Pasar Badung, Pasar Malam Dewata Bali yang Harus Traveler Kunjungi

51 views

Alamat: Jalan Gajah Mada, Denpasar, Bali
Jam buka/tutup: 24 Jam
Map: KlikDisini

foto by republika.co.id

Pesona pulau Bali memang mengundang daya tarik bagi para wisatawan domestik maupun mancanegara. Hal tersebut terlihat dari banyaknya wisatawan yang berkunjung ke Bali.

Para wisatawan yang berkunjung ke Bali tidak hanya ingin menikmati keindahan alam, namun juga menyempatkan diri untuk berbelanja barang-barang unik yang ada di Bali.

Nah, terdapat satu lokasi yang bisa Anda kunjungi ketika berada di Bali yaitu pasar Badung. Pasar ini adalah salah satu pasar tradisional yang berada di Denpasar, Bali.

Pasar Badung isetiap harinya tidak pernah sepi pembeli karena banyaknya wisatawan domestik dan mancanegara yang menghabiskan waktu untuk berbelanja di tempat ini.

foto by bali.panduanwisata.id

Di pasar ini tidak kalah dengan pasar lainnya yang ada di Bali, disini tidak hanya menjual berbagai kebutuhan pokok sehari-hari masyarakat Bali, tapi juga menjual berbagai jenis aksesoris yang bisa Anda jadikan buah tangan untuk dibawa pulang.

Beberapa barang yang bisa Anda temui disini antara lain tekstil, kerajinan tangan yang dibuat langsung oleh masyarakat Bali, T-shirt mulai dari ukuran anak-anak hingga dewasa.

Selain itu, di Pasar badung juga Anda bisa menemukan barang-barang yang bisa Anda gunakan untuk keperluan keagamaan mulai dari wadah sesaji dan lainnya.

Jika Anda belum puas berbelanja di pasar Badung, Anda juga bisa bersafari ke pasar Kumbasari yang tempantnya berseberangan dengan pasar badung.

foto by travel.kompas.com

Pasar Kumbasari dibagi menjadi dua lantai yakni di lantai pertama tempat menjual kebutuhan pokor dan sayur,
sedangkan di lantai atas Anda bisa menemukan Art Shop dimana menjual berbagai macam kerajinan mulai dari kerajinan kayu, lukisan hingga bahan tenunan serta cinderamata lainnya.

Baca Juga  The Pirates Bay Bali, Surga Tersembunyi Si Bajak Laut

Yang berbeda di Pasar badung adalah disini barang yang dijual merupakan berasal dari pabrikan garmen asli Bali. Jadi, jika berbelanja disini dengan jumlah yang banyak, Anda bisa memperoleh harga yang lebih murah seperti harga grosir.

Sekilas Tentang Pasar badung

Sebelum adanya pasar badung, masyarakat banyak yang berbelanja kebutuhan sehari-hari di pasar Kumbasari, karena pada waktu itu di Pasar Badung tidak menyediakan barang kebutuhan secara lengkap terutama untuk kebutahan upacara bagi masyarakat Bali.

foto by teluklove.com

Menurut informasi yang diperoleh, dulunya pasar badung dan Pasar Kumbasari ini memiliki spesifikasi yang berbeda dalam hal barang-barang yang dijual.

Pasar yang juga letaknya berhadapan dengan pura Kahyangan yang merupakan salah satu Pura tiga Desa Adat Denpasar awalnya tidak semewah saat ini, karena beberapa kali mengalami perubahan maka pasar Badung dilakukan perbaikan guna disesuaikan dengan perkembangan yang sangat pesat di Bali serta kebutuhan mayarakat yang semakin meningkat.

Pasar badung pun mengalami perubahan bentuk pasca terjadinya kebakaran yang melanda pasar ini. Kejadian terbakarnya pasar ini sekarang menjadi sejarah bagi masyarakat Bali setelah beberapa tahun berlalu, akhirnya pada tahun 2000 pasar ini diperbaiki kembali dan dibangun dengan empat lantai dengan luas bangunan 14. 544 meter persegi, luas area parkir yang mencapai 9064 meter persegi.

foto by regional.kompas.com

Pasar ini ditempati 1834 pedagang dengan rincian 179 pedangang yang bertempat pelantaran pasar, 1363 pedagang yang menempati bagian los, dan pedagang yang menempati kios sebanyak 292 pedagang.

Tentunya jumlah yang banyak ini menjadikan pasar Badung menjadi pasar terbesar dan menjadi pusat perekonomian di kota Denpasar.

