Cari Kuliner Khas Palembang, 20 Tempat ini Jawabannya

32 views

Pempek adalah kuliner terkenal khas kota bercirikan Jembatan Ampera. Tapi tak hanya pempek yang bisa Anda coba. Ada banyak sekali ragam makanan yang bisa dicicipi, bahkan menimbulkan kesan tersendiri.

Beberapa tempat ini adalah jawaban bagi Anda yang mencari makanan khas Palembang selain pempek.

1. Pindang Sri Melayu Palembang

foto by cumilebay.com

Palembang tak hanya terkenal dengan pempek nya tapi juga ada satu tempat makan khas Palembang yang jangan sampai dilewatkan. Rasanya sudah pasti enak bahkan hits dan terkenal seantero Palembang, Pindang Sri Melayu.

Tempat makan ini menawarkan aneka pindang. Selama ini kita tahu hanya pindang patin, di sini ada banyak pilihan pindang yang bisa disantap lahap bahkan foto makanannya dipost ke instagram.

Rekomendasi masakan pindang di sini, selain Pindang Patin, adalah Pindang Udang. Penyajiannya seperti rumah makan Padang, dimana tiap menu disajikan di tengah. Namun ada juga yang perlu dipesan khusus.

Pindang sendiri adalah model masakan olahan lauk yang disajikan dengan kuah panas, asam, pedas, manis. Sekilas mirip Tom Yam. Di sini ada Pindang Udang, Pindang Belido, Pindang Salai, Pindang Baung, serta Pindang Tulang.

foto by cumilebay.com

Kuliner satu ini memang mantap jika dinikmati dengan keluarga. Recommended! Memang bukan ikan laut atau seafood seperti kepiting tapi rasanya tak perlu diragukan. Lupakan Chinese Food atau olahan babi (non halal) saat berkunjung ke sini.

Selain itu tempatnya cukup luas dan nyaman untuk menampung banyak pengunjung. Harganya pun terjangkau dengan lokasi yang mudah digapai.

Kalau datang dari PTC, membutuhkan waktu sekitar 20 menit menggunakan kendaraan pribadi atau 5 menit dari Palembang Square. Masukan tempat makan ini sebagai list kunjungan 2018 Anda.

Baca Juga  20 Tempat Makan Khas Wong Kito Galo ini Sayang Dilewatkan Jika Berkunjung ke Palembang

Lokasi: Jalan Demang Lebar Daun Nomor 1, Ilir Bar 1, Kota Palembang, Sumatra Selatan
Harga: Rp 10.000 – RP 80.000
Jam Buka: 08.00 – 22.00 WIB

2. Lorong Basah Night Culinary

foto by kordanews.com

Sesuai dengan namanya, Lorong Basah Night Culinary, kawasan wisata kuliner ini buka dari malam hari. Menyajikan berbagai bisnis makanan khas Palembang dalam satu tempat menjadikan kawasan ini icon baru di kota Palembang.

Ramai pengunjung adalah kalimat yang akan muncul di benak Anda pertama kali melihat tempat ini. Sejarahnya, lokasi ini sebelum ditata adalah jalan atau lorong berjualan pedagang kaki lima. Ditambah banyak yang mengeluh sulit mencari kuliner malam di daerah Palembang.

foto by semaymedia.com

Panjang lorong sekitar 180 meter menjual makanan khas Palembang seperti Empek-empek, tekwan, es belimbing, durian, dan makanan daerah lain. Anda bisa bebas memilih makanan di sini dengan harga murah meriah. Tapi siap-siap rebutan tempat duduk dengan pengunjung lain, ya.

Lokasi: Jalan Sentot Ali Basah, 16, Ilir Timur 1, Palembang, Sumatra Selatan
Harga: Rp 10.000 – Rp 100.000
Jam Buka: 19.00 – 24.00 WIB

3. Mie Celor Pasar 26 Ilir

foto by sumselnian.com

Kuliner asli Palembang lain yang buka dari pagi sampai malam hari ini merupakan favorit Bondan Winarno selain Pempek. Referensi yang didapat langsung dari ahli kuliner memang tak salah.

