12 Gambar ini Bikin Kamu Lama-Lama Berada di Museum Bali

445 views

Meskipun Pulau Dewata pernah mengalami tragedi bom namun pariwisatanya semakin tumbuh pesat. Tidak hanya menyediakan pilihan destinasi pariwisata alam, seni, culinary, namun juga sejarah.

Banyak sekali museum kesenian yang dapat Anda temui di Pulau Dewata. Museum-museum kesenian tersebut banyak berpusat di Ubud. Selain kesenian, terdapat juga Museum sejarah letaknya di Denpasar. Museum Bali Denpasar dikelola langsung oleh Pemprov Bali. Letaknya dekat dengan taman Budaya Art Center Bali.

foto by rentalmobilbali.net

Ada banyak sekali pelajaran atau ilmu yang didapatkan didalamnya dari peradaban manusia masa ke masa terutama peradaban masyarakat pulau dewata dari beragam aspek seperti Agama, Seni, Bahasa, Tulisan, dsb.

Harga Tiket Masuk/ Entrance Fee Museum Bali Denpasar

Berapa harga tiket masuknya? Anda hanya dikenakan biaya atau price sebesar Rp. 5000. Tidak hanya sebagai wisata edukasi, museum ini juga menjadi lokasi untuk melakukan foto prewedding. Biaya berkunjung biasa dengan prewedding berbeda. Jika Anda berniat melaksanakan pengambilan gambar untuk prewedding biayanya sebesar Rp. 150.000.

foto by baliweddingphoto.com

Buka dari Senin hingga Minggu dari jam 7.30 hingga 15.30. Alamat ada di Jalan Mayor Wisnu No.1, Des. Dangin Puri, Kec. Denpasar Tim., Kota Denpasar, Prov. Bali, Indonesia 80232. Di hari libur, pengunjung yang datang jumlahnya meningkat daripada biasanya.

Sejarah Museum Bali Denpasar

Rencana pembangunan museum pertama kali diinisiasi oleh W.F.J Kroon. Beliau adalah assistent yang menjabat pada tahun 1909-1913 di residen Bali selatan. Yang mulai dibangun pertama kali adalah bagian gedung Arca pada tahun 1910.

Dalam bagian pembangunan Gedung Arca melibatkan 3 arsitek diantaranya I Gusti Gede Ketut Kandel, I Gusti ketut Rai, dan Curt Grundler (warga negara Jerman). Sedangkan biaya yang digunakan berasal dari Raja-Raja Bali yang sedang berkuasa kala itu. Ada Raja Karangasem, Tabanan, dan Buleleng.

Baca Juga  Tirta Gangga, Pilihan Wisata Taman Air yang Indah di Karangasem yang Sayang Dilewatkan

Seorang kepala dinas bidang purbakala Bali bernama W.T Sttuterhim pada tahun 1930 meletakkan warisan etnografi didalam Gedung Arca. Kemudian di tahun 1932 dibentuklah yayasan pengelola museum dengan tujuan untuk memudahkan operasionalnya. Pada bulan Desember 1932 baru resmi dibuka.

Luas tanah mulanya mencapai 2.600 meter2 yang dibagi menjadi 3 bagian yaitu halaman dalam, tengah dan luar. Terdapat tembok dan gapura (entrance/ pintu masuk) untuk membatasi setiap bagian.

Halaman dalam memiliki 3 bagian dengan nama berbeda-beda. Nama-nama untuk setiap bagian disesuaikan dengan daerah dari para raja yang memiliki sumbangsih besar atas pembiayaannya antara lain Gedung Karangasem, Gedung Tabanan, dan Gedung Buleleng.

Ketika Indonesia merdeka pada tahun 1945, manajemennya langsung diambil alih Pemerintah Daerah Provinsi bali. Selama bertahun-tahun tanggung jawab sepenuhnya milk Pemprov Bali sampai pada 5 Januari 1965 diambil alih oleh pemerintah pusat (Indonesia).

Oleh pemerintah pusat diserahkan manajemen operasionalnya kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Pada saat dibawah pengelolaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan namanya menjadi Museum Negeri Provinsi Bali.

Pada tahun 1969 ada perluasan areal hingga mencapai 6.000 meter2 atas bantuan proyek pelita. Dikarenakan lahannya semakin luas, terdapat juga tambahan bangunan yang bernama Gedung Timur. Jika ingat proyek otonomi daerah tahun 2000, saat itulah pengelolaan operasinal dan lain-lain kembali ke Pemerintah Provinsi Bali.

Museum di Bali

1. Dream Museum Zone
DMZ merupakan 3D Trick Art Eye yang memiliki koleksi 120 lukisan yang dilukis oleh para seniman Korea lewat seni ilusi 3D. Meskipun 3d bukan 4d, lukisan-lukisannya nampak nyata.

foto by tripadvisor.com.sg

2. Antonio Blanco
Pembangunannya dimulai dari 28 Desember 1998 berada di atas bukit Sungai Campuhan, Ubud, Kab. Gianyar. Kedua orangtuanya adalah Spanish, faktanya Blanco mengaitkan dirinya secara geographical dan spiritual kepada Miro and Salvador Dali.

Baca Juga  Circus Waterpark Bali, Wahana Air Menarik di Bali

Menurut wisatawan dari Spayol, US Florida, Rusia, Australia, Japan dll yang kesini menilai bahwa karya-karyamya mengandung artistik sangat tinggi terhadap kehidupan masyarakat di pulau dewata. Bahkan Presiden Soekarno dan Soeharto begitu kagum dengan lukisan wanita Bali karyamya.

foto by terraceatkuta.com

3. Bali Shell
Museum Kerang Bali atau Bali Shell Museum merupakan satu-satumua di Indonesia yang berdiri sejak 2009 dan bisa dibilang satu-satunya yang ada di Indonesia. Membutuhkan perjalanan sekitar 15 menit dari Denpasar.

foto by bali-indonesia.com

4. Le Mayeur
Lokasinya ada di tepi Pantai Sanur. Le Mayeur memiliki kurang lebih 88 buah lukisan menggunakan beragam media seperti bagor (goni), kanvas, tripleks, kertas, dan hardboard.

foto by balidirections.com

5. Museum Kain
Anda dapat belajar segala sesuatu yang berhubungan dengan kain dari jenis hingga tehnik pembuatan. Terdapat berbagai koleksi kain seluruh Nusantara seperti batik, dsb.

foto by inilahbali.com

6. Subak
Disini terdapat koleksi alat-alat pertanian tradisional dan segala sesuatu yang berhubungan dengan pertanian seperti sistem irigasi tradisional Bali yang dinamakan subak.

foto by mobgenic.com

7. Geopark Batur
Letaknya di Jalan Raya Penelokan, Kintamani, Bangli tepatnya di selatan Gunung Batur. Saat berkunjung kesini, Anda akan mendapatkan segala pengetahuan mengenai geopark nasional dan juga global.

foto by geomagz.geologi.esdm.go.id

8. Neka Art Museum
Beralamat di Jl. Raya Campuhan, Kedewatan, Ubud, dan diresmikan pertama kali pada tahun 1982. Memiliki sekitar 300 lukisan dari berbagai seniman baik dalam maupun luar negeri.

foto by expedia.co.id

9. Pasifika
Memiliki kurang lebih 600 karya seni dari 200 seniman dari Indonesia, Indochina Peninsula, Melanesia Pasifik dan Polinesia, serta beberapa negara di Asia lainnya.

foto by bali-indonesia.com

10. Puri Agung Karangasem
Di Kabupaten Karangasem Bali selain terkenal dengan lokasi Rumah Coklat, disini nuga terdapat Museum Puri Agung Karangasem. DEsain interiornya adalah perpaduan antara Bali, China dan Europe yang hingga kini masih tampak utuh.

foto by wisata-bali.com

11. Museum Becak Indonesia
Disini terdapat koleksi beragam becak sebagai alat transportasi tradisional dengan keunikan desainnya. Lokasinya di Jl. Mertanadi Kompleks Pertokoan Sunset Paradise no 169 Kuta, Kabupaten Badung.

foto by kocakindo.16mb.com

12. Museum Kartun
Letaknya di Jalan Sunset Road No.85, No. Telepon: (0361) 8477425. Dekat dengan lokasi pusat oleh-oleh Pabrik Jangkrik 85.

foto by soupchat.org

13. Upside Down World
Berada di Jalan Bypass Ngurah Rai Pemogan Nomor 726, Upside Down World menawarkan keunikan dan pengalaman lain daripada yang lain karena saat berfoto berasa seperti terbalik. Salah satu museum yang recommended untuk dikunjungi dengan cost sebesar Rp. 100 ribu.

Baca Juga  Wisata Religi di Ubud Palace Bali yang Pas Dikunjungi Bersama Keluarga

Selajutnya ada The Ogoh Ogoh, Trick Art 3D(Jl. Sunset Road 789 Seminyak), Gedong Arca (Museum Arkeologi/ archeology), Monumen Bajra Sandhi (Jalan Raya Puputan No. 142, Panjer tepatnya di Lapangan Puputan Renon), ARMA Museum & Resort, Puri Lukisan, Rumah Topeng dan Wayang Setia Darma, Galeri Seni Rudana, dll.

foto by bali-indonesia.com

Di Indonesia juga memiliki beberapa lokasi museum yang terkenal karena keunikan dan koleksinya seperti Batak Balige Sumatera Utara, Kodam Mulawarman Balikpapan, Istana Mangkunegaran (Banjarsari, Solo), Museum Angkut (Batu Malang) dan banyak lagi.

Lokasi: Jl. Mayor Wisnu No.1, Dangin Puri, Denpasar, Bali 80232
Map: KlikDisini
HTM: Rp. 5000,-/Orang
Buka/Tutup: 08.00-15.00 WITA
Telepon: (0361) 222680

0/5 (0 Reviews)

Related Post

Comments are closed.