Lokasi Pasar Badung

Lokasi pasar Badung terletak di jalan Gajah Mada, Denpasar, Bali. Letaknya yang sangat dekat dengan ibu kota Denpasar membuat tempat ini tidak susah untuk dicari. Jika Anda masih bingung, lokasi pasar ini kurang lebih 1 kilometer menuju arah Barat Patung Catur Muka Kota Denpasar.

foto by jejakpiknik.com

Rute Menuju Pasar Badung

Rute menuju pasar Badung ini memang tidak sulit. Untuk menuju pasar Badung, Anda menggunakan kendaraan pribadi ataupun menggunakan angkutan umum, baik mengendarai kendaraan roda dua maupun rod empat. Jarak tempuh dari pusat kota Denpasar kira-kira satu kilometer.

Baca Juga  Menikmati Indahnya Suasana Pantai dari Sudut Sundays Beach Club Bali

Jika Anda ingin melihat rute dengan jelas, Anda bisa mengakses info dengan bantuan Maps.

Karena lokasi pasar badung yang cukup luas, Anda pastinya akan merasa kelelahan saat mengeliling pasar ini. Tapi, Anda tidak perlu khawatir, karena rasa lelah Anda akan terbayarkan dengan melihat beragam aksesoris.

foto by balifantastic.com

Unikya lagi, sepanjang Anda mengelilingi pasar badung, Anda akan banyak melihat penjual yang menggunakan pakaian adat saat berjualan. Penggunaan pakaian adat Bali ini merupakan salah satu cara masyarakat untuk membudayakan sekaligus melestaraikan budaya Bali.

Jika Anda merupakan wisatawan dari luar daerah, Anda bisa menuju pasar Badung dari bandara Ngurah Rai yang berjarak kurang lebih 13 kilometer dengan menggunakan kendaraan umum seperti taxi, angkutan umum, atau menggunakan ojek,

atau jika Anda ingin berpetuang sendiri dengan menggunakan kendaraan pribadi, Anda cukup memakan waktu selama 25 menit saja.

Jam Buka Pasar Badung

foto by republika.co.id

Pasar Badung buka setiap hari selama 24 jam. Karena banyaknya pengunjung yang datang, pasar badung juga setiap hari membuka pasar malam yang disana Anda bisa membeli barang kerajinan dengan harga miring dan tidak menguraas kantong Anda.

Harga Barang di Pasar Badung

Jika Anda memilih berbelanja di pasar, pastinya tujuan Anda tidak lain adalah agar memperoleh barang dengan harga yang relatif murah. Yups, Anda bisa mendapatkan barang dengan harga yang bersahabat dengan dompet Anda di pasar Badung ini.

foto by balijayatrans.com

Tapi, ada harga ada kualitas, ya. Karena barang yang dijual di pasar ini merupakan barang Handmade, maka harganya akan sedikit mahal jika dibandingkan dengan harga yang berasal dari pabrik.

Pasar Badung sangat tepat untuk para wisatawan domestik maupun mancanegara yang menyukai destinasi wisata malam.

Baca Juga  Bali Bird Park Jadi Alternatif Wisata Edukasi Bersama Keluarga

Pasar ini bisa menjadi pilihan Anda jika berkunjung ke Bali. Semakin malam, pasar ini juga akan menyediakan makanan tradisional yang berderet sepanjang jalan, sangat cocok untuk Anda yang pecinta kuliner nusantara.

Untuk harga, Anda yang ditawarkan juga cukup murah bagi para wisatawan.

foto by travel.tribunnews.com

Selain itu, Anda bisa menemukan banyak tempat makan yang disediakan diluar pasar Badung mulai dari kedai, caffe sampai restoran dengan harga yang lumayan mahal.

Ramainya kunjungan para wisatawan ke tempat ini untuk berbelanja terlebih lagi saat kondisi malam hari, pasar ini juga menyediakan jasa angkut barang yang biasanya disebut tenaga suun atau mereka yang membawa barang daganagan yang telah Anda Beli.

Jasa suun ini bisa Anda sewa dengan tarif lumayan murah yakni berkiar antara 5000 rupiah per keranjang belanjaan yang Anda Bawa.

Uniknya, jika di pasar lain kita sering temui jasa angkut barang adalah laki-laki, maka di pasar ini Anda akan menemui para perempuan yang akan menangkut barang bawaan Anda dan ini hanya ada di Pasar Badung.

Menarik, bukan? Anda bisa memilih Pasar Badung menjadi salah satu pilihan destinasi Anda dan keluarga.

0/5 (0 Reviews)

Related Post

Leave a reply