Pesona Kolam Hijau Curug Leuwi Lieuk Sentul Bikin Betah Berlama-lama, 12 Gambar Ini Buktinya!

1134 views

Ada surga tersembunyi di balik hutan di gunung Sentul bagian Selatan bernama Leuwi Lieuk adik dari Leuwi Hejo. Selain banyak lokasi air terjun atau curug, Bogor juga memiliki banyak lokasi leuwi seperti cipet, ciung, dll.

foto by portalwisata.co.id

Letak Leuwi Lieuk

Alamat Leuwi Lieuk berada di Desa Karang Tengah, Kelurahan Pabuaran, Babakan Kecamatan Madang, Cibadak, Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Indonesia. Rute jalannya sama persis ketika hendak ke Leuwi Hejo. Seperti kata pepatah sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui.

Rute Jalan

Anda dapat menggunakan jalur Sentul atau Citereup. Arahkan kemudi Anda menuju ke Bundaran Sentul Nirwana kemudian belok kiri ke Jungle land. Jika sudah tiba di derah ini, cari pintu masuk dan disebelah kanannya ini ada jalan agak menanjak. Anda lewat jalan menanjak ini kemudian lurus terus sampai tiba di sebuah pertigaan.

Dari pertigaan tersebut, beloklah ke kiri dan jalan terus kurang lebih sekitar 5 km akan Anda temui spanduk besar bertuliskan ‘Curug Leuwi Hejo’. Anda tinggal ikuti karena memang lokasi mereka satu area.

Pengunjung bisa menitipkan kendaraan di Posyandu atau agak naik di area bukit sehingga lebih dekat dari lokasi leuwi. Curug Barong, Leuwi Lieuk dan Hejo masih satu area oleh karena itu jika datang pagian kemungkinan dapat mengexplore ketiga titik wisata populer ini. Tempat parkir wisata Leuwi Lieuk dan Leuwi Hejo tidak berbeda.

foto by baginspirasi.blogspot.co.id

Dari lokasi parkir ke tempat pembayaran tiket kira-kira membutuhkan waktu 15 menit. Perjalanannya turun bukit dengan jalan kaki. Selain loket, terdapat parkir motor, warung-warung dan toilet.

foto by dianjuarsa.com

Anda akan melihat sebuah persimpangan yang memiliki arah jalan menuju ke titik lokasi wisata. Untuk yang ingin ke Leuwi Hejo, dari persimpangan lurus saja sedangkan yang arah atas agak nanjak menuju Leuwi Lieuk dan Curug Barong.

foto by baginspirasi.blogspot.co.id

Tetap selalu waspada karena tracking naik turun serta kondisi jalan yang cukup curam. Dari tempat pembayaran tiket terus agak naik sekitar 10 menit ada sebuah pertigaan. Anda pilih belok ke kanan karena inilah jalur ke Leuwi Lieuk. Jika belok kiri, Anda akan sampai di Curug Barong.

Baca Juga  Nikmati Liburan yang Menyenangkan Bersama Keluarga di Curug Panjang Bogor

Sekitar 20 menit perjalanan, Anda akan bertemu sebuah sungai. Untuk sampai di Leuwi Lieuk terdapat dua rute yang bisa ditempuh. Pertama adalah menyeberangi kolam atau oleh warga setempat dinamakan Leuwi Cepet.

foto by Leuwi Cepet

Ini juga merupakan sebuah wana wisata tapi dikarenakan daya tariknya kurang dan agak kecil sehingga kedua leuwi diatas yang terpopuler. Konsekuensi lewat sini adalah seluruh badan basah beserta bawaan karena harus berjalan atau berenang di kolam yang dalamnya sekitar 1,5 m.

Rute kedua adalah nyebang sungai kemudian berjalan kaki melalui bukit. Tracking di jalur perbukitan juga lumayan menanjak serta cukup licin. Jadi terserah Anda ingin cepat tapi basah atau agak sedikit lama tapi trackingnya luamayan menanjak.

foto by triptrus.com

Ketika Anda melintasi area perbukitan, tampak dari jauh lokais yang akan Anda tuju terlihat begitu indah, airnya berwarna hijau bersih ditambah pemandangan sekitar yang luar biasa. rasa capek karena harus berjalan untuk sampai lokasi seakan sirna berganti antusia ingin nyemplung.

