Belanja Oleh Oleh Saat Ke Semarang? Segera Kunjungi Pasar Johar

2721 views

Pada dasarnya setiap kota mempunyai tempat wisata belanja yang dianggap murah. Contohnya seperti Solo dengan Pasar Klewernya, Yogyakarta dengan Malioboronya.

Bagaimana dengan Ibukota Jawa Tengah yakni Semarang? Di Semarang, kita bisa menemukan pasar paling murah yaitu Pasar Johar. Di sini, kita bisa berbelanja kebutuhan selama berlibur di kota ini sampai membeli oleh-oleh khas.

Foto by ajengpuspitadiovani.blogspot.co.id

Sejarah Singkat Pasar Johar

Lokasi wisata belanja ini sebetulnya sudah berdiri lama, bangunannya dapat kita lihat, seperti bangunan tua sarat akan karya seni dan artistik. Sehingga, bisa dikatakan, tempat ini bukan hanya sekedar pasar biasa.

Konon, lokasi ini pernah menjadi tempat perdagangan paling tersohor di seluruh Indonesia, atau bahkan Asia. Kita bisa melihat buktinya dari bangunan tua megah di lokasi wisata ini.

foto by huroh.blogspot.co.id

Sejarah Pasar Johar Semarang

Sedikit sejarah mengenai lokasi wisata ini. Lokasi ini adalah pasar yang dibangun arsitek humanis Belanda dan memiliki nama Herman Thomas Karsten. Tempat ini berdiri dari tahun 1936. Usianya memang hampir satu abad.

Bangunan di sini sangat artistik serta berbeda dari bangunan lain. Dapat dikatakan jika kita melihat bangunannya, kesan Eropa akan sangat kental menyelimutinya, namun transaksi jual belinya tetap khas Indonesia.

foto by yunantyoadi.wordpress.com

Berbagai Kebutuhan Bisa Ditemukan

Seperti pasar pada umumnya, di sana Anda dapat menemukan berbagai macam kebutuhan mulai dari mainan anak, peralatan rumah tangga, makanan, pakaian, buah-buahan, sayuran, jajanan dan yang lainnya.

foto by coretanpetualang.wordpress.com

Untuk masalah harga, seperti harga yang dibanderol di pasar tradisional, tentu saja sangat terjangkau.

Ingin membeli oleh-oleh ketika singgah ke pasar ini? tak perlu khawatir, kita bisa menemukan banyak oleh-oleh khas Semarang di sini, sudah pasti dengan harga dapat ditawar.

Baca Juga  Ingin Berwisata Ke Tempat yang Lebih Dekat dengan Alam? Hutan Tinjomoyo Tempatnya

Di tahun 2015 lalu, lokasi belanja ini memang sempat terbakar. Namun sekarang sudah diperbaiki dan berubah menjadi sangat indah.

foto by hariandepok.com

Dugderan Pasar Johar

Salah satu tradisi digunakan untuk menyambut bulan puasa adalah dugderan. Tradisi ini adalah perayaan menyambut kedatangan bulan Ramadhan yang sering digelar 1 hingga 2 minggu sebelum puasa mulai.

foto by lastrisulas.blogspot.co.id

Acara ini biasanya dilakukan di pasar Johar, sehingga saat kita berkunjung di momen ini, akan ada banyak penjual yang menjual kebutuhan untuk menyambut dugderan.

Berbagai kebutuhan sehari-hari seperti peralatan rumah tangga, pakaian, buah dan sayur pun tersedia. Pasar malam juga menjadi salah satu daya tarik ketika penyelenggaraan Pasar Dugderan. Banyak wahana permainan yang disediakan dan selalu ramai diserbu oleh pengunjung.

foto by republika.co.id

Apalagi anak-anak. Mereka pasti akan sangat bahagia. Stand permainan dan panggung hiburan juga disediakan.

Dugderan merupakan salah satu momen yang sangat ditunggu-tunggui oleh para pedagang gerabah. Berbagai gerabah dari khas daerah seperti kendi, celengan dan yang lainnya bisa ditemui. Pedagang gerabah ini biasanya datang dari luar kota.

foto by hariansemarangbanget.blogspot.co.id

Keuntungan Belanja Oleh-oleh di Pasar

Ada beberapa keuntungan yang bisa kita nikmati jika berbelanja di tempat ini, antara lain:

• Bisa menawar. Bukan seperti di supermarket yang mempunyai harga tetap dan tidak bisa ditawar. Belanja di tempat ini, Anda bisa dengan bebas menawar harga sesukanya. Jika semakin pandai menawar, akan semakin murah juga harga barang yang diperoleh.

• Lengkap dan banyak pilihan. Barang-barang yang berada di sini juga lebih lengkap jika dibandingkan dengan pasar modern. Seluruh barang bisa kita temukan, entah makanan tradisional hingga buah tangan yang lain.