Resepnya adalah mie dan taoge dicelor atau direndam air mendidih dulu kemudian disajikan dengan kuah santan dan ebi. Kemudian ditambah irisan telur rebus, daun seledri, bawang goreng, dan daun bawang.

foto by tripadvisor.co.id

Rasanya top menjadikan tempat ini banyak ditulis di blog pencinta makanan atau traveler. Kalau Anda baru saja datang dari Bandung atau Jakarta dan mendarat di bandara, ada baiknya mampir dulu ke tempat ini sebelum check in di Hotel Aston.

Baca Juga  Selipkan 20 Restoran “Tak Terlalu” Palembang ini Jika Bertandang ke Bumi Sriwijaya

Lokasi: Jalan KH Ahmad Dahlan Nomor 2, Pasar 26 Ilir, Palembang, Sumatera Selatan
Harga: Rp 20.000
Jam Buka: 06.30 – 19.30

4. Es Kacang Merah Mamat Lapangan Hatta

foto by goodindonesianfood.com

Sebaiknya jangan datang di hari Jumat jika ingin mencicipi kesegaran Es Kacang Merah Mamat Lapangan Hatta satu ini. Ini karena tempat ini tutup bisnisnya. Lokasinya memang dekat dengan Lapangan Hatta dan Jalan Rajawali.

Menurut review pengunjung yang sudah datang, di sinilah tempat makan es kacang merah yang tepat. Jangan lihat dari sederhana bentuk warung tapi tersimpan rasa legendaris. Aneka pempek juga disajikan di sini jika ingin sekalian makan. Sembari mencari loker terbaru rasanya adem makan es kacang merah.

foto by tokopedia.com

Rasa es kacang merahnya seperti festival seni di dalam mulut. Untuk mengenang, Anda bisa mengambil gambar dan memasukannya ke IG dan memberi caption berupa info kuliner. Ini akan membuat Anda seperti membuat berita tapi dalam versi sosial media.

Lokasi: Jalan Kebon Manggis, Kepandean Baru, Ilir, Palembang, Sumatra Selatan
Harga: Rp 10.000 – Rp 50.000
Jam Buka: 08.00 – 16.00 WIB

5. Durian, Kawasan Pasar Kuto

foto by suzannita.com

Pasar Kuto selayaknya pasar biasa yang menjual sayur mayur, lauk pauk, beras, kebutuhan rumah tangga, jajanan dan sebagainya. Namun di sini juga terkenal dengan menjual si Raja Buah setiap hari tak peduli musim apa pun.

Kalau Anda punya budaya sendiri menikmati makan durian di pasar, tempat ini paling pas. Lokasinya hanya 15 menit menggunakan sepeda motor dari Jembatan Ampera. Buka selama 24 jam penuh setiap hari, tempat ini tak sepi pemburu durian.

Baca Juga  Kalau Mau Buka Puasa di Palembang, Wajib ke 20 Tempat Makan Favorit ini

Jenis durian di sini berasal dari Sumatra seperti Lahat, Tanjung, Padang, serta Medan. Walau bukan kota penghasil durian, tetap saja durian selalu ada di sini. Apalagi bulan Oktober – Desember ketika musim durian tiba.

foto by cumilebay.com

Jangan lupa untuk sempatkan cicip durian di sini sebelum melanjutkan perjalanan ke Plaju atau GOR Jakabaring yang berdekatan dengan Sekolah Poltekpar Palembang. Makan durian pun bisa juga sebagai penutup setelah menikmati Bakmi Aloi atau Dapoer Palembang.

Lokasi: Pasar Kuto, Jalan Slamet Riyadi, Palembang, Sumatra Selatan
Harga: Rp 20.000 – Rp 50.000
Jam Buka: 24 jam

Baca Halaman Selanjutnya

5 Tempat Makan Khas Wong Kito Galo ini Sayang Dilewatkan Jika Berkunjung ke Palembang

Selipkan 5 Restoran “Tak Terlalu” Palembang ini Jika Bertandang ke Bumi Sriwijaya

Kalau Mau Buka Puasa di Palembang, Wajib ke 5 Tempat Makan Favorit ini

0/5 (0 Reviews)

Related Post

Leave a reply