Inilah 20 Tempat Wisata Kuliner di Cirebon yang Terkenal dan Wajib Dikunjungi

460 views

Terkenal dengan sebutan Kota Udang, Cirebon sudah mulai berkembang tak hanya menjadi tempat singgah. Ada banyaknya pembangunan seperti Citraland Cirebon yang tak jauh dari Jalan Kepiting, Grage City Mall, CSB, bahkan Bandara Cakrabhuwana. Bagi Anda warga asli Cirebon pasti bangga dengan pengembangan ini.

Kota ini juga hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam dari Indramayu menggunakan jalur darat atau 3 jam perjalanan menggunakan kereta api dari ibukota. Kota kecil ini pun menawarkan berbagai kuliner istimewa wajib coba, seperti berikut ini.

1. Nasi Lengko H. Barno

foto by kulinerdicirebon.blogspot.com

Nasi Lengko bisa dikatakan adalah makanan bagi pencinta sayur-sayuran. Pasalnya dalam satu piring nasi lengko terdapat irisan timun, daun kocai, bawang goreng, taoge rebus, tempe dan tahu goreng disiram bumbu sambal kacang.

Tak lupa kecap manis cap matahari ditaruh di atas meja. Kalau mau makan nasi lengko, Anda sebaiknya mengaduk semuanya menjadi satu. Jangan lupa tambahkan kecap manis yang hits tersebut agar rasa semakin enak. Namun jangan lupa ambil gambar sebelum diaduk untuk diupload ke instagram (IG) agar semakin kekinian.

Ada banyak tempat yang menawarkan Nasi Lengko, tapi satu tempat ini merupakan rekomendasi banyak orang yang buka dari pagi sampai malam hari. Nasi Lengko H. Barno beralamat di Jalan Pagongan.

Tempatnya cukup luas untuk menampung banyak pengunjung. Tak hanya nasi lengko, di sini pun disediakan sate kambing muda sebagai pendamping makan nasi lengko.

foto by garnesia.com

Dekat gerai Nasi Lengko H. Barno, terdapat penjual kue legendaris bernama Kue Tapel. Kalau Anda datang saat jam 10 pagi, sempatkan untuk membeli kue tapel untuk dibawa pulang. Menurut info, kue tapel ini bisa habis sebelum pukul 12 siang.

Baca Juga  5 Tempat Makan di Galaxy Bekasi ini Tak Sampai Rp 50.000

Lokasi: Jalan Pagongan Nomor 15B, Pekiringan, Kesambi, Cirebon, Jawa Barat
Harga: Rp 8.000 – Rp 50.000
Jam Buka: 08.00 – 22.00 WIB

2. Empal Gentong H. Apud

foto by tripadvisor.co.id

Kalau Anda lihat dari kejauhan, banyak sekali mobil, bahkan bus pariwisata terparkir di depan gerai, bisa dipastikan bahwa tempat ini adalah tempat favorit wisata kuliner Empal Gentong. Empal Gentong H. Apud namanya.

Sebaiknya Anda datang tak benar-benar dalam keadaan kelaparan. Ini karena tempat ini selalu penuh dan banyak pengunjung yang datang. Apalagi lokasinya berada di daerah strategis dilewati kendaraan pribadi dan umum.

Empal Gentong H. Apud memang tak buka 24 jam, tapi pelayanannya menggunakan konsep tiap meja dilayani oleh satu pramuniaga yang sama. Anda memesan, komplain, minta tambahan menu harus dengan pramuniaga yang sama.

Khas menu di sini tentu saja Empal Gentong dan Empal Asem. Sama-sama menggunakan daging empal, yang membedakan adalah kuahnya. Kalau Empal Gentong menggunakan kuah santan dan gurih. Sedangkan Empal Asem berkuah bening dengan rasa asam dari belimbing muda.

foto by food.detik.com

Jika ditanya lebih baik yang mana? Semua selera, disarankan memesan keduanya agar tak penasaran dengan rasa khas dari kuliner kota pemilik batik motif mega mendung. Jangan lupa untuk ambil foto dua kuliner tersebut untuk diupload setiba di Jakarta nanti. Lupakan menu bebek bakar saat berkunjung ke sini.

Lokasi: Jalan Ir. H. Juanda Nomor 24, Cirebon, Jawa Barat
Harga: Rp 20.000 – Rp 30.000
Jam Buka: 09.00 – 21.00 WIB

3. Docang Lemahwungkuk

foto by travel.tempo.co

Ada satu kawasan di Cirebon wajib dikunjungi oleh Anda. Pasa Kanoman menawarkan wisata kuliner kota tetangga Kuningan ini. Mulai dari ikan laut, bakso, empal gentong, tahu gejrot, surabi, jajanan es, nasi lengko, sampai olahan babi. Bahkan docang pun juga ada di sini.

Baca Juga  Outdoor, Ini 60 Tempat Makan Keluarga yang Cozy di Bogor

Pasar yang masih berada di sekitarnya Keraton Kanoman. Ada penjual Docang yang juga menjajakan dagangannya. Docang adalah makanan berisi lontong, baceman oncom, irisan daun singkong, tauge, dan kerupuk. Lalu disiram dengan kuah rebusan oncom.

foto by phinemo.com

Harganya pun murah meriah. Kalau Anda jalan-jalan ke Pasar Kanoman, suasana jadul terasa tapi lebih ke magis. Ada baiknya memasukan Pasar Kanoman ke dalam itinerary saat berkunjung ke sini. Medannya pun tak sulit, alamatnya juga mudah dicapai.

Tak hanya Pasar Kanoman, Cirebon pun juga punya pasar lain seperti Pasar Ciledug, Pasar Jagasatru, Pasar Harjamukti, dan sebagainya.

Lokasi: Pasar Kanoman, Lemahwungkuk, Cirebon, Jawa Barat
Harga: Rp 12.000 – Rp 15.000
Jam Buka: 06.00 – 10.00 WIB

4. Bubur Sop Ayam M. Kapi

foto by pergidulu.com

Biasanya Anda membeli bubur ayam dengan kuah kuning atau cokelat, berbeda dengan bubur ayam di sini. Mungkin ini adalah rasa baru di lidah. Tapi bisa dimasukan ke dalam blog Anda di tahun 2018. Bubur yang disiram dengan sop ayam menjadi kuliner khas kota udang ini.

Bubur Sop Ayam M. Kapi adalah salah satu penjual legendaris yang ada sejak 1980. Tak hanya bubur, ada pula menu lain seperti es campur, sate ayam, dan sate kambing. Panganan ini bisa dijadikan alternatif saat Anda mencari buruan buka puasa.

foto by food.detik.com

Menu terbaru di perut dan lidah Anda ini berisi bubur seperti nasi tim ditambah dengan suwiran ayam, hati ampela, kol, soun, tomat merah, serta tauco. Tak lupa taburan kerupuk kanji.

Menu comfort food ini memang pas dijadikan menu makan malam sebelum kembali ke Hotel Aston Cirebon atau melanjutkan perjalanan ke Stasiun Bandung.

Baca Juga  15 Restoran di Puncak yang Wajib Anda Coba

Lokasi: Jalan Tentara Pelajar, Cirebon, Jawa Barat
Harga: Rp 15.000
Jam Buka: 17.00 WIB – selesai

5. Nasi Jamblang Mang Dul

foto by tripadvisor.com

Belum lengkap ke Cirebon kalau belum mencoba Nasi Jamblang. Nasi dibungkus daun jati dengan wangi khas bisa dimakan bersama banyak sekali pilihan makanan pendamping.

Mulai dari tahu kuah, daging sapi, perkedel kentang, tahu goreng, ikan asin, aneka pepes, telor dadar, sate usus, telor asin, dan sebagainya. Rasanya seperti festival di dalam mulut. Namun tak ada layanan delivery.

Salah satu tempat menjajakan Nasi Jamblang terkenal dan tersohor adalah Nasi Jamblang Mang Dul. Tokonya menempati ruko di seberang Grage Hotel. Lokasinya pun tak jauh dari Jalan Kartini dan CSB.

foto by womantalk.com

Sudah puas makan Nasi Jamblang Mang Dul, lanjut perjalanan menuju alun-alun, Gedung BAT atau wisata keraton. Jangan lupa membeli Martabak Apin Cirebon untuk snack selama perjalanan wisata.

Lokasi: Jalan DR. Cipto Mangunkusumo Nomor 8, Pekiringan, Kesambi, Cirebon, Jawa Barat
Harga: Rp 10.000 – Rp 40.000
Jam Buka: 05.00 – 12.00 WIB

Baca Halaman Selanjutnya

Mau Kulineran Halal di Cirebon? 5 Rumah Makan ini Solusinya

Ini 5 Tempat Makan Murah di Cirebon yang Sudah Ada Dari Tahun ke Tahun

5 Daftar Restoran di Cirebon Yang Paling Enak

0/5 (0 Reviews)

Related Post

Leave a reply