Baca Juga  Ingin Nongkrong Asyik di Semarang Hingga Malam? Jalan Pahlawan Semarang Tempatnya

• Tak perlu dandan. Berbeda jika membeli di mall, belanja di lokasi ini bisa lebih simpel. Anda tidak perlu dandan. Biasanya ini sangat menguntungkan untuk perempuan yang malas dandan atau mengganti baju. Cukup gunakan daster atau celana kolor.

• Jam buka jauh lebih pagi. Jadwal keberangkatan pesawat Anda pagi tapi belum mencari oleh-oleh? Tak perlu cemas karena Anda bisa belanja di pagi hari dan membeli berbagai barang yang dibutuhkan.

Rute Jalan Pasar Johar

lokasi ini berada sangat strategis yakni di Jantung Semarang. Sehingga, dari sini, Anda bisa pergi ke berbagai macam lokasi wisata yang lainnya.

Pasar Johar cukup dekat dengan banyak objek wisata yang ada di Semarang seperti Kota Lama, hingga stasiun.

Bila dari Bandara, Anda bisa menggunakan taksi untuk menuju ke sini. Tak perlu khawatir akan tersesat, banyak orang yang bisa Anda tanyai mengenai lokasi pasar ini.

Fasilitas

Masalah fasilitas, dengan pembangunan setelah kebakaran lalu, wisata belanja ini mempunyai fasilitas yang cukup lengkap. Tempat parkir yang memadai sudah disediakan, kamar kecil pun juga disediakan.

Wisata Semarang yang Bisa Dituju

Selain berbelanja, pasti Anda juga ingin mengunjungi tempat-tempat lainnya bukan? Berikut beberapa lokasi wisata yang bisa dituju, contohnya:

1.. Tempat wisata ini ada di Semarang bagian Barat dan dekat dengan Bandara Ahmad Yani. Lokasinya hanya berjarak kurang lebih beberapa ratus meter. Lokasi ini ramai dikunjungi wisatawan, apalagi ketika akhir pekan. Harga tiket masuknya hanya Rp 3000.

foto by lastrisulas.blogspot.co.id

2. Lawang Sewu Semarang. Mungkin lokasi yang satu ini sudah sangat familiar. Jika di terjemahkan dalam bahasa Indonesia, artinya ialah Pintu Seribu. Bangunan yang sangat bersejarah ini mempunyai nilai sejarah sangat luar biasa.

Baca Juga  Candi Gedong Songo Semarang, Berlibur Sambil Menilik Peninggalan Sejarah Bangsa Kita

Pada dasarnya, tempat ini adalah kantor perusahaan kereta api serta dibangun di tahun 1904. Sembari liburan, kita dapat menyusuri sejarah yang terjadi masa lampau.

foto by kebudayaan.kemdikbud.go.id

3. Kampoeng Wisata Taman Lele. Pasti penasaran, mengapa tempat wisata ini mempunyai nama demikian. Taman lele sebenarnya adalah tempat wisata yang sangat menarik di kunjungi. Taman tersebut mempunyai luas lebih dari 2 hektar.

Serangkaian wahana permainan pun disediakan, taman ini pas untuk menghabiskan waktu bersama denmgan keluarga sesudah letih berjalan-jalan. Harga tiket masuknya hanya Rp 2.000 saja untuk weekdays. Dan ketika hari libur Rp 3.000.

foto by wisatajateng.com

4. Pantai Tirang. Semarang memang masih mempunyai banyak tempat yang harus dikunjungi seperti Pantai Tirang. Pantai Tirang adalah lokasi favorit di sini. Kita bisa menikmati spot memancing. Lokasi ini terkenal dengan pantai biru yang bersih.

foto by wisataterkini.com

5. Masjid Agung Jawa Tengah. Wisata religi yang juga tak boleh dilewatkan adalah Masjid Agung Jawa Tengah. Lokasi ini sangat populer di Semarang dan ada di Jalan Gajah Raya.

Masjid tersebut diresmikan di tahun 2006 dan mempunyai luas hingga 7.500 meter persegi. Di sini terdapat berbagai macam fasilitas super lengkap.

foto by tempatwisatadaerah.blogspot.co.id

6. Air Terjun Kali Pancur. Wisata ini sangat terkenal dan termasuk dalam kategori wisata alam. Air terjunnya dihiasi dengan batuan alam. Sebelum datang ke sini, siapkan terlebih dulu fisik dan beristirahat dengan cukup. Karena 900 anak tangga siap menanti.

foto by klikdieng.com

Lokasi: Jalan K.H. Agus Salim, Kauman, Kota Semarang, Jawa Tengah 50188 Indonesia
Map: KlikDisini
HTM:
Buka/Tutup: 06.00 – 04.00
Telepon:

Related Post

Leave a reply