Menelusuri Rekam Sejarah Perjuangan Rakyat Bali di Monumen Bajra Sandhi

492 views

Di pertengahan Jl. Raya niti mandala terdapat sebuah bangunan bersejarah berdiri kokoh yaitu Monumen Perjuangan Rakyat Bali. Monumen ini popular dengan sebutan ‘Monumen Bajra Sandhi’. Di monumen ini terdapat koleksi diorama yang menjelaskan bagaimana masyarakat Bali dahulu secara heroik berjuang untuk kemerdekaan RI.

Monumen yang megah dan indah ini meyimpan sejarah perjuangan masyarakat Bali juga memiliki kisah dan cerita menarik yang kemungkinan besar belum banyak orang mengetahuinya.

foto by rentalmobilbali.net

Datanglah ke monumen ini untuk mempelajari sejarah di Pulau dewata dari Zaman Prasejarah, Bali Kuno, Pergolakan Fisik sampai masa dimana rakyat Bali mempertahankan dan mengisi kemerdekaan. Lokasinya ada di Jl. Raya Puputan Niti Mandala, Denpasar, Bali, Indonesia.

Deskripsi

Monumen Bajra Sandhi adalah simbol perjuangan rakyat dan mempunyai fungsi yang hamper sama seperti Monumen Nasional atau yang terkenal dengan Monas, Jakarta. Akan tetapi, gaya arsitektur keduanya jauh beda sekali.

Gaya arsitektur Monumen Perjuangan Rakyat Bali sangat Bali sekali lengkap dengan ornament ukiran-ukiran detail dan memiliki nilai arsitektur tingkat tinggi. Bangunan monument ini memiliki keunikan dibandingkan bentuk monumen pada umumnya. Jika dilihat secara keseluruhan bentuknya serupa dengan genta.

foto by rentalmobilbali.net

Genta adalah lonceng kecil yang sering digunakan oleh para pendeta Hindu ketika sedang memimpin upacara agama atau sembahyang. Selain gaya arsitektur yang memukau, objek wisata sejarah ini memiliki daya tarik tersendiri sehingga banyak wisatawan yang datang berkunjung.

Untuk para wisatawan yang datang dari Korea, Tiongkok, Japan, atau Negara Asia lainnya, bentuk Bajra Sandhi mirip dengan Pagoda. Mereka menganggap monumen ini adalah Pagoda yang biasa mereka lihat di negaranya.

foto by travel.kompas.com

Oleh karena itu, jika Anda berkunjung kesini jangan heran jika banyak wisatawan yang datang dari beberapa Negara di Asia. Tempat ini memiliki keistimewaan tersendiri terutama bagi masyarakat Bali. Selain tertarik akan sejarah, para wisatwan banyak yang datang untuk mengambil foto atau gambar bangunan indah monument.

foto by instagram.com/astrinadwiyuli/

Selain itu, banyak para pelajar atau mahasiswa yang mengumpulkan informasi sejarah sebagai bahan membuat laporan, karya tulis dan makalah lengkap atau singkat tentang perjuangan rakyat Bali dari zaman dulu.

Baca Juga  Enjoy Shopping, Bermain dan Santap Lengkap di Mal Bali Galeria

Meskipun mereka dapat melihatnya diinternet seperti di Wikipedia untuk mengetahui informasi sejarah, letak geografis dan lainnya, namun mereka memilih datang langsung identifikasi ke tkp.

foto by instagram.com/prasetyo3648/

Tidak hanya Museum, Monumen Bajra Sandhi memiliki fasilitas area perpustakaan, kolam ikan, hasil kerajinan tangan khas Bali dan toilet. Di bangunan bagian dalam ada 4 anak tangga untuk menuju lantai 2.

foto by anythingbali.com

Lantai 2 berisi kisah dan cerita bagaimana perjuangan rakyat Bali pada masa prasejarah. Kemudian terdapat informasi berkembangnya peradaban rakyat Bali, sejarah Kerajaan yang ada di Pulau Dewata, sampai masa perjuangan rakyat Bali meraih kemerdekaan. Kisah rakyat Bali ini digambarkan kedalam 33 diorama.

Di lantai 2 ini ada sebuah tangga melingkar untuk sampai ke lantai 3 dan menurut beberapa pengunjung yang pernah kesini agak membuat pusing ketika menaikinya. Lantai 3 ini ada ruangan lumayan luas dan terdapat jendela kaca mengelilinginya.

foto by tribunnews.com

Ketika berada di lantai 3 Monumen Bajra Sandhi, Anda bias menikmati langsung panorama kota Denpasar dan sekitarnya secara 3600. Tidak ada bangunan tinggi menjulang angkasi di kota ini karena memang dari Perda ada larangannya. Bangunan yang dibangun disini tidak boleh melebihi 30 meter.

foto by instagram.com/ivadhptr/

Lokasi Monumen Bajra Sandhi

Monumen Bajra Sandhi tepatnya berada di Jalan Raya Puputan No. 142, Panjer, Denpasar Selatan. Berada di depan Kantor Gubernur Kepala Daerah Prov. Bali atau di depan Gedung DPRD Provinsi Bali Niti Mandala Renon atau letak persis ada di Lapangan Puputan Renon.

foto by jalan-jalan-bali.com

Di Denpasar, Selain monumen Bajra Sandhiterdapat beberapa tujuan wisata lain diantaranya Art Center, Museum Bali dan Sanur. Mungkin lebih baik jika Anda menggunakan jasa rental mobil dan supir sekalian.

Baca Juga  Danau Beratan, Sebuah Objek Wisata di Bali yang Sangat Menyenangkan

Ada pilihan waktu yang akan digunakan untuk rental dan minimalnya 10 jam. Selain lebih irit, ini juga akan memudahkan Anda menjelajahi objek-objek wisata disini. Jika menggunakan transportasi umum mungkin biaya yang dibutuhkan bias lebih besar apalagi jika datangnya rame-rame.

foto by instagram.com/yan_xhen/

Harga Tiket Masuk Monumen Bajra Sandhi

Untuk entrance fee atau biaya tiket masuk kesini cukup terjangkau. Tiket masuk pengunjung dewasa sebesar Rp 25.000/orang. Untuk anak-anak (TK/ SD) sebesar Rp 2,000/anak. Sedangkan pelajar SMP, SMA & Mahasiswa sebesar Rp 5,000/orang.

Biaya parkir mobil ebesar Rp 5.000/mobil dan untuk parkir kendaraan roda dua sebesar Rp 2.000/ motor. Sedangkan jam buka Monumen Bajra Sandhi untuk hari Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jum’at adalah 08.00–18.00, hari Sabtu 09.00–18.00 dan Minggu 10.00–18.00.

Sejarah dan Asal Usul

Luas monumen adalah 4.900 meter persegi (70 m x 70 m) sedangkan luas tanah mencapai 138.830 m2. Monumen Bajra Sandhi terbagi ke beberapa bagian baik horizontal dan vertikal diantaranya Utamaning Utama Mandala, Madyaning Utama Mandala, dan Nistaning Utama Mandala.

fotoo by teluklove.com

Jika dilihat secara horizontal, struktur bangunan adalah segi empat bujur sangkar yang simetris serta memiliki konsep Tri Mandala. Jika dilihat secara vertikal, bangunannya terbagi jadi 3 dengan konsep tri Angga (Utama, Madya, dan Nista).

Pembahasan tentang Monument ini berawal di tahun 1981. Rancangan arsitek Ir. Ida Bagus Gede Yadnya yang terpilih untuk digunakan kala itu. Latar belakang berdirinya adalah pemprov bali mengadakan kompetisi dan karya Gede Yadnya yang menggambarkan perjuangan rakyat Bali lah yang didisetujui.

Setelah melewati beberapa proses yang cukup panjang, pada tahun 1987 atas ide mantan Gubernur Bali Bapak Ida Bagus Mantra monumen akan didirikan. Peresmiannya oleh Ibu Presiden Megawati Soekarno Putri pada tanggal 14 Juni tahun 2003.

Baca Juga  Nikmati Sensasi Menginap Murah dan Nyaman di Alila Uluwatu Bali

Ukiran dan ornament yang ada di bangunan monument Bajra Sandhi memiliki pengertian atau makna filosofi tentang agama Hindu. Istilah “Bajra Sandhi” didapat dari bentuk monumen dari jauh seperti lonceng atau dalam bahasa Bali disebut ‘bajra’. Sedangkan di bagian atas bangunan ada sebuah periuk atau kumba sebagai simbolGuci Amertha.

Tidak hanya kental akan nilai-nilai ajaran agama Hindu, tempat ini juga melambangkan nasionalisme. Ada 17 gerbang utama dan 8 pilar disini yang bermakna 17 Agustus. Memiliki tinggi keseluruhan mencapai 45 meter seperti tahun kemerdekaan RI.

Isi monumen adalah 33 diorama dengan pesan moral tentang bagaimana menjaga semangat kebangsaan yang dahulu didapat atas tetes darah dan pengorbanan luar biasa para pahlawan.

foto by tribunnews.com

Diorama disini juga menggambarkan keadaan ketika Pertempuran Puputan Klungkung, Badung, kejadian Patih I Gusti Ketut Jelantik merobek surat Belanda dan penyebaran proklamasi kemerdekaan RI 1945.

Lokasi : Jalan Raya Puputan No. 142, Panjer, Denpasar Selatan, Bali 80234
Map : KlikDisini
HTM : Rp. 25.000/ Orang
Buka/Tutup : 08.00-18.00
Telepon : 0823-3027-2304

0/5 (0 Reviews)

Related Post

Leave a reply