiri nantinya. Karena daerah ini cukup kental dengan mitos sebagai dampak melanggar kearifan lokal.

Fasilitas Pasar Sukowati

Sebagai rujukan wisata belanja yang terkenal di pulau dengan seribu pura ini, sudah pasti Sukowati memiliki fasilitas lengkap mulai dari lokasi parkir untuk para pengunjung pasar, toilet umum, dan fasilitas penunjang lainnya.

foto by jejakpiknik.com

Cara Menuju Pasar Sukowati

Untuk sampai di tempat ini, bila dari hotel tempat menginap, bisa menggunakan jasa antar, atau jika ingin lebih hemat, kita bisa menyewa mobil. Banyak rental mobil yang menyediakan jasa sewa dengan harga yang terjangkau. Lokasi pasar ini mudah ditemukan. Bila menempuh perjalanan Denpasar, Ubud, bisa menggunakan Google Map. Gunakan peta dan ikuti seluruh petunjuknya.

Lokasi Wisata yang Berdekatan

Tempat wisata ini sangat strategis dan berdekatan dengan beberapa lokasi liburan menarik di bali, antara lain:

Baca Juga  Bagi Pecinta Fotografi, Dream Museum Zone Sangat Menarik Untuk Dikunjungi

• Bali Zoo Park. Bali Zoo Park merupakan kebun bintang yang sangat cocok untuk tempat liburan sekeluarga. Bila sudah membeli oleh-oleh di pasar, kita bisa melanjutkan perjalanan di Gianyar mengunjungio Bali Zoo Park.

foto by bigbirdbalitours.com

• Air Terjun Tegenungan. Bila ingin melihat air terjun nan alami sesudah belanja di sini, langsung arahkan mobil menuju Air Terjun Tegenungan. Bila berangkat dari Sukowati, cukup menempuh 15 menit perjalanan. Harga tiketnya Rp 15.000 per orang. Dan beralamat di Jalan Ir. Sutami, Kemenuh.

foto by rentalmobilbali.net

• Hidden Canyon Beji Guwang. Jangan lupa mengunjungi tempat wisata ini. Lokasinya cukup dekat dengan Sukowati, hanya 10 menit perjalanan menggunakan kendaraan. Daya tarik tempat ini ada pada pemandangan tebing batu dan aliran sungai dengan warna biru langit. Tingginya mencapai 25 meter.

foto by kanalwisata.com

Lokasi: Desa Sukawati kab Gianyar, Bali, Indonesia
Map: KlikDisini
HTM: Gratis
Buka/Tutup: 06.00 – 17.00
Telepon:

0/5 (0 Reviews)

Related Post

Leave a reply