25 Tempat Kuliner Lampung, Harganya di Bawah Rp.100.000

23 views

Way Kambas, Festival Anak Krakatau adalah yang teringat jika mengunjungi Lampung. Lampung tak hanya memiliki festival atau destinasi wisata menarik tetapi juga kuliner beragam.

Nah, berbicara kuliner Lampung tak komplit jika belum membicarakan kamus kuliner lampung di instagram atau IG.

Instagram @kuliner_lampung dikelola oleh @alejenes ini memang membuat daftar kuliner di kota ini yang terkenal, murah, sekaligus enak dimana foto food nya yang menggugah selera. Tiap gambar memiliki penjelasannya sendiri.

Jangan kalah dengan akun tersebut, Anda bisa mencoba makanan enak dari daerah ini jika menyambangi tempat di bawah ini. Tak ada salahnya Anda terbang dari Jakarta, sampai bandara langsung wisata kuliner khas Lampung.

1. D’Seruit Lampung

foto by lampung.tribunnews.com

Istilah Seruit memuliki arti makan besar orang Lampung. Saat itu penyajiannya berupa nasi hangat, tempoyak yang terbuat dari durian, sambal terasi mentah, alalapan, serta aneka kreasi olahan ikan tawar. Tak hanya itu ada beberapa baga pelengkap lain disesuaikan selera.

Rumah makan D’Seruit Lampung mengusung konsep seperti itu dipadankan dengan konsep kekinian. Muncul menu unggulan Pindang Baung. Kalau Anda ingin ikan lain, bisa juga memilih patin, gurame, serta gabus. Selain Pindang Baung, Pepes Patin Tempoyak juga favorit menu di sini.

Lokasi: City Walk Nomor 37, Gg Fayakun, Garuntang, Bumi Waras, Bandar Lampung, Lampung
Harga: Rp 20.000 – Rp 60.000
Jam Buka: 10.00 – 23.00 WIB

2. Bakso Son Hajisony

foto by makananlampung.com

Bakso beranak sempat menjadi hits di ibukota. Hampir semua penjual bakso menggunakan konsep beranak. Tentu penggemar bakso tak melewatkan kesempatan tersebut. Kalau Anda penggemar bakso dan berkunjung ke Lampung, wajib hukumnya ke Bakso Son Hajisony.

Bakso yang ditawarkan di sini sekilas sama dengan penjual bakso lain, tapi Anda perlu tahu bahwa daging bakso di sini memang seperti menggigit daging. Rasa segar dan baru potong dalam daging bakso tak perlu diragukan karena mereka memiliki tempat potong pribadi dan dijamin halal.

Sudah banyak artikel menulis tempat ini karena legendaris dan hits. Dalam semangkuk bakso terdapat bakso, mie kuning, bihun, serta lemak atau disebut juga dengan koyoran. Kuahnya juga hasil rebusan dari koyoran yang nikmat.

Baca Juga  25 Restoran Hits dan Pemuas Lapar di Lampung

Belum lengkap setelah makan bakso tak mencoba es campur. Minuman ini sanggup meredakan rasa gurih yang menari di dalam lidah. Selepas dari makan di tempat ini, sempatkan membeli di bakso paketan, pempek, atau bahkan daging sapi dekat situ. Itu juga masih di bawah naungan Bakso Son Hajisony.

Bakso Son Hajisony ini memiliki beberapa cabang di alamat berbeda di kota Bandar Lampung. Walau tak buka selama 24 jam tapi Anda tetap bisa enjoy suasana dan rasa asli yang ditawarkan. Wolter Monginsidi adalah central dari resto ini.

Lokasi: Jalan Wolter Monginsidi Nomor 42A, Durian Payung, Tanjung Karang Pusat, Bandar Lampung
Harga: Rp 15.000 – Rp 30.000
Jam Buka: 10.00 – 20.00 WIB

3. Kedai Tang – The Pork Specialist

foto by tripadvisor.co.id

Dari logo dan namanya saja sudah terlihat bahwa kedai ini merupakan spesialisasi babi. Tentu daging babi menjadi primadona di tempat ini. Nama specialist yang disematkan tak hanya sekedar nama. Banyak pengunjung yang sudah mengakui kehebatan rasa sedap yang dihasilkan.

Jika tertarik mencoba, Anda bisa mencicipi menu paling favorit di sini yaitu Nasi Campur Kedai Tang. Selain itu ada Mie Ayam Special Kedai Tang, Pork Chop serta Babi Panggang. Kalau ingin makan ayam, mereka menyediakan olahan ayam seperti Ayam Rica Rica.

Tempat makan ini berlokasi dekat dengan Begadang Resto, Pempek 88 serta Sentra Computer. Anda bisa menggunakan ojek untuk mencapai lokasi tersebut dari Begadang Resto. Silakan datang ke sini saat siang atau malam hari.

Lokasi: Jalan Salim Batubara Nomor 23, Kupang Teba, Teluk Betung Utara, Bandar Lampung
Harga: Rp 20.000 – Rp 70.000
Jam Buka: 07.00 – 15.00 WIB dan 17.00 – 21.00 WIB

4. Mie Khodon

foto by sultanrafathar.blogspot.com

Berlokasi dekat dengan Chandra Teluk Betung, atau berjarak 39 kilometer dari Agung City, Metro, Mie Khodon adalah salah satu kuliner wajib coba jika mengunjungi kota ini. Warung mie legendaris ini sudah tersohor.

Mie Khodon merupakan mie gurih yang berisi mie basah, udang kering atau ebi serta bumbu rahasia. Usaha ini sudah dikelola oleh generasi ketiga. Awalnya generasi pertama menjual mie sencara berkeliling. Anda mungkin bisa membayangkan seperti mie tek-tek. Kemudian generasi kedua meneruskannya dengan berjualan di satu tempat.