Ada dua tebing tinggi menjulang yang mengapitnya, warna hijau airnya bak zamrud khatulistiwa. Tempat ini serupa dengan Green Canyon yang ada di Pangandaran. Perbedaannya hanya tebing di Green Canyon Pangandaran yang lebih tinggi sehingga lebih menantang untuk aktivitas body rafting.

foto by youtube.com

Disini, tidak dilengkapi fasilitas tersebut pengunjung hanya berenang dan menikmati keindahan alam disekitarya. Lukisan san Pencipta memang begitu sempurna dan luar biasa indah.

Bagi Anda pecinta tantangan, pasti berenang dan berendam air agak mainstream, bukan. Cobalah melompat diatas batu dan nyebur ke air. Terdapat 3 area melompat dengan tinggi spot loncat bervariasi. Ada yang tinggi 3 meter kemudian 5 meter dan yang paling tinggi mencapai 6 atau 7 meter.

foto by instagram.com/heyrikipee/

Coba dulu yang 3 meter, jika masih kurang puas naikkan lagi level ketinggiannya. Warning! ini disarankan bagi yang bisa berenang karena tentu bahaya hanya melompat tapi tidak disertai skill berenang. Jika terjadi keram pada anggota tubuh dan tenggelam akan bahaya sekali.

Baca Juga  Mau Kulineran Halal di Cirebon? 20 Rumah Makan ini Solusinya

Bagi yang tidak mahir berenang jangan ke tengah-tengah karena semakin menengah, kolamnya semakin dalam. Meskipun tak sedalam Leuwi Hejo (sekitar 5-6 meter) dan disini hanya sekitar 4 meteran namun tetap waspada tidak ada salahnya.

foto by wisatakita.net

Untuk yang tidak bisa berenang sebaiknya jangan ikutan lompat karena fasilitas alat pengaman seperti penyewaan pelampung dan sebagainya memang tidak ada. Anda cukup bermain air, berendam sambil relaksasi melihat pemandangan sekelilingnya atau berfoto. Pemandangan luar biasa sayang jika tidak diabadikan dalam foto.

foto by ngetripyuk.id

Harga Tiket Masuk

Wisata kesini ini sangat terjangkau, cukup dengan uang 10.000 ribu saja untuk tiket masuknya. Sedangkan biaya parkir roda dua sebesar Rp. 5000 dan biaya parkir roda empat sebesar Rp. 10.000.

Leuwi Hejo

Jika kebetulan waktu Anda masih cukup, bagaimana jika sekalian mengunjungi Leuwi Hejo. Harga tiketnya sama yaitu 10 ribu juga. Kakak dari leuwi Lieuk ini jauh lebih dalam dan juga populer sehingga banyak pengunjung yang datang berwisata. Tempat ini dibuka dari pukul 8 pagi hingga 5 sore dari hari Senin – Minggu.

Curug Barong

Lokasi air terjun satu ini termasuk yang paling direkomendasikan ketika Anda sedang di Bogor. Kenapa demikian? karena pemandangannya benar-benar indah seperti surga yang tersembunyi. Airnya jernih, bersih dan pasti menyegarkan.

foto by lovelybogor.wordpress.com

Setelah kolam hijau, tak ada salahnya sekalian mampir kesini dan pastikan waktu Anda masih cukup. Dijamin tidak akan menyesal. Harga tiketnya hanya 10 ribu dan dibuka setiap hari.

Tips

Bagi Anda hendak kesini sangat disarankan berangkatnya mulai pagi hari. Pastikan juga Anda dalam kondisi satmina yang baik. Perjalanan panjang yang hanya dapat ditempuh dengan jalan kaki pasti cukup menguras tenaga dimana trackingnya juga cukup menantang.

foto by libulibur.blogspot.co.id

Selain itu, untuk mengirit biaya travelling atau backpacker Anda, bawa bekal atau snack dari rumah. Karena di tempat wisata biaya makanan dan minuman pasti jauh lebih mahal. Namun jika malas bawa berat-berat dan budget cukup mending beli disini saja. Anda juga jangan kaget jika melihat banyak anak kecil yang meminta-minta.

Baca Juga  Makan Bersama Keluarga di 20 Restoran Dago ini

Review dari tempat ini cukup bagus, selain harga tiket masuk sangat terjangkau. Kondisi alam yang disuguhkan sanagt luar biasa meskipun kontur jalan untuk sampai lokasi cukup extra perjuangan tapi worth to try it. Jika kebetulan Anda sedang di Bogor terutama kawasana Sentul, tidak ada salahnya mencoba wana wisata ini.

Lokasi: Pabuaran, Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat 16830
Map: KlikDisini
HTM: Rp.10.000/Orang
Buka/Tutup: 06.00-18.00
Telepon:

5/5 (1 Review)

Related Post

Leave a reply