20 Kuliner di Kediri yang Tak Bikin Kantong Bolong

40 views

Mengunjungi Kediri belum lengkap rasanya jika tak mengunjungi salah satu wisata paling favorit di sini, Monumen Simpang Lima Gumul.

Monumen ini mirip dengan Arc de Triomphe yang ada di Paris, Prancis. Kalau tak sempat ke negara asalnya, silakan saja berfoto dengan kembarannya. Bahkan memang terlihat mirip dari kejauhan.

Kota ini juga terkenal dengan Pasar Gringging, yaitu pasar yang menjual pakaian impor bekas. Anda akan menemukan banyak sekali penjual dan juga pembeli. Anda bisa hunting foto di sini lalu mengunggahnya ke instagram atau facebook.com (FB).

Puas menikmati tempat wisata, saatnya berkuliner di Kediri. Kediri memiliki banyak tempat kuliner terkenal dan juga terbaru. Beberapa memang khas asli Kediri, beberapa lagi merupakan bawaan para pendatang baru.

1. Sate Emprit Mbah Darmo

foto by gotravelly.com

Berlokasi dekat dengan SMA Negeri 1 Gurah atau 30 menit dari Kabupaten Kediri, Sate Emprit Mbah Darmo melayani hingga malam hari. Anda bisa Order Sate Emprit, Krengsengan Emprit, Emprit Goreng, Sate Biawak, Sate Kalkun, Ayam Bakar, Nasi, Sampai Sate Kambing.

Menunya memang cukup extreme tapi minumnya tetap sederhana seperti Es Teh, Teh Manis Hangat, atau Jeruk Manis. Warung makan ekstrim ini beralamat tak jauh dari Stasiun Kediri. Walau tempat ini sudah hits tapi suasananya masih sederhana selayaknya warung makan biasa.

foto by gotravelly.com

Lokasi: Jalan Ahmad Yani, Drangin, Wonojoyo, Gurah, Kediri, Jawa Timur
Harga: Rp 20.000 – Rp 40.000
Jam Buka: 09.00 – 22.00 WIB

2. Super Sambal Mak Sri

foto by kuliner.erawisata.com

Kalau Super Sambal Mak Sri berbeda lagi, tempat makan murah tapi enak di Jatim memiliki pelayanan delivery pihak ketiga. Anda bisa memesan aneka makanan di sini tanpa harus keluar rumah. Silakan order menu tersebut secara online. Tahun 2018 hampir semua serba online.

Baca Juga  90 Restoran Murah di Surabaya ini Dapat Dijadikan Pilihan Untuk Merayakan Ulang Tahun

Menu yang bisa Anda pilih yaitu Ayam Kampung, Bebek Goreng, Ikan Gurami, Burung Dara, Puyuh, Sate Paru. Sedangkan menu spesial ada Bakso Kelapa Muda, Paket Bebek Tempur, Garang Asem Iwak Kali, sampai Rica-rica Puyuh. Jangan lupa Sambal Bawang untuk sensasi pedas.

foto by supersambelmaksri.blogspot.com/

Super Sambal Mak Sri bisa dijadikan info makan siang hari saat Anda liburan bersama keluarga atau jam makan siang.

Lokasi: Jalan HOS Cokroaminoto Nomor 199, Kediri, Jawa Timur
Harga: Rp 5.000 – Rp 40.000
Jam Buka: 09.00 – 21.00 WIB

3. RM Bu Titin

foto by catatanrasa.com

RM Bu Titin terletak tak jauh dari area Kandangan. Rumah makan ini berkonsep menu Jawa Timuran. Menu rekomendasi di sini adalah Garang Asem. Tapi ternyata ada makanan lain yang legenda, Kutuk Gabus Pedas. Menu ini dimasak dengan sayuran bersantan dan kuah pedas.

Selain itu ada Sayur Jantung Pisang, Ikan Peda Bumbu Botok. Mantap! Anda bisa menyantap menu ini untuk makan pagi, siang atau malam. Interior tempat makan satu ini menampilkan gambar makanan yang ditawarkan. Anda bisa memilih sembari melihat penampakannya.

foto by depottitinkhastrenggalek.blogspot.com

Sekedar info, RM Bu Titin satu ini tidak membuka cabang atau grup dimana pun. Posisinya dekat dengan Marita Lesehan, tempat makan mie Happy Noodle serta Rumah Makan Dua Dua. namun cukup jauh dari Alun-alun Kediri, sekitar 1 jam perjalanan.

Lokasi: Jalan Mayor Bismo, Pare Kediri, Jawa Timur
Harga: Rp 20.000 – Rp 50.000
Jam Buka: 08.30 – 22.00 WIB

4. Sate Babi Pakelan

foto by sate-babi-pakelan.business.site

Bermodalkan gerobak sederhana, tempat makan ini terlihat dari pinggir jalan raya. Sekilas mirip angkringan tapi memiliki babi sebagai menu utama. Memang kuliner babi yang tersohor ada di Bali tapi Kediri juga punya.

Baca Juga  Nikmatnya Sajian Masakan dari 5 Tempat Makan di Cito Surabaya ini

Anda bisa memesan Sate Babi, Krengsengan, serta Sayur Asin. Pengunjung pun merasa jangan melihat tempatnya yang sederhana tapi rasanya mewah. Lokasinya tak jauh dari mall di kediri yaitu Kediri Town Square, bukan bakso beranak Bakso Barokah 313, Pier 88 Retso Cafe. Sekitarnya pun juga banyak tempat jajanan mengenyangkan.

foto by tripadvisor.co.id

Lokasi: Jalan Trunojoyo, Pakelan, Kediri, Jawa Timur
Harga: Rp 20.000 – Rp 50.000
Jam Buka: 09.00 – 16.00 WIB

5. RM Spesial Belut Surabaya

foto by stalktr.com

Rumah makan ini seperti pengobat kangen masakan Surabaya jika Anda orang Surabaya yang bermukin di Kediri. Ada berbagai hidangan belut mantap siap menggoyang lidah seperti Pecel Belut, Belut Lada Hitam, Belut Saos Inggris. Anda bisa memilih basah, biasa, atau kering.

Selain itu ada pula menu lain seperti Burung Dara Goreng, Bebek Goreng, terong Penyet, Tempe Mendoan, aneka sambal. Anda pun tak perlu takut jika tak suka belut namun ingin menemani teman yang ngidam.

Kalau dari sini Anda ingin menyantap hidangan seperti Ceker Maud, lokasinya hanya berjarak 7 kilometer atau 2 menit perjalanan. Atau ingin Sate Bekicot Turbo Mbak Saza Kilisuci silakan saja berjalan kaki karena hanya berjaarak 200 meter saja. Namun butuh waktu 13 menit untuk menikmati Sate Jamur Anugerah.

foto by baliexpress.jawapos.com

Lokasi: Jalan Kilisuci Nomor 70, Setono Pande, Kediri, Jawa Timur
Harga: Rp 20.000 – Rp 70.000
Jam Buka: 11.00 – 22.00 WIB

Ada berbagai acara festival yang diselenggarakan di Kediri seperti Kediri Street Food Festoval, Festival Panji Internasional, dan sebagainya. Agar lebih berkesan, Anda bisa datang saat perhelatan ini berlangsung sehingga memiliki pengalaman berbeda dan lebih kekinian.

Baca Juga  Berkunjung Ke Malang? Jangan Lupa Singgah Ke Cafe Sawah Pujon Kidul

Baca Halaman Selanjutnya

5 Tempat Makan Hits, Murah dan Enak di Kediri

5 Restoran Pemuas Lapar di Kediri

5 Rekomendasi Tempat Kuliner di Pare Kediri Yang Wajib Dicoba

0/5 (0 Reviews)

Related Post

Leave a reply