Baca Juga  25 Makanan Enak di Lampung

Walau menempati warung sederhana, pengunjung tak henti datang dan pergi. Dari sini bisa dilihat bahwa kesohoran mie khodon memang tak ada duanya.

Lokasi: Jalan Ikan Bawal Nomor 22, Pesawahan, Teluk Betung Selatan, Bandar Lampung
Harga: Rp 20.000
Jam Buka: 13.00 – 19.00 WIB

5. Kampoeng Bamboe

foto by kulinerbandarlampung.blogspot.com

Kalau Anda mencari tempat makan dengan suasana indah, asri, dan nyamam bahkan ramah anak, silakan datang ke Kampeng Bamboe. Di sini tak hanya menawarka restoran tapi juga penginapan.

Makanannya pun enak untuk disantap. Sebut saja Gurame Bakar, Ayam Kalasan, Sapi Lada Hitam, Kepiting Rica-rica, Terong Penyet, dan sebagainya.Beberapa blog pun sudah memberi info tulisan bahwa tempat ini patut dicoba.

Ketagihan? Anda bisa membungkusnya untuk makan di rumah atau delivery menggunakan jasa gojek. Makan di rumah memang enak, home sweet home.

Lokasi: Jalan griya Utama, Nomor 57, Way Halim, Bandar Lampung
Harga: Rp 20.000 – Rp 100.000
Jam Buka: 10.00 – 21.00 WIB

6. RM Begadang II

foto by garnesia.com

Kalau Anda datang dari Kalianda, membutuhkan waktu sekitar 1 jam 30 menit untuk sampai ke rumah makan Padang satu ini, RM Begadang II. Menu yang paling favorit di sini adalah Ayam Goreng yang disajikan dengan sambal Ganja. Maknyus! Seperti jargon alm. Bondan Winarso.

Selayaknya makan di masakan Padang, semua menu terhampar di meja tengah. Anda tinggal membayar yang sudah dimakan saja. Bangunannya pun menarik karena seperti atap rumah adat.

Lokasi: Jalan Diponegoro Nomor 106, Bandar Lampung
Harga: Rp 20.000 – Rp 50.000
Jam Buka: 10.00 – 22.00 WIB

7. Pindang Meranjat Riu

foto by rahmawatie.com

Pindang Meranjat Riu memuliki banyak cabang seperti di Jalan Pramuka Rajabasa, Bandar Jaya, Kota Metro, Branti Raya, Jalan Pangeran Emir M Noor. Anda bisa mencapai tempat makan ini dengan menempuh waktu 15 menit jika dari Mall Boemi Kedaton (MBK). Lokasinya pun tak jauh dari Jalan Lintas Timur.

Baca Juga  25 Tempat Makan Yang Enak di Lampung

Anda tentu senang singgah di sini setelah wawancara loker di kota Bandar Lampung di tahun 2018 ini. Menu yang disajikan ada pindang tentu saja. Pindang Ikan Simba, Pindang baung, Pindang Patin, menu seafood, serta ayam dan bebek.

Lokasi: Jalan Pangeran M. Noer, Bandar Lampung
Harga: Rp 20.000 – Rp 70.000
Jam Buka: 10.00 – 22.00 WIB

8. Mie Lampung 2

foto by explorewisata.com

Pernahkah terpikir untuk sarapan pagi menggunakan mie? Kalau iya, silakan mencoba Mie Lampung 2 yang buka sejak pagi hari. Mie Lampung satu ini tidak menggunakan bahan kimia dan dibuat segar.

Aroma bawang putih tercium lezat. Satu mangkok mie berisi mie, sawi serta suiran ayam. Kuahnya disajikan terpisah. Jika ingin tambahan topping bisa memesan pangsit rebus, bakso, dan ayam kampung rebus potong kecil-kecil.

Lokasi: Jalan Raden Intan Nomor 99/3, Enggal, Tanjung Karang Pusat, Bandar Lampung
Harga: Rp 10.000 – Rp 30.000
Jam Buka: 07.30 – 15.00 WIB

9. Pondok Santap LG

foto by opensnap.com.cn

Mengunjungi Pondok Santap LG harus mencoba menu yang tersohor, Nasi Bakar. Saking tersohornya, tempat ini malah dikenal juga dengan nama Nasi Bakar LG. Ada banyak varian nasi bakar di sini.

Varian nasi bakar itu adalah nasi bakar polos, nasi bakar empal, nasi bakar ayam, nasi bakar spesial, dan sebagainya. Tempat ini memiliki bangunan dua lantai.

Lokasi: Jalan Way Sekampung Nomor 1A, Pahoman, Rw Laut, Engal, Lampung
Harga: Rp 20.000 – Rp 50.000
Jam Buka: 09.00 – 21.00 WIB

10. Rumah Makan Khang Mengan Jejama

foto by tempatwisatakeluarga.com

Mujair Panggang, Pekhos Masin, Gulai Taboh Iwa, Sup Jejama, Petakh Gukhing adalah menu yang ditawarkan di Rumah Makan Khang Mengan Jejama.

Lokasinya sekitar 3 jam ditempuh dari Kotabumi. Penasaran ingin ke sini? Siapkan jajanan sebagai cemilan di jalan agar tak bosan.

Lokasi: Way Mengaku, Liwa, Lampung Barat
Harga: Rp 20.000 – Rp 50.000
Jam Buka: 10.00 – 22.00 WIB

Baca Halaman Selanjutnya

5 Restoran Hits dan Pemuas Lapar di Lampung

5 Tempat Makan Yang Enak di Lampung

5 Makanan Enak di Lampung

0/5 (0 Reviews)

Related Post

Leave